cover
Contact Name
Fahrur Rozi
Contact Email
tamkasatuloh_83@unimed.ac.id
Phone
+6281361060828
Journal Mail Official
handayani_pgsd@unimed.ac.id
Editorial Address
Jalan Willem Iskandar Pasar V Kelurahan Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara 20221
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
ISSN : 23551739     EISSN : 24076295     DOI : https://doi.org/10.24114/jh
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan sebagai wadah untuk memfasilitasi Dosen, Guru, Praktisi Pendidikan, Peneliti, dan Mahasiswa dalam mempublikasikan hasil pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam penerbitan jurnal, terdapat proses review yang dilakukan oleh manajemen, reviewer, dan tim editor. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk cetak dan elektronik oleh program studi PGSD FIP UNIMED. Agenda Jurnal Handayani menjadi peran penting bagi PGSD FIP UNIMED, dalam mendorong inovasi pendidikan yang harmonis yang dapat memberikan jawaban atas berbagai persoalan regional, nasional dan global. Sesuai dengan kapasitasnya dan berpijak pada kepentingan nasional, jurnal ini diterbitkan sebagai wadah yang memfasilitasi komunitas Handayani khususnya Guru Besar Prodi PGSD FIP UNIMED untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdiannya kepada masyarakat.
Articles 428 Documents
LEKSIKON ‘HANTU’ DALAM BAHASA INDONESIA: KAJIAN LINGUISTIK ANTROPOLOGIS Chyndy Febrindasari
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 9, No 1 (2018): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.629 KB) | DOI: 10.24114/jh.v9i1.10493

Abstract

Abstrack: Lexicon Of ‘Hantu’ In Bahasa Indonesia : A Study of Anthropological Linguistics. The aim of the study is to examine the various lexicon 'hantu' in Indonesian, as well as to determine the image of the 'hantu' in Indonesian society cognition. The image of „hantu‟ in Indonesian society is the image of the public mind about „hantu‟ of Indonesian. The image of „hantu‟ is different viewed between a religious perspective to the cultural perspective. Moreover, the image of „hantu‟ in Indonesian society can be seen through expressions that exist in the community and is used in reference to something else. All these expressions are used because it has a meaning similar or identical to the nature of „hantu‟. In addition, it is also known that there four function of „hantu‟ as a myth in society are namely: the function of the mystical, cosmological functions, pedagogical function, and social function.Keywords: Lexicon; Ghost; Indonesian.Abstrak: Leksikon ‘Hantu’ Dalam Bahasa Indonesia: Kajian Linguistik Antropologis. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui macam-macam leksikon hantu dalam bahasa Indonesia, serta untuk mengetahui citra hantu dalam kognisi masyarakat Indonesia. Citra hantu dalam masyarakat Indonesia adalah gambaran yang ada dalam pikiran masyarakat Indonesia mengenai hantu. Citra hantu dilihat dari perspektif agama berbeda dengan perspektif budaya. Selain itu, citra hantu dalam masyarakat Indonesia dapat dilihat melalui ungkapan-ungkapan yang ada di dalam masyarakat dan digunakan dalam merujuk kepada hal lain. Semua ungkapan tersebut digunakan karena memiliki makna yang mirip atau sama dengan sifat hantu. Di samping itu, juga diketahui bahwa fungsi hantu sebagai mitos dalam masyarakat ada 4, yaitu: fungsi mistis, fungsi kosmologis, fungsi pedagogis, dan fungsi sosial.Kata Kunci : Leksikon; Hantu; Citra; Bahasa Indonesia
ANALYSIS OF STUDENT LEARNING DIFFICULTIES IN SUBJECT EDUCATIONAL PHILOSOPHY IN INFORMATICS CLASS MEDAN TECHNOLOGY INSTITUTE A. Zebar
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 9, No 1 (2018): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (23.954 KB) | DOI: 10.24114/jh.v9i1.10494

Abstract

Abstract : Analysis Of Students Learning Difficulties In Educational Philosophy Subject In Informatics Class Medan Technology Institute.The number of students who have difficulty in studying the philosophy of education is the main reason that makes writers interested in this problem. The subjects used for the research are Student Class Informatics Institute of Technology Medan with the number of 28 people. The method used is questionnaire method in the form of questionnaire. The results obtained that the difficulties of students in the lecture of educational philosophy is influenced by several factors namely factors of lecturer, student, learning time, the subject used and the influence of the lecture of educational philosophy towards educational system.Keywords : Learning Difficulties, Educational Philosophy, Method QuestionnaireAbstrak: Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Materi Filsafat Pendidikan Di Kelas Informatika Institut Teknologi Medan. Banyaknya mahasiswa yang kesulitan dalam mempelajari filsafat pendidikan adalah alasan utama yang membuat penulis tertarik dengan masalah ini. Subjek yang dijadikan untuk penelitianya itu Mahasiswa Kelas Informatika Institut Teknologi Medan dengan jumlah 28 orang. Metode yang digunakan adalah metode kuisioner dalam bentuk angket. Diperoleh hasil bahwa kesulitan mahasiswa dalam mata kuliah filsafat pendidikan dipengaruhi oleh beberapa factor yaitu factor dari dosen, mahasiswa, waktu pembelajaran, bahan pembelajaran yang digunakan dan pengaruh dari mata kuliah filsafat pendidikan terhadap system pendidikan.Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Filsafat Pendidikan, Metode Kuisioner
HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR ANAK DAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SD NEGERI 101800 DELI TUA Eva Betty Simanjuntak; Dewi Ayu M. Nainggolan
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 9, No 1 (2018): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.104 KB) | DOI: 10.24114/jh.v9i1.10495

Abstract

Abstract : Interpersonal Communication Relationships between Children and Parents With the Motivation of Learning English Grade V of SD Negeri 101800 Deli Tua. The purpose of this study was to determine the relationship of interpersonal communication between children and parents with the motivation to learn English students class V SD Negeri 101800 Deli Tua. This research is a type of correlational research. The study population is 32 students. The sample in this study is the entire population of 32 people. The data collection technique used is a questionnaire. Test validity questionnaire using product moment coefficient correlation formula while reliability test using Cronbach's Alpha formula. Data analysis technique used is correlation coefficient test and hypothesis test. The results of research and data analysis show the results of correlation calculations obtained rxy value = 0.391 and rtabel = 0.349 indicates a positive correlation. While the price of tcount obtained is 2.327 and the price of ttable = 1.694, so the hypothesis is accepted, it means there is a positive and significant relationship between interpersonal communication between children and parents with the motivation to learn English students grade V SD Negeri 101800 Deli Tua.Keywords : Interpersonal Communication, Motivation LearningAbstrak : Hubungan Komunikasi Interpersonal Antar Anak Dan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD Negeri 101800 Deli Tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal antar anak dan orang tua dengan motivasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas V SD Negeri 101800 Deli Tua. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian berjumlah 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi yaitu 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah adalah angket. Uji validitas angket menggunakan rumus koefisien korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji koefisien korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan hasil perhitungan korelasi diperoleh nilai rxy = 0,391 dan rtabel = 0,349 menunjukkan adanya korelasi yang positif. Sedangkan harga thitung diperoleh sebesar 2,327 dan harga ttabel = 1,694, sehingga hipotesis diterima, berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal antar anak dan orang tua dengan motivasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas V SD Negeri 101800 Deli Tua.Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar
TERJEMAHAN WORDPLAY PADA “THE ILLUSTRIOUS CLIENT” DALAM BAHASA INDONESIA Siti Aulia Febriyanti; Roswita Silalahi; Muhizar Muchtar
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 9, No 1 (2018): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.832 KB) | DOI: 10.24114/jh.v9i1.10497

Abstract

Abstract: Wordplay Translation On "The Illustrious Client" In Bahasa Indonesia. This study aims to describe the form and function of existing wordplay in the source text, to analyze the wordplay translation techniques used in translating wordplay, and to discuss the equivalence of wordplay translation on the quality of the text in general. This research is descriptive qualitative research. The data of this research is the adventure story of The Illustrious Client and its translation in Indonesian. The results of this study found that of 162 units of data analyzed found 10 forms of wordplay with Punning Repetition as the most widely used wordplay form. From this research also found that raising serious effects is the most common wordplay function that is 149 cases (91,97%). The techniques used to translate the wordplay vary, from single to combined. Translation quality with scale 3 (fully equivalent) was ranked the top with 112 cases (69,14%). With the frequency of wordplay translation is quite large, then in general the results of the translation can be quite goodKeywords: Wordplay, Shapes, Functions, Translation Techniques, ComparabilityAbstrak: Terjemahan Wordplay Pada “The Illustrious Client” Dalam Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi wordplay yang ada dalam teks sumber, menganalisis teknik penerjemahan wordplay yang digunakan dalam menerjemahkan wordplay, dan membahas kesepadanan dari penerjemahan wordplay tersebut terhadap kualitas teks secara umum. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini adalah kisah petualangan The Illustrious Client dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dari 162 unit data yang dianalisis ditemukan 10 bentuk wordplay dengan Punning Repetition sebagai bentuk wordplay yang paling banyak digunakan. Dari penelitian ini juga ditemukan bahwa raising serious effects merupakan fungsi wordplay yang paling banyak muncul yaitu 149 kasus (91,97%). Teknik yang digunakan untuk menerjemahkan wordplay bervariasi, dari tunggal hingga gabungan. Kualitas terjemahan dengan skala 3 (fully equivalent) menduduki peringkat teratas dengan 112 kasus (69,14%). Dengan frekuensi hasil terjemahan wordplay yang cukup besar, maka secara umum hasil terjemahan bisa dikatakan cukup bagusKata Kunci: Wordplay, Bentuk, Fungsi, Teknik Penerjemahan, Kesepadanan
KOSAKATA BAHASA GAUL SISWA SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI Arfi Yana; Nurlela .; Gustianingsih .
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 9, No 1 (2018): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (49.446 KB) | DOI: 10.24114/jh.v9i1.10507

