cover
Contact Name
Agustin
Contact Email
jurnal.satin@gmail.com
Phone
+6285274752880
Journal Mail Official
jurnal.satin@gmail.com
Editorial Address
Jl. Purwodadi Indah No.KM. 10, Sidomulyo Barat., Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28294
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
ISSN : 24600822     EISSN : 25279114     DOI : https://doi.org/10.33372
Core Subject : Science,
Fokus dan Ruang Lingkup Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian dalam bentuk artikel penelitian, studi literatur dan artikel dalam bentuk konsep dan kebijakan dalam bidang komputer pada umumnya : Security and Networking Computing Theory and Computational Model E-Learning, E-Business, E-Government, E-Commerce Mobile Computing Software Engineering Soft Computing Computer Software and Applications Image Processing Database, Data Mining, Data Warehouse Intelligent Systems Embedded Systems
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 292 Documents
Implementasi Metode Forward Chaining untuk Menentukan Kenaikan Level pada Game Finding Selais Reny Marissa; Erlin -
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2015): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.936 KB) | DOI: 10.33372/stn.v1i1.7

Abstract

Game adalah media hiburan yang kerap menjadi pilihan bagi orang-orang yang ingin menghilangkan kejenuhan atas rutinitas sehari-hari. Perkembangan zaman sekarang ini mengakibatkan waktu yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan permainan terbatas, sehingga bermain game diperangkat elektronik menjadi pilihan utama bagi mereka yang memiliki keterbatasan waktu, tempat dan lawan bermain game. Namun disisi lain masih banyak game yang mengandung kekerasan dan kurang mendidik serta sedikitnya game yang mengangkat karakteristik wilayah setempat. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah game yang mengangkat karakteristik daerah Riau dengan ikan selais sebagai maskot dari game yang dinamai Finding Selais. Game finding selais yang bertipe adventure games dengan level up system ini merupakan implementasi konsep Artificial Intelligence, khusunya metode forward chaining yang dimanfaatkan untuk menentukan kenaikan level. Game yang diaplikasikan pada platform desktop (Windows) ini hanya dapat dimainkan oleh seorang player pada sekali permainan. Untuk menghindari rintangan dan memakan hewan laut lainnya, player dapat melakukannya dengan menekan tombol Up dan Down pada keyboard. Level Up pada sistem ini menitik beratkan pada ikan selais yang harus menyelesaikan perjalanannya hingga menemui kumpulan ikan selais lainnya. Game finding selais juga menggunakan game desain dokumen sebagai cetak biru yang kemudian menjadi panduan bagi penulis dalam proses pengembangan game tersebut.
Rancang Bangun Alat Bantu Ajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Berbasis Multimedia ( Study Kasus SMP Negeri 01 Bangkinang Seberang) Erleni -; Triyani Arita Fitri
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2015): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.076 KB) | DOI: 10.33372/stn.v1i1.8

Abstract

Matematika adalah ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern. Salah satu materi dalam matematika adalah bangun ruang. Bangun ruang adalah bagian ruang yang dibatasi oleh himpunan titik-titik yang terdapat pada seluruh permukaan bangun tersebut. Metode pembelajaran konvensional yang biasa diterapkan di kelas memiliki keterbatasan , yaitu kesulitan dalam menjelaskan hal-hal yang bersifat abstrak, interaktif dan lebih cenderung berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif. Pembelajaran yang seperti itu membuat siswa cenderung mengikuti arah pikiran guru dimana siswa harus belajar menurut kecepatan guru. Dengan perkembangan teknologi saat ini dapat dipadukan metode pembelajaran konvensional dan pembelajaran berbasis multimedia. Dimana guru diharuskan untuk memberdayakan komputer sebagai media pembelajaran . Pemanfaatan multimedia sebagai alat bantu ajar matematika pada materi bangun ruang yang didalamnya akan mempelajari sifat, luas, keliling, dan volume bangun ruang dan juga terdapat evaluasi dari setiap bangun ruang. Perancangan media Pembelajaran ini melengkapi penggambungan media gambar, suara, teks, dan animasi sehingga siswa tidak jenuh dan bosan dalam belajar matematika. Aplikasi ini memiliki teknik-teknik pembuatan animasi, pengoperasian tools yang sederhana dan disertai dengan action script untuk mempermudah para penggunanya.
Aplikasi Video Pembelajaran dengan Konsep Youtube Rian Pradikta; Dwi Haryono
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2015): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (887.314 KB) | DOI: 10.33372/stn.v1i1.9

