cover
Contact Name
Dwi Yuli Rakhmawati
Contact Email
dwirakhmawati@unesa.ac.id
Phone
+6285648267389
Journal Mail Official
jptn@unesa.ac.id
Editorial Address
Jl. Ketintang No.2, Ketintang, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)
ISSN : 23376708     EISSN : 27233901     DOI : https://doi.org/10.26740/jptn.v11n1
Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran di bidang pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga serta di bidang ilmu bisnis dan perniagaan yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), lembaga pendidikan tinggi, serta dunia usaha dan dunia industri yang meliputi: Pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga Evaluasi dan Asesmen pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga Riset dan pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga Manajemen pemasaran Studi perilaku konsumen Kewirausahaan Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik
Articles 192 Documents
Pengaruh Pengetahuan Ramah Lingkungan, Sikap Terhadap Lingkungan Dan Gaya Hidup Pada Keputusan Pembelian Nature Republic Di Surabaya KRISTINA DEWI PAWISTRI; HARTI HARTI
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 8 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.101 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v8n1.p%p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh pengetahuan ramah lingkungan, sikap terhadap lingkungan dan gaya hidup pada keputusan pembelian Nature Republic di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, populasi pada penelitian ini yaitu konsumen Nature Republic di Surabaya, dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang digunakan kuesioner untuk pengumpulan datanya. Sedangkan teknik analisis regresi data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikan hasil dari analisis variabel pengetahuan ramah lingkungan (X1) sebesar 0,010 yang berarti secara parsial berpengaruh signifikan pada keputusan pembelian, sedangkan nilai signifikan hasil variabel sikap terhadap lingkungan (X2) sebesar 0,256 yang berarti secara parsial tidak memiliki pengaruh pada keputusan pembelian serta nilai signifikan hasil dari analisis gaya hidup (X3) sebesar 0,009 yang berarti secara parsial berpengaruh signifikan pada keputusan pembelian This study aims to explain and analyze the influence of environmental-friendly knowledge and attitude towards the environment and lifestyle on the decision making of purchasing Nature Republic in Surabaya. The type of research used in this study is quantitative research, the population in this study is the consumers of Nature Republic in Surabaya, using a sampling technique that is purposive sampling with a total of 100 respondents. Questionnaires are used in order to collect the data. The data regression analysis technique used in this research is multiple linear regression analysis techniques. The results of this study indicate that of the significant value of the analysis of environmental-friendly knowledge variables (X1) is 0.010 which means that partially both variables significantly influence purchasing decisions. On the other hand, the significant value of the results of the analysis of attitudes towards the environment (X2) is 0.256 which means that partially has no influence on purchasing decisions, and the significant value of the results of the analysis of lifestyle (X3) is 0.009 which means that partially both variables significantly influence purchasing decisions.
PENGARUH CITY BRANDING DAN MEDIA SOSIAL INSTAGARAM TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI LUMPUR SIDOARJO BAGAS DWI PRAKOSO; NOVI MARLENA
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 8 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.263 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v8n1.p%p

