cover
Contact Name
Muchamad Taufiq Anwar
Contact Email
taufiq@stmi.ac.id
Phone
+6221-42801783
Journal Mail Official
humas@stmi.ac.id
Editorial Address
Jl. Letjend Suprapto No.26, RT.10/RW.5, Cemp. Putih Tim., Kec. Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10510
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Manufacturing and Enterprise Information System
ISSN : 29883954     EISSN : 29883954     DOI : https://doi.org/10.52330/jmeis
Journal of Manufacturing and Enterprise Information System (JMEIS) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Politeknik STMI Jakarta dan membahas tren terkini tentang Sistem Informasi Industri Manufaktur dan Enterprise. Ruang kajian JMEIS adalah pada bidang: 1. Sistem Informasi (Information System), 2. Sistem Informasi Enterprise (Enterprise Information System), 3. Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System), 4. Sistem Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligent System), 5. Kecerdasan Bisnis (Business Intelligence), 6. Interaksi Manusia dan Komputer (Human Computer Interaction), 7. Perencanaan Sumber daya Perusahaan (Enterprise Resource Planning), 8. Manufacturing Execution System, 9. Automation Lean Manufacturing, 10. Industrial Internet of Things (IIoT). JMEIS menerbitkan makalah penelitian, makalah teknis, makalah konseptual, dan laporan studi kasus. Naskah artikel diterbitkan setelah melalui proses peer-review yang menyeluruh. Edisi pertama JMEIS diterbitkan pada tahun 2023. Publikasi jurnal dikelola oleh Program Studi Sistem Informasi Industri Otomotif di Politeknik STMI Jakarta, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia sebagai penerbit dan membahas tren terkini tentang Sistem Informasi Industri Manufaktur dan Enterprise. Makalah yang diterima bisa dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Journal of Manufacturing and Enterprise Information System membahas tren terkini tentang manajemen industri. Detil scope yang diterima di JMEIS antara lain: Sistem Informasi (Information System) Sistem Informasi Enterprise (Enterprise Information System) Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System) Sistem Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligent System) Kecerdasan Bisnis (Business Intelligence) Interaksi Manusia dan Komputer (Human Computer Interaction) Perencanaan Sumber daya Perusahaan (Enterprise Resource Planning) Manufacturing Execution System Automation Lean Manufacturing Industrial Internet of Things (IIoT)
Articles 9 Documents
Rancang Bangun Sistem Informasi Dashboard Pengendalian Produksi Welding Menggunakan Microsoft Power BI pada PT ABC Humairah Milleony Tiana Afriadi; Fifi Lailasari Hadianastuti
Journal of Manufacturing and Enterprise Information System Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Manufacturing and Enterprise Information System
Publisher : Politeknik STMI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1146.598 KB) | DOI: 10.52330/jmeis.v1i1.86

Abstract

PT ABC merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang industri otomotif. Untuk pengendalian produksi di PT ABC ada sebuah departemen yang disebut Production Control, yang memastikan actual sesuai dengan planning serta tindakan korektif pada masalah yang mungkin terjadi. Kegiatan produksi yang dikendalikan adalah welding yang menghasilkan part frame body dan fuel tank. Sebelumnya, proses mengolah data produksi welding di PT ABC masih manual dengan input dan menghitung data di aplikasi Microsoft Excel, sehingga k­­urang efektif dan efisien dalam input data, rentan terjadi kesalahan dalam perhitungan dan memerlukan banyak sheet. Laporan produksi dari data produksi welding yang telah diolah digambarkan dalam bentuk grafik dan memerlukan banyak sheet. Hal ini menyulitkan Pimpinan dalam membaca dan memahami hasil laporan produksi welding. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Production Control membutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat menyajikan laporan produksi welding dalam satu screen untuk memudahkan pengendalian produksi welding dan membaca laporan produksi welding secara cepat dengan merancang dan membangun sistem informasi dashboard pengendalian produksi welding menggunakan Microsoft Power BI. Untuk membangun sistem informasi diperlukan macro excel yang menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic for Application (VBA) dalam membangun interface untuk memudahkan input dan perhitungan yang dikembangkan dari sistem sebelumnya. Kedua sistem ini secara otomatis saling terhubung dengan fasilitas Get Data dari Microsoft Power BI. Adanya sistem informasi dashboard produksi welding dapat memudahkan pekerjaan Departemen Production Control untuk mengendalikan produksi welding, dan melaporkan laporan produksi welding kepada pimpinan Departemen Production Control. Sistem informasi dashboard pengendalian produksi ini telah diimplementasikan pada salah satu plant PT ABC sehingga diharapkan dapat diimplementasikan pada plant lain yang masih menerapkan sistem informasi secara manual untuk memperlancar proses produksi.
Perancangan Arsitektur Data Untuk Mendukung Integrasi Sistem Informasi Pada IKM Gula Semut (Studi Kasus Koperasi “XYZ”) Puji Ratwiyanti; Rahman Rosyidi
Journal of Manufacturing and Enterprise Information System Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Manufacturing and Enterprise Information System
Publisher : Politeknik STMI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.983 KB) | DOI: 10.52330/jmeis.v1i1.97

Abstract

Kecepatan, ketersediaan serta integrasi informasi pada industri merupakan inti dari revolusi industri 4.0. Penggunaan TI/SI merupakan salah satu jalan dalam kontribusiuntuk menjawab tantangan revolusi industry 4.0. Pemilihan TI/SI yang tepat acapkali menjadi pekerjaan yang cukup berat, terutama untuk IKM yang bahkan belum bisa mendeskripsikan dengan baik kebutuhan data dan informasinya. Pengelolaan informasi untuk industri gula semut dari hulu ke hilir masih menggunakan cara manual. Koperasi “XYZ”, Sebuah koperasi yang yang fokus memproduksi gula semut, tumbuh berkembang di Banyumas, koperasi ini memberdayakan sekitar 28.030 orang penderes (petani nira) dan 880 orang pengrajin gula semut. Untuk menjawab tantangan revolusi industri 4.0 Koperasi “XYZ” perlu melakukan perancangan Arsitektur Data dan Informasi agar kedepannya dapat menentukan TI/SI yang tepat untuk diterapkan. Dalam penelitian ini akan dilaksanakan Perancangan Arsitektur Data dan Informasi dengan menggunakan kombinasi 2 dari 7 tahap pada metode EAP dan dan 2 dari 8 tahap Rekayasa Informasi. Selain itu penelitian ini didukung dengan penggunaan tools: Value Chain Analysis, Functional Flowchart Diagram, Matriks Proses Bisnis Vs Organisasi, Matriks Proses Bisnis VS Kelas Data dan Matriks Identifikasi Aliran Data. Penelitian ini berhasil menemukan 22 proses bisnis, 26 Kelas Data yang digolongkan dalam 5 proses utama yang dirangkum dalam sebuah Arsitektur Data.
Analisis Prioritas Perbaikan Kendaraan Mobil Bengkel Mandalika Dengan Analytic Hierarchy Process Muhamad Fahrul Rozi; Lucky Heriyanto
Journal of Manufacturing and Enterprise Information System Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Manufacturing and Enterprise Information System
Publisher : Politeknik STMI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (660.676 KB) | DOI: 10.52330/jmeis.v1i1.98

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan sistem yang dapat memberikan pemecahan masalah, melakukan komunikasi untuk pemecahan masalah tertentu dengan terstruktur maupun tidak terstruktur. Analytic Hierarchy Process (AHP) metode ini merupakan alat bantu sistem pendukung keputusan yang dinilai luas untuk penyelesaian problem keputusan multikriteria. Penggunaan AHP dapat menyelasikan permasalahan yang kompleks menjadi lebih sederhana dan bisa mempercepat proses pengambilan keputusannya. Bengkel Mandalika merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa perbaikan dan servis kendaraan roda empat. Permasalahan yang sekarang yang dihadapi oleh Bengkel Mandalika adalah untuk menentukan prioritas perbaikan fisik kendaraan roda empat. Untuk mengatasi permasalahan ini menentukan prioritas perbaikan fisik kendaraan, maka perlu dirancang suatu sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode AHP dengan menerapkan kriteria dan alternatif. Sedangkan kriteria dan alternatif yang digunakan untuk membentuk model hirarki AHP, terdiri dari kriteria : biaya, waktu, spare part, dan mekanik). Alternatif terdiri dari: kendaraan A kendaraan B, kendaraan C, Kendaraan D). Dimana hasil dari SPK menggunakan AHP menjadi dasar dalam penentuan bobot perbandingan kriteria dan alternatif yang digunakan. Sehingga penentuan prioritas perbaikan kendaraan di Bengkel Mandalika.
Re-Design Antarmuka Pengguna Pada Website Kalani Bags Menggunakan Metode Goal Directed Design Mailia Putri Utami
Journal of Manufacturing and Enterprise Information System Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Manufacturing and Enterprise Information System
Publisher : Politeknik STMI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (766.528 KB) | DOI: 10.52330/jmeis.v1i1.99

Abstract

Perkembangan zaman di era digital saat ini tidak bisa dipungkiri kecanggihannya, salah satunya dapat dilihat di bidang e-commerce. Berkembangnya e-commerce dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya, yaitu meningkatnya kreativitas masyarakat dan perkembangan teknologi informasi yang membuat proses bisnis bisa dilakukan secara online. Tidak sedikit orang yang membuat e-commerce melalui blog mereka masing-masing. Beberapa keuntungan jika melalui blog yaitu dapat mengatur bagaimana proses bisnis itu terjadi, sebagai contoh Kalani Bags. E-commerce asal Bandung ini, mempunyai blog sendiri untuk berinteraksi dengan para pelanggannya. Website dengan nama kalanibags.com ini tidak hanya menyediakan tas saja. Dari baju hingga sepatu pun tersedia. Tujuan dari penelitian, website Kalani Bags merupakan website baru yang diamati peneliti pada website tersebut masih kurang mengikuti standar tampilan pada halaman user interfacenya, oleh dari itu diterapkannya metode goal directed design untuk memberikan perancangan desain yang sesuai dengan standar tampilan aplikasi. Goal Directed Design adalah sebuah metode perancangan design yang berfokus pada tujuan dan kebutuhan user dan menerjemahkannya ke dalam bentuk design user interface. Hasil dari penelitian ini adalah sebagian tampilan website Kalani Bags memerlukan redesain sebagai desain aplikasi yang sesuai dengan standar kebutuhan user. Kesimpulan proses re-desain berdasarkan hasil penelitian ini dirasa perlu dilakukan oleh pengembang website agar website tersebut dapat terus digunakan dan terpakan untuk terus bisa meningkatkan proses bisnis penjualan tas.
Audit Evaluasi Sistem Informasi E-Learning Politeknik STMI Jakarta Menggunakan Framework COBIT 4.1 dengan Domain Monitoring and Evaluation Anggelina Anggelina; Raudah Sapna Maharani; Fariz Ikhsan Falaqi; Finna Suroso
Journal of Manufacturing and Enterprise Information System Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Manufacturing and Enterprise Information System
Publisher : Politeknik STMI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.172 KB) | DOI: 10.52330/jmeis.v1i1.102

Abstract

STMI E-Learning System, merupakan software aplikasi berbasis website yang disediakan oleh Politeknik STMI Jakarta untuk mendukung kegiatan akademik kampus, software tersebut merupakan bagian dari Sistem Informasi Akademik yang ada di Politeknik STMI Jakarta. Dalam penggunaannya STMI E-Learning System, memberikan fungsi-fungsi yang mendukung kegiatan akademik kampus dengan mencakup biodata diri, KRS, pembayaran kuliah, absen, nilai, grafik serta pengajuan tugas akhir pada politeknik STMI Jakarta untuk memastikan bahwa sarana tersebut dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin. Pada penelitian ini, tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa jauh E-Learning menerapkan Framework COBIT 4.1 dan tingkat kematangan E-Learning serta hasil disarankan untuk mengungkapkan temuan, baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah gabungan antara kuantitatif dan kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui hasil kuesioner dan tinjauan pustaka. Kemudian, data yang diperoleh dari hasil kuisioner akan dinilai dan diolah untuk menjadi informasi serta berguna untuk memperbaiki harapan yang belum tercapai. Domain yang digunakan adalah monitoring and evaluation. Domain ME terdapat pada tingkat 3, yang artinya sudah terukur serta sudah terintegrasi antara proses akan tetapi kurangnya tata caranya. Analisis GAP (selisih) antara kondisi yang diharapkan dengan kondisi saat ini rata-rata adalah 3,51 dengan menyarankan perbaikan yang ditekankan terhadap keamanan sistem lalu juga memberikan sebuah sosialisasi dan pelatihan yang lebih intens pada mahasiswa agar selama pemakaian e-learning dapat maksimal dan aman.
Evaluasi dan Audit Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan COBIT 5 Domain EDM, APO, dan DSS Pada Politeknik STMI Jakarta Muhammad Irfan; Daefri Rosma Zelita; Dwi Nur Santi; Finna Suroso
Journal of Manufacturing and Enterprise Information System Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Manufacturing and Enterprise Information System
Publisher : Politeknik STMI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.121 KB) | DOI: 10.52330/jmeis.v1i1.103

Abstract

Politeknik STMI Jakarta adalah salah satu perguruan tinggi yang sudah menerapkan fasilitas pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi berupa website Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Evaluasi dan audit yang dilakukan pada penelitian kali ini adalah untuk mengukur dan mengetahui tingkat kematangan teknologi informasi akademik yang diterapkan Politeknik STMI Jakarta berdasarkan data yang sudah dikumpulkan dan diperoleh dari sampel lingkungan kampus yaitu mahasiswa dari 5 Program Studi dan dari 3 angkatan yaitu 2021, 2020 dan 2019. Metode penelitian dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif yang dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual dan akurat terkait fakta-fakta, serta sifat- sifat hubungan antar fenomena yang sedang diteliti. Selama penelitian, peneliti menggunakan kerangka kerja COBIT 5 yang digunakan sebagai acuan untuk merancang tahapan-tahapan dalam audit website PJJ Politeknik STMI Jakarta. Pengukuran teknologi informasi pada PJJ Politeknik STMI Jakarta ini dilakukan dengan menggunakan COBIT 5, dengan latar belakang bahwa metode tersebut lebih berfokus kepada proses yang diinginkan. Domain yang digunakan untuk melakukan audit tata kelola teknologi informasi adalah domain Evaluate, Direct and Monitor (EDM), Deliver, Service and Support (DSS) dan Align, Plan dan Orginze (APO). Pada tingkat kematangan, Politeknik STMI Jakarta harus memfokuskan pada proses domain APO yaitu pada codomain APO09 yang memiliki nilai capability level dengan GAP paling tinggi yaitu 2. Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata dari pengumpulan data responden terhadap penilaian pada proses domain menunjukkan nilai rata-rata sebesar 4,2 yang termasuk kedalam level 4 dengan gap sebesar 1 yang berarti bahwa PJJ Politeknik STMI Jakarta sudah mencapai tingkat kematangan yaitu Predictable Process. Dengan target yaitu level 5 dengan gap sebesar 1 level.
Rancang Bangun Sistem Informasi Arsip Elektronik Menggunakan Waterfall dengan Framework Codeigniter 4 Lucky Heriyanto; Muhamad Fahrul Rozi
Journal of Manufacturing and Enterprise Information System Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Manufacturing and Enterprise Information System
Publisher : Politeknik STMI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52330/jmeis.v1i2.188

Abstract

PT. Pertamina Hulu Indonesia merupakan anak perusahaan dari PT. Pertamina (Persero) yang memiliki tugas menghasilkan minyak bumi dan gas alam melalui kegiatan pengelolaan wilayah kerja migas dan kegiatan eksplorasi. PT. Pertamina Hulu Indonesia terutama Divisi Information Technology mengalami kendala dari pengarsipan. Surat yang dikeluarkan oleh Divisi IT berupa berita acara, notulen rapat, surat perintah kerja, surat proses permintaan pembayaran, project charter, perjanjian kerja sama, serta form permintaan sarana teknologi informasi. Kendala yang terjadi yaitu pada penomoran surat dan penyerahan surat mengalami keterlambatan apabila sekretaris sedang sibuk karena memiliki tugas selain mengurus dokumen. Selain itu, File dokumen berupa berita acara, notulen rapat, surat perintah kerja, surat proses pembayaran, perjanjian kerja sama, project charter, dan form permintaan sarana IT sulit ditemukan apabila terjadi audit. Berdasarkan permasalahan diatas, maka dibutuhkan sistem informasi arsip elektronik yang berbasis web. Sistem ini akan dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework CodeIgniter 4 dan database MySQL.
Sistem Informasi Penunjang Keputusan Lean Maintenance Mesin Produksi Transmission Machining Shop Extension Housing ex-50 Pada PT Mitsubishi Krama Yudha Motors And Manufacturing Dedy Trisanto; Ari Purmaningsih
Journal of Manufacturing and Enterprise Information System Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Manufacturing and Enterprise Information System
Publisher : Politeknik STMI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52330/jmeis.v1i2.189

