cover
Contact Name
Arsad
Contact Email
arsadumbuton39@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
arsadumbuton39@gmail.com
Editorial Address
Gedung B. FKIP Universitas Muhammadiyah Buton Jl. Betoambari No. 36, Kota Baubau. Telp: (0402)2827038 Fax: (0402)2827038; rektorat@umbuton.ac.id.
Location
Kota bau bau,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
JEC
ISSN : 25492861     EISSN : 27153371     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal JEC (Jurnal Edukasi Cendekia) diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Buton tahun 2017. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang pendidikan. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dosen, dan praktisi pendidikan. Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk penulisan artikel tersedia di dalam laman jurnal ini. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Agustus dan Februari.
Articles 106 Documents
PESISIR PANTAI LAKORAPU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALAMI BAGI ANAK USIA DINI Asma Kurniati
JEC (Jurnal Edukasi Cendekia) Vol 1 No 1 (2017): Februari
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FKIP UMB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.299 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pesisir Pantai Lakorapu sebagai media pembelajaran alami pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif jenis studi kasus. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) benda-benda yang dapat dijadikan media pembelajaran alami di pantai Lakorapu yaitu: pasir putih, kerang-kerangan, air laut, tangga di dinding tebing, tanaman-tanaman, hewan-hewan pesisir dan perahu; (2) Kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan di pantai Lakorapu yaitu: menulis di pasir, matahari penunjuk waktu, meronce manik-manik dari kerang-kerangan, membuat hiasan dari kerang, bermain ombak, olahraga, koleksi dan grafik daun-daunan, zat warna daun dan bunga, mengamati hewan-hewan kecil dan perahu sebagai transportasi laut: (3) Keterampilan-keterampilan yang dikembangkan bagi anak usia dini yaitu: ketrampilan penggunaan jari-jemari (motorik halus), permulaan pengenalan huruf, keterampilan melakukan pengamatan dan eksperimen, mengenal waktu, koordinasi mata dan tangan, berpikir imajinatif, menyortir dan mengklasifikasi, mengetahui persamaan dan perbedaan, melakukan pengamatan, membuat perkiraan, dan menghitung.
EFEKTIVITAS TEHNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BAUBAU Wa Ode Husnia
JEC (Jurnal Edukasi Cendekia) Vol 1 No 1 (2017): Februari
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FKIP UMB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.831 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji efektifitas tehnik sosiodrama dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa. Metode penelitian menggunakan kuasi-eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent pretest-posttest control group design dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau Tahun Pelajaran 2015/2016, menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t independent (independent sample t test). Penelitian ini menghasilkan simpulan: (1) profil penyesuaian diri siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau secara umum berada pada kategori sedang, (2) penyesuaian diri siswa mengalami peningkatan yang positif, dan (3) pelaksanaan sosiodrama yang diberikan terbukti efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa.
EFEK TEST LENGTH DAN NUMBER OF EXAMINEES TERHADAP TEST RELIABILITY Samritin Samritin
JEC (Jurnal Edukasi Cendekia) Vol 1 No 1 (2017): Februari
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FKIP UMB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (812.348 KB)