Abstract

Strategi City Branding merupakan sebuah strategi pariwisata dengan cara memperkenalkan suatu keunikan dari suatu daerah. Tujuan dalam melakukan analisis ini supaya mengetahui daya yang timbul dari City Branding dan Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Berkunjung di Lumpur Sidoarjo. Penelitian ini memakai jenis penyelidikan berdasarkan banyaknya serta dan pendekatan yang menggambarkan apa adanya. Bagian kecil dalam meneliti ini sebanyak 149 responden. Metode mengambil sampel memakai purposive sampling serta teknik mengumpulkan keterangan yang benar penelitian ini menggunakan riset pernyataan tertulis. Karakteristik responden dalam melakukan analisis data adalah pengunjung yang pernah berada di Lumpur Sidoarjo minimal satu kali dan kriteria usia responden berusia 16 – 40 tahun. Variabel City Branding mempunyai pengaruh terhadap Keputusan Berkunjung di Lumpur Sidoarjo. Variabel Media Sosial Instagram berpengaruh dengan Keputusan Berkunjung di Lumpur Sidoarjo. Variabel City Branding dan Media Sosial Instagram menaruh pengaruh terhadap Keputusan Berkunjung di Lumpur Kata Kunci : City Branding, Media Sosial Instagram, Keputusan Berkunjung. Strategy City Branding is a tourism strategy by introducing a uniqueness of an area. The purpose of this study was to determine the effect of City Branding and Instagram Social Media on the Visiting Decision in Sidoarjo Mudflow. In this study using quantitative research with a descriptive approach. The sample in this study were 149 respondents. With sampling techniques using purposive sampling and data collection techniques this study uses questionnaires.Characteristics of respondents in this study are visitors who have visited Sidoarjo mudflow at least once and the age criteria of respondents aged 16-40 years. Thevariable City Branding has an influence on the Decision to Visit in Sidoarjo Mud. The Instagram Social Media variable has an influence on the Visit Decision in Sidoarjo Mud. Thevariable City Branding and Instagram Social Mediahas an influence on the Visit Decision in the Sidoarjo Mudflow Keywords: City Branding, Instagram Social Media, Visiting Decision.
PENGARUH INDIVIDU KONSUMEN, LINGKUNGAN KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ELEKTRONIK PADA ONLINE MARKETPLACE DI KOTA SURABAYA RONY AGUS SETIAWAN; FINISICA DWIJAYATI PATRIKHA
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 8 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.92 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v8n1.p%p

Abstract

Penelitian ini membahas untuk mempelajari dan menganalisis individu konsumen, Lingkungan konsumen dan strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian produk elektronik di Marketplace Online di Surabaya. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk elektronik di Marketplace Online di Surabaya, sampel pembelian 140 dengan teknik purposive sampling menggunakan rumus Ferdinand, yaitu 10 kali jumlah indikator penelitian. Teknik analisis menggunakan Partial Least Square (PLS)dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa individu memiliki hubungan positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien sebesar 1,198 <1,98, Lingkungan konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil pembelian dengan koefisien sebesar 3,500> 1,98 dan strategi pemasaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien sebesar 4,090> 1,98. Sementara konsumen individu, Lingkungan konsumen dan strategi pemasaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien sebesar 4,603> 1,98. Kata Kunci: Individu Konsumen, Lingkungan Konsumen, Strategi Pemasaran, Keputusan Pembelian, Pasar Online This study aims to determine and analyze the effect of individual consumers, consumer environment and marketing strategies on electronic product purchase decisions in the Online Marketplace in Surabaya. The population of this research is consumers who buy electronic products in the Online Marketplace in Surabaya, the sample is 140 with a purposive sampling technique using the Ferdinand formula, which is 10 times the number of research indicators. The analysis technique uses Partial Least Square (PLS) with the help of SmartPLS software version 3.0. The results of this study indicate that partially individual consumers have a positive but not significant effect on purchasing decisions with a coefficient of 1.198 <1.98, the consumer environment has a positive and significant effect on purchasing decisions with a coefficient of 3,500> 1.98 and marketing strategies have a positive and significant effect purchasing decisions with a coefficient of 4.090> 1.98. While simultaneously individual consumers, the consumer environment and marketing strategies have a positive and significant effect on purchasing decisions with a coefficient of 4.603> 1.98. Keywords: Individual Consumer, Consumer Environment, Marketing Strategy, Purchasing Decisions, Online Marketplace
PENGARUH CITRA MEREK GO-JEK DAN PROMOSI GO-JEK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA GO-JEK DI SURABAYA ROBANIA AFIATI PRASETYA; FINISICA DWIJAYATI PATRIKHA
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 8 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.755 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v8n1.p%p

