cover
Contact Name
RIDWAN
Contact Email
ridwanr320@gmail.com
Phone
+6282340340330
Journal Mail Official
jurnaljpils@gmail.com
Editorial Address
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No.1` Pagesangan Kota Mataram NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Journal of Progressive Innovation Library Service (JPILS)
ISSN : 28092856     EISSN : 2809042X     DOI : https://doi.org/10.31764/jpils.v1i1.5701
Focus and Scope: Manajemen Perpustakaan; Etika Profesi Pustakawan; Layanan Perpustakaan; Teknologi Informasi Perpustakaan; Perpustakaan dan Media Sosial; Big Data dan Data Analytics; Manajemen Koleksi Perpustakaan dan Arsip; Open Access, Open Data dan Data Management; Literasi Informasi; Preservasi dan Konservasi Media Informasi;
Articles 22 Documents
PENINGKATAN TATA KELOLA LAYANAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MATARAM Baiq Fitriah Darmayanti P; Ridwan Ridwan; Rohana Rohana
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol. 1, No. 2 (2021): Oktober
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.793 KB) | DOI: 10.31764/.v1i1.5698

Abstract

Perpustakaan di era saat ini harus melakukan perubahan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Keadaan ini yang mendorong para pustakawan, dan pelaku pemanfaatan informasi atau pengguna perpustakaan berusaha keras agar mendapatkan perkembangan informasi yang mutakhir dan dibutuhkan. Perpustakaan sebagai sumber informasi juga berperan penting dalam membangun karakteristik mahasiswa dalam mempelajari ilmu pendidikan. Perpustakaan sebagai sumber informasi dituntut untuk memberikan layanan informasi yang lengkap, cepat, jelas, dan tepat guna mendapat pertanggung jawaban sumbernya terutama pada lingkup perguruan tinggi sehingga diperlukannya pengabdian terkait kegiatan pelayanan di perpustakaan Universitas Islam Negeri Mataram. Target khusus yang diharapkan tercapai adalah perbaikan kualitas pelayanan melakukan kegiatan literasi dengan nyaman serta tidak lagi merasa segan untuk terus mengunjungi perpustakaan. Adapun metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan cara menghidupkan ulang perpustakaan. Semua tahapan kegiatan pengabdian masyarakat di UPT Perpustakaan Islam Negeri Mataram  telah 100% dilaksanakan dan menghasilkan luaran diantaranya yaitu (1) Susunan penataan buku yang lebih teratur, (2) Kegiatan pelayanan teknis untuk mempermudah temu kembali informasi.
PENGEMBANGAN MANAJEMEN DAN PENERAPAN SISTEM AUTOMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS SLIMS DI PERPUSTAKAAN SMKN 1 MATARAM Ridwan Ridwan; Iskandar Iskandar; Widiastuti Furbani
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol. 2, No. 1 (2022): April
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.851 KB) | DOI: 10.31764/jpils.v1i2.10741

Abstract

 Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar yang mampu menyediakan buku/koleksi untuk menunjang materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Guru dianggap sebagai satu-satunya sumber ilmu pengetahuan dan informasi. Kiranya belum ada kesadaran yang tinggi bahwa perpustakaan sekolah merupakan sumber ilmu pengetahuan dan informasi yang ikut berperan dalam mencapai kualitas pendidikan umumnya sekolah di Kota Mataram dan khusunya pada perpustakaan SMKN 1 Mataram. Melihat kondisi tersebut, maka Tim Pengabdian memadang perlu diselenggarakan sebuah program memberikan bantuan dalam bentuk pelatihan dan penyuluhan tentang Pengembangan Manajemen  dan Penerapan Sistem Automasi Perpustakaan di Perpustakaan SMKN 1 Mataram. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode ceramah/penyuluhan, metode dialogis, dan metode pelatihan. Adapun hasil yang didapat dalam pengabdia ini yaitu; 1) Otomasi perpustakaan di Perpustakaan Perpustakaan SMKN 1 Mataram sudah berjalan dengan baik’ 2) Otomasi perpustakaan tersebut menggunakan sistem open source; 3) Pengelolaan koleksi dan layanan perpustakaan dilakukan melalui sistem tersebut; dan
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PERPUSTAKAAN DALAM UPAYA PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERPUSTAKAAN DESA REMPUNG Nurul Fikriati Ayu Hapsari
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol.2, No.2 (2022): Oktober
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.976 KB) | DOI: 10.31764/jpils.v2i1.13549

