cover
Contact Name
Sofyan Mustoip
Contact Email
sofyanmustoip@gmail.com
Phone
+6285244394875
Journal Mail Official
sofyanmustoip@gmail.com
Editorial Address
Blok Kedung Gede RT. 13, RW 003 Desa Bode Lor Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Published by CV. Kalimasada Group
ISSN : -     EISSN : 29870739     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal PANDU merupakan jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang berfokus dalam kajian pendidikan anak dan pendidikan umum. Jurnal PANDU menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel penelitian empiris original di bidang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi dari seluruh dunia.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023): PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum" : 7 Documents clear
Tata Kelola Sains di Lembaga Pendidikan Islam melalui Penataan Laboratorium Hidayatulloh, M. Deni; Irawan; Priatna, Tedi
PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum Vol. 1 No. 1 (2023): PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Publisher : CV. Kalimasada Group

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59966/pandu.v1i1.8

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengungkap data tata kelola sains di lembaga pendidikan Islam melalui penataan labolatorium di sekolah MAN 1 Bekasi, tentang bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen laboratorium di sekolah tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara melakukan wawancara dan observasi keseolah yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi dan pengumpulan data dalam tata kelola sains dilembaga disekolah MAN 1 Bekasi.
Penerapan Manajemen Sains dan Teknologi di Sekolah Menengah Pertama Islam Cendekia Cianjur Nurmaulida, Winda; Irawan; Priatna, Tedi
PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum Vol. 1 No. 1 (2023): PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Publisher : CV. Kalimasada Group

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59966/pandu.v1i1.9

Abstract

Manajemen merupakan upaya sistemastis dan terstruktur yang dilakukan untuk menyesuaikan antara planning, organizing, actuating, controlling, dan evaluasi agar tujuan utama mereka tercapai. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Cendekia Cianjur yaitu pesantren berbasis modern (boarding school) yang melakukan transformasi berupa digitalisasi sekolah, karena menyesuaikan dengan perkembangan pendidikan secara nasional maupun internasional. Tujuan penelitan ini adalah untuk menjelaskan penerapan manajemen sains dan teknologi di sekolah SMP berbasis Islam. Metode yang digunakan adalah kualitatif research dengan pendekatan deskriptif analitik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta faktor-faktor yang mendorong dan menghambat keberhasilan manajemen sains dan teknologi di SMP Islam Cendekia Cianjur. Hasil penelitian menjelaskan dalam penerapan manajemen sains dan teknologi, para pendidik, tenaga pendidik bahkan peserta didik masih perlu banyak bimbingan untuk menggunakan platform Teknologi Informasi selama proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan pelatihan SDM secara berkala
Pendidikan Karakter Jujur Perspektif Sirah Nabawiyah Mustakim, Iqbal; Hakim, Lukman Nul; Munir
PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum Vol. 1 No. 1 (2023): PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Publisher : CV. Kalimasada Group

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59966/pandu.v1i1.11

Abstract

The success of achieving educational goals is inseparable from the several components that play a role in it, many components are interconnected, in this case character education plays a very important role in the success of achieving educational goals. Characters are souls who live in goodness, an educated person should have good character based on the best of humans, namely the prophet Muhammad Shollahu'alaihi Wassalam by imitating his good nature, we will become learners with good character, this article talks about character education with an emphasis on honest character based on the Prophet Muhammad Shollahu'alaihi Wassalam, set out in the expected Sirah Nabawiyah story sheet able to answer about honest character education in the learning process for the achievement of learning objectives, explained how the stated educational goals were, how to prepare honest character in the learning process, honest character expressed in Sirah Nabawiyah which became the basis of the learning process, achievement in the learning process with honest character according to Sirah Nabawiyah.
Alur Program Pendidikan Karakter Self Awareness dan Self Respect Berbasis Konservasi: Program Wali Pohon, Wali Fauna dan Wali Mangrove Handayani, Sri; Sulastini, Rita
PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum Vol. 1 No. 1 (2023): PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Publisher : CV. Kalimasada Group

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59966/pandu.v1i1.14

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor utama pembentuk sumber daya manusia yang berkarakter. Kualitas sumber daya manusia yang unggul sangat menentukan dan berpengaruh terhadap keberhasilan manusia. Dengan pendidikan yang terencana dengan baik akan memberikan kesempatan bagi warga mengembangkan potensi dirinya baik jasmani maupun rohani, karena pendidikan pada dasarnya merupakan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Melalui pendekatan pendidikan lingkungan dengan pola pendidikan konservasi yang berkelanjutan, dapat memiliki potensi untuk menghasilkan lebih banyak kekayaan dan peluang di masa depan dengan syarat sumber daya alam dan keanekaragaman hayati di Indonesia harus digunakan dan dijaga secara berkelanjutan sehingga manfaatnya dapat terus dinikmati oleh generasi mendatang . Salah satu permasalahan berkaitan pendidikan lingkungan atau pendidikan konservasi di Indonesia masih lebih banyak mengedepankan sisi kognitif baru sebatas pengetahuan belum sampai pada tahap praktek lapangan dan keterampilan. Untuk menjadikan manusia sebagai bagian dari lingkungan perlu adanya sifat perduli terhadap lingkungan yang selalu harus ditumbuhkan dengan lingkungan dimana dia berada. .Untuk itu dibutuhkan berbagai program sebagai upaya perlindungan lingkungan hayati dalam bentuk tindakan konservasi.dimana kontribusi ini tidak hanya menjadi tanggung jawab dunia pendidikan, namun membutuhkan kolaborasi seluruh pihak. Salah satunya adalah melalui program wali atau program asuh yang digulirkan oleh organisasi Wanadri dengan muatan pendidikan berbasis konservasi dengan menyasar kepada seluruh kalangan, khususnya generasi muda.Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan natural – etnografi, mengingat upaya pelestarian lingkungan merupakan salah satu alternatif dalam memberi edukasi dengan pendekatan kultur masyarakat setempat. Tujuan penelitian ini adalah melihat alur pendidikan karakter self awareness dan self respect setiap peserta dalam berbagai tindakan nyata. Diharapkan program ini menjadi edukasi aspiratif, tidak hanya pengetahuan pada lingkungan, namun pembangunan karakter dimana setiap individu adalah bagian dari kehidupan sosial yang bertanggung jawab secara berkelanjutan.
Penerapan Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Brainstorming Pada Kelas XI MIPA di MA Terpadu Kalimasada Plandaan Jombang Ayuningtiyas, Yolanda; Dzikrul Hakim Al Ghozali, M.
PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum Vol. 1 No. 1 (2023): PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Publisher : CV. Kalimasada Group

