Cyber and Education Research
Cyber, Education and Research berfokus pada penerbitan penelitian, komunikasi, dan catatan asli sebagai hasil penelitian asli dan berkualitas tinggi. Jurnal ini juga mengundang peneliti terkenal untuk menulis makalah ulasan. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah: (1) Komputer dan Informatika dalam Pendidikan, (2) Model Pembelajaran dan Model TIK, (3) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi, (4) Interaksi Manusia dan Komputer, (5) Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, (6) Penambangan Data, (7) Internet of Things (IoT), (8) Kecerdasan Buatan, (9) Algoritma dan Komputasi Numerik, (10) Komputer dan Jaringan, dan fokus lain yang berkaitan dengan komputer dan pendidikan.
Articles
13 Documents
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA KELAS X RPL SMK PERTIWI KUNINGAN
Faiz Al Baihaqi Maul
Cyber, Education and Research Vol 1 No 1 (2022): Cyber, Education and Research
Publisher : Institut Pendidikan dan Bahasa Invada
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (361.947 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Edmodo pada kompetensi dasar menyusun kembali format dokumen pengolah kata terhadap hasil belajar siswa di SMK Pertiwi Kuningan, mengetahui pengaruhnya media pembelajaran Edmodo terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menyusun kembali format dokumen pengolah kata dan mengetahui pengaruh hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Edmodo. Hasil penelitian dan analisa pada penelitian ini diketahui tingkat penggunaan media pembelajaran Edmodo masuk kedalam kategori Tinggi dimana dari jumlah sampel 31 siswa yang dijadikan sampel 23 siswa masuk kategori tinggi 74%, 6 siswa masuk kategori sedang 19%, dan 2 siswa masuk kategori rendah 6% rendah. Pengaruh media pembelajaran Edmodo dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang signifikan terbukti hasil rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 92.13 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 88 dan rata-rata hasil pertanyaan kuisioner siswa sebesar 89.35 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 72. Serta didukung dengan hasil Corfficients diketahui bahwa nilai t hitung = 3.421 dan nilai t tabel (0,05 ; 29) = 1.69913 karena t hitung > t tabel yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan setelah siswa belajar menggunakan media pembelajaran Edmodo.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE DALAM MENINGKATKAN HASIL PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER
indri Rahma Dewi Safitri
Cyber, Education and Research Vol 1 No 1 (2022): Cyber, Education and Research
Publisher : Institut Pendidikan dan Bahasa Invada
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (274.751 KB)
The purpose of this study was to determine the effect of mediaSparkol VideoScribe learning in improving Student Learning Outcomes in Computer Systems subjects with number system material. The research method used is the survey method. The population used in this study were students of class X Multimedia 1 SMK Manba'ul 'Ulum Cirebon with a sample of 40 students. The sampling technique used in this study is purposive sampling, in which a sampling technique takes into account thecertain. The data collection techniques used by the researcher are research (survey and observation), literature/documentation studies, questionnaires/questionnaires, and interviews. The results of the study show: 1) The application of sparkol videoscribe learning media in teaching and learning activities in the classroom, students who are assisted with learning media have a much more significant increase compared to conventional methods. That way, with the sparkol videoscribe media, the material presented will be much more concrete and interesting which will produce output, one of which is increased learning outcomes; 2) Sparkol VideoScribe learning media has an effect on improving student learning outcomes. With that, there is a positive and significant relationship between the sparkol videoscribe learning media and student learning outcomes, where the value of R = 0.356 and R Square is 0.287 (0.536 x 0.536 = 0.287) which means that the contribution of Sparkol VideoScribe (X) on Student Learning Outcomes (Y) is 28.8%.
RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DI SMK NEGERI 1 MAJALENGKA
Muhamad Rega Permana;
Indra Maulana
Cyber, Education and Research Vol 1 No 1 (2022): Cyber, Education and Research
Publisher : Institut Pendidikan dan Bahasa Invada
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (653.141 KB)
E-learning itu sendiri mempermudah interaksi antara peserta didik dengan materi, peserta didik dengan guru maupun sesama peserta didik. Peserta didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar secara berulang-ulang dimanapun dan kapanpun. Dengan begitu peserta didik dapat memaksimalkan kemampuannya dalam pembelajaran. Perbedaan pembelajaran tradisional dengan e-learning yaitu pembelajaran tradisional, guru dianggap sebagai orang yang serba tahu dan ditugaskan untuk menyalurkan ilmu pengetahuan kepada pelajarnya. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkanPengembangan e-learning di SMKN 1 Majalengka menggunakan model pengembangan ADDIE yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. E-learning yang dihasilkan memiliki fitur kelas online yang dapat digunakan untuk membantu pembelajaran praktek maupun pembelajaran jarak jauh. Kelas online ini dapat digunakan sebagai media tatap muka secara online ketika guru tidak dapat hadir di kelas. Penilaian kelayakan media pembelajaran e-learning. E-learning mendapat rerata penilaian dari ahli media, sehingga media pembelajaran e-learning dikategorikan dengan kriteria “Sangat Baik” dan layak untuk digunakan. E-learning mendapat rerata penilaian “4,2” dari ahli materi, sehingga sesuai pedoman hasil konversi data kuantitatif ke data kualitatif maka media pembelajaran e-learning dikategorikan dengan kriteria “Sangat Baik” dan layak untuk digunakan.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERBASIS WEB PADA SMK ISLAMIC CENTRE CIREBON
Muhamad Farchan Mubarroq
Cyber, Education and Research Vol 1 No 1 (2022): Cyber, Education and Research
Publisher : Institut Pendidikan dan Bahasa Invada
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (990.034 KB)
Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat pemanfaatan teknologi informasi semakin berkembang, Teknologi berbasis komputer kini telah merambah hampir seluruh sisi kehidupan manusia. Berbagai disiplin ilmu telah memanfaatkan teknologi ini untuk mengembangkan teori-teori dan aplikasinya melalui berbagai macam sistem informasi. Hal ini membuat Internet yang merupakan salah satu dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadi sarana pendukung yang penting dalam segala bidang. SMK Islamic Centre Cirebon, merupakan salah satu lembaga pendidikan yang dimiliki Yayasan Islamic Centre, pada tahun ajaran baru SMK Islamic Centre Cirebon mengadakan Penerimaan Peserta Didik Baru. Tujuan penelitian ini adalah: A. Membangun sebuah Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru yang mempermudah pihak sekolah (SMK Islamic Centre) dalam pengelolah data Penerimaan Peserta Didik Baru yang bisa diakses secara online. B. Mempermudah calon peserta didik dalam melakukan pendaftaran serta melihat informasi seputar sekolah dan Penerimaan Peserta Didik Baru. Penelitian tentang Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web ini merupakan jenis penelitian Research and Development. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem model waterfall. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : Penelitian ini menghasilkan sistem informasi yang digunakan untuk mempermudah dalam pengelolaan pendaftaran peserta didik baru diantaranya dapat melakukan pendaftaran, pendataan dan menyeleksi calon siswa baru
PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DI LKP TIKOM
Somad;
Diah Afrianti Rahayu
Cyber, Education and Research Vol 1 No 1 (2022): Cyber, Education and Research
Publisher : Institut Pendidikan dan Bahasa Invada
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (402.445 KB)
|
DOI: 10.58660/cer.v1i1.42
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Dikatakan penelitian pengembanga dikarenakan dalam penelitian ini menyimpulkan suatu produk yaitu penilitian menggunakan metode Research anDevelopment. Dalam penelitian ini diarahkan untuk mengembangkan media E-Learning yan berbasis Website menggunakan platform Moodle dengan tambahan fitur Video Conference. Penelitian ini menggunakan metode Waterfall. Metode Waterfall ini melakukan pendekatan secara sistematiberurutan dalam membangun software. Uji coba produk dilakukan dua cara, yaitu secara teoritis dan secara empiris. Secara teoritis, uji coba dilakukan terhadap uji kelayakan penggunaan E-Learning dengan penilai ahli media dan asesi/siswa, sedangkan secara empiris dilakukan uji coba produk dengan menggunakan Black Box. Bahwa pengembangan E-Learning yang berbasis Website menggunakan platform Moodle dengan tambahan fitur Video Conference (1) Menarik peserta kursus dan pelatihan, dan (2) Membantu tugas Instruktur dalam meningkatkan kompetensi di LKP TIKOM
MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODUL DIGITAL INTERAKTIF PADA MATERI USAHA KESEHATAN SEKOLAH
Ni'mah Rizqiah
Cyber, Education and Research Vol 1 No 2 (2023): Pendidikan dan Teknologi Digital
Publisher : Institut Pendidikan dan Bahasa Invada
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (488.83 KB)
Dalam meningkatkan mutu pendidikan, para guru dewasa ini memerlukan bekal yang cukup banyak untuk melaksanakan pendidikan dan pembelajaran. Salah satu usaha pemerintah khususnya Departemen Pendidikan Nasional yaitu selalu melakukan perbaikan dan pengembangan kurikulum untuk semua jenis dan jenjang pendidikan secara bertahap dan terus-menerus. Perbaikan ini ditekankan kepada perubahan pola dan pendekatan yang sesuai dengan perkembangan yang ada di masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Pengembangan e – modul pelajaran ilmu Kesehatan Masyarakat sebagai bahan ajar telah divalidasi para ahli diantaranya, ahli media dan ahli materi dengan hasil validasi valid “Baik” dan layak digunakan.