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dengan pentaan administrasi perpustakaan dan program pemberdayaan masyarakat desa menjadi komponen utama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya pada masyarakat desa. Kegiatan ini dilakukan di Perpustakaan Desa Rempung, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan staf perpustakaan desa dan meningkatkan minat kunjung masyarakat desa ke Perpustakaan. Metode yang digunakan adalah partisipasi yang melibatkan peran serta aktif aparatur pemerintah desa, civitas akademika, dan masyarakat. Tahapan kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah melakukan observasi, diskusi, pelaksanaan, pengabdian. Adapun hasil kegiatan penataan perpustakaan desa telah terlaksana sesuai dengan rencana dan target yang ditetapkan, seperti seperti melakukan inventarisasi, klasifikasi,katalogisasi, labeling, pentaan dan layanan sirkulasi. Selanjutnya melakukan pengadian masyarakat dengan mengadakan program-program pelatihan dalam bidang Pendidikan seperti pelatihan Bahasa inggris, pelatihan computer dan pelatihan keterampilan pembuatan buket. Dengan demikian, keberadaan perpustakaan desa diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada masyarakat desa.
PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN LOMBOK TIMUR Lulu Puji Istiana; Amin Saleh; Widiastuti Furbani
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol. 1, No. 2 (2021): Oktober
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.109 KB) | DOI: 10.31764/.v1i1.5700

Abstract

Saat ini perpustakaan terus mengalami perkembangan dimulai dengan yang bersifat tradisional sampai saat ini masuk ke dalam era modern (digital). Perpustakaan dulu sistem pengelolaannya masih sangat sederhana, koleksinya pun sangat terbatas, pelayanan dan penyediaannya masih manual. Sedangkan perpustakaan saat ini sudah mengalami perkembangan dalam berbagai aspek seperti pengelolaan, koleksi, pelayanan, penyediaan, dan ilmu pengetahuan semakin berkembang. Oleh karena itu, pengembangan sumber daya manusia memerlukan proses inovasi dan kreatifitias yang berkelanjutan dan bertahap secara konsisten dan terencana dari semua pihak. Dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Lombok Timur hadir sebagai sarana penyedia informasi bagi seluruh masyarakat Kabupaten Lombok Timur. Diharapkan dengan adanya lembaga ini kualitas masyarakat Kabupaten Lombok Timur dapat lebih meningkat baik pengetahuan maupun keterampilan. Adapun metode yang digunakan untuk adalah dengan cara memperbaiki kulaitas pelayanan perpustakaan. Semua tahapan kegiatan pengabdian masyarakat di Dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Lombok Timur telah 100% dilaksanakan dan menghasilkan luaran diantaranya yaitu pelaksanaan pelayanan perpustakaan dan informasi kepada masyarakat dengan mengadakan berbagai kegiatan yang meningkatkan minat baca masyarakat.
PELATIHAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DESA BERBASIS WISATA DI DESA PAGUTAN, KECAMATAN BATUKLIANG, LOMBOK TENGAH Rohana Rohana; Ridwan Ridwan; Hirma Susilawati; Nurul Fikriati Ayu Hapsari
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol. 2, No. 1 (2022): April
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (857.686 KB) | DOI: 10.31764/jpils.v1i2.6928

