cover
Contact Name
Hanna Hilyati Aulia
Contact Email
jurnalmultazam@metrouniv.ac.id
Phone
+6285314090369
Journal Mail Official
jurnalmultazam@metrouniv.ac.id
Editorial Address
Rumah Jurnal, Lecturer's Building, 2nd Floor. Jl. Ki Hajar Dewantara Kampus 15 A Iringmulyo Metro Timur Kota Metro Lampung 34111
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah
ISSN : 28092430     EISSN : 29619084     DOI : https://doi.org/10.32332/multazam
Multazam Journal of Hajj and Umrah Management is nationally accredited with Print International Standard Serial Number (P-ISSN) 2809-2430 and Electronic International Standard Serial Number (E-ISSN) 2961-9084 published by the Faculty of Economics and Islamic Business IAIN Metro as a vehicle for scientific exploration of Hajj and Umrah Management.
Articles 40 Documents
STRATEGI BIMBINGAN MANASIK IBADAH HAJI PADA KBIH NURUSSALAM LAMPUNG TIMUR Zakky Fakhril Amin
Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah Vol 1 No 2 (2021): Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.212 KB) | DOI: 10.32332/multazam.v1i2.5376

Abstract

The purpose of this study was to determine the guidance strategy of the pilgrimage rituals in the form of fulfilling the needs of pilgrims in terms of increasing knowledge of pilgrims about the pilgrimage at KBIH Nurussalam East Lampung. The method used is qualitative and has descriptive characteristics. The results concluded that the Hajj rituals guidance strategy at KBIH Nurusssalam East Lampung was quite good, this was seen in meeting the needs of pilgrims' understanding of the pilgrimage such as providing guidance on Hajj rituals with methods and modules that were quite good and explained by competent speakers so that the material could be used. well absorbed by prospective pilgrims at KBIH Nurusssalam East Lampung
PELAYANAN BIMBINGAN MANASIK HAJI PADA PT ARMINAREKA PERDANA BALIKPAPAN Stella Dewi Rita; Siti Umaroh Rahayu
Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah Vol 2 No 1 (2022): Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.06 KB) | DOI: 10.32332/multazam.v2i1.5260

Abstract

Every year, rituals are performed to prepare Indonesian pilgrims to perform the pilgrimage to Saudi Arabia during the hajj season. This is where the organizers of the pilgrimage, both government and private, become the organizers of the guidance of rituals. The pilgrims must do the right practice in accordance with the rules that have been set according to Islamic teachings. The results of this study indicate that PT. Arminareka Perdana has carried out Hajj guidance services to the maximum extent possible. This is measured in terms of planning, implementation, and evaluation of the good results that have been carried out by PT. Arminareka Perdana. Coupled with the addition of the number of pilgrims who joined PT. Arminareka Perdana makes the writer believe that the services provided by PT. Arminareka Perdana has been very good.
Strategi Manajemen Perekrutan Jamaah pada Biro Travel Annisah Nur Safitri; Reonika Puspitasari
Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah Vol 1 No 1 (2021): Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (988.353 KB) | DOI: 10.32332/multazam.v1i1.4629

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi manajemen yang di aplikasikan oleh PT. Saudi Patria Wisata KC. Kota Metro agar dapat meningkatkan jumlah jamaah yang mendaftar di PT. Saudi Patria Wisata KC. Kota Metro. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi manajemen dalam merekrut jamaah pada PT. Saudi Patria Wisata KC. Kota Metro menggunakan jenis strategi ekspansi yaitu dengan melalui program mitra sebagai suatu trobosan baru dalam perekrutan jamaah di biro travel tersebut.
Implementasi Perorganisasian Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Ibadah Haji Primadatu Deswara
Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah Vol 2 No 2 (2022): Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.296 KB) | DOI: 10.32332/multazam.v2i2.5770