Abstract

Abstract : The Slang Vocabulary of High Grade Elementry School students. The aimed to describe the slang vocabulary of high grade elementryschool students. Source of data was the text from students essay. The data was analyzed by word class theory and sosiolinguistic questionnaire. The result showed that the word class of slang vocabulary involve: verbs (36,7%), adjectives (11,7%), nouns (6,7%), pronouns (6,7%), numeralia (3,3%), adverbs (8,3%), interogativa (1,7%), demonstrativa (3,3%), conjuction (3,3%), fatis category (16,7%), and interjection (1,7%).Acquistion factors of the slang students were parent (4,5%), sister/brother (15,8%), playmates (16,5%), schoolmates (20,3%), television (26,3%), and facebook (16,5).Keywords : Word Class, Slang, SosiolinguisticAbstrak : Kosakata Bahasa Gaul Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kosakata bahasa gaul siswa kelas tinggi. Sumber data penelitian ini berupa data teks melalui karangan siswa. Data dianalisis menggunakan teori kelas kata dan kuesioner sosiolinguistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas kata bahasa gaul siswa SD kelas tinggi meliputi: verba (36,7%), adjektiva (11,7%), nomina (6,7%), pronomina (6,7%), numeralia (3,3%), adverbia (8,3%), interogativa (1,7%), demonstrativa (3,3%), konjungsi (3,3%), kategori fatis (16,7%), dan interjeksi (1,7%). Faktor pemerolehan bahasa gaulsiswa yaituorang tua (4,5%), kakak/abang (15,8%), teman sepermainan (16,5%), teman sekolah (20,3%), televisi (26,3%), dan facebook (16,5).Kata kunci: Kelas Kata, Bahasa Gaul, Sosiolinguistik
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS 5 SD Budi Prastowo; Slameto .; Elvira Hoesein Radia
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 9, No 1 (2018): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (46.965 KB) | DOI: 10.24114/jh.v9i1.10508

Abstract

Abstract: Application Of Inkuiri Learning Model Assisted To Improve Media Learning Learning Results 5th grade SD. The purpose of this study is to describe the application of inquiry model of media-aided learning to improve the learning outcomes of science students 5th grade elementary school. The subjects of the study were 5th graders, which were 18 students. Classroom action research was conducted in two cycles by applying the media-aided inquiry model. Data analysis techniques applied are guidelines for observation and test of learning outcome, in the form of multiple choice test and essay. The result of the research shows that the application of inquiry model of media-assisted learning can improve the students' learning achievement. Cycle I average test scores 79 with completeness reached 67% and the average test II cycle 84 with completeness reached 92%, so research shows that the model of inquiry learning media can help improve the completeness of student learning outcomes.Keywords: Inquiry learning model, Media, Learning outcomesAbstrak : Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas 5 SD. Tujuan penelitian ini adalah medeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 yang berjumlah 18 orang. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri berbantuan media. Teknik analisis data yang diterapkan merupakan pedoman observasi dan tes hasil belajar, berbentuk tes pilihan ganda dan esai. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa. Siklus I rata-rata nilai tes 79 dengan ketuntasan mencapai 67% dan siklus II rata-rata tes 84 dengan ketuntasan mencapai 92%, sehingga penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri berbantuan media dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa.Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Media, Hasil Belajar
PENERAPAN MODEL VISUAL AUDITORY KINESTHETIC UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV Septi Arinta Dewi; Wahyudi .; Endang Indarini
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 9, No 1 (2018): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.974 KB) | DOI: 10.24114/jh.v9i1.10509

