cover
Contact Name
Dwi Yuli Rakhmawati
Contact Email
dwirakhmawati@unesa.ac.id
Phone
+6285648267389
Journal Mail Official
jptn@unesa.ac.id
Editorial Address
Jl. Ketintang No.2, Ketintang, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)
ISSN : 23376708     EISSN : 27233901     DOI : https://doi.org/10.26740/jptn.v11n1
Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran di bidang pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga serta di bidang ilmu bisnis dan perniagaan yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), lembaga pendidikan tinggi, serta dunia usaha dan dunia industri yang meliputi: Pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga Evaluasi dan Asesmen pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga Riset dan pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga Manajemen pemasaran Studi perilaku konsumen Kewirausahaan Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik
Articles 167 Documents
PENGARUH WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN BEBEK SINJAY BANGKALAN Indira Tri Winalda; Tri Sudarwanto
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 10 No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.984 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v10n1.p1573-1582

Abstract

Bebek Sinjay adalah kuliner makanan khas Bangkalan Madura yang memiliki cita rasa khas yang lokal. Strategi perusahaan memanfaatkan promosi yang dilakukan konsumen dan juga adanya kualitas produk. Word of Mouth memiliki dampak besar bagi produk maupun jasa perusahaan karena adanya interaksi seseorang kepada orang lain secara langsung ataupun secara media elektronik. Tujuan adanya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Word Of Mouth terhadap keputusan pembelian, mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap keputusan Pembelian, serta mengetahui pengaruh Word of Mouth dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Bebek Sinjay Bangkalan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dan memiliki sampel sebanyak 210 responden dengan populasi konsumen atau pengunjung Bebek Sinjay Bangkalan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran kuesioner melalui googleform. Teknik analisis yang digunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Word Of Mouth dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Bebek Sinjay Bangkalan.Kata Kunci: keputusan pembelian; kualitas produk; word of mouth.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AURORA 3D PRESENTATION PADA MATA PELAJARAN MARKETING KELAS X BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 2 TUBAN
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 8 No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.025 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v8n2.p%p

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini, bermanfaat guna, 1) mengembangkan media belajar berbasis Aurora 3 dimensi Presentation untuk KD 3.4 dan 4.4 menerapkan cara untuk penyebaran pemasaran, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Aurora 3D Presentation, 3) mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis Aurora 3D Presentation. Jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri Pendefinisian, Perancangan, pengembangan, Penyebaran. apabila dalam penyebaran tidak dilakukan dikarenakan keadaan kondis tempat, keterbatasan dan biaya. Jadinya, tahap yang akan dilakukan ada tiga tahap yaitu Tahap Pendefinisian, Tahap Perancangan, dan Tahap Pengembangan. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa yang layak media pembelajaran Aurora 3D Presentation di peroleh yaitu hasil rata - rata skor validasi ahli materi sebesar 90% dengan kriteria sangat bagus, hasil rata-rata skor validasi ahli media sebesar 88% dengan kriteria sangat layak. Nilai respon siswa dan siswi pada uji coba terbatas memperoleh rata - rata 75% dengan kriteria layak, sedangkan untuk hasil uji coba lapangan memperoleh rata-rata sebesar 82% dengan kriteria sangat layak. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Aurora 3D Presentation, Menerapkan strategi bauran pemasaran. Abstract This research ,useful for, 1) developing Aurora 3 Dimensi Presentation-based learning media in KD 3.4 and 4.4 applying marketing mix strategies, 2) knowing the feasibility of Aurora 3D Presentation-based learning media, 3) knowing students responses to development Aurora 3D Presentation based learning media. This research is a type of development research that refers to the 4D development model which consists of Define, Design, Develop, Disseminate (deployment). However, the deployment phase was not carried out due to field conditions, limitations and costs. So that the stages carried out only three stages, namely the Defining Phase, Design Phase, and Development Phase. The results showed that the feasibility of the Aurora 3D Presentation learning media obtained an average score of 90% material expert validation with very decent criteria, an average score of 88% media expert validation with a very decent criterion. Evaluation of students responses in limited trials gained an average of 75% with reasonable criteria, while for the results of field trials obtained an average of 82% with very decent criteria. Keywords:. Learning Media, Aurora 3D Presentation, Implementing the marketing mix strategy.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA TRANSPORTASI MIGO DI SURABAYA SEPTIAN WULANDARI; NOVI MARLENA
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 8 No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.392 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v8n2.p%p