Abstract

Pengorganisasian merupakan fungsi manajemen dalam suatu organisasi, penelitian dilakukan untuk mengetahui proses pelaksanaan organisasi yang dilakukan oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Pelaksanaan perlu dimaksimalkan untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya penyimpangan atau penyelewengan dalam meningkatkan profesionalitas kerja pengurus, guru dan pembimbing. Dengan meningkatkan kualitas manasik yang berhasil dan berdaya guna, petugas dapat memberikan layanan yang diharapkan calon jemaah haji. Metode penelitian teknik pengumpulan data deskriptif berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu dilakukan analisis dengan menggunakan penafsir logika yang berhubungan dengan Manajemen Dakwah. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasannya pelayanan administrasi calon jemaah haji sudah sesuai SOP, pembagian kerja sudah cukup objektif, serta pendelegasian wewenang sudah disesuaikan kebutuhan dan regulasi.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN JAMAAH UMROH Diana Safitri
Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah Vol 1 No 2 (2021): Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.935 KB) | DOI: 10.32332/multazam.v1i2.5372

Abstract

The competition for travel agencies is growing, in the metro, which competes a lot in providing services to their congregations to continue using this travel agency. The factors that influence the quality of service to the satisfaction of Umrah pilgrims at PT Saudi Patria Wisata Metro are services that are in accordance with the needs of the pilgrims, the services provided by PT Saudi Patria Wisata Metro, affordable prices, affordable locations.
STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN iB HIJRAH HAJI PADA BANK MUAMALAT KANTOR CABANG PEMBANTU BANDAR LAMPUNG DI MASA PANDEMI COVID-19 Robiyah Nur
Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah Vol 2 No 1 (2022): Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.393 KB) | DOI: 10.32332/multazam.v2i1.4675

Abstract

Abstract: The iB Hijrah Haji Muamalat Savings Product for Bandar Lampung Sub-Branch Office is a superior product that has many enthusiasts compared to other products. Bank Muamalat Indonesia creates Hajj products and is always vigilant in marketing strategies. The purpose of this study was to examine the marketing strategy carried out by the iB Hijrah Haji savings product bank at Bank Muamalat Bandar Lampung Sub-Branch Office during the covid-19 pandemic. The type of research used in this research is field research (field research). This study uses an approach approach, and in data collection using observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that the marketing strategy of the iB Hijrah Haji savings product during the covid-19 pandemic has the effect of increasing the number of customers, making it easier for the public and new customers to get about the Hijrah Haji savings product, increasing public knowledge and increasing the reputation of Bank Muamalat, Bandar Lampung Sub-Branch Office.
KEPATUAHAN DAN RESPON CALON JAMAAH HAJI LAMPUNG TERHADAP PERATURAN PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2022 Siti Zulaikha
Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah Vol 2 No 2 (2022): Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.63 KB) | DOI: 10.32332/multazam.v2i2.5968

Abstract

The purpose of this study is to analyze the compliance and response of prospective pilgrims in Lampung province to the regulations for organizing the pilgrimage. This research is qualitative research with a field research approach. The results of the research show that the activities of organizing the hajj deal with various agencies in both Indonesia and Saudi Arabia. Therefore, carrying out the pilgrimage is required in addition to material and physical abilities (istito'ah), it also requires patience. Be patient with the decisions of Allah SWT, and be patient with the decisions of the Indonesian government which follow the decisions of the Saudi Arabian government.
ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN PADA CALON JAMA’AH HAJI DAN UMROH (PT. DAANISH MIKA SALSA TOURS AND TRAVEL) Muhamad Bisri Mustofa; Siti Wuryan; Wahid Harsono
Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah Vol 1 No 2 (2021): Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.662 KB) | DOI: 10.32332/multazam.v1i2.5377

Abstract

PT. DMS Tours and Travel is one of the institutions engaged in Hajj and Umrah services with a large number of pilgrims. Services provided by PT. Daanish Mika Salsa Tours and Travel, namely: Administrative services, including registration and document processing. Manasik guidance services, carried out 3 times with lecture, simulation and discussion methods. The transportation service provided is the transportation of pilgrims starting from the point of embarkation, while in Saudi Arabia, and returning to the place of debarkation from Indonesia. Accommodation services, PT. Daansh Mika Salsa Tours and Travel provides five-star hotel facilities, ranging from three, four and five stars according to the package chosen by the congregation. Consumption service, Each pilgrim will get food 3 times a day, namely in the morning, afternoon, and evening, and the tarvel provides additional Indonesian menus while at the hotel. Health services, carried out before departure and during worship.
BIAYA PENGEYELENGGARAAN IBADAH HAJI DAN PRAKTEKNYA DI BANK SYARIAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 Arif Mubarok; Iva Faizah
Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah Vol 2 No 1 (2022): Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.155 KB) | DOI: 10.32332/multazam.v2i1.5269