Abstract

Abstract : Implementation of Kinesthetic Visual Auditory Models To Increase Activity And Learning Outcomes of Class IV Mathematics. The purpose of this study to improve student learning outcomes on mathematics subjects apply Kinesthetic Visual Auditory learning model. The result of the research shows the activeness of 14 students on the initial condition there are 6 students who have low category with 40% percentage, while the amount is 7 percentage 50% while for high activity only 1 student percentage 7%. Cycle I low category 1 students percentage 7%, moderate 7 berpresentase 50% category I students percentage 7%, moderate 7 berpresentase 50% category increased 6 students presentase 40%. Cycle II looks active 3 students persentage 20%, high 11 persentage 80%. Student learning outcomes beyond the KKM 14 students initial conditions 4 students completing percentage 28%, 10 students completeness 72% unfinished average 52. Cycle I 5 students who complete percentage 36% unfinished 9 percentage 64% average 58. Cycle II 12 students completed with 86% percentage unfinished 2 percentage 14% on average increase 77. Keywords: Activity, Learning Outcomes, Math, VAK (Visual Auditory Kinesthetic)Abstrak : Penerapan Model Visual Auditory Kinesthetic Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic. Pada kondisi awal, 40% siswa memiliki keaktifan kategori rendah, ada 7 siswa yang memiliki kategori sedang dengan persentase 50% sedangkan untuk keaktifan yang tinggi hanya 1 siswa dengan persentase 7%. Siklus I kategori rendah ada 1 siswa dengan persentase 7%, kategori sedang 7 siswa dengan persentase 50%, sedangkan kategori tinggi ada 6 siswa dengan persentase 40%. Siklus II terlihat aktif kategori sedang 3 siswa dengan persentase 20%, tinggi 11 dengan persentase 80%. Hasil belajar siswa yang melampaui KKM 14 siswa kondisi awal 4 siswa yang tuntas persentase 29%, 10 siswa ketuntasan 72% tidak tuntas rata-rata 52. Siklus I ada 5 siswa yang tuntas dengan persentase 36% tidak tuntas 9 persentase 64% rata-rata 58. Siklus II berjumlah 12 siswa tuntas dengan persentase 86% tidak tuntas 2 persentase 14% rata-rata meningkatkan 77.Kata Kunci: Keaktifan, Hasil Belajar, Matematika, VAK ( Visual Auditory Kinesthetic)
PENGEMBANGAN MEDIA DETEKTIF ALERGI (VIDEO INTERAKTIF SELALU BERHEMAT ENERGI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SD Muhammad Aris Setiawan; Qoriati Mushafanah; Muhajir .
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 9, No 1 (2018): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1317.045 KB) | DOI: 10.24114/jh.v9i1.10510

Abstract

Abstract : Development of Allergy Detective Media (Interactive Video Always Conserve Energy) as Thematic Learning Media of 4th Grade Elementary School Students. The purpose of this research is to develop the media of Allergic Detective (Interactive Video Always Conserve Energy) and to test the feasibility of the media when it is implemented in Thematic learning of fourth grade students of Elementary School. The type of research is Research and Development (Research and Development). The sample is 30 students of class IV. The data in this research is obtained through observation, interview, and questionnaire. Result of validation questionnaire analysis conducted by expert of learning media with percentage as much as 85,5% with very good category, material learning expert with 96% percentage with very good category, but got suggestion given by media validator and material to do attention to do little improvement or revision to make the media more perfect. The test results obtained 80.76% percentage of teacher response questionnaire, the average percentage of student interest questionnaire with a percentage of 93.6% of 30 students with very good category.Keywords : Development, MediaAbstrak : Pengembangan Media Detektif Alergi (Video Interaktif Selalu Berhemat Energi) sebagai Media Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan media Detektif Alergi (Video Interaktif Selalu Berhemat Energi) dan menguji kelayakan media tersebut apabila diimplementasikan pada pembelajaran Tematik siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Sampel adalah 30 siswa kelas IV. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil analisis angket validasi yang dilakukan oleh ahli media pembelajaran dengan presentase sebanyak 85,5% dengan kategori sangat baik, ahli materi pembelajaran dengan presentase 96% dengan kategori sangat baik, namun mendapat saran/masukan yang diberikan validator media dan materi untuk melakukan perhatian untuk melakukan sedikit perbaikan atau revisi agar media menjadi lebih sempurna. Hasil pengujian didapatkan presentase 80,76% dari angket tanggap guru, rata-rata presentase angket ketertarikan siswa dengan presentase 93,6% dari 30 siswa dengan kategori sangat baik.Kata Kunci : Pengembangan, Media
PENGEMBANGAN MEDIA TAKTIK (KOTAK TEMATIK) MODEL NUMBER HEAD TOGETHER TEMA DIRIKU KELAS 1 SEKOLAH DASAR Diyah Nur Fadilah; Rahmat Rais; Diana Endah Handayani
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 9, No 1 (2018): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.026 KB) | DOI: 10.24114/jh.v9i1.10511