Abstract

Kualitas layanan adalah prioritas dalam menjaga hubungan bisnis dengan penyedia layanan dan konsumen. Dengan meningkatkan kualitas layanan dapat menumbuhkan kepuasan pelanggan, sehingga konsumen akan membeli produk yang sama di perusahaan. Dalam penelitian ini, tujuannya adalah untuk mencari pengaruh kualitas layanan terhadap niat pembelian kembali, pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan, dan pengaruh kepuasan pelanggan terhadap minat pembelian kembali pada pengguna transportasi e-Bike Migo di Surabaya. Kuantitatif deskriptif digunakan sebagai metode penelitian. Populasi yang diambil adalah 378. Sampel berjumlah 182. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dianalisis dengan analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat memiliki pengaruh meminta konsumen terhadap kualitas barang dan memberikan kepuasan kepada konsumen yang membeli produk dan ada pengaruh terhadap minat beli ulang pemilik Migo di Surabaya. Kata Kunci : kualitas layanan, minat beli ulang, kepuasan konsumen
Pengaruh Kualitas Layanan dan Varian produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Juragan Sambal Surabaya
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 8 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.976 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v8n1.p%p

Abstract

Untuk mencapai kepuasan konsumen diperlukankKualitas layanan dan varian produk sebagai salah satu indikatornya, dimana persaingan bisnis. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan, mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan varian produk terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 15.775 adalah konsumen rumah makan Juragan Sambal usia 15 – 64 tahun. Sampel penelitian berjumlah 100 konsumen, ditentukan berdasarkan teori Slovin dengan kesalahan 10%. Teknik sampling purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 25.0. Hasil angket penelitian diketahui pengaruh X1 terhadap y sebesar 0,330, X2 terhadap y sebesar 0,429 serta X1 dan X2 terhadap y Sebesar 0,413 kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel varian produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan kualitas layanan varian produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen rumah makan Juragan Sambal Surabaya. Kata Kunci: Kualitas layanan, Varian Produk, Kepuasan Konsumen. Service quality and variants the product is one the indicators to achieve the satisfaction of the costumer, where competition business. This study to describe, analyze the influence of service quality and variant product on custumer satisfaction. Used research descriptive with quantitative approach. The population amounted to 15,775 are consumer rumah makan juragan sambal age of 15 – 64 years. samples amounted 100 consumers. Which formula Slovin error 10% purposive sampling. Angket and interview data collection techniques. Assumptions classical, regression liniear multiple by using the application SPSS 25.0. the results of research know to influence x1 to y at .330, x2 to y at .429, and x1 and x2 toward y amounting to .413. service quality influence positively significant to satisfaction of consumer. Variant products influence positively significant to satisfaction of consumers, and service quality and variant products influence positively signification to satiscation of consumer’s juragan sambal Surabaya. Keywords: Service quality, Product Variants, Consumer Satisfaction.
BEAUTY VLOGGER SEBAGAI MODERASI PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH DI SURABAYA Desi Puspitasari; Novi Marlena
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 9 No 3 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.428 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v9n3.p1335-1341

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui 1) pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah di Surabaya, 2) pengaruh beauty vlogger sebagai variabel moderasi citra merek terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah di Surabaya. Jenis penelitian ini yakni penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sample dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yakni kuesioner yang disebarkan secara online. Populasi penelitian ini yakni konsumen wanita pengguna kosmetik wardah di Surabaya. Peneliti mengambil 100 orang sampel berdasarkan rumus Wibisono. Teknik analisis yang digunakan yakni uji Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian yakni variabel citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel beauty vlogger tidak memoderasi variabel citra merek terhadap keputusan pembelian.
PENGARUH HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI DI TOKO APOLLO PLAZA MARINA SURABAYA Ella Merina; Tri Sudarwanto
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 9 No 3 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.103 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v9n3.p1342-1348

Abstract

Penelitian yang dibuat oleh penulis ini guna memahami lebih dalam seberapa besar variabel citra merek dan variabel harga mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi di Apollo Plaza Marina Surabaya. Peneliti menggunakan model penelitian kuantitatif. Peneliti mengambil data yang digunakan sebagai responden dengan menyebar angket dengan hasil responden ±58. Analisis data menggunakan model pengujian normalitas, multikolinieritas,heterokedastisitas, linieritas, uji F, dan uji (R Square). Hasil pada penelitian ini adalah : (1) Variabel citra merek tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian smartphone Xiaomi pada toko Apollo Plaza Marina Surabaya, dengan nilai -0.59. (2) Variabel harga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai 0,047 terhadap variabel keputusan pembelian smartphone Xiaomi di Apollo Plaza Marina Surabaya. (3) Sedangkan hasil uji- F secara bersamaan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel citra merek dan variabel harga terhadap keputusan pembelian (Y). Dengan nilai 0,02 di bawah 0,05.
PENGARUH CITRA MEREK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PENGUNAAN MOTOR BAJAJ PULSAR (Pada Konsumen Di Komunitas Motor Pulsar) Indra Dino Prastyo; Harti Harti
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 8 No 3 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.334 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v8n3.p918-924

