cover
Contact Name
Ahmad Gawdy Prananosa
Contact Email
lppm.unpari2022@gmail.com
Phone
+6281377987485
Journal Mail Official
ahmadgawdynano@yajoo.com
Editorial Address
Jalan Mayor Toha, Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur 1, Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan kode pos 31628
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
PRIMARY EDUCATION JOURNAL SILAMPARI
ISSN : -     EISSN : 26546272     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Primary Education Journal Silampari adalah jurnal ilmiah Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang diterbitkan LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau. Primary Education Journal Silampari (PEJS) memiliki ISSN 2654-6272 (Print) yang mulai digunakan pada terbitan Volume 1 Nomor 1 Juni 2019. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian di bidang pendidikan dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan dasar bagi masyarakat akademik.
Articles 40 Documents
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI ERA GLOBALISASI Wira Fimansyah
Primary Education Journal Silampari (PEJS) Vol 1 No 1 (2019): Primary Education Journal Silampari (PEJS)
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.317 KB) | DOI: 10.31540/pejs.v1i1.305

Abstract

The globalization era has taken place in every part of life even in the point of view and the mindset of parenting. In fact, parents are the main and most important educator. Thus, why the family is known as the first madrasah for children because the education from parents is the basis of character development and the future life of children. Through this literature study, it is expected could provide the knowledge and understanding to the parents about the family as the first madrasah and the importance of applying the right parenting for their children. This information is very useful for all parents, prospective parents, and especially for the rural communities who are considered less of knowledge about it. The method used is the literature review method to provide the knowledge and understanding of various types of parenting to build up the children's character in the globalization era by exploring the results of several types of research, journals, and books. The parenting style has a significant effect in developing the children character to be good or bad, whether they will grow into an extrovert, introvert, or ambitious person in their daily life. Therefore, parenting plays an important role in building the children's character. Considering the tight relationship between parenting and the children's character, so applying the right parenting will help parents build their child's character up. The most recomended parenting is democratic parenting.
BUKU EVALUASI TERPADU SEBAGAI PENDUKUNG PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR Fajri Basam
Primary Education Journal Silampari (PEJS) Vol 1 No 1 (2019): Primary Education Journal Silampari (PEJS)
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.652 KB) | DOI: 10.31540/pejs.v1i1.306

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan buku evaluasi terpadu (BETA) dalam mendukung pendidikan karakter siswa sekolah dasar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dalam penelitian diperoleh melalui sumber data primer yang berasal dari narasumber langsung yaitu guru, siswa dan orang tua siswa kelas V SDN Sadeng 03, sedangkan untuk sumber data sekunder berasal dari foto-foto dan dokumen BETA. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan BETA mampu membuat perilaku siswa menjadi lebih terkontrol. BETA dapat membentuk karakter siswa antara lain: kedisiplinan, iman dan takwa, ibadah, akidah, hormat pada orang tua dan guru, menghormati dan menyayangi teman, kejujuran, tanggung jawab, kemandirian, dan, sopan santun.
PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE Devi Afriyuni Yonanda
Primary Education Journal Silampari (PEJS) Vol 1 No 1 (2019): Primary Education Journal Silampari (PEJS)
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.84 KB) | DOI: 10.31540/pejs.v1i1.307

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil peningkatan pemahaman konsep siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan (Action Research). Data hasil tes akan dianalisis dengan menggunakan rumus sebagai berikut: 1) Ketuntasan individu dikatakan tuntas apabila mencapai 65% sesuai denan ketetapan dari SDN Gununglarang III Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka. Dengan demikian siswa dianngap telah mencapai ketuntasan belajar jika telah mencapai nilai ≥65. Untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa secara individu digunakan rumus skor hasil ketuntasan individu dan skor ketuntasan maksimal, 2) Ketuntasan klasikal dikatakan tuntas apabila mencapai 70% sesuai dengan ketetapan dari SDN Gununglarang III Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pada siklus I tindakan I terdapat siswa yang tuntas 35% dan siswa yang tidak tuntas 65%, siklus I tindakan II terdapat siswa yang tuntas 40% dan siswa yang tidak tuntas 60%. Persentase ini menunjukkan hasil pada siklus I termasuk kurang, pertanyaan tersebut sesuai (2) Pemahaman konsep siswa meningkat pada siklus II, siklus II tindakan I siswa yang tuntas 65% dan siswa yang tidak tuntas 35%, siklus II tindakan II siswa yang tuntas 100% dan yang tidak tuntas 0%. Hasil ini menunjukkan kategori baik. Kesimpulan, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas III SD Negeri Gununglarang III.
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS, SIKAP ILMIAH DAN MERANCANG MINI RISET MAHASISWA PGSD STKIP MUHAMMADIYAH BANGKA BELITUNG PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM IPA Erika Fitri Wardani
Primary Education Journal Silampari (PEJS) Vol 1 No 1 (2019): Primary Education Journal Silampari (PEJS)
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.869 KB) | DOI: 10.31540/pejs.v1i1.308

