cover
Contact Name
Anny Wahyuni
Contact Email
anny123@unja.ac.id
Phone
+6285281412786
Journal Mail Official
anny123@unja.ac.id
Editorial Address
Perumahan Sinergi Angsana No K56 Pematang Gajah
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Estungkara: Jurnal Pengabdian Pendidikan Sejarah
Published by Universitas Jambi
ISSN : -     EISSN : 29637449     DOI : -
Jurnal Pengabdian oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi yang menerbitkan hasil pengabdian dibidang pendidikan, sosial, dan humaniora. Fokus dan Cakupan jurnal ini terdiri dari Seluruh Spektrum Pengabdian Kepada Masyarakat yang meliputi: Pengembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni menjadi produk yang secara langsung dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya menjadi produk yang perlu diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Usaha ini dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti memberikan penyuluhan, menyediakan percontohan, memperagakan, dan menerbitkan media publikasi. Penempatan ilmu pengetahuan dan teknologi secara benar dan tepat sesuai dengan situasi masyarakat dan tuntutan pembangunan. Pemberian bantuan kepada masyarakat dalam mengidentifikasi masalah yang dihadapi serta mencari alternatif pemecahannya dengan mempergunakan pendekatan ilmiah. Pemberian jasa pelayanan profesional kepada masyarakat dalam berbagai bidang permasalahan yang memerlukan penanganan secara cermat dengan menggunakan keahlian dan keterampilan yang belum dimiliki oleh masyarakat yang bersangkutan.
Articles 20 Documents
Rumah Mutia : Implementasi Literasi Digital Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada Suku Anak Dalam Di Desa Nyogan: Indonesia Fito Dermawan; Muhammad Haerulloh Zikr; Ahmad Khoirul Naim; Chairunnisa Nur Izzaty; Anny Wahyuni
ESTUNGKARA Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Estungkara
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.872 KB)

Abstract

The writing of this community service article is the result of activities carried out to provide socialization and implementation of the application of digital literacy in the era of the industrial revolution 4.0 in the Suku Anak Dalam (SAD) in Nyogan Village. Community service activities for the Suku Anak Dalam (SAD) community in RT 15, Nyogan Village, Mestong District, Muaro Jambi Regency. This activity is carried out as an effort to introduce Digital Literacy skills and is expected to provide awareness that the Suku Anak Dalam community in Nyogan Village are able to contribute to the success of digital transformation and eliminate negative stigma among the general public. The method used by the Jambi University PKM-PM Team is community service with ice breaking to build the enthusiasm of the participants then provide socialization and assistance to achieve the goals of implementing community service. The results obtained from this activity are that the development of digital literacy will increase the potential of the Nyogan village community to continue to increase both from SDM and SDA.Keywords: industrial revolution, digital literacy, Suku Anak Dalam, nyogan village
Pkm Budaya Membaca Masyarakat Rw 01 Kampung Gedong: Indonesia Priyono Priyono; Junita Yosephine Sinurat
ESTUNGKARA Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Estungkara
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.054 KB)

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk Membudayakan gemar membaca dan penanaman nilai karakter pada anak usia sekolah. Bentuk luaran yang dihasilkan berupa penguatan pemahaman nilai-nilai karakter yang dibuktikan dengan perubahan sikap dan perilaku anak serta kegemaran membaca dengan harapan akan menjadi budaya di masyarakat. Metode yang digunakan oleh dalam kegiatan ini diawali dengan melakukan ice breaking dan motivasi, kemudian metode ceramah, berdiskusi tentang penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah rendahnya minat baca dan melakukan kunjungan ke Perpustakaam Nasional.. Setelah pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan anak usia sekolah di lingkungan RW 01 Kampung Gedong tumbuh menjadi generus penerus yang cerdas, berakhlak mulia dan berguna bagi bangsa dan negara
Museum Keliling Sebagai Pengenalan Sejarah Lokal Di Desa Nyogan, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi: Indonesia hadi Waluyo; Bimo abimayu; Muhammad Adi Saputra; Dony Saputra; Anny Wahyuni
ESTUNGKARA Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Estungkara
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1009.57 KB)

