cover
Contact Name
Agus Dian Mawardi
Contact Email
jurnalq17@gmail.com
Phone
+6285654963323
Journal Mail Official
jurnalq17@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pematon No.10 Komplek Pembangunam I RT.18 RW.02 Banjarmasin Barat, Kode Pos 70116
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
JIKES : Jurnal Ilmu Kesehatan
ISSN : -     EISSN : 2963069X     DOI : -
Core Subject : Health,
JIKES : Jurnal Ilmu Kesehatan adalah media publikasi artikel penelitian yang diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian Kalimantan Selatan, sesuai SK. KEMENKUMHAM : AHU-0025509.AH.01.04. TAHUN 2022 TANGGAL 14 DESEMBER 2022, dengan Ruang lingkup artikel yang diterbitkan di jurnal kesehatan meliputi: keperawatan, kebidanan, kesehatan masyarakat, promosi kesehatan, kesehatan ibu dan anak, administrasi kesehatan, administrasi rumah sakit dan kesehatan umum lainnya.
Articles 35 Documents
Hubungan Antara Usia Ibu, Pendidikan Ibu, Status Pekerjaan Ibu, dan Tingkat Pendapatan Keluarga Dengan Riwayat ASI Eksklusif Ainun Nisa
JIKES : Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.063 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara usia ibu, pendidikan ibu, status pekerjaan ibu, dan tingkat pendapatan keluarga dengan riwayat pemberian ASI eksklusif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode case control. Populasi penelitian sebanyak 77 orang ibu yang mempunyai bayi umur 7-12 bulan. Sampel berjumlah 64 responden yang ditentukan menggunakan rumus beda 2 proporsi. Instrumen penelitian menggunakan lembar isian. Variabel bebas adalah usia ibu, pendidikan ibu, status pekerjaan ibu, dan tingkat pendapatan ibu, sedangkan variabel terkait adalah riwayat pemberian ASI eksklusif. Hasil penelitian menunjukan ibu yang masuk kategori usia berisiko (<20->35 tahun) yaitu berjumlah 27 responden (42,18%), tingkat pendidikan ibu yang rendah (tidak tamat SD dan tamat SD) yaitu 21 responden (32,81%), ibu bekerja yaitu 26 responden (40,62%), pendapatan keluarga yang rendah (<Rp 2.085.050) yaitu 38 responden (59,37%) dari 64 responden. Di dapatkan hasil ada hubungan dengan usia ibu (p=0,002), tidak ada hubungan dengan pendidikan ibu (p=0,618), ada hubungan dengan status pekerjaan ibu (p=0,005), dan tidak ada hubungan dengan tingkat pendapatan keluarga(p=0,799). Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi riwayat pemberian ASI eksklusif.
Pengaruh Lama Penyimpanan Infused Water Kiwi (Actinidia Deliciosa) Dan Kayu Manis (Cinnamomum Burmanni) Terhadap Angka Kuman Muhammad Akbar Ramadhan
JIKES : Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.283 KB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian, infused water kiwi dan kayu manis yang disimpan pada suhu ruang dan suhu kulkas masih memenuhi batas maksimum cemaran mikroba pada sari buah (SNI). Pada penyimpanan suhu kulkas dan suhu ruang masih memenuhi batas maksimum cemaran mikroba pada sari buah (SNI) untuk semua lama penyimpanan. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Surati (2017) tentang Tingkat Keamanan Minuman Infused Water dengan Diversifikasi Penyimpanan yang berbeda menunjukkan bahwa penyimpanan dengan suhu ruang dan suhu kulkas jumlah bakteri pada semua penyimpanan masih dalam batas normal. Berdasarkan hasil penelitian, pada 2 jam penyimpanan sudah terdapat bakteri pada minuman infused water kiwi dan kayu manis, hal ini disebabkan oleh buah yang baru dipanen sebenarnya telah ditumbuhi oleh berbagai mikroorganisme dari yang tidak menyebabkan pembusukan sampai yang menyebabkan pembusukan.
Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus Epidermidis Dan Salmonella Typhi Pada Ekstrak Etanol Daun Jeruk Purut Meriyani
JIKES : Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.578 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsentrasi hambat minimal (KHM) dan konsentrasi bunuh minimal (KBM) serta pengaruh ekstrak etanol daun jeruk purut (Citrus hystrix) terhadap pertumbuhan bakteri Staphylococcus epidermidis dan Salmonella typhi. Hasil uji ekstrak etanol daun jeruk purut menunjukkan nilai rata-rata KHM terhadap bakteri Staphylococcus epidermidis pada 50% dan Salmonella typhi pada konsentrasi 60%. Sedangkan hasil rata-rata nilai KBM nya yaitu pada konsentrasi 60%. Hasil uji regresi linier menunjukkan nilai p < 0,05 yaitu 0,000. Dengan kesimpuan yaitu ekstrak etanol daun jeruk purut mempunyai pengaruh terhadap pertumbuhan bakteri Staphylococcus epidermidis dan Salmonella typhi dengan nilai KHM dan KBM berturut-turut 50% dan 60%. Saran penelitian ini yaitu perlu penelitian lebih lanjut mengenai uji antibakteri ekstrak etanol daun jeruk purut (Citrus hystrix) dengan konsentrasi yang lebih tinggi dalam menghambat bakteri Staphylococcus epidermidis dan Salmonella typhi.
Perilaku Tenaga Kesehatan Dalam Pelayanan Administrasi Rumah Sakit Antara Harapan dan Kenyataan Azura Arisa; Sri Purwanti; Latifah
JIKES : Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.436 KB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah prilaku tenaga Kesehatan dalam pelayanan administrasi rumah sakit antara harapan dan kenyataan. Kualitas pelayanan kesehatan pun yang disediakan akan menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien. Makin sempurna kepuasan tersebut, makin baik pula kualitas pelayanan kesehatan. Dalam menyelenggarakan upaya menjaga kualitas pelayanan kesehatan dirumah sakit tidak terlepas dari profesi keperawatan yang berperan penting. Berdasarkan standar tentang evaluasi dan pengendalian kualitas dijelaskan bahwa pelayanan keperawatan menjamin adanya asuhan keperawatan yang berkualitas tinggi dengan terus menerus melibatkan diri dalam program pengendalian kualitas di rumah sakit.
Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Kesehatan Dalam Komunikasi Terapiutik Perawat Di Rumah Sakit Idaman Kota Banjarbaru Rima Diaty; Dwidya Poernareksa; Muhammad Akbar Ramadhan
JIKES : Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.077 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan Kesehatan dengan komunikasi perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Idaman Kota Banjarbaru. Kepuasan pasien menjadi tanggungjawab pihak pelayanan Kesehatan khususnya rumah sakit Idaman Kota banjarbaru. Fasilitas dan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan harapan pasien, tidak menutup kemungkinan pasien tersebut akan selalu datang dan berobat pada layanan kesehatan tersebut. Ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan salah satunya dipengaruhi oleh faktor komunikasi terapeutik perawat dalam memberikan asuhan keperawatan.
Stres Pada Pasien Gagal Ginjal Yang Menjalani Hemodialisa Di RSUD Ulin Banjarmasin Yulita Zulailiah; Dessy Hadrianti; Jenny Saherna
JIKES : Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.065 KB)