Abstract

This study aimed to 1) determined the scientific literacy skills of STKIP MBB PGSD students in Science Practicum Courses, 2) determined the ability of the scientific attitude of STKIP MBB PGSD students in Science Practicum Courses and 3) to knew the ability of STKIP MBB PGSD students in designing a mini research on Science Practicumcourse.This research was a qualitative descriptive method The study was conducted through descriptive analysis of variables measured in the study. The variables in question are scientific literacy skills, scientific attitudes and the ability to design mini research of STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung PGSD students. Data collection techniques in this study include giving scientific literacy test questions, giving scientific attitude questionnaires, observing the ability of students to conduct mini research, interviews, and documentation. The research instruments used included scientific literacy questions, scientific attitude questionnaires, observation sheets of students' ability to conduct mini research, interview guides, and field notes.The results showed that science literacy skills of PGSD students were still in the low category with an average percentage of 49.64%, students' scientific attitudes were in a good category with an average percentage of 79.83% while the skills in designing mini research were in the sufficient category with a mean percentage amounting to 41.99%.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) KELAS IV SD NEGERI 179 PALEMBANG Tiurida Intika
Primary Education Journal Silampari (PEJS) Vol 1 No 1 (2019): Primary Education Journal Silampari (PEJS)
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.696 KB) | DOI: 10.31540/pejs.v1i1.309

Abstract

The objective of research was to improve students' learning outcome on thematic learning through CLIS model (Children Learning In Science) in the fourth class of elementary school number 179 Palembang. The design of the research was action research. The subject of the research was 27 students of IVC including 13 male students and 14 female students. Technique of data analysis used test, observation and documentation. Based on the research result, it was proved that the average score in pre-cycle was 62 with learning mastery 30.8% (fair), the average score in cycle I increased 70.9 with learning mastery 44.4% (enough). While the average score in cycle II also increased 75.2 with learning mastery 85.1% (very good). The average percentage of students' participation also increased from cycle I (61.9%) in enough active category to cycle II (71.1%) in active category. In summary, CLIS model (Children Learning In Science) can improve students' learning outcome. Therefore, the researcher suggests that the teachers apply CLIS model in the teaching and learning process.
STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS II SD NEGERI 68 KOTA BENGKULU Igit Setiono; Puspa Djuwati; Dalifa Dalifa
Primary Education Journal Silampari (PEJS) Vol 2 No 2 (2020): Primary Education Journal Silampari (PEJS)
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.428 KB) | DOI: 10.31540/pejs.v2i2.1282

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi keterampilan gaya mengajar guru yang meliputi pemahaman guru, pelaksanaan, hambatan, dan cara mengatasinya dalam proses pembelajaran di kelas II SDN 68 kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas II guru Fr dan guru Py. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan & Verifikasi. Uji kredibilitas data melalui penyuluhan observasi, peningkatan ketekunan, diskusi dengan rekan sejawat dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas II sudah cukup memahami tentang keterampilan variasi gaya mengajar, dalam proses pembelajaran hampir semua komponen telah dilaksanakan meskipun belum optimal, hambatan adalah perbedaan kemampuan antar siswa, dan cara mengatasinya adalah dengan pengkondisian murid-murid.
STUDI DESKRIPTIF KINERJA GURU DALAM MEMILIH BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Tio Gusti Saputra
Primary Education Journal Silampari (PEJS) Vol 2 No 2 (2020): Primary Education Journal Silampari (PEJS)
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.211 KB) | DOI: 10.31540/pejs.v2i2.1283