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Citra Merek serta Promosi pada kepuasan pelanggan pengguna fitur Go-pay. Jumlah sampel 200 orang menggunakan metode Purposive Sampling yaitu responden yang telah menggunakan fitur Gopay lebih dari dua kali. Pengumpulan data menggunakan angket dengan bantuan Google-form. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengolah data dengan bantuan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh secara positif terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien sebesar 0,210, promosi berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien sebesar 0,451. Secara simultan variabel citra dan promosi berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai F hitung sebesar 284,40. Penelitian ini diharap dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian khususnya dibidang pemasaran. Kata Kunci: Citra Merek, Promosi, Kepuasan Konsumen The aims of this study were to determine the effect of Brand Image and Promotion on customer satisfaction of Go-pay users. The total sample is 200 people using the Purposive Sampling method is respondents who have used the Go-pay feature more than twice. The data collected using a questionnaire with the help of Google-form. Multiple linear regression analysis was used to process the data with the help of SPSS application version 21. The results showed that brand image had a positive effect on customer satisfaction with a coefficient of 0.210. The promotion had a positive effect on customer satisfaction with a coefficient of 0.451. Brand image and promotion had simultaneously had a positive effect on customer satisfaction with a calculated F value of 284.40. This research is expected to be a reference for further researchers who want to conduct research, especially in marketing. Keywords: Brand Image , Promotion, Customer Satisfaction
Pengaruh Kualitas Layanan dan Varian produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Juragan Sambal Surabaya
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 8 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.976 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v8n1.p%p

Abstract

Untuk mencapai kepuasan konsumen diperlukankKualitas layanan dan varian produk sebagai salah satu indikatornya, dimana persaingan bisnis. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan, mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan varian produk terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 15.775 adalah konsumen rumah makan Juragan Sambal usia 15 – 64 tahun. Sampel penelitian berjumlah 100 konsumen, ditentukan berdasarkan teori Slovin dengan kesalahan 10%. Teknik sampling purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 25.0. Hasil angket penelitian diketahui pengaruh X1 terhadap y sebesar 0,330, X2 terhadap y sebesar 0,429 serta X1 dan X2 terhadap y Sebesar 0,413 kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel varian produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan kualitas layanan varian produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen rumah makan Juragan Sambal Surabaya. Kata Kunci: Kualitas layanan, Varian Produk, Kepuasan Konsumen. Service quality and variants the product is one the indicators to achieve the satisfaction of the costumer, where competition business. This study to describe, analyze the influence of service quality and variant product on custumer satisfaction. Used research descriptive with quantitative approach. The population amounted to 15,775 are consumer rumah makan juragan sambal age of 15 – 64 years. samples amounted 100 consumers. Which formula Slovin error 10% purposive sampling. Angket and interview data collection techniques. Assumptions classical, regression liniear multiple by using the application SPSS 25.0. the results of research know to influence x1 to y at .330, x2 to y at .429, and x1 and x2 toward y amounting to .413. service quality influence positively significant to satisfaction of consumer. Variant products influence positively significant to satisfaction of consumers, and service quality and variant products influence positively signification to satiscation of consumer’s juragan sambal Surabaya. Keywords: Service quality, Product Variants, Consumer Satisfaction.
PENGARUH VISUAL MERCHANDISING DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING (Studi Kasus Pada Konsumen MINISO Di Surabaya) IRMA DIAH ANGGRAINI; RAYA SULISTYOWATI
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 8 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.856 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v8n1.p%p

