cover
Contact Name
Ahmad Ashifuddin Aqham
Contact Email
ahmad.ashifuddin@gmail.com
Phone
+6285726173515
Journal Mail Official
Dimas@stie-trianandra.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra Jl. Diponegoro No.69, Dusun I, Wirogunan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57166 ; Email : lppm@stie-trianandra.ac.id
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia
ISSN : -     EISSN : -     DOI : 10.55606
linguistik: fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, pragmatik, sosiolinguistik, analisis percakapan, analisis wacana kritis sastra: sastra kontemporer, sastra komparatif, pendekatan interdisipliner dalam sastra, kritik sastra, sastra dan sejarah, sastra dan media, sastra dan seni lainnya, puisi dan prosa filsafat: epistemologi, metafisika, etika, estetika, teologi psikologi: psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi konseling. pendidikan: instruksi, pengajaran dan pelatihan, bimbingan dan konseling, studi pembelajaran. hukum studi budaya, Sosial
Articles 83 Documents
IMPLEMENTASI METODE LITERASI DAN RESITASI TINGKATKAN CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK Muzaro’ah Muzaro’ah
Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia Vol 1 No 1 (2023): Februari: Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.261 KB) | DOI: 10.55606/jbpi.v1i1.912

Abstract

Critical thinking is a process of solving problems based on good judgment and experiences that are by facts. A thought process of solving problems in learning is said to be achieved and can improve critical thinking skills in solving problems during the learning process if the implementation is student-centered. To improve critical thinking skills, improve the quality of education, and produce quality learning outcomes, the government made a breakthrough by holding the School Literacy Movement (GLS) program. Namely a mass movement to foster a love of literacy to meet the need for information and reading for this nation's generation. Literacy is the ability of individuals to read, write, speak, calculate and solve problems at the level of expertise required in work, family, and society. Good literacy and followed up by giving assignments or recitations, can hone skills to make students able to think critically, creatively, innovatively and develop student character.
Analisis Kebutuhan Awal Pengembangan Bahan Ajar IPA bagi Siswa Sekolah Dasar Durratus Sa’diyah
Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia Vol 1 No 1 (2023): Februari: Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1129.343 KB) | DOI: 10.55606/jbpi.v1i1.917

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan awal pengembangan bahan ajar sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan isntrumen penelitian berupa analisis dokumen penilaian, wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil analisis data awal diketahui bahwa hasil belajar peserta didik kelas VI pada tiga SD Gugus Dewi Kunthi dalam pembelajaran IPA masih rendah. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik hanya sebesar 63 dengan kategori kurang dengan nilai tertinggi sebesar 73 dan terendah sebesar 58. Permasalahan ini disebabkan oleh materi pembelajaran IPA yang kompleks, jumlah hari efektif belajar yang terbatas, dan kurangnya variasi bahan ajar yang memantik partisipasi aktif dari peserta didik. Bahan ajar yang sering digunakan berupa buku tema pemerintah dan LKS dari berbagai penerbit. Penelitian ini dapat digunakan sebagai analisis awal kebutuhan pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan materi pembelajaran IPA sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat.
PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK DIDIK USIA 4-5 TAHUN Hariri Dwi RSG
Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia Vol 1 No 1 (2023): Februari: Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (698.292 KB) | DOI: 10.55606/jbpi.v1i1.918

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang sudah akrab kita dengarkan setiap hari yang bukan merupakan bahasa ibu untuk orang Indonesia. Oleh karena itu, tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui media pembelajaran yang sesuai yang dapat mengembangkan kemampuan bahasa Inggris anak yang dituntut untuk menjadi generasi yang siap bersaing secara internasional. Selain itu, dengan adanya penulisan ini, anak akan lebih terstimulasi dan mendapatkan hasil yang optimal di pembelajaran bahasa Inggrisnya. Teknik pengambilan data dari 3 sekolah yaitu dari TK Setya Bakti, TK Baiturrahim dan juga TK Adhisiwi dengan menggunakan teknik wawancara dan angket.
PERAN ORANG TUA DAN PENDIDIK DALAM PENDAMPINGAN ANAK DI ERA GEDGET Heri Rusli Effendi; Siminto Siminto; Muslimah Muslimah
Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia Vol 1 No 1 (2023): Februari: Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.388 KB) | DOI: 10.55606/jbpi.v1i1.919