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59966/pandu.v1i1.23

Abstract

Artikel ini ini membahas tentang penerapan pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis brainstorming di kelas XI MIPA MA Terpadu Kalimasada Plandaan Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, penerapan pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis brainstorming pada siswa di MA Terpadu Kalimasada adalah siswa mampu menguasai materi dengan baik yang dibuktikan dengan hasil belajar siswa berupa nilai. Selain itu metode ini juga mampu menjadikan siswa lebih berani, kreatif, mandiri dan toleran terhadap pendapat mengenai suatu permasalahan yang terjadi. Kedua, kendala atau hambatan penerapan metode berbasis brainstorming dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Terpadu Kalimasada adalah: pertama, peserta didik yang kurang pandai cenderung tidak dapat menangkap materi yang disampaikan. Kedua, alokasi waktu yang kurang memadai. Ketiga, siswa yang kurang pandai lebih mendominasi daripada siswa yang kurang pandai. Keempat, siswa yang cenderung pasif daripada siswa yang aktif. Kelima, tidak ada kesimpulan yang jelas.
Integrasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Dalam Konteks Sains dan Ilmu Sosial Murtadlo, Ghulam; Pranada, Ahmad Rizki; Hidayati, Alfina; Fransiska, Devi; Ananda, Nabil Bintang; Sari, Putri Alam
PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum Vol. 1 No. 1 (2023): PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Publisher : CV. Kalimasada Group

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59966/pandu.v1i1.73

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya integrasi antara ilmu agama, sains, dan ilmu sosial dalam sistem pendidikan Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan perpaduan harmonis antara pendidikan umum dan agama, menghubungkan pemahaman atau pengajaran Al-Qur'an dan hadits dengan sains dan ilmu sosial, dan menghasilkan sumber daya ilmiah yang dapat dipercaya dengan dukungan spiritual yang kuat. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode library research dengan mengumpulkan temuan ilmiah dari sumber-sumber terpercaya. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan bahwa pemisahan antara ilmu pengetahuan umum dan agama dapat menyebabkan pendidikan yang tidak efektif dan ahli agama yang kurang peduli pada lingkungan sosial. Oleh karena itu, integrasi yang cermat antara ilmu pengetahuan umum dan agama perlu dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang sains, sosial, dan agama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi yang tepat antara ilmu pengetahuan umum dan agama akan membantu menciptakan pendidikan yang lebih holistik dan membawa manfaat untuk pembelajaran serta lingkungan sosial. Oleh karena itu, disarankan agar pemerintah, institusi pendidikan, dan ahli pendidikan bekerja sama untuk mengembangkan pendekatan integratif dalam pendidikan di Indonesia. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pendidikan holistik yang mencakup nilai-nilai agama dan moral, sains, dan ilmu sosial.
Penerapan Problem Based Learning dengan Bridging Analogy untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa Hariyanti, Firda; Nisa, Ulfatun; Hidayah Al Mubarokah, Nurul; Lina Safitri, Nur
PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum Vol. 1 No. 1 (2023): PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Publisher : CV. Kalimasada Group

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59966/pandu.v1i1.853

Abstract

Siswa perlu meningkatkan kompetensi matematika tidak hanya sekedar berhitung melainkan kemampuan bernalar, yaitu berfikir logis dan kritis dalam pemecahan masalah. Selain itu, tuntutan siswa saat ini berkaitan dengan pelajar profil pancasila yang salah satunya bernalar kritis. Proses pembelajaran di sekolah sudah seharusnya memfasilitasi siswa dalam meningkatkan kemampuan penalarannya. Namun, PISA 2022 yang menekankan asesmen siswa terhadap penalaran siswa melaporkan hasilnya masih di bawah rata-rata International. Maka dari itu pentingnya menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan penalaran siswa. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Bridging Analogy untuk meningkatkan penalaran siswa. Deskripsi aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil tes penalaran matematis dan respon siswa menjadi acuan dalam melihat efektivitas model pembelajaran yang diterapkan untuk meningkatkan penalaran siswa. Metode penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanan aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model PBL dengan pendekatan Bridging analogy berada pada kategori baik. Penalaran matematis siswa meningkat setelah penerapan model problem based learning dengan pendekatan bridging analogy, baik pada subjek yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang, maupun rendah terhadap materi turunan fungsi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7