Abstract

Keberhasilan dari proses belajar mengajar dalam sebuah studi merupakan langkah utama yang disusun disetiap perguruan tinggi. Perkembangan teknologi yang begitu cepat juga memiliki dampak dalam proses pengembangan teknik pembelajaran. Kemudahan untuk mengikuti pembelajaran baik itu penyampaian studi secara virtual ataupun langsung bukan saja memudahkan murid untuk menyerap pembelajaran tapi juga memudahkan pengajar untuk menyampaikan bahan ajarannya. Sejalan dengan perkembangan teknologi ini juga, maka penggunaan teknologi sebagai sarana belajar sudah semakin meningkat. Pemakaian proyektor, fasilitas komputer di laboratorium hingga layanan internet gratis masih belum cukup untuk memenuhi taraf pembelajaran yang maksimal agar mudah diserap. Membuat wadah pembelajaran yang lebih user friendly diharapkan dapat mendongkrak taraf pembelajaran, adapun salah satu cara yang akan diimplementasikan adalah dengan membuat rancang bangun aplikasi video tutorial pembelajaran dengan konsep YouTube. Nantinya cara ini akan berbasis web sehingga dapat dengan mudah diakses oleh mahasiswa/i kapan dan dimana saja. Wadah ini juga nantinya akan memberikan edukasi yang lebih condong kearah video tutorial/pembelajaran yang dapat di tonton langsung serta adanya interaksi tanya jawab langsung pada video antar dosen dan mahasiswa sehingga dapat juga membantu mahasiswa/i yang berhalangan hadir pada tatap muka perkuliahan. Dengan adanya wadah ini nantinya diharapkan dapat lebih memudahkan proses belajar mengajar serta kemampuan serap mahasiswa
Pencarian Rute Terbaik Pada Travelling Salesman Problem (TSP) Menggunakan Algoritma Genetika pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru Medrio Dwi Aksara Cipta Hasibuan; Lusiana -
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2015): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.738 KB) | DOI: 10.33372/stn.v1i1.11

Abstract

Travelling Salesman Problem (TSP) merupakan salah satu permasalahan optimasi yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Permasalahan pada kasus TSP adalah bagaimana membangun rute terpendek yang akan dilalui salesman. Pemodelan kasus ini akan diterapkan pada kegiatan pengangkutan sampah di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru (DKP). Saat ini rute pengangkutan sampah yang dikelola DKP masih dilakukan secara konvensional sehingga belum dapat dipastikan bahwa rute yang dibangun sudah optimal. Untuk membangun rute yang optimal pada TSP, penulis mengusulkan menggunakan algoritma genetika. Algoritma genetika merupakan suatu metode yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan pencarian solusi optimal dalam sebuah masalah optimasi. Algoritma ini mengikuti proses genetik dari organisme-organisme biologi yang berdasar pada teori evolusi Charles Darwin. Implementasi algoritma genetika menguji kemampuan algoritma genetika, dalam mencari solusi rute optimal pada kegiatan pengangkutan sampah. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan pada tiga wilayah kerja pengangkutan sampah yang disusun oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru, dapat disimpulkan bahwa algoritma genetika mampu menghasilkan solusi rute yang optimal.
Aplikasi Mobile Android untuk Pemasaran Perumahan Menggunakan Metode Markerless Augmented Reality pada PT. Alifa Citra Mulia Taupik Hidayat; Nurjayadi -
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2015): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.379 KB) | DOI: 10.33372/stn.v1i1.12

Abstract

Augmented reality (AR) adalah sebuah istilah untuk lingkungan yang menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia virtual, merupakan suatu terobosan yang sangat berguna dan dapat diterapkan pada perangkat mobile berbasis Android untuk menampilkan animasi 3D. Dengan teknologi augmented reality brosur biasa yang digunakan sebagai media penjualan dapat dijadikan media penjualan yang lebih interaktif dikarenakan kombinasi sistem Augmented Reality dengan media cetak (brosur) akan memberikan nilai lebih dibandingkan dengan sesuatu yang hanya dicetak saja atau konten digital saja. Dalam tugas akhir ini pengujian yang dilakukan pada aplikasi ARbrosur yaitu pengujian pengaruh cahaya terhadap munculnya objek animasi 3D Model yang dihasilkan berupa objek animasi 3D dan animasi seperti material atau gambar perumahan yang akan di buat. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi program yang menghasilkan 3D perumahan. Di harapkan keberadaan program aplikasi  ini dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dalam proses penjualan atau pemasaran perumahan. Agar hasil akhir dapat diperoleh, maka dilakukan, pengumpulan data, analis sistem, desain program, coding dan implementasi.Di harapkan keberadaan aplikasi ini mempermudah pemasaran atau pejualan perumahan pada PT. Alifa Citra Mulia.
Aplikasi Identifikasi Sampel Air Layak Uji dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) pada Dinas Pekerjaan Umum Unit Pelayanan Terpadu Pengujian Provinsi Riau Ahmad Fauzi Aulia; Unang Rio
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2015): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.363 KB) | DOI: 10.33372/stn.v1i1.13

Abstract

Dinas PU UPT Pengujian Provinsi Riau merupakan salah satu dinas yang memberikan pelayanan terhadap Pengujian sampel air yang diminta baik dari pihak masyarakat, badan usaha atau perusahaan yang ada di provinsi riau. Dalam hal ini penerimaan sampel harus sesuai dengan standar nasional Indonesia (SNI) dimana ada parameter-parameter yang harus di sesuaikan, antara lain jumlah volume sampel air, pengawetan, wadah pengawetan dan lama pengawetan, jika salah satu parameter-parameter dari sampel air tidak sesuai dengan (SNI) maka akan berdampak pada hasil pengujian dan sampel air tersebut tidak layak untuk di uji, sejauh ini penerimaan sampel air yang akan di uji masih diidentifikasi secara manual dimana dirasakan kurang efektif dan efisien, dirasakan betapa pentingnya sebuah aplikasi identifikasi dalam penerimaan sampel air dimana aplikasi tersebut dapat memberikan hasil identifikasi secara akurat apakah sampel air tersebut layak untuk di uji atau tidak. Penggunaan aplikasi identifikasi sampel air ini digunakan oleh beberapa user atau multi-user, antara lain administrator sebagai manajemen user dan data master, kemudian operator sebagai transaksi dalam penerimaan order dan kepala bagian sebagai penerima laporan. Dengan adanya aplikasi identifikasi sampel air layak uji dengan standar nasional Indonesia (SNI), diharapkan dapat membantu kalangan yang tergabung pada dinas PU unit pelayanan terpadu pengujian provinsi riau.
Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) untuk Solusi Kompleksitas Manajemen Data dan Informasi di Perguruan Tinggi Edwar Ali; Susandri -; Rahmaddeni --
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2015): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.996 KB) | DOI: 10.33372/stn.v1i1.14

Abstract

Bagi suatu perguruan tinggi keberadaan sistem informasi elektronik tidak hanya memegang peranan yang sangat strategis dalam menghasilkan sumber daya informasi yang berkualitas,akan tetapi juga sebagai unsur pembangun. Integrasi berbagai data dan informasi yang ada akan menjadi isu sentral dalam melakukan berbagai perencanaan/antisipasi dan pengendalian bagi manajerial.Hal ini sangat diperlukan untuk melakukan melakukan justifikasi kebijakan-kebijakan pada tingkat nasional. Tanpa didukung sistem informasi yang handal, akan sulit bagi berbagai unsur terkait untuk melakukan antisipasi maupun perencanaan dan pengembangan untuk jangka panjang.Sistem akademik adalah sistem yang wajib dimiliki oleh setiap perguruan tinggi. Tingkat kompleksitas dan kemajemukan kepentingan dalam manajemen perguruan tinggi akan lebih mudah jika sistem terbagi dalam beberapa subsistem di mana masing-masingnya terfokus hanya pada satu kepentingan.Apabila proses makin kompleks, yang biasanya setara dengan banyaknya mahasiswa yang dikelola, maka akan dibutuhkan pengelolaan sistem akademik yang lebih komprehensif, di mana informasi dikelola dengan lebih teratur, sistematik, diikuti dengan prosedur dan aturan yang standar. Sistem seperti ini akan berkembang menjadi sistem informasi akademik.
Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penerimaan Raskin Di Kelurahan Simpang Baru Panam Merri Ferawati; Karpen -
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2015): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (619.689 KB) | DOI: 10.33372/stn.v1i1.15