Abstract

Sejarah lokal merupkan salah satu bagain dari sejarah Indonesia yang dibatasi oleh geografis dan adminitratif. Begitu pula provinsi Jambi yang memiliki berbagai peninggalan sejarah yang menarik untuk dipelajari . Namum, masih banya masyrakat Jambi Sendiri yang belum mengenal tentang Sejarah yang ada di provinsi Jambi oleh karena itu perlu adanya pengenalan sejarah lokal dengan media Museum keliling. Musium keliling memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang sejarah lokal yang ada di provinsi Jambi. Museum keliling mengunan pendektan demontrasi yang memperilhatkan miniatur peinggalan sejarah, diaroma perjuangan rakyat Jambi poster dan lift the flap book. Sehingga dari kegiatan ini ada didapatan hasil meningatnya pengetahuan masyrakat tentang sejarah lokal ,belajar dari kesalahan masa lalu untu mempersiapkan masa depan yang lebih bai , menumbuhkan rasa cinta dengan budaya serta memperkuat rasa gotong royong.
Program Market Day dan Sosialisasi Pentingnya Nilai-nilai Enterpreneurship Sejak Dini di SMP IT Mutiara Hati Rimbo Bujang, KabupatenTebo: Indonesia Merci Robbi Kurniawanti; Andre Mustofa Meihan; Lisa Rukmana
ESTUNGKARA Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Estungkara
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2101.07 KB)

Abstract

Abstrak: Penulisan artikel pengabdian masyarakat ini merupakan hasil dari kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memberikan sosialisasi pentingnya nilai-nilai entrepreneurship sejak dini dan aktualisasi program market day di SMP IT Mutiara Hati, Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menanamkan jiwa-jiwa entrepreneur pada generasi muda khususnya peserta didik usia remaja. Adapun Metode yang digunakan adalah dengan melakukan sosialisasi dan pendampingan untuk mencapai tujuan pelaksanaan pengabdian masyarakat. Hasil yang didapat dari kegiatan ini yaitu adanya aktualisasi program market day yang dapat meningkatkan nilai-nilai entrepreneurship di kalangan peserta didik. Kata kunci: Market Day, Nilai-nilai Entrepreneurship, Peserta didik Abstract: The writing of this community service article is the result of activities carried out in order to provide socialization of the importance of entrepreneurship values from an early age and the actualization of the market day program at SMP IT Mutiara Hati, Rimbo Bujang, Tebo Regency. This activity is carried out as an effort to instill entrepreneurial spirits in the younger generation, especially adolescent students. The method used is to carry out socialization and assistance to achieve the objectives of implementing community service. The result obtained from this activity is the actualization of the market day program which can increase the values of entrepreneurship among students. Keywords: Market Day, Entrepreneurship Values, Students
Pelatihan Pembelajaran Kewirausahaan (Entrepreneurship) Secara Kreatif, Inovatif Dan Mandiri Pada Guru Di Smp 30 Muaro Jambi: Indonesia Rosmiati Rosmiati; Iwan Putra; Ahmad Nasori
ESTUNGKARA Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Estungkara
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.871 KB)