Abstract

Abstract : Development of Media Taktik (Kotak Tematik) Model Number Head Together Theme Of Me Grade 1 Elementary School. The study aims determine the feasibility of products, teacher and student response on the development of media Thematic Box. This type of research is research and development. The population this research is the students of first grade students of Supriyadi Elementary School Semarang amounting 34 students. The data obtained through teacher response, student, the validation of material and media experts. The result of development in the form of media product Thematic Box. The data processing is from the of material expert I 85% very feasible, the material expert II is 80% feasible, the media expert I is 79.68% feasible, the media expert II 78.125% is feasible, the teacher's response question 96% is very positive, 89,01% is very positive. The conclusion this research Thematic Box can be used as thematic learning.Keywords: Kotak Tematik, Number Head TogetherAbstrak : Pengembangan Media Taktik (Kotak Tematik) Model Number Head Together Tema Diriku Kelas 1 Sekolah Dasar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk, respon guru dan siswa pada pengembangan media Kotak Tematik. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas I SD Supriyadi Semarang berjumlah 34 siswa. Data diperoleh melalui hasil respon guru, siswa, validasi ahli materi dan media. Hasil pengembangan berupa produk media Kotak Tematik. Pengolahan data dari ahli materi I 85% sangat layak, ahli materi II 80% layak, ahli media I 79,68% layak, ahli media II 78,125% layak, angket respon guru 96% sangat positif, angket respon siswa 89,01% sangat positif. Kesimpulan media Kotak Tematik dapat digunakan sebagai media pembelajaran tematik.Kata Kunci: Kotak Tematik, Number Head Together.
PENGEMBANGAN MEDIA BDA (BOARD DAILY ACTIVITIES) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA TUGASKU SEHARI-HARI SISWA KELAS II SD Arifin Oktavia Sari; Khusnul Fajriyah; Ibnu Fatkhu Royana
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED Vol 9, No 1 (2018): HANDAYANI JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : universitas negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1843.461 KB) | DOI: 10.24114/jh.v9i1.10512

Abstract

Abstract : BDA (Board Daily Activities) Media Development to Improve Learning Outcomes Themes of My Second Day Students Secondary School Elementary School. The type of this research is Research and Development (Research and Development). The research population is all students of SDN 01 Ngraji academic year 2017/2018. The sample taken by researchers is 26 students of class II. The data in this research is obtained through observation, interview, test and questionnaire. The results of validation questionnaire analysis conducted by the expert of learning media with percentage of 94.53% with very good category, material learning material with a percentage of 90% with very good category, but got advice given by media validator and material to do attention to do little improvement or revision to make the media more perfect. Test results of practicality and effectiveness performed from 26 students. Obtained average percentage of student interest questionnaire with a percentage of 97.95% of 26 students with very good category. Based on the results of this study suggestions that can be delivered is that BDA learning media can be used as one of the media used by teachers.Keywords : BDA Media (Board Daily Activities)Abstrak : Pengembangan Media BDA (Board Daily Activities) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Tugasku Sehari-Hari Siswa Kelas II SD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development).Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN 01 Ngraji tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil peneliti adalah 26 siswa kelas II. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan angket. Hasil analisis angket validasi yang dilakukan oleh ahli media pembelajaran dengan presentase sebanyak 94,53% dengan kategori sangat baik, ahli materi pembelajaran dengan presentase 90% dengan kategori sangat baik, namun mendapat saran/masukan yang diberikan validator media dan materi untuk melakukan perhatian untuk melakukan sedikit perbaikan atau revisi agar media menjadi lebih sempurna.Hasil pengujian kepraktisan dan keefektivan yang dilakukan dari 26 siswa . Didapatkan rata-rata presentase angket ketertarikan siswa dengan presentase 97,95% dari 26 siswa dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya media pembelajaran BDA dapat digunakan sebagai salah satu media yang digunakan oleh guru.Kata Kunci : Media BDA (Board Daily Activities)

Page 1 of 43 | Total Record : 428