Abstract

Education is the basic thing that is needed by humans to face the challenges of life, education also plays a very important role in determining the future of future generations. The educational process, both the means and methods, always evolves to keep up with the times, so educators or designers of educational methods must always update to adapt to the challenges of the times. So that we are not left behind by the progress of the times and advances in information technology. Currently we are in the millennial era of Generation X or what we are more familiar with calling it the Now Age, so it is imperative that all educational patterns, methods and educational facilities adapt to the Minenia Era or the Now Age Generation. Advances in technology in the field of information and communication is a useful thing in the world of science. Likewise with our children, they live not in our time, they live with the challenges of technological progress and information that is so fast, our children should always be able to keep up with the times and take advantage of technological advances to make it easier for them to carry out the learning process and obtain various information. useful for life. So the authors think it is very important for children to always interact with current information technology developments.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU PASCA PANDEMI COVID-19 MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PERORANGAN Sri Wahyuni
Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia Vol 1 No 1 (2023): Februari: Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1090.55 KB) | DOI: 10.55606/jbpi.v1i1.928

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya peningkatan kemampuan mengajar guru melalui pelaksanaan supervisi akademik tehnik perorangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kajian literatur. Analisis data menggunakan analsiis kualitatif deskriptif. Dunia pendidikan di era New Normal mengalami perubahan sebagai dampak dari pademi sertakemajuan tehnologi. Oleh karena itu, perlu adanya pelaksanaan superviisi untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru. Beberapa kegiatan supervisi perorangan yang dilakukan oleh kepala sekolah seperti kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan individual, kunjungan antarkelas, dan penilaian diri sendiri dilaksanakan olah kepala sekolah lebih terfokus pada penilaian yang komperhensif terhadap kualitas pelaksanaan tugas guru dan tidak hanya menyasar pada kelengkapan administrasi saja. Penggunaan instrumen penilaian dalam pelaksanaan supervisi akademik tehnik perorangan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran.
UPAYA PENGUATAN KARAKTER SEBAGAI ANTISIPASI FENOMENA MCDONALISASI Puspa Ratnawati
Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia Vol 1 No 1 (2023): Februari: Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1381.395 KB) | DOI: 10.55606/jbpi.v1i1.933

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendeskripsikan upaya penguatan pendidikan karakter sebagai antisipasi fenomena Mcdonalisasi di SD Negeri 13 Rambutan. Metode pengumpulan data dilakukan adalah dengan wawancara, dokumentasi serta observasi yang dilakukan oleh peneliti. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dampak negatif yang muncul dari fenomena McDonalisasi di lingkungan sekolah adalah sikap menyederhanakan proses untuk mencapai sesuatu, tergerusnya nilai-nilai budaya local dan ketergantungan dengan tehnologi yang terlalu berlebihan hingga berpotensi mengikis kepercayaan diri siswa terhadap kemampuannya yang harus diantisiasi dengan program penguatan karakter siswa melalui melalui program pendidikan karakter yang terintegritas dengan kegiatan sekolah. Pelaksanaan program pendidikan katrakter di lembaga pendidikan berdampak terhadap pencegahan fenomena Mcdonalisasi.
Pelaksanaan Pengorganisasian Personil Pada lembaga Kursus Pelatihan Bahasa Inggris Dan Komputer English Lovers Club Ayi Najmul Hidayat; Ida Rukhaida; Raden Yulyul Yuliana Hastuti
Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia Vol 1 No 1 (2023): Februari: Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1065.355 KB) | DOI: 10.55606/jbpi.v1i1.934