Abstract

Orientasi penelitian ini ialah guna memahami pengaruh citra merek beserta desain produk terhadap keputusan penggunaan motor Bajaj Pulsar. keseluruhan sampel 70 orang memakai metode Purposive Sampling yaitu responden pengguna motor Bajaj selama 1 tahun. Pengumpulan data menggunakan angket. Analisis regresi linier berganda dipakai dalam mengerjakan data dengan dukungan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian menyatakan jika citra merek memiliki dampak secara signifikan terhadap keputusan penggunaan motor Bajaj Pulsar, desain produk berpengaruh positif dengan keputusan penggunaan motor Bajaj Pulsar. Secara simultan variabel citra merek dan desain produk berpengaruh positif dengan keputusan penggunaan motor Bajaj Pulsar.
PENGEMBANGAN BOOKLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENGELOLAAN BISNIS RITEL MATERI PERLINDUNGAN KONSUMEN KELAS XI BDP DI SMKN MOJOAGUNG Nirmalasari Meilia Putri; Saino Saino
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 8 No 3 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (730.162 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v8n3.p925-931

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk akhir yakni booklet sebagai media pembelajaran materi perlindungan konsumen untuk siswa kelas XI BDP SMK Negeri Mojoagung. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yakni define, design, develop, dan disseminate oleh Thiagarajan dan Semmel, namun peneliti hanya melaksanakan sampai tahap pengembangan (develop). Penelitian pengembangan media booklet ini bertujuan (1) mengetahui proses pengembangan booklet, (2) mengetahui kelayakan booklet sebagai media pembelajaran materi perlindungan konsumen, (3) mengetahui respons siswa terhadap booklet sebagai media pembelajaran. Didasarkan hasil validasi ahli materi, booklet memperoleh persentase kelayakan 86%, validasi ahli bahasa memperoleh persentase kelayakan sebesar 80%, dan validasi ahli grafis memperoleh persentase kelayakan 79%. Kemudian dilakukan uji coba terbatas pada 8 siswa XI BDP SMK Negeri Mojoagung dan dilakukan perbaikan, kemudian dilakukan uji coba lapangan sebanyak 20 siswa XI BDP SMK Negeri Mojoagung dengan hasil persentase 87%. Dengan demikian dapat peneliti simpulkan bahwa media pembelajaran booklet perlindungan konsumen dikategorikan sangat layak dipergunakan.
PENGARUH SALES PROMOTION DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET BIOSKOP MELALUI APLIKASI TIX ID (Studi pada Pengguna Aplikasi TIX ID di Surabaya) Wiwik Cahyani; Raya Sulistyowati
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.373 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v9n1.p1055-1061

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh sales promotion dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian tiket bioskop melalui aplikasi TIX ID. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil 210 sampel. Populasi dalam penelitian adalah pengguna aplikasi TIX ID di Surabaya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sales promotion dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan. Sedangkan, koefisien determinasi menunjukkan nilai sebesar 45% dari kedua variabel tersebut sedangkan sisanya sebesar 55% dipengaruhi oleh variabel lain.Kata Kunci: sales promotion, electronic word of mouth, keputusan pembelian, aplikasi TIX ID
PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK “LUWAK WHITE KOFFIE” (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SUNAN BONANG TUBAN) Milawati Harum Widya Sari; Tri Sudarwanto
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 9 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.113 KB) | DOI: 10.26740/jptn.v9n1.p1132-1138

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh celebrity endorser dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Luwak White Koffie pada mahasiswa Universitas Sunan Bonang Tuban. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan penentuan sampel menggunakan rumus slovin diperoleh 94 jumlah responden. Teknik analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Variabel celebrity endorser tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi -0.169. Variabel kualitas produk memberikan sumbangan pengaruh pada keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi 0.324. Celebrity endorser dan kualitas produk bernilai positif, sehingga celebrity endorser dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh produsen produk kopi, untuk pembaca, dan dapat dijadikan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya.Kata Kunci : Celebrity endorser, kualitas produk, keputusan pembelian

Page 1 of 17 | Total Record : 167