Abstract

PT Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing (MKM) merupakan perusahaan yang memproduksi komponen-komponen untuk kendaraan, baik itu komponen untuk badan kendaraan maupun untuk mesin kendaraan. Departemen produksi khususnya seksi machining merupakan salah satu seksi yang menangani produksi transmission machining tipe Transmission Case dan Extension Housing. Dalam melakukan aktifitas produksi, seksi machining mengalami masalah untuk mengidentifikasi permasalahan mesin produksi transmission machining shop extension housing EX-50. Selama ini lean maintenance mesin produksi ditangani oleh Maintenance (MTC) untuk permasalahan yang tidak bisa ditangani langsung oleh seksi machining. Seksi machining belum menggunakan sistem tertentu untuk identifikasi permasalahan mesin produksi transmission machining, oleh karena itu untuk proses lean maintenanceyang tidak bisa ditangani langsung oleh seksi machining masih sangat tergantung pada MTC. Dan selain hal tersebut, pencatatan kegiatan serta pembuatan laporan lean maintenance pada seksi machining dan MTC masih menggunakan Microsoft Excel. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibutuhkan suatu sistem informasi penunjang keputusan lean maintenance mesin produksi transmission machining agar dapat membantu seksi machining dan MTC. Informasi perihal lean maintenance mesin produksi transmission machining dan metode pengambilan keputusan pada sistem informasi ini diperoleh dari MTC. Sistem informasi ini dibangun menggunakan, Hypertext Preprocessor (PHP) sebagai bahasa pemrograman, dan paket XAMPP sebagai localhost, server serta basis data menggunakan MySQL. Penggunaan metode pengembangan sistem yang dipilih adalah waterfall untuk dapat membantu dalam melakukan pengembangan sistem informasi berbasis Object Oriented Analysis Design (OOAD), mulai dari perencanaan, analisis, pengumpulan kebutuhan informasi, perancangan sistem sampai dengan implementasi(coding). Diagram pemodelan OOAD yang dipilih menggunakan Unified Modeling Language (UML) untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan, dan membangun sistem informasi tersebut. Sistem informasi ini dapat mengurangi pemborosan waktu menunggu (Waste of Waiting) untuk proses identifikasi permasalahan dan solusi penanganan mesin produksi transmission machining shop extension housing EX-50, integrasi data untuk keperluan Create Read Update Delete (CRUD) and Report, serta membantu dalam penyajian laporan lean maintenance yang informatif untuk seksi machining dan MTC.
Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Assembly di PT Autoplastik Indonesia Muhammad Alief Argavantio; Ahlan Ismono
Journal of Manufacturing and Enterprise Information System Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Manufacturing and Enterprise Information System
Publisher : Politeknik STMI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52330/jmeis.v1i2.195

Abstract

PT Autoplastik Indonesia, anak perusahaan PT Astra Otoparts Tbk, bergerak dalam produksi komponen plastik untuk kendaraan roda empat. Mereka menghasilkan part FG (Finished Good) dan part SFG (Semi Finished Good), yang melalui proses assembly sebelum menjadi part FG. Untuk mengatasi masalah penyimpanan Laporan Harian Produksi (LHP) yang memuat hasil produksi harian, PT Autoplastik Indonesia membutuhkan sistem informasi. Sistem ini akan memantau proses assembly, merekam data produksi, mengatur penjadwalan produksi, dan memberikan tampilan bagi operator. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi yang efisien untuk monitoring proses assembly. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Waterfall. Kami melakukan analisis masalah yang menghambat proses assembly dan menghasilkan pemodelan UML (Unified Modeling Language) seperti Use Case diagram, Sequence diagram, Class diagram, dan Deployment diagram, serta pemodelan data dengan Entity Relationship Diagram (ERD). Sistem ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP) dan database MySQL. Kontribusi penting dari penelitian ini adalah menciptakan sistem informasi yang memungkinkan PT Autoplastik Indonesia merekam data hasil assembly secara valid, mengoptimalkan penjadwalan produksi di bagian assembly, dan meminimalkan kesalahan data yang mungkin terjadi jika direkap manual oleh operator di kertas LHP. Dengan sistem ini, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi proses produksi dan mengurangi potensi kesalahan, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada kualitas produk dan produktivitas.

Page 1 of 1 | Total Record : 9