Abstract

Reliabilitas merupakan salah satu properti tes yang berkaitan dengan kesalahan atau konsistensi pengukuran. Kesalahan pengukuran dalam teori tes klasik dihasilkan perbedaan antara skor tampak dengan suatu skor yang sesungguhnya-tidak tampak (skor murni). Reliabilitas suatu tes terlihat dari koefisien reliabilitasnya. Koefisien reliabilitas dapat diestimasi dengan beberapa cara, salah satunya tergantung pada jenis tes. Hasil estimasi koefisien reliabilitas dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain panjang tes dan heterogenitas kemampuan peserta tes. Hasil penelitian simulasi ini menunjukkan bahwa semakin panjang suatu tes, koefisien reliabilitasnya semakin tinggi. Sebaliknya semakin pendek suatu tes, koefisien reliabilitasnya semakin rendah. Ditemukan juga bahwa tes yang memiliki tingkat kesukaran tinggi, koefisien reliabilitasnya lebih tinggi dibandingkan dengan koefisien reliabilitas tes yang lebih pendek. Dalam penelitian ini tidak ditemukan pola perubahan koefisien reliabilitas akibat peningkatan atau pengurangan banyak peserta tes.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN PADA MATERI EKOSISTEM Agus Slamet
JEC (Jurnal Edukasi Cendekia) Vol 1 No 1 (2017): Februari
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FKIP UMB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.522 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa pada materi Ekosistem dengan penerapan pembelajaran berbasis lingkungan. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMB Kota Baubau dengan desain penelitian The one of Group Pre-test and Post-test. Sampel penelitian adalah Reguler 05 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 28 orang. Analsis data menggunakan persentase dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan pembelajaran berbasis lingkungan pada materi ekosistem secara signifikan (t-hitung > t-tabel atau 2,499 > 2,051). Simpulan dalam penelitian ini bahwa adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar mahasiswa melalui penerapan pembelajaran berbasis lingkungan pada materi ekosistem.
PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAKEM PADA SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 WAKATOBI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Muslim Muslim
JEC (Jurnal Edukasi Cendekia) Vol 1 No 1 (2017): Februari
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FKIP UMB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.035 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 1 Wakatobi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan oleh kurang merangsang dan kurang variatifnya teknik pembelajaran guru di dalam kelas, sehingga siswa kurang dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya. Hasil tulisan siswa kurang variatif karena siswa membuat paragraf deskriptif berdasarkan hasil mengingat seperangkat fakta-fakta bukan hasil menemukan sendiri pengalaman belajar di kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sebuah pendekatan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskriptif. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan yaitu pendekatan Pakem. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu, karena peneliti hanya mengamati orang lain yang sedang mengadakan eksperimen. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pada kelas yang diteliti diawali dengan pre-test dan kuisioner, kemudian kelas tersebut diberi perlakuan dan selanjutnya diadakan post-test dan kuisioner. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan dianalisis menggunakan analisis diskriptif komperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 1 Wakatobi dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode Pakem.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BARISAN DAN DERET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL KELAS XII SMA NEGERI 1 LOGHIA La Koma
JEC (Jurnal Edukasi Cendekia) Vol 1 No 2 (2017): Agustus
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FKIP UMB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.626 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 27 siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Loghia sebagai subjek. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi atau pengamatan, dokumentasi, tes hasil belajar, catatan lapangan, serta pedoman wawancara. Analisis data dilakukan melalui analisis refleksi pada setiap tindakan pembelajaran, rata-rata nilai individual dan rata-rata persentase aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran pada siswa dan aktivitas guru, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi barisan dan deret. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa mencapai 74,8% pada siklus I dengan kategori cukup, dan menjadi 93,1% di akhir siklus II dengan kategori sangat baik. Begitu pun dengan aktivitas guru yang mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata peningkatan aktivitas guru yang mencapai 88,3% pada siklus I dengan kategori baik, dan menjadi 96,4% di akhir siklus II dengan kategori sangat baik. Selain itu terdapat peningkatan penguasaan konsep oleh siswa dari setiap siklusnya. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata nilai penguasaan konsep matematika materi barisan dan deret sebesar 73,1 di siklus I menjadi 88,2 di siklus II. Ketuntasan klasikal 78,2% dengan kategori cukup pada siklus I menjadi 95,6% dengan kategori sangat baik pada siklus II.
PENINGKATAN HASL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAS MUHAMMADIYAH RAHA PADA MATERI STATISTIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD Haeril Haeril
JEC (Jurnal Edukasi Cendekia) Vol 1 No 2 (2017): Agustus
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FKIP UMB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.664 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas 38 orang siswa kelas XI-IPA SMAS Muhammadiyah Raha yang sedang mempelajari materi Statistika. Untuk mengumpulkan data digunakan intrumen penelitian berupa Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa (LPAG), Lembar Pengamatan Aktivitas Guru (LPAG), dan Tes Hasil Belajar (THB). Data-data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Kinerja penelitian ini diukur dari tercapainya KKM yakni X > 70. Siklus I dilaksanakan empat kali pertemuan. Hasil analisis data siklus I menunjukkan bahwa siswa yang tuntas hanya mencapai 60,52% atau sebanyak 15 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan. Siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan. Hasil analisis data pada siklus II menunjukkan bahwa semua siswa telah mencapai KKM. Selisih skor rata-rata siklus I dan siklus II sebesar 7,43 poin. Selisih skor individu yang tertinggi mencapai 24 poin dan selisih skor terendah hanya 4 poin. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMAS Muhammadiyah Raha pada materi Statistika.
KERAPATAN TUMBUHAN HERBA DI SEKITAR DAERAH ALIRAN SUNGAI BORO-BORO DALAM KAWASAN HUTAN LINDUNG WOLASI Jumiati Jumiati
JEC (Jurnal Edukasi Cendekia) Vol 1 No 2 (2017): Agustus
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FKIP UMB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.311 KB)