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yberupa pelatihan perpustakaan desa berbasis wisata di desa Pagutan Kecamatan batukliang Lombok Tengah ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para pengelola perpustakaan desa dan staf perpustakaan lainnya yang mengikuti pelatihan ini. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah dan praktikum. Metode ceramah bertujuan untuk memberikan gambaran umum mengenai pentingnya pengelolaan perpustakaan dalam konteks ini perpustakaan berbasis wisata. Metode praktikum bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta setelah diberi materi dan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam pengelolaan perpustakaan.Adapun hasil dari pelatihan ini adalah pertama, perpustakaan desa Pagutan yang diberi nama “Kartini” sudah memiliki gedung perpustakaan berbasis wisata yang berada di tengah wisata kolam Kelandur yang berada di dusun Lendang Gocek namun masih belum maksimal dalam hal pengelolaan ruangan, koleksi yang rekreatif, dan sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi ilmu perpustakaan. Kedua, setelah pelatihan pengelolaan perpustakaan berbasis wisata ini selesai dilakukan para peserta semakin paham akan pentingnya perpustakaan yang menyenangkan. Ketiga, peserta mampu mengevaluasi diri dan perpustakaan akan kekurangan dan kelebihan perpustakaan tempat peserta mengabdi baik dari gedung, sarana dan prasarana, koleksi, pengolahan, dan sumber daya manusia yang dimiliki.
OPTIMALISASI PELAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM Abdul Munawir; Iskandar Iskandar; Iwin Ardyawin
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol. 1, No. 2 (2021): Oktober
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.465 KB) | DOI: 10.31764/jpils.v1i1.5701

Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan yang memiliki peran besar bagi kebutuhan penggunanya khususnya mahasiswa untuk menyelesaikan studinya di suatu perguruan tinggi. Oleh karena itu, perpustakaan pada suatu perguruan tinggi mempunyai fungsi sebagai sumber pendidikan yang menyangkut fungsi edukasi, fungsi informasi, fungsi riset, fungsi, fungsi rekreasi, fungsi publikasi, artinya perpustakaan perguruan tinggi merupakan salah satu sarana informasi yang memiliki fungsi sebagai jembatan ilmu bagi seluruh komponen masyarakat perguruan tinggi terutama bagi mahasiswa yang sedang dalam proses menyelesaikan studinya. Sehingga perlu adanya pengoptimalan kegiatan pelayyanan perpustakaan pada UPT Perpustakaan Univeristas Muhammadiyah Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara terjun lamgsung dalam melakukan pengoptimalan pelayanan perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiah Mataram. Hasil dari pengabdian ini adalah pengoptimalan kegiatan pelayanan dalam bidang teknis agar kemudahan dalam temu Kembali informasi dan pengoptimalan layanan informasi kepada sulurh mahasiswa Univeristas Muhammadiyah Mataram. 
PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SDN 15 WOJA KABUPATEN DOMPU Siti Nirwana
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol. 2, No. 1 (2022): April
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jpils.v2i1.10680

Abstract

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diseleggarakan oleh Kemdikbud merupakan  suatu kegiatan program yang diluncurkan oleh pemerintah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertujuan untuk memberikan sebuah solusi untuk tiap-tiap UPTD Sekolah dasar yang sedang terdampak Pandemi. Hasil pelaksanaan mengajar siswa SD Negeri 15 Woja berjalan dengan baik, pada saat melakukan pembelajaran di kelas baik siswa kelas 1 maupun kelas 6 menunjukkan sikap antusias dan semangat belajar. Kegiatan administrasi yang dilakukan yaitu sesuai dengan arahan dari guru dan untuk penerapan adaptasi teknologi juga mendapat dukungan dari guru dengan baik.Program Kampus Mengajar saat ini adalah angkatan yang ketiga yang ditugaskan untuk mengajar, membantu teknologi, dan membantu administrasi sekolah dan guru. Mahasiswa Kampus Mengajar 3 juga memiliki tanggungjawab dalam memperbaiki perilaku dan minat belajar siswa yang rendah. Hasil dari program Kampus Mengajar 3 ini yaitu sebagai proses dalam menambah relasi, menambah pengalaman diluar dunia perkuliahan, mengembangkan wawasan, karakter dan soft skills mahasiswa, mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan, serta menigkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.
KEGIATAN PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KOTA MATARAM Titin Agustina; Nurul Fikriati Ayu Hapsari; Hirma Susilawati
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol. 1, No. 2 (2021): Oktober
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.392 KB) | DOI: 10.31764/jpils.v1i1.5702