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan studi deskriptif kinerja guru dalam memilih bahan ajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV B SDN 60 kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV SDN 60 B Kota Bengkulu. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, wawancara dan member chechk. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menguji kredibilitas data melalui observasi dan triangulasi penyuluhan. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) guru sudah melakukan tahapan pemilihan bahan ajar berdasarkan unsur bahan ajar yang baik, namun ada unsur bahan ajar yang tidak sesuai yaitu sama sekali tidak sesuai materi pada bahan ajar memiliki LKS, 2) guru belum sepenuhnya mampu memilih bahan ajar bahasa Indonesia berdasarkan prinsip bahan ajar, 3) guru juga belum sepenuhnya mampu memilih bahan ajar bahasa Indonesia berdasarkan langkah-langkah pemilihan bahan ajar, 4) guru hanya menggunakan jenis bahan ajar dalam pengajaran bahasa Indonesia, padahal masih ada jenis bahan ajar lain yang dapat digunakan
PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENYUSUN RPP KURIKULUM 2013 Asnani Asnani
Primary Education Journal Silampari (PEJS) Vol 2 No 2 (2020): Primary Education Journal Silampari (PEJS)
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.582 KB) | DOI: 10.31540/pejs.v2i2.1298

Abstract

Rendahnya kemampuan guru menyusun RPP terlihat dari dari 8 (100%) orang guru hanya 2 (25%) guru yang mampu menyusun RPP dengan baik. Sedangkan 6 (75%) orang guru lainnya kemampuan dalam menyusun RPP masih rendah. Tujuan dari penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) melalui Bimbingan Kelompok di SDN 10 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah guru PNS yang berjumlah 7 orang. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif dengan metode pengumpulan data mengunakan lembar observasi dan dokumentasi catatan lapangan selanjutnya dianalisis dengan persentasi dan reduksi data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan Pelaksanaan bimbingan kelompok dapat meningkat kemampuan guru dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan prinsip dan langkah-langkah penyusunan RPP dan Terjadi peningkatan kemampuan guru yang signifikan pada masing-masing komponen rencana pelaksanaan pembelajaran, khusus pada komponen penulisan Identitas, penulisan kompetensi inti dan penulisan kompetensi dasar dan hal ini ditandai dengan adanya tindakan pemberian reward.
HUBUNGAN PERHATIAN DARI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD KOTA BENGKULU Pristiana Irza
Primary Education Journal Silampari (PEJS) Vol 2 No 2 (2020): Primary Education Journal Silampari (PEJS)
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.904 KB) | DOI: 10.31540/pejs.v2i2.1299

Abstract

Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN 60 Kota Bengkulu Lubuklinggau. Menggunakan korelasi kuantitatif. Menggunakan sampel sebanyak 55 siswa. Teknik dalam mengumpulkan data menggunakan teknik kuesioner dan teknik dokumentasi. Teknik dalam analisis datanya dengan menerapkan rumus "Product Moment Correlation" dan "Double Correlation". Hasil dari penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari rxy = 0,51542, rxy = 0,26566, t hitung 3,2944. Simpulannya bahwa: adanya hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN 60 Kota Bengkulu.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE (STAD) STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS V SD Yeni Septi Lestari; Meita Fitrianawati
Primary Education Journal Silampari (PEJS) Vol 2 No 2 (2020): Primary Education Journal Silampari (PEJS)
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.724 KB) | DOI: 10.31540/pejs.v2i2.1300

Abstract

Pentingnya pembelajaran matematika dalam memecahkan masalah sehari-hari di lingkungan pendidikan dan lingkungan kerja, selain itu matematika merupakan disiplin ilmu yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan berpendapat. Dalam penelitian ini permasalahan yang terjadi adalah siswa terlihat pasif selama proses pembelajaran matematika dan nilai rata-rata mata pelajaran matematika lebih rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Matematika ditinjau dari aspek prestasi belajar dan keaktifan siswa kelas V SD Muhammadiyah Karangtengah. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Quasi Experiment Design (pretense eksperimen) tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan dalam 3 pertemuan di kelas kontrol dan 3 pertemuan di kelas eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Karangtengah yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA sebanyak 27 orang dan kelas VB sebanyak 28 orang. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar dan keaktifan siswa kelas V SD Muhammadiyah Karangtengah dengan model pembelajaran STAD. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi yang telah divalidasi oleh dosen ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran STAD efektif ditinjau dari prestasi belajar dan keaktifan siswa; (2) Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran konvensional efektif ditinjau dari prestasi belajar dan keaktifan siswa; (3) Tidak terdapat perbedaan keefektifan antara pembelajaran matematika yang menggunakan model STAD dan model konvensional ditinjau dari aspek prestasi belajar dan keaktifan siswa.

Page 1 of 4 | Total Record : 40