Abstract

Dengan banyaknya wirausaha yang berkembang, maka semakin banyak tenaga kerja yang di serap. Namun, menjadi wirausaha bukanlah hal yang gampang. Perlu adanya tekad yang kuat dan minat untuk memulai sebuah usaha. Untuk itulah wirausaha perlu diperkenalkan sejak dini kepada masyarakat Indonesia. Pengenalan Pembelajaran Kewirausahaan di Kabupaten Muaro Jambi khususnya SMP N 30 Muaro Jambi pada saat ini belum menerapkan konsep pembelajaran seutuhnya.Pembelajaran Kewirausahaan (entrepreneurship) merupakan suatu proses untuk menciptakan nilai yang berbeda, dengan mencurahkan waktu dan upaya yang diperlukan, memikul resikoresiko finansial, menanggung dampak psikis dan sosial yang menyertainya, serta menerima imbalan dan kepuasan pribadi.Ada pun target dan luaran yang diinginkan dari program pelatihan pembelajaran kewirausahaan (entrepreneurship) secara kreatif, inovatif adalah Memberikan informasi kepada Guru SMP N 30 Muaro Jambi tentang hakekat dan pemahaman tentang pentingnya pembelajaran kewirausahaan (entrepreneurship) secara kreatif, inovatif, dan membantu membuat pembelajaran kewirausahaan (entrepreneurship) secara kreatif, inovatif yang digunakan guru dalam pembelajaran disekolah sehingga dapat menanamkan jiwa wirausaha kepada peserta didik sejak dini.
Pemberdayaan Technopreneurship pada Industri Kecil Menengah Melalui Penggunaan Teknologi Informasi E-Commerce Berbasis Knowledge Based Economic : Indonesia Rosmiati Rosmiati; Ahmad Nasori; Iwan Putra; Riyo Riyadi
ESTUNGKARA Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Estungkara
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.487 KB)

Abstract

Selama ini UMKM Ariny batik memasarkan dengan cara konvensional, sehingga proses pemasarannya terlihat kurang maksimalkarena hanya memiliki cakupan area distribusi yang tidak terlalu luas. Berdasarkan kondisi dan situasi yang dialami Ariny batik maka perludilakukan pembenahan dari sektor pemasaran dengan memanfaatkan sistem e-commerce. Pengembangan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan omzet penjualan dari Ariny batik. Metode yang dilakukan adalah melakukan Survei Lokasi, Perumusan Masalah, Pelatihan ecommerce, Pembuatan Sistem, Uji Sistem, Penerapan Sistem, dan evaluasi. Dengan adanya e commers mitra usaha dapat memanfaatkan teknologi informasi yang ada. e-commerce dengan mudah diakses melalui ukmmarket.co.id dan disinkronkan dengan www.arinybatik.com. Semua akses pemasaran untuk jual beli lebih mudah dilakukan. Pembeli tidak perlu jauh-jauh datang ke toko secara langsung, dengan melihat koleksi batik yang ada di e-commerce pembeli bisa membeli secara online.
STRENGTHENING PANCASILA CORE VALUES IN ANTICIPATING RADICALISM IN THE GLOBAL ERA FOR THE YOUTH GENERATION IN JAMBI PROVINCE: Indonesia Alif Aditya Candra; M. Lukman Hakim; Sundari Utami; Tanty Riyani
ESTUNGKARA Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Estungkara
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6061.978 KB)

Abstract

Radicalism is an understanding that can disrupt the integrity of the nation. Based on data from the Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), the Indonesia radicalism potential index in 2021 is 12.2%, which is dominated by the youth generation. Various efforts need to be made to minimize the development of radicalism among the youth generation, one of the efforts that can be applied is by strengthening Pancasila core values ​​for the youth generation. This public devotion activity is carried out in the form of seminars in the Rectorate Hall of the University of Jambi and online via zoom and youtube with as many as 400 participants from the youth generation in Jambi province aged 17-23 years. The method of implementing the activities is divided into three, starting from the planning stage, the implementation stage, and the evaluation stage. The seminar was held in three sessions, the first session is an opening session on the challenges of radicalism in the global era for the younger generation, the second session is a deepening session on strengthening Pancasila values ​​to face the real challenges of radicalism for the younger generation, and the third session is an interactive dialogue between participants and presenter. The seminar activities succeeded in providing understanding to participants and inspiring participants to apply Pancasila core values ​​in anticipating radicalism in their daily lives.
Penguatan Pemahaman Metodologi Penelitian Kualitatif Mahasiswa Melalui Bimbingan Teknis Pada Mahasiswa Ppkn Pips Universitas Jambi: Indonesia Hendra Hendra; Siti Tiara Maulia; Muhammad Ichsan
ESTUNGKARA Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Estungkara
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1010.523 KB)