Abstract

ABSTRAK Persaingan ritel modern menjadikan konsumen dihadapkan dengan berbagai macam pilihan toko yang menyebabkan adanya perilaku konsumen saat berbelanja di sebuah toko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari visual merchandising dan store atmosphere terhadap perilaku impulse buying pada konsumen MINISO di Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian tidak terencana di MINISO Royal Plaza, MINISO Grand City dan MINISO Tunjungan Plaza Surabaya. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 100 responden. Data diambil menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan perhitungan melalui aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) visual merchandising berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulse buying, (2) store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulse buying, (3) visual merchandising dan store atmosphere secara simultan berpengaruh terhadap perilaku impulse buying, dengan persentase pengaruh sebesar 52% . Kata Kunci: Visual Merchandising, Store Atmosphere, Perilaku Impulse Buying Abstract Modern retail competition makes consumers are faced with a variety of store options which causes consumers behavior while shopping in a store. This study aims to determine the effect of visual merchandising and store atmosphere against impulse buying behavior of consumers MINISO in Surabaya. This research is quantitative research, the population of this study is consumers who have made unplanned purchases in MINISO Royal Plaza, MINISO Grand City and MINISO Tunjungan Plaza Surabaya. Sampling using purposive sampling which was amounted to be 100 respondents. The data were taken using a questionnaire. Methods of data analysis using multiple linier regression analysis with the help of SPSS version 23. Lastly, the results showed that (1) visual merchandising significant influence on impulse buying behavior, (2) store atmosphere significant influence on impulse buying behavior, (3) visual merchandising and store atmosphere simultaneously influence on impulse buying behavior, with percentage of impact is 52%. Keywords: Visual Merchandising, Store Atmosphere, Impulse Buying Behavior
Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Penataan Produk Kelas Xi Pemasaran Di Smk Kusuma Negara Kertosono
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 8 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.403 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v8n1.p%p

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengembangan media PowToon memiliki tujuan: 1) mengembangkan media pembelajaran PowToon pada mata pelajaran penataan produk; 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran PowToon pada mata pelajaran penataan produk; 3) mengetahui respons siswa terhadap media pembelajaran PowToon pada mata pelajaran penataan produk. Jenis Penelitian ini menggunakan metode Penelitian R&D (Research and Development) dengan model pendekatan 4D Thiagaradjan. Subjek Penelitian yaitu pertama Instrumen Pengumpulan Data: 1) Lembar Telaah Ahli Media dan Materi, 2) Lembar Validasi Ahli Media dan Materi, dan 3) Lembar Respons Siswa. Selanjutnya Teknik analisis Data: 1) Analisis Angket Telaah Ahli Media dan Materi, 2) Analisis Angket Validasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran PowToon telah berhasil dikembangkan melalui metode R&D dengan model 4D, 2) media pembelajaran PowToon yang dikembangkan mendapatkan persentase nilai validasi oleh para ahli dengan Kriteria “Sangat Layak”, 3) media pembelajaran dengan aplikasi PowToon yang dikembangkan mendapat keseluruhan respons siswa menggunakan ukuran “Sangat Layak”. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Aplikasi PowToon, Penataan Produk Abstract Research development media PowToon aims to : 1) Develop learning media with PowToon Applications in Product Structuring subjects, 2) Know the feasibility of learning media with PowToon applications in product structuring subjects, 3) Know students responses to learning media with PowToon applications on product structuring subjects. This type of research uses the Research and Development (R&D) method with Thiagaradjans 4D approach model. The research subjects are the first Data Collection Instrument: 1) Media Expert Material Study Sheet, 2) Media Expert Material and Material Validation Sheet, and 3) Student Response Sheet. Furthermore Data analysis techniques: 1) Analysis of Questionnaire Analysis of Media and Material Experts, 2) Analysis of Validation Questionnaire. The results of this study indicate that: 1) instructional media with the PowToon application have been successfully developed through R&D methods and development with the 4D model, 2) learning media with the PowToon application developed get a percentage value of validation by experts with "Very Eligible" Criteria, 3) learning media with the developed PowToon application get the overall response of students with the criteria "Very Eligible". Keywords: Development, Learning Media, PowToon Application, Product Arrangement
PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA YANG DI MODERASI OLEH EFIKASI DIRI PADA SISWA KELAS XI BDP SMKN 2 KEDIRI EKSI SEKARINI; NOVI MARLENA
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 8 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.004 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v8n1.p%p