Abstract

Hutan Lindung Wolasi merupakan salah satu hutan lindung di Sulawesi tenggara yang berperan dalamperlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air,mencegah banjir, mengendalikan erosi, dan memelihara kesuburan tanah. Di dalam hutan lindung Wolasi terdapat Sungai Boro-Boro seluas 2515,54 ha yang mendukung kehadiran spesies tumbuhan herba. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kerapatan tumbuhan herba di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Boro-Boro dalam kawasan hutan Lindung Wolasi Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan,Sulawesi Tenggara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik dan pengumpulan data menempatkan plot pengamatan secara stratified random sampling, yang mewakili kondisi adanya kehadiran tumbuhan herba di sekitar lokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kerapatan spesies tumbuhan herba tertinggi adalah Phrynium houtteamum Kock (22,5%), pada daerah datar adalah Phrynium houtteamum Kock. (25,54%) sedangkan pada daerah miring adalah Panicum repens L. (14,52%). Marantaceae merupakan familia dengan kerapatan tertinggi yakni sebesar 2,685 ind/m2.
STRUKTUR KLAUSA DERIVASI BAHASA KULISUSU DIALEK WAWONII KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN Asrul Nazar
JEC (Jurnal Edukasi Cendekia) Vol 2 No 1 (2018): Februari
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FKIP UMB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.367 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Struktur Klausa Derivasi Bahasa Kulisusu Dialek Wawonii Kabupaten Konawe Kepulauan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Kasus yang akan diuraikan secara deskriptif dari hasil jaringan pengumpulan data yang diperoleh dari beberapa metode, yaitu Metode Tes, Wawancara dan Observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa struktur klausa derivasi bahasa Kulisusu Dialek Wawonii Kabupaten Konawe Kepulauan sebagai berikut (1) Klausa derivasi nonkausatif yang terdiri dari (a) Klausa pasif derivasi dari klausa aktif transitif, dengan prefiks sebagai pemerkah dari klausa pasif; (b) Klausa resiprok derivasi dari klausa aktif transitif, dengan prefiks meka- sebagai pemerkah resiprok; (c) Klausa refleksi dengan struktur formal terdiri atas S : FN, P: FVref, dan O: FN; (d) Klausa refleksif dengan prefiks pa-, ku-, di- sebagai pemerkah klausa bitransitif dan (2) Klausa derivasi kausatif terdiri dari (a) Kausatif dari akar verba intransitif dengan prefiks pa- sebagai pembentuk kausatif dan (b) Kausatif dari akar verba transitif dengan konfiks pa-o dan pa-e sebagai pembentuk kausatif.
KESANTUNAN BERBAHASA MUNA DIALEK KADATUA Asrul Nazar
JEC (Jurnal Edukasi Cendekia) Vol 2 No 2 (2018): Agustus
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FKIP UMB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.546 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk normatif kesantunan berbahasa Muna dialek Kadatua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahasa Muna memiliki bentuk-bentuk pragmatik antara lain adalah bentuk maksim. Bentuk maksim yang dimaksud adalah bentuk maksim berdasarkan prinsip sopan santun. Maksim bahasa Muna dalam penuturnya mempunyai prinsip umum yaitu hendaknya penutur selalu menggunakan tuturan yang sopan “dokoadhati bae suaha mela’a” bertatakrama dan suara yang lemah lembut. Maksim dalam bahasa Muna dialek Kadatua terdapat empat maksim yaitu maksim kearifan, maksim pujian, dan maksim kerendahan hati.

Page 1 of 11 | Total Record : 106