Abstract

Personil pada lembaga Kursus. Pengorganisasian personil adalah salah satu dari fungsi manajemen yang bertujuan untuk menentukan orang-orang yang memiliki kompetensi intelektual dan manajerial dalam mengemban organisasi kearah yang lebih baik dan sesuai dengan kemampuannya. Dewasa ini LKP banyak dikelola oleh yayasan pendidikan yang didalamnya banyak melibatkan keluarga dan kerabat sebagai bagian dari karyawan. Hal ini biasanya terjadi pada lembaga pendidikan yang bersifat Non profit dimana lembaga pendidikan tersebut bertujuan sosial. Rancu Apabila dipandang dari kacamata organisasi hal itu bukan suatu kesalahan, namun akan menjadi suatu masalah apabila dalam pelaksanaan pekerjaan tidak merinci tugas, fungsi dan tanggung jawabnya sehingga terlihat tidak profesional. Tugas dan fungsi yang tidak jelas dan sesuai akan menghambat pencapaian organisasi secara keseluruhan. Namun tentu saja tidak semua lembaga pendidikan yang berbasis keluarga memiliki kondisi di atas ada juga yang menerapkan manajemen secara profesional. Harapannya dengan Pengorganisasian personil program pendidikan yang berkualitas diselenggarakan secara terencana, terarah dan terpadu dalam suatu sistem pengorganisasian yang efektif dan lugas. Setiap bagian dalam organisasi memunculkan tugas dan fungsinya dengan jelas. Sehingga setiap jabatan memiliki tanggung jawab masing – masing. Dengan memiliki tugas dan tanggung jawab tertentu maka organisasi dengan mudah memperbaiki atau menambah fungsinya dalam rangka evaluasi dan perbaikan guna meningkatkan kualitasnya. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pelaksanaan pengorganisasian di pada lembaga Kursus Pelatihan (LKP ) Bahasa Inggris Dan Komputer English Lovers Club ( ELC ) telah terlaksana dengan baik hal ini dilihat dari adanya Koordinasi, Struktur Organisasi dan Pembagian Tugas dalam pengorganisasian lembaga.
PERAN KOMITE SEKOLAH DI ERA MERDEKA BELAJAR Faridah Faridah
Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia Vol 1 No 1 (2023): Februari: Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1280.769 KB) | DOI: 10.55606/jbpi.v1i1.936

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan kontribusi komite sekolah meningkatkan mutu pendidikan di era merdeka belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 12 Rambutan . Alat pengumpul data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan kajian pustaka. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil analisis dalam penelitian ini menyatakan bahwa di era merdeka belajar, komite sekolah memiliki peran mengontrol sekolah menjalankan Asesmen Kompetensi dan pelaksanaan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi, membenahi sarana dan prasarana, menjalin hubungan antara sekolah dengan masyarakat, serta mendorong untuk meningkatkan kualitas sumber daya sekolah.. Peran komite Sekolah berdampak terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri 12 Rambutan di era merdeka.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MAMPU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Muhammad Zusril Wibowo
Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia Vol 1 No 1 (2023): Februari: Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1002.349 KB) | DOI: 10.55606/jbpi.v1i1.952

Abstract

Character education has been rolled out since 2010 and is still valid today. In character education there are several values, one of which is responsibility. The character of responsibility is very important so that the school becomes a self-development institution to achieve success. Depletion of awareness and even loss of the character of responsibility in students which hinders learning activities so that this should not happen (Kamila, 2013). This study focuses on definitions, benefits, and strategies in learning to improve the character of student responsibility in schools. The results of this study include: 1) character refers to a series of attitudes, behaviors, motivations, and skills, while the character of responsibility is the attitude and behavior of a person to carry out the duties and obligations that he should do to yourself, society, environment (natural, social, and cultural), the State and God Almighty; 2) the benefits of the character of responsibility are that it can improve the quality of learning in the classroom and can improve school quality standards; 3) the character of responsibility can be done with a mind mapping strategy, inquiring mind what to know, CRH, NHT, and Quiz Team. This study concludes that the character of responsibility and learning must be carried out as one of the character education in schools through several strategies.
PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN PENGUASAAN STRUKTUR KALIMAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS RECOUNT BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA DI KABUPATEN BEKASI Lalan Ruslanudin
Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia Vol 1 No 1 (2023): Februari: Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1414.897 KB) | DOI: 10.55606/jbpi.v1i1.979

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepercayaan diri dan penguasaan struktur kalimat secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penguasaan struktur kalimat terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris, pada siswa SMP swasta di Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Sampel berukuran 60 siswa yang dipilih secara acak dari seluruh siswa kelas delapan di SMP Islam Al-Amin berjumlah 180 siswa dan Baiturrahman berjumlah 120 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket kepercayaan diri, tes struktur kalimat, dan tes menulis teks recount bahasa Inggris. Analisis data terdiri dari analisis statistik deskriptif, uji hipotesis penelitian yaitu analisis korelasi dan regresi ganda, dan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan kepercayaan diri dan penguasaan struktur kalimat secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.473 > 0.05 dan Fhitung=0.760, (2) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan kepercayaan diri terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,942 > 0.05 dan thitung = 0.073,dan (3) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan penguasaan struktur kalimat terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,227 > 0,05 dan thitung = 1.221.