Abstract

Kegiatan bimbingan teknis ini bertujuan untuk menguatkan pemahaman mahasiswa terhadap metodologi penelitian kualitatif. Fokus kegiatan adalah memberikan bimbingan kepada mahasiswa terkait penelitian kualitatif serta berdiskusi mengenai permasalahan dalam penelitian kualitatif. Kegiatan dilakukan dalam bentuk bimbingan teknis dengan tahapan-tahapan, yakni 1) perencanaan: berkonsultasi dan diskusi dengan ketua jurusan PIPS dan kaprodi PPKn, diskusi teknis pelaksanaan kegiatan dengan dosen dan teman sejawat untuk dimintai masukan mengenai teknis kegiatan, dan menyusun rencana kegiatan dalam bentuk dokumen panduan kegiatan; dan 2) pelaksanaan: kegiatan bimbingan teknis berupa penyampaian materi oleh pemateri, dan pemberian pre-test dan post-test untuk mengetahui pemahaman mahasiswa terhadap permasalahan metodologi penelitian kualitatif.hasil kegiatan yakni: 1) menigkatnya pemahaman mahasiswa terkait metodologi penelitian kualitatif dan 2) diharapkan dalam jangka panjang mahasiswa melahirkan skripsi yang berkualitas.
Sosialisasi Pelestarian Kebudayaan Lokal Dalam Menumbuhkan Kesadaran Kultural Kepada Masyarakat Di Kabupaten Muaro Jambi: Indonesia Nurmalia Dewi; Melisa Melisa; Priazki Hajri; Tohap Pandapotan Simaremare; Fajar Nugraha
ESTUNGKARA Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Estungkara
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2320.097 KB)

Abstract

Abstrak Kebudayaan di negara Indonesia merupakan warisan para leluhur yang harus kita jaga dan lestarikan, apalagi jika kebudayaan tersebut mempunyai nilai positif bagi identitas bangsa Indonesia sebagai pembeda negara kita dengan negara lainnya. Provinsi Jambi memiliki banyak kebudayaan yang harus dilestarikan sebagai wujud rasa cinta kita terhadap berbagai kebudayaan. Era modernisasi dengan kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi  saat ini, banyak masyarakat terutama anak muda yang tidak mengetahui apa saja kebudayaan yang ada di Inonesia khususnya Provinsi Jambi. Oleh sebab itu penulis melakukan kegiatan sosialiasi dengan tujuan memberikan informasi tentang kebudayaan yang ada di jambi dan cara melestarikannya. Dalam kegiatan ini, penulis melakukan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar kabupaten muaro jambi untuk memberikan informasi bahwa ada beberapa kebudayaan yang ada di Provinsi Jambi, agar mereka bisa menjaga kelestarian kebudayaan tersebut. Hasil yang dicapai (1) Masyarakat mengetahui kebudayaan yang ada di provinsi Jambi (2) Masyarakat dapat melestarikan kebudayaan yang ada di Provinsi Jambi. Kata Kunci: Kebudayaan, Sosialisasi, Pelestarian
Sosialisasi Publikasi Artikel Mahasiswa Pada Jurnal Krinok Pendidikan Sejarah Universitas Jambi: Indonesia Andre Mustofa Meihan; Merci Robbi Kurniawanti
ESTUNGKARA Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Estungkara
Publisher : Pendidikan Sejarah FKIP Universitas JAMBI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2061.433 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk memberikan informasi pentingnya publikasi ilmiah dan mengenalkan jurnal KRINOK pada mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Jambi. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan melakukan sosialisasi secara daring dan pendampingan secara luring pada beberapa mahasiswa untuk melakukan publikasi pada jurnal KRINOK. Hasil yang bisa disimpulkan dari kegiatan pengabdian ini adalah mahasiswa Pendidikan sejarah dapat mengetahui informasi pentingnya publikasi ilmiah serta dapat mengetahui cara publikasi pada jurnal KRINOK.

Page 1 of 2 | Total Record : 20