Abstract

Ibadah haji merupakan ibadah yang menjadi dambaan setiap umat muslim di seluruh dunia, khususnya masyarakat muslim Indonesia yang memiliki anggapan bahwa ibadah haji menjadi pencapaian puncak tingkat spiritualitas seseorang dan menjadi simbol eksistensi di tengah lingkungan sosial keagamaan. Kemampuan secara materi membuat banyaknya calon jamaah haji melirik produk pembiayaan pengurusan ibadah haji sebagai suatu solusi. Dalam suatu kondisi yang normal pembiayaan sudah seharusnya berjalan sesuai aturan dan perencanaan, akan tetapi suatu bencana bukanlah kuasa seorang hamba sebab hanya Allah yang mampu berencana dan berkehendak. Hadirnya pandemic covid-19 menyebabkan seluruh sektor mengalami perubahan pola kehidupan. Oleh sebab itu apakah semasa pandemic covid-19 ini terjadi perubahan pola dan praktik juga dalam pembiayaan pengurusan ibadah haji di lembaga Bank Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun objek yang diteliti adalah praktik pembiayaan pengurusan haji Bank Syariah semasa terjadinya pandemic covid-19 di Indonesia. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara studi dokumen atau arsip termasuk kebijakan maupun ketetapan aturan yang berlaku semasa pandemic covid-19 berlangsung. Hasil penelitian menyebutkan bahwa setiap calon Jemaah haji yang telah memenuhi setoran awal haji atau setoran minimum yang menjadi syarat pendaftaran calon Jemaah haji oleh BPS akan didaftarkan menjadi calon Jemaah haji pada aplikasi SISKOHAT dan masuk kedalam daftar tunggu calon Jemaah haji Indonesia. Pada masa pandemic covid-19 dimana terdapat pengurangan dan penundahaan keberangkatan haji dari Indonesia, maka Kementerian Agama melakukan beberapa stimulus untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya adalah dengan mengembalikan setoran BIPIH yang telah dilunasi oleh calon Jemaah, dan menjamin calon Jemaah yang tertunda dan sudah melunasi setoran BIPIH akan menjadi calon Jemaah haji tahun berikutnya.
Analisis SWOT Standar Operasional Pelayanan Pendaftaran Haji kepada Calon Jamaah Budi Anggara; Sukmasari Dewi Chan
Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah Vol 1 No 1 (2021): Multazam : Jurnal Manajemen Haji dan Umrah
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32332/multazam.v1i1.4632

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan analisis SWOT dalam pelayanan pendaftaran Haji di Kementerian Agama Kota Metro dari kekuatan, kelemahan, pelung dan ancaman merupakan suatu analisis yang telah banyak digunakan oleh lembaga/organisasi. Rumusan masalah yang ada adalah bagaimana pelayanan pendaftaran Haji di Kementerian Agama Kota Metro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan pendaftaran Haji di Kementerian Agama Kota Metro yang meliputi kekuatan, kelemahan, peluang, hambatan. Dalam penelitian ini, jenis penelitian ini menggunakan penelitian field research. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data menggunakan teknik data kualitatif dengan berpikir induktif. Sumber data yang diperoleh dari melalui sumber data primer dan sumber data sekunder, dengan menggunakan metode mengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasakan penelitian yang telah dilakukan di peroleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: pelayanan Pendaftaran Haji di Kementerian Agama Kota Metro sudah cukup baik dalam sebuah pelayanan bagi calon jamaah yang akan melakukan pendaftaran seperti kemudahan dalam pengurusan pelayanan, mendapatkan pelayanan yang baik, mendapatkan perlakuan yang sama tanpa pilih kasih namun dalam kenyataanya belom semuanya maksimal dalam penerapanya hal tersebut terlihat adanya kendala dalam akses internet yang menghambat dalam kelancaran pelayanan pendaftaran haji serta pemahaman calon jamaah haji berbeda-beda saat proses pemberian pelayanan di Kementerian Agama Kota Metro.

Page 1 of 4 | Total Record : 40