Abstract

Dalam diri siswa harus ditumbuhkan efikasi untuk memaksimalkan pembelajaran kewirausahaan. Apabila siswa yakin terhadap diri dan kemampuannya, maka hasil maksimal akan didapatkan melalui efikasi diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha serta untuk mengetahui apakah efikasi diri memperkuat pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI BDP SMK Negeri 2 Kediri. Responden penelitian seluruh siswa kelas XI jurusan Bisnis Daring Pemasaran (BDP) SMK Negeri 2 Kediri berjumlah 72 siswa. Kuesioner digunakan untuk melakukan teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan MRA (Moderated Regression Analysis). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa 1) pembelajaran kewirausahaan mempengaruhi minat berwirausaha siswa Kelas XI BDP SMK Negeri 2 Kediri, 2) efikasi diri memperkuat pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa Kelas XI BDP SMK Negeri 2 Kediri. Kata Kunci: Pembelajaran Kewirausahaan, Efikasi Diri, Minat Berwirausaha
PENGARUH INOVASI PRODUK DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP SALES PERFORMANCE PADA IKM BATIK GEDOG KABUPATEN TUBAN WIDYA AYU PRATIWI; RAYA SULISTYOWATI
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 8 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.041 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v8n1.p%p

Abstract

Untuk meningkatkan keunggulan bersaing dan bertahan dalam pangsa pasar di era modern ini, perusahaan banyak melakukan strategi penjualan demi tercapainya sales performance atau kinerja dari penjualan dengan melakukan inovasi produk dan menggunakan social media marketing. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Sampel yang digunakan sebanyak 30 responden. Data diolah dengan menggunakan SPSS 16.0. Dari hasil uji regresi linier berganda terdapat hubungan antara inovasi produk dan social media marketing terhadap sales performance . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel inovasi produk (X1) berpengaruh secara positif terhadap sales performance sebesar 7,5% akan tetapi tidak signifikan. Hasil penelitian menunjukkan variabel social media marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap sales performance dengan presentase sebesar 38,9%. Variabel inovasi produk dan social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap sales performance pada IKM Batik Gedog sebesar 49,2%. Kata Kunci: Inovasi Produk, Social Media Marketing, Sales Performance.
PENGARUH DISPARITAS HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA JASA TRANSPORTASI ONLINE (Studi Pada Konsumen Go-Food di Surabaya)
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 8 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.831 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v8n1.p%p

Abstract

ABSTRAK Perkembangan ekonomi digital sangat berguna dalam sektor transportasi. Adanya transportasi online, membantu aktivitas masyarakat menjadi cepat dan efisien. Gojek memberi sebuah fitur layanan food delivery online di antaranya Go-Food. Penelitian ini mempunyai tujuan terkait dampak disparitas harga dan kualitas layanan pada loyalitas pelanggan konsumen Go-Food di Surabaya. Diterapkan metode kuantitatif dengan non-probability sampling melalui pemilihan sampel purposive sampling. Responden penelitian ini sejumlah 97 peserta yang memakai jasa Go-Food. Penelitian ini memakai teknik analisis data melalui uji regresi linier berganda. Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa variabel disparitas harga menghasilkan nilai koefisien negatif atau berbanding terbalik dengan loyalitas pelanggan jasa Go-Food di Surabaya sejumlah -0,028. Sedangkan kualitas layanan dengan parsial mempunyai pengaruh signifikan pada loyalitas pelanggan sejumlah 0,295. Namun disparitas harga dan kualitas layanan dengan simultan mempunyai pengaruh signifikan pada loyalitas pelanggan jasa Go-Food di Surabaya. Kata Kunci : Disparitas Harga, Kualitas Layanan, Loyalitas Pelanggan.

Page 1 of 20 | Total Record : 192