Pembuatan Media Evaluasi Pembelajaran Dengan Quizizz Di Smk Annur Pasaleman Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital
Sihatul Aqliyah
Cyber, Education and Research Vol 1 No 2 (2023): Pendidikan dan Teknologi Digital
Publisher : Institut Pendidikan dan Bahasa Invada
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (201.654 KB)
Evaluasi pembelajaran merupakan sejumlah teknik yang tidak boleh dilewatkan dan harus diterapkan oleh tenaga pendidik dalam pelaksanaan aktifitas pembelajaran. Dalam pandangan agama islam evaluasi juga sangat dianjurkan untuk dilakukan terutama dalam dunia pendidikan. Evaluasi pembelajaran adalah sebuah kegiatan yang terus- menerus dilakukan dalam rangkaian tahapan proses belajar mengajar yang baik, kegiatan evaluasi pembelajaran harus dilakukan secara terencana dan saling berhubungan antar faktor penunjang pendidikan, agar dapat berfungsi sebagai alat untuk mengetahui sejauh mana keefektifan pelaksanaan belajar mengajar yang telah dilakukan guna mencapai tujuan yang telah disusun oleh guru di dalam rencana proses pembelajaran (RPP). aspek desain memperoleh ratarata 4,10 yang termasuk dalam kategori “Baik”, Aspek konstruksi memperoleh rata-rata 4,33 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, Untuk aspek bahasa memperoleh rata-rata 4,16 yang termasuk dalam kategori “ Baik”. Hal ini dapat disimpulkan pengembangan soal tes evaluasi menggunakan quizizz dari segi materi valid
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA KOPERASI SEKOLAH SMK KARYA MEDIKA KETANGUNGA
Ilham Ali Gufron
Cyber, Education and Research Vol 1 No 1 (2022): Cyber, Education and Research
Publisher : Institut Pendidikan dan Bahasa Invada
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (201.529 KB)
Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, di negara kita sendiri penggunaan alat-alat teknologi yang canggih bukan lagi merupakan hal yang mewah, karena mulai dari anak-anak sampai orang tua sudah menggunakan teknologi informasi. Begitu juga pemanfaatan teknologi informasi untuk perusahaan baik besar maupun usaha menengah sudah menggunakan teknologi informasi, Koperasi di sekolah SMK Karya Medika Ketanggungan tidak ketinggalan dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam pengolahan data Barang Elektronik dan pengolahan data pelanggan di sekolah SMK Karya Medika Ketanggungan. System yang berjalan di koperasi SMK Karya Medika Ketanggungan yang berjalan saat ini masih mengandalkan pencatatan transaksi secara manual di buku, yang mana memiliki kerentanan terhadap kehilangan dan kerusakan yang disebabkan oleh banyak hal. Seperti yang terjadi pada tahun 2020, terjadi bencana banjir yang mengakibatkan rusaknya buku catatan transaksi
RANCANG BANGUN JARINGAN BERBASIS MIKROTIK DI SMK AN NUR LOSARI
Ryan Panjiono
Cyber, Education and Research Vol 1 No 2 (2023): Pendidikan dan Teknologi Digital
Publisher : Institut Pendidikan dan Bahasa Invada
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (123.426 KB)
Undang-undang Republik Indonesia Nomor. 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik sudah diatur dalam bab VII perbuatan yang dilarang, pasal 30 ayat (3), dinyatakan bahwa “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer dan/atau sistem elektronik dengan cara apapun dengan melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol sistem pengamanan”. Penggunaan akses internet (interconnection networking) dengan jasa wifi (wireless fidelity) berkembang sangat cepat sejalan dengan kebutuhan sistem informasi sekarang. Banyak yang sudah memanfaatkan wifi pada jaringan masing-masing pengguna. Tidak sedikit yang belum memperhatikan keamanan dalam komunikasi pertukaran data pada jaringan wifi tersebut.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DI SMK KARYA MEDIKA KETANGGUNGAN
Saekup
Cyber, Education and Research Vol 1 No 2 (2023): Pendidikan dan Teknologi Digital
Publisher : Institut Pendidikan dan Bahasa Invada
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (207.44 KB)
Globalisasi telah memasuki era baru yang bernama Revolusi Industri 4.0. Klaus (Shwab, 2016) melalui The Fourth Industrial Revolution menyatakan bahwa dunia telah mengalami empat tahapan revolusi, yaitu: 1) Revolusi Industri 1.0 terjadi pada abad ke 18 melalui penemuan mesin uap, sehingga memungkinkan barang dapat diproduksi secara masal, 2) Revolusi Industri 2.0 terjadi pada abad ke-19 sampai abad ke-20 melalui penggunaan listrik yang membuat biaya produksi menjadi murah, 3) Revolusi Industri 3.0 terjadi pada sekitar tahun 1970-an melalui penggunaan komputerisasi, serta 4) Revolusi Industri 4.0. Hermann dkk (2016) berpendapat bahwa revolusi industri 4.0 merupakan nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif.