cover
Contact Name
Vivi Herlina
Contact Email
journal.ebisma@gmail.com
Phone
+628117422182
Journal Mail Official
journal.ebisma@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pancasila Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Economics, Business, Management, & Accounting Journal
Published by Haka Vyza Media
ISSN : -     EISSN : 29622999     DOI : https://doi.org/10.61083/ebisma.v3i1
Ebisma is available for free (open access) to all readers. The articles in Ebisma include topics in microeconomics, macro economics, human resources management, financial management, marketing management, business, entrepreneurship, accounting and other related articles.
Articles 25 Documents
Peran Camat dalam Pembangunan di Kecamatan Koto Baru Kota Sungai Penuh Marisa
Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal) Vol. 1 No. 1 (2021): Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal)
Publisher : Ebisma Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61083/ebisma.v1i1.1

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui Peran Camat Dalam Pembangunan di Kecamatan Koto Baru Kota Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana data diperoleh dari wawancara bebas dilapangan kepada beberapa informan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Peran Camat Dalam Pembangunan Di Kecamatan Koto Baru Kota Sungai Penuh belum berjalan dengan maksimal karena tugas camat dalam pemberdayaan masyarakat, ketentraman dan ketertiban umum, pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan dikecamatan, penyelenggaraan dalam membina desa serta melaksanakan pelayanan kepada masyarakat belum sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2008 tenteng tugas dan wewenang camat dalam penyelenggaraan pemerintahan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu belum berjalan dengan baik sehingga tugas camat dalam penyelenggaraan pemerintah belum sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2008 tenteng tugas dan wewenang camat. Adapun saran agar aparat pemerintah kecamatan dapat meningkatkan kinerja lebih baik lagi untuk masa mendatang
Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Bagian Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSU Mayjen H.A. Thalib Nora Aprianti
Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal) Vol. 1 No. 1 (2021): Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal)
Publisher : Ebisma Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61083/ebisma.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk Mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bagian Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSU Mayjen H.A Thalib Kabupaten Kerinci. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda, menggunakan Uji F, Koefisien Determinasi, Uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kepemimpinan dan motivasi kerja secara simultan terhadap kinerja pegawai pada Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSU Mayjen H.A Thalib Kabupaten Kerinci. Namun secara parsial variabel yang berpengaruh signifikan hanyalah variabel motivasi kerja sekaligus juga sebagai variabel yang paling dominan.
Analisis Rekrutmen Elit Birokrasi Pejabat Struktural (Studi Kasus BKPSDMD Kabupaten Kerinci) Heriyatno
Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal) Vol. 1 No. 1 (2021): Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal)
Publisher : Ebisma Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61083/ebisma.v1i1.3

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimanakah rekrutmen elit birokrasi pejabat struktural di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) di Pemerintahan Kabupaten Kerinci. Sedangkan metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Selanjutnya yang menjadi teori dalam penelitian ini yang terdiri dari teori rekrutmen, persyaratan rekrutmen jabatan struktural, kompentensi jabatan, pengertian elit birokrasi. Sebagai indikator penelitian ini adalah Aparatur Sipil Negara, kepangkatan, pendidikan, penilaian prestasi kerja, memilki kompentensi jabatan yang diperlukan dan kesehatan. Sedangkan hasil penelitiannya adalah pelaksanaan rekrutmen jabatan struktural aparatur sipil negara di badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia kabupaten Kerinci hanya menggunakan syarat-syarat kepangkatan dan tingkat pendidikan tanpa memperhatikan kompetensi pegawai, syarat prestasi kerja hanya dinilai berdasar kan penilaian DP-3 yang dinilai oleh atasan yang bersangkutan, pengalaman kerja atau jabatan hanya memperhatikan pengalaman pada tingkatan eselon, tingkat pendidikan yang tidak disesuaikan dengan kompetensi jabatan, senioritas dalam kepangkatan hanya diperhatikan untuk jabatan pada tingkatan eselon II, serta pendidikan dan pelatihan yang diikuti setelah menduduki jabatan.
Pengaruh Kompetensi Individu Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Sungai Penuh) Vivi Herlina
Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal) Vol. 1 No. 1 (2021): Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal)
Publisher : Ebisma Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61083/ebisma.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian tentang Pengaruh Kompetensi Individu terhadap Kualitas Pelayanan Pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Sungai Penuh. Metode Penelitian yang dipakai adalah Metode Deskriptif Kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berasal dari Pegawai Negeri Sipil yang berjumlah 45 orang. Pengumpulan data melalui kuisioner dan observasi lapangan. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan menggunakan uji t. Kompetensi Individu terdiri dari indikator pengetahuan, keterampilan, sikap. Sedangkan indikator kualitas pelayanan terdiri dari keandalan, kenyataan/berwujud, ketanggapan, jaminan, dan empati. Kesimpulannya dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kompetensi Individu terhadap Kualitas Pelayanan
Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Keandalan Pelaporan Keuangan Desa Efvy Zamidra Zam
Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal) Vol. 1 No. 1 (2021): Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal)
Publisher : Ebisma Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61083/ebisma.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan kualitas sumber daya manusia terhadap keandalan pelaporan keuangan Desa Koto Datuk. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh aparatur pemerintahan Desa Koto Datuk, dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang responden. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan uji F dan uji t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menemukan bahwa semua variabel bebas berpengaruh terhadap keandalan pelaporan keuangan Desa Koto Datuk. Variabel yang mempengaruhi keandalan pelaporan keuangan desa ialah kualitas sumber daya manusia. Sedangkan pemanfaatan teknologi informasi memberikan konstribusi yang tidak dominan terhadap keandalan pelaporan keuangan Desa Koto Datuk
Hubungan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai pada UPTD Pendidikan Kecamatan Danau Kerinci Eka Septiani
Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal) Vol. 2 No. 1 (2022): Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal)
Publisher : Ebisma Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61083/ebisma.v2i1.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian tentang Hubungan Kompetensi Sumber Daya Manusia dengan Kinerja Pegawai pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Kecamatan Danau Kerinci. Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif kuantitatif. Pemilihan para responden dalam penelitian ini berasal dari pegawai Unit Pelaksanaan Teknis Dinas Pendidikan Kecamatan Danau Kerinci yang berjumlah 12 orang. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan pengumpulan data melalui kuisioner (angket), wawancara, dan observasi lapangan. Pada penelitian ini terdiri atas 2 variabel, yaitu Kompetensi Sumber Daya Manusia (Variabel X) terhadap Kinerja Pegawai (Variabel Y). Kesimpulannya dalam penelitian ini adalah Adanya Hubungan Kompetensi Sumber Daya Manusia dengan Kinerja Pegawai pada UPTD Pendidikan Kecamatan Danau Kerinci, hal ini dibuktikan dengan uji t dengan thitung > t tabel (3,12 >1,812) dan besarnya hubungan/ korelasi antara Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Pegawai UPTD Kecamatan Danau Kerinci adalah 0,70 atau 70% dengan kriteria sangat kuat. Sedangkan 30% dapat dijelaskan oleh faktor lain di luar variabel penelitian ini.
Analisis Pelayanan Publik di Rumah Sakit Mayjen H. A. Thalib Kabupaten Kerinci Enny Sestriyenti
Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal) Vol. 2 No. 1 (2022): Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal)
Publisher : Ebisma Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61083/ebisma.v2i1.7

