cover
Contact Name
Rahnit Nuzulah
Contact Email
rahnita21@gmail.com
Phone
+6287889285406
Journal Mail Official
journaljrkt.unindra@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Tanjung Barat, Jagakarsa, RT.5/RW.5, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan)
ISSN : -     EISSN : 27765873     DOI : 10.30998/jrkt.v3i01.8436
Core Subject : Science,
JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan) adalah forum yang diterbitkan untuk publikasi hasil penelitian dengan seluruh spektrum komputasi dan kecerdasan buatan.JRKT yang dikelola dan diterbitkan oleh program studi Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI. JRKT memiliki periode publikasi sebanyak 4 kali dalam satu jilid dalam, yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan Desember.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 02 (2022)" : 8 Documents clear
Analisis Keamanan Informasi Malware Terhadap Aplikasi Apk Dengan Metode Static Analysis Menggunakan Mobsf Imam Himawan; Kevin Septianzah; Irawan Setiadi
JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan) Vol 2, No 02 (2022)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.597 KB) | DOI: 10.30998/jrkt.v2i02.6734

Abstract

Abstrak Tujuan Penelitian ini adalah untuk menghasilkan analisis informasi aplikasi file yang berkesktensi APK (Application Package File), Aplikasi yang diadopasi adalah aplikasi sistem pakar penceranaan berbasis android,  mengingat banyaknya aplikasi yang terproduksi oleh pengelola perusahaan yang bergerak di bidang IT (Information Technology) khususnya perangkat lunak, Metode yang digunakan peneliti adalah memanfattkan Aplikasi Mobsf (Mobile Sequrity Framework) yang berjenis static, aplikasi Mobsf (Mobile Sequrity Framework) cukup banyak digunakan oleh para peneliti mengingat Aplikasi ini berbasis open source, bahasa pemrograman yang digunakan oleh aplikasi ini adalah powerfull pyton,  Aplikasi Mobsf (Mobile Sequrity Framework) itu sendiri bersifat AI (Artificial Intelligency). Permasalahan yang dihadapi adalah apakah semua Aplikasi yang sudah terproduksi sudah dinyatakan layak atau tidak khususnya dari sisi keamanan bagi pengguna (user) dari segi malware mengingat saat ini banyaknya kasus pencurian data. Aplikasi Mobsf (Mobile Sequrity Framework) juga memberikan penilaian lebih tepat karena didasarkan pada nilai kriteria dari bobot preferensi yang sudah di tentukan. Selain itu, peneliti juga melakukan penelitian dengan metode pengumpulan data dengan cara Observasi aplikasi yang akan di jadikan sebagai topic utama penelitian. Analisis Informasi Keamanan Aplikasi Berbasis Android dengan Aplikasi Mobsf telah berhasil menghasilkan informasi keamanan terhadap aplikasi android berjenis APK (Application Package File), dari segi malware. sehinga proses penilaian dan penentuan bobot nilai dilakukan secara sistematis. Hasil pengujian fungsional menunjukan bahwa fungsi-fungsi yang terdapat pada aplikasi berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan.                                                                                                                                              Kata Kunci : Mobsf (Mobile Sequrity Framework), Aplikasi Android, Pyton.
Penerapan Metode AHP Untuk Penilaian Kinerja Guru Pada SMPN 10 Kota Tangerang Selatan Berbasis Java Arief Muhammad Nafrizal
JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan) Vol 2, No 02 (2022)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1035.526 KB) | DOI: 10.30998/jrkt.v2i02.6727

Abstract

 Tujuan dari penelitian adalah untuk memudahkan pekerjaan guru dalam mengelola data penilaian kinerja guru sehingga dapat terselesaikan secara lebih cepat, tepat dan efisien. Metode penelitian yang digunakan dalam Penerapan Metode AHP untuk Penilaian Kinerja Guru Pada SMPN 10 Kota Tangerang Selatan Berbasis Java adalah Analytical Hierarchy Process (AHP). Selain itu, peneliti juga melakukan penelitian dengan metode pengumpulan data yang meliputi studi lapanan dan studi kepustakaan. Dan dalam pengembangan sistem peneliti menggukan metode waterfall. Serta pengujian sistem dengan metode black box testing. Pada Penelitian ini telah dirancang sebuah Penerapan Metode AHP untuk Penilaian Kinerja Guru Pada SMPN 10 Kota Tangerang Selatan Berbasis Java. Dimana dalam membangun sistem ini digunakan alat bantu perancangan sistem yaitu UML (Unified Modelling Language) serta dengan menggunakan bahasa pemrograman JAVA dengan Netbeans IDE, dan database MYSQL menggunakan XAMPP.                                                                                                            Kata Kunci : Penerapan, Metode AHP, Java
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Menggunakan Metode SAW Di SMA Uswatun Hasanah Ali Nurdin; Dian Nur Sholihaningtias
JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan) Vol 2, No 02 (2022)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.143 KB) | DOI: 10.30998/jrkt.v2i02.6735

Abstract

 Penjurusan di SMA saat ini masih dilakukan dengan manual dan memiliki kecenderungan melihat nilai akademik siswa saja. Jika nilai siswa memenuhi standar yang telah ditentukan oleh sekolah maka dapat ditentukan siswa tersebut masuk salah satu jurusan yang ada. Sedangkan untuk melihat minat siswa, biasanya siswa diminta untuk mengisi kuesioner secara manual. Cara manual tersebut menjadi kurang praktis dan memakan waktu yang lama, rentan terjadi kesalahan dalam pemeriksaan dan penilaian sehingga kesalahan dapat terjadi dalam menentukan nilai. Kesalahan dalam memilih jurusan akan merugikan bagi siswa, baik dari biaya maupun waktu. Melihat masalah tersebut, penulis akan membuat sistem pendukung keputusan pemilihan jurusan untuk siswa dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Data yang digunakan adalah nilai akademik dan minat siswa. Pemberian bobot yang biasa mengakibatkan pemberian nilai yang tidak adil, yaitu perbedaan nilai yang kecil dapat memberikan perbedaan hasil yang besar. Nilai akademik akan didapat dari nilai Ujian Nasional siswa. Sistem pendukung keputusan ini diharapkan dapat membantu mempermudah dalam penentuan jurusan siswa SMA dengan cepat dan tepat.                                                                                                                                                     Kata Kunci : Sistem pendukung keputusan, Nilai akademik, Pemilihan jurusan
Sistem Pakar Untuk Analisa Tingkat Stres Belajar Siswa SMK Dengan Algoritma Inferensi Forward Chaining Nilma Nilma
JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan) Vol 2, No 02 (2022)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (560.707 KB) | DOI: 10.30998/jrkt.v2i02.6729

Abstract

AbstrakSekolah menengah kejuruan merupakan satuan pendidikan formal setelah siswa menyelesaikan sekolah menengah pertama. Siswa yang memilih sekolah menengah kejuruan dapat memiliki pengalaman selain teori akademik yang diberikan tetapi juga praktik kerja. Tak luput para orang tua menuntut agar anak belajar lebih giat. Tidak hanya dituntut untuk mendapatkan nilai bagus, tetapi siswa sekolah menengah kejuruan juga harus melatih keterampilan sesuai dengan kejuruan yang diminati. Hal itu dilakukan agar siswa siap bersaing dilapangan kerja. Dengan kondisi tersebut banyak kesulitan yang dialami oleh siswa, beberapa yang sering terjadi yaitu disaat siswa mendapati hasil ujian tidak sesuai harapan, lingkungan sekolah dan dirumah yang membuat tertekan siswa, berdampak pada prestasi kian menurun, kemudian menimbulkan kecemasan yang menjadikan siswa mengalami stres. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti bekerja sama dengan guru spesialis bimbingan dan konseling dari pihak sekolah untuk menganalisa tingkat stres belajar pada siswa menggunakan metode sistem pakar inferensi forward chaining yang diimplementasikan dengan teknologi berbasis android. Dengan demikian penelitian ini menghasilkan informasi mengenai kondisi stress yang sedang dialami oleh siswa tergolong stress ringan, sedang, atau kah termasuk stres berat, serta mengambil tindakan pencegahan pada siswa untuk menghindari hal-hal yg lebih buruk terjadi menggunakan sistem pakar ini. Kata Kunci : Sistem Pakar, Inferensi Forward Chaining, Tingkat Stress, Aplikasi Android
Metode Sugeno Dalam Penilaian Siswa Terhadap Penerimaan Materi Ajar Matematika Meri Chrismes Aruan
JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan) Vol 2, No 02 (2022)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.315 KB) | DOI: 10.30998/jrkt.v2i02.6731

Abstract

Abstrak Pendidikan adalah tanggung  jawab pemerintah, orangtua, guru/dosen dan masyarakat. Dimana sekolah sebagai lembaga formal yang berfungsi dan bertanggung jawab mengembangkan dan  mempersiapkan generasi muda yang berkualitas, mandiri, dan mampu  membangun bangsa di masa yang akan datang. Penilaian siswa terhadap pemahaman materi Matematika, ditentukan berdasarkan silabus pengajaran Matematika antara lain pemahaman tentang memahami  kesebangunan  bangun  datar  dan  penggunaannya dalam  pemecahan  masalah. Dengan tercapainya nilai yang bagus dalam proses pembelajaran, menunjukan pembelajaran dilaksanakan secara berkualitas. Di SMP Citra Dharma, evaluasi penilaian siswa terhadap penerimaan materi Matematika masih menggunakan sistem manual hingga memakan waktu yang lama dan dapat berdampak pada hasil yang kurang akurat. Untuk itu perlu di buat model penilaian siswa terhadap penerimaan materi Matematika berbasis komputer (soft computing)  menggunakan program Matlab R2012b dengan menggunakan metode Sugeno. Kata Kunci : Pendidikan, Matematika, Metode Sugeno, Matlab, prototype.
Prototyping Aplikasi Perpustakaan Pada SMK Negeri 25 Jakarta Nunu Kustian; Putri Dina Mardika
JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan) Vol 2, No 02 (2022)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.114 KB) | DOI: 10.30998/jrkt.v2i02.6732

Abstract

AbstrakPerpustakaan merupakan sarana yang wajib dimiliki oleh lembaga pendidikan di sekolah, sebagai alternatif tempat peserta didik mencari sumber informasi materi belajar. Era generasi Z atau yang biasa disebut era generasi internet di beberapa sekolah sudah mulai memiliki perpustakaan baik yang terkomputerisasi hingga berbasis sistem informasi, seperti contoh peserta didik dapat mengakses ketersediaan buku melalui sistem informasi perpustakaan sekolah. Namun tak demikian pada Sekolah Negeri 25 Jakarta, perpustakaan yang dimiliki masih bersifat konvensional dalam mengelola data-data buku di perpustakaan rentan hilang, bahkan peminjaman buku pun bagi peserta didik masih belum optimal karena masih mengandalkan buku besar untuk mencatat ketersediaan buku yang ingin dipinjam. Dalam penelitian ini bertujuan menerapkan aplikasi perpustakaan berbasis android dengan teknik pendekatan deskriptif kualitatif dalam pengumpulan data. Sehingga mampu menghasilkan perpustakaan dengan layanan yang berbasis sistem informasi disetiap tata kelola pustaka, serta meningkatkan kualitas perpustakaan Sekolah Negeri 25 Jakarta. Kata Kunci : Sistem Informasi, Aplikasi Android, Manajemen Perpustakaan
Perancangan Aplikasi Game Rhythm "Flow" Berbasis Android Dengan Unity Karima Siti Masna; Ega Shela Marsiani; Natalia Triastuti
JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan) Vol 2, No 02 (2022)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (669.934 KB) | DOI: 10.30998/jrkt.v2i02.6733

Abstract

AbstrakPerancangan aplikasi game rhythm ini bertujuan untuk mengenalkan budaya-budaya nasional maupun luar negeri melalui lagu yang dibuat dengan cara yang menyenangkan yaitu game. Metode Pengumpulan data game "Flow" ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D). Metodologi pengembangan yang digunakan yaitu Game Development Life Cycle (GDLC) yang memiliki tahapan Initiation, Pre–Production, Production, Testing, Beta, Release. Sedangkan dokumentasinya menggunakan Game Design Document (GDD). Dengan adanya game ini penulis dapat membantu menambah pengetahuan tentang musik-musik nasional dan luar negeri. Kata Kunci : Aplikasi Game Android Rhythm, Game Musik
Rancangan Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Penyakit Kucing Pada E-Petcare Nenu Amalia; Rayung Wulan; Ni Wayan Parwati Septiani
JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan) Vol 2, No 02 (2022)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (694.006 KB) | DOI: 10.30998/jrkt.v2i02.6726

Abstract

AbstrakSaat ini teknologi berkembang pesat terlihat dari sebagian besar aktivitas manusia membutuhkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kini, bahkan kebutuhan yang bisa dilakukan manusia sendiri telah dipenuhi oleh teknologi. Salah satunya adalah sistem pakar. Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak dipelihara di Indonesia. Mereka yang menyukai dan memelihara kucing pasti memperhatikan juga kesehatan kucingnya, karena tidak menutup kemungkinan penyakit yang diderita kucing bisa menular. Kurangnya informasi tentang penyakitnya kucing dan kurangnya kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan kucing peliharaan. Akibatnya, banyaknya kucing yang tidak bisa menjaga kesehatannya. Oleh karena itu, perlu dikembangkan sistem pakar yang mampu mendiagnosis penyakit kucing tersebut dengan mengamati gejala kucing yang sakit. Kata Kunci : Sistem Pakar, Rancangan Aplikasi, Kucing, Java, Mysql

Page 1 of 1 | Total Record : 8