Abstract

Perpustakaan memiliki begitu banyak peran untuk memenuhi kebutuhan terutama kebutuhan pengetahuan. Namun di era modern ini sumber bacaan banyak terpampang di internet yang membuat masyarakat lebih memilih mengakses bahan bacaan yang ada di internet dari pada harus mencari di tiap-tiap rak buku perpustakaan. Perpustakaan seakaan dijadikan pilihan kedua apa bila informasi yang ingin dicari tidak dapat ditemukan di internet. Inilah yang membuat kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran perpustakaan sangat berkurang Sehgga didperlukannya perbaikan dalam pengelolaan bahan pustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram. Adapun metode yang digunakan untuk adalah dengan cara memperbaiki kegiatan pengelolaan bahan pustaka di Perpustakaan kota Mataram. Semua tahapan kegiatan pengabdian masyarakat di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram tela dilaksanakan dan menghasilkan luaran diantaranya yaitu pelaksanaan pengolahan bahan pustaka mulai dari Inventaris, pemberian stampel, klasifikasi, katalogisasi, labeling dan shelving.
PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM TATANAN NORMAL BARU DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR KOTA MAKASSAR Saenal Abidin; Arsil T.; Irvan Muliyadi; Touku Umar
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol.2, No.2 (2022): Oktober
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jpils.v2i1.11347

Abstract

ABSTRAKTatanan normal baru merupakan perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal umum dengan ditambah protokol kesehatan, yang dalam hal ini adalah di perpustakaan perguruan tinggi. Oleh karena itu, penting bagi perpustakaan untuk melakukan pengelolaan perpustakaan khususnya di Perpustakaan Universitas Indonesia Timur Kota Makassar. Maka perlu dilakukan penguluran tangan ke lapangan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di perpustakaan perguruan tinggi yaitu Perpustakaan Universitas Indonesia Timur Kota Makassar. Tujuan dilakukan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman pentingnya pengelolaan perpustakaan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah melakukan pengenalan budaya lingkungan perpustakaan, menyusun rancangan kegiatan dan melakukan pengelolaan perpustakaan. Adapun hasil yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah terdapat tiga komponen yang menjadi kegiatan utama selama pengabdian ini dilakukan, yang memberikan kesimpulan; pertama, kegiatan menata sumber informasi agar dapat ditemukan kembali secara efektif dan efisien. Kedua, menyusun manajemen dan administrasi perpustakaan. Ketiga, memberikan pelayanan informasi kepada pemusta.
KEGIATAN TEKNIS DI PERPUSTAKAAN POLI TEKNIK KEMENTERIAN KESEHATAN MATARAM Lalu amirul Khairi; Lubis Lubis; Abdul Hafiz
JOURNAL OF PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE Vol. 1, No. 2 (2021): Oktober
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.399 KB) | DOI: 10.31764/.v1i1.5703

Abstract

Perpustakaan juga sangat berperan penting dalam menumbuhkan minat baca pada masyarakat. Namun dalam hal ini pusrtakawan, orang tua juga tenaga pendidik harus bekerja sama dalam memperkenalkan perpustakaan sejak dini. Contohnya pada mahasiswa perkuliahan, ketika seorang mahasiswa memiliki niat membaca yang tinggi maka mereka akan sangat bersemangat untuk terus aktif dalam mengikuti masa perkuliahan. Oleh sebab itu, disini seorang pustakawan lebih berperan penting dalam mengajak para mahasiswa untuk datang dan membaca buku walau hanya beberapa menit saja, atau bisa dengan bantuan dosen yang memberikan tugas kepada mahasiswa yang berkaitan dengan masalah perpustakaan. Sehingga perlu diadakannya kegiatan pengabdian masayarakat untuk kegiatan teknis perpustakaan Politeknik Kementrian Kesehatan Mataram. Target khusus yang diharapkan tercapai adalah perbaikan kualitas pelayanan teknis sehingga membantu pemustaka dalam mempermudah menemukan informasi. Adapun metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan cara melakukan kegiatan teknis di perpustakaan. Semua tahapan kegiatan pengabdian masyarakat di Politeknik Kementrian Kesehatan Mataram  telah 100% dilaksanakan dan menghasilkan luaran diantaranya yaitu (1) Adanya aplikasi slims yang telah digunakan di Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Mataram sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan  perpustakaan (2) Kegiatan ini juga dapat memudahkan pengguna perpustakaan saat mencari bahan pustaka dan dapat mempermudah pustakawan dalam mengelola perpustakaan secara otomatis.

Page 1 of 3 | Total Record : 22