Abstract

Penelitian berjudul stress pasien gagal ginjal yang menjalani hemodialisa di RSUD Ulin Banjarmasin adalah menggunakan metode desain penelitian deskriptif dengan responden berjumlah 82 orang. Pengambilan sampel dengan Teknik nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Penelitian menunjukkan bahwa responden berjenis kelamin laki-laki sebanyak 44 orang (53,7%). responden berusia sekitar 56-64 tahun berjumlah 32 orang (39%).Jenis pekerjaan responden bekerja sebagai wiraswasta sebanyak 26 orang (31,7%). Lama menjalani hemodialisa responden menjalani hemodialisa dalam rentang waktu 1-3 tahun sebanyak 40 orang (48,8%). Tingkat stress responden mengalami stres dengan tingkat sedang sebanyak 33 orang (40,2%).
Risiko Preeklampsia pada Ibu Bersalin di RSUD dr. Moch. Ansari Saleh Sri Purwanti
JIKES : Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.325 KB)

Abstract

Hasil analisis multivariat dari variabel independen yaitu umur, paritas, riwayat hipertensi dan status pekerjaan ibu bersalin menghasilkan variabel yang mempunyai pengaruh dengan kejadian preeklampsia di Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Moch Ansari Saleh banjarmasin yaitu variabel paritas dengan nilai Exp (B) = 2,885 dan variabel riwayat hipertensi nilai Exp (B) = 5,616. Variabel riwayat hipertensi merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kejadian preeklampsia di Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Moch Ansari Saleh banjarmasin dengan nilai p sebesar 0,019 dan nilai Exsponent Beta (Exp B) sebesar 5,616 lebih besar dari variabel independen lainnya (tabel 4.11 hal. 56). Semakin besar nilai Exp (B) berarti semakin besar pengaruhnya terhadap variabel yang dianalisis. Nilai OR = 5,616 artinya ibu bersalin dengan riwayat hipertensi akan mempunyai peluang sebesar 5,616 kali lebih besar untuk mengalami kejadian preeklampsia dibandingkan dengan ibu bersalin yang tidak memiliki riwayat hipertensi.
Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian ASI Eksklusif Pada Bayi Di Wilayah Kerja Puskesmas Beruntung Raya Banjarmasin Ria Olfah; Yenny Okvitasari; Darmayanti Wulandatika
JIKES : Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.618 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, dukungan keluarga dan dukungan petugas kesehatan dengan pemberian ASI Ekslusif pada bayi di wilayah kerja Puskesmas Beruntung Raya Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Populasi adalah semua orang tua yang memiliki bayi berumur > 6 bulan sampai dengan 10 bulan dengan sampel berjumlah 47 orang. Penelitian bertempat di wilayah kerja Puskesmas Beruntun Raya. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan spearman rank. Hasil Peneltian didapatkan bahwa sebagian besar pengetahuan ibu baik, sebaian besar keluarga mendukung, sebagian besar dukungan petugas baik, sebagian besar memberikan ASI ekslusif, ada hubungan pengetahuan, dukungan keluarga dan dukungan petugas kesehatan dengan pemberian ASI Ekslusif pada bayi dengan nilai ρ = 0,000. Diharapkan perawat Perawat sebaiknya selalu memberikan motivasi kepada ibu yang memiliki bayi untuk memberikan ASI ekslusif dengan cara setiap ibu hamil yang memeriksakan kehamilan dipuskesmas.
Gambaran Efikasi Diri Pasien Diabetes Melitus Terhadap Penyembuhan Luka Dengan Ulkus Diabetikum Yang Menjalani Perawatan Luka Herningtyas Kusumastuti; Adhyatma Cipta Nugraha; Hernastiti Sedya Utami
JIKES : Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.641 KB)

Abstract

Efikasi diri adalah keyakinan individu akan kemampuannya untuk mengatur dan melakukan prilaku yang mendukung kesehatannya. Perawat sebagai edukator sangat berperan untuk memberikan informasi yang tepat pada pasien DM tentang penyakit, pencegahan, komplikasi, pengobatan, dan pengelolaan DM termasuk didalamnya memberi motivasi dan meningkatkan efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran efikasi diri pasien terhadap penyembuhan luka dengan ulkus diabetikum yang menjalani perawatan luka. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, Jumlah responden yang digunakan sebanyak 7 pasien di Rumat Spesialis Luka Diabetes Unit Karawang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner The Diabetes Management Self Efficacy Scale (DMSES) dengan 15 pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 5 orang (71,4%) mempunyai efikasi diri baik, dan 2 orang (28,6%) mempunyai efikasi diri kurang baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar responden yang menderita diabetes dengan ulkus diabetikum mempunyai efikasi diri baik.
Tingkat Kepuasan Pasien Pada Komunikasi Terapeutik Bidan Di Rumah Sakit Idaman Kota Banjarbaru Tri Tunggal
JIKES : Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.766 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien pada Komunikasi Terapeutik Bidan di Rumah Sakit Idaman Kota Banjarbaru. Kepuasan pasien menjadi tanggungjawab pihak pelayanan kesehatan pada omunikasi terapeutik bidan. Fasilitas dan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan harapan pasien, tidak menutup kemungkinan pasien tersebut akan selalu datang dan berobat pada layanan kesehatan tersebut. model penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasinya semua pasien di Rumah Sakit Idaman Kota Banjarbaru sejumlah 20 pasien. Teknik sampling menggunakan simple ramdom sampling dengan sampel sebagian respondenberjumlah 15 responden. Variabel independen komunikasi terapeutik dan variabel dependennya kepuasan pasien. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan pengolahan data editing, coding, entry data dan tabulating dan analisa data.

Page 1 of 4 | Total Record : 35