Abstract

Selama ini di kelurahan Simpang Baru dalam pengambilan keputusan untuk penerimaan Raskin masih menggunakan cara manual. Kendalanya adalah kesulitan dalam penyimpanan atau pencarian arsip yang telah tersimpan, serta masalah pembuatan laporan yang terlambat juga menghambat penyampaian informasi. Banyak keluarga yang seharusnya tidak mendapatkan Raskin tetapi menerima raskin juga, sebaliknya untuk keluarga miskin yang seharusnya mendapatkan Raskin tetapi tidak mendapatkannya. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan yang memudahkan pihak terkait dalam memberikan keputusan dalam hal pemilihan keluarga miskin yang berhak menerima Raskin di Kelurahan Simpang Baru Panam. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode ini akan menguraikan masalah multi faktor atau multi kriteria kompleks menjadi satu hierarki. Sistem yang dihasilkan diharapkan dapat membantu proses seleksi keluarga miskin yang berhak menerima Raskin dalam waktu yang lebih cepat sehingga meningkatkan kinerja dan pelayanan pada Kelurahan Simpang Baru Panam
Sandi Morse untuk Enkripsi Data Berbasis Multimedia Tedy Anwar; Helda Yenni
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2015): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.504 KB) | DOI: 10.33372/stn.v1i1.16

Abstract

Hampir semua aktifitas saat sekarang dilakukan dengan komputerisasi agar pengerjaan lebih cepat dan mudah. Segala sesuatu bentuk informasi pun disampaikan melalui teknologi komputer. Sesuai dengan kenyataan itulah masalah keamanan dan kerahasiaan sebuah informasi menjadi hal penting bagi setiap orang, karena setiap orang pasti memiliki informasi penting yang harus dilindungi agar tidak diketahui oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Diperlukan juga suatu cara untuk mengamankan informasi tersebut. Salah satu cara untuk mengamankan informasi tersebut dengan cara merubah informasi tersebut kedalam bentuk informasi yang lain yang tidak bisa dipahami oleh pihak lain, yaitu dengan cara enkripsi. Dalam hal ini enkripsi menggunakan Sandi Morse sebagai output, dimana Sandi Morse adalah sistem representasi huruf, angka dan tanda baca dengan menggunakan kode titik dan garis yang disusun mewakili karakter tertentu pada alfabet tertentu yang telah disepakati penggunanya diseluruh dunia. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini merupakan solusi yang tepat dalam memecahkan masalah diatas.
Aplikasi Network Traffic Monitoring Menggunakan Simple Network Management Protocol (SNMP) pada Jaringan Virtual Private Network (VPN) Nora Lizarti; Wirta Agustin
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2015): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (902.644 KB) | DOI: 10.33372/stn.v1i1.17

Abstract

Aplikasi Sistem Informasi yang ada di SMK Labor Binaan FKIP UNRI telah dapat menunjang proses keputusan yang akurat. Aplikasi Sistem Informasi tersebut bisa di akses melalui internet secara private dengan teknologi VPN ( Virtual Private Network), tetapi penggunaannya belum bisa di pantau secara spesifik oleh administrator jaringan, sehiingga perlu untuk membangunkan suatu sistem traffic monitoring dengan menggunakan Simple Network Management Protocol (SNMP) dalam mengimplementasikan aplikasi untuk melakukan pengamatan penggunaan lalu lintas data internet dari parameter yang ada pada jaringan VPN (Virtual Private Network) berbasis web, yang menjadi salah satu solusi dalam menyelesaikan masalah yang ada. VPN (Virtual Private Network) merupakan suatu cara memanfaatkan jaringan public sebagai jaringan private secara aman melalui internet yang menggunakan perpaduan teknologi tunneling dan enkapsulasi. SNMP merupakan sebuah protokol yang didesain untuk memberikan kemampuan pengumpulan data manajemen perangkat jaringan dan pengkonfigurasian perangkat jaringan secara jarak jauh (remotely). Sistem operasi yang digunakan pada server administator adalah Linux Ubuntu 12.04. Linux Ubuntu merupakan distro linux yang stabil dan cukup handal. Dengan adanya aplikasi network traffic monitoring  pada  jaringan VPN dapat membantu pihak administrator untuk memantau lalu lintas data sehingga penggunaan internet lebih optimal.

Page 1 of 30 | Total Record : 292