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pelayanan publik di Rumah Sakit Mayjen H. A. Thalib Kabupten Kerinci. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif. Informan Dalam Penelitian ini berasal orang yang berkaitan langsung dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Kerinci yang berjumlah 10. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi lapangan. Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan pada Rumah Sakit Mayjen H. A. Thalib Kabupten Kerinci ini mencakup Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan tersebut meliputi pemanfaatan bukti fisik, Keandalan petugas, Ketanggapan petugas, Jaminan pelayanan dan perhatian petugas. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah Bukti langsung dalam pelayanan di Rumah Sakit Mayjen H. A. Thalib Kabupaten Kerinci yaitu fasilitas yang ada di rumah sakit tersebut sudah cukup bagus dalam pelayanan atau dapat di katakan pasien sudah puas dengan apa yang ada dalam rumah sakit tersebut, Kehandalan perawat dan dokter dalam menangani pasien sudah memuaskan , Sikap tanggap perawat atau dokter Rumah Sakit Mayjen H. A. Thalib Kabupaten Kerinci dan para perawat mau mendengarkan keluhan pasien, memberikan pertolongan yang cepat kepada pasien tersebut, jaminan kemampuan perawat atau dokter dalam menimbulkan kepercayaan dan keyakinan pasien melalui pengetahuan, kesopanan serta menghargai perasaan pasien. sikap empati perawat dan dokter di R Rumah Sakit Mayjen H. A. Thalib Kabupaten Kerinci sudah bagus atau dapat dikatakan sudah memenuhi apa yang pasien inginkan dalam memberikan pelayanan.
Strategi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kabupaten Kerinci dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Sipil Negara Vivi Herlina
Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal) Vol. 2 No. 1 (2022): Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal)
Publisher : Ebisma Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61083/ebisma.v2i1.8

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kabupaten Kerinci dalam meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana data diperoleh melalui wawancara kepada 9 orang informan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa tahapan-tahapan dalam penilaian strategi kinerja dilakukan dengan melalui evaluasi dengan para pegawai kemudian menemukan titik kesepakatan sesuai dengan perumusan strategi, penerapan strategi, dan penilaian strategi.
Analisis Kebijakan Pemerintahan Desa Baru Sungai Medang Kecamatan Air Hangat Timur dalam Memberdayakan Masyarakat Melly Diasti; Yosi Fahdillah
Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal) Vol. 2 No. 1 (2022): Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal)
Publisher : Ebisma Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61083/ebisma.v2i1.9

Abstract

Penelitian ini mengambil lokasi di Desa Baru Sungai Medang Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci. Tujuan penelitian untuk mengetahui Kebijakan Pemerintahan Desa Baru Sungai Medang Dalam Memberdayakan Masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Adapun informan berjumlah 10 orang. Teknik dan alat Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa daftar pertanyaan, pena, buku/kertas. Unit analisis adalah individu pemerintah dalam memberdayakan masyarakat di Desa Baru Sungai Medang Kecamatan Air Hangat Timur. Hasil penelitian menunjukkan Analisis Kebijakan Pemerintahan Desa Baru Sungai Medang Kecamatan Air hangat Timur Dalam Memberdayakan Masyarakat sudah berjalan secara maksimal. Dalam menjalankan kebijakan sudah berjalan dengan baik dengan bantuan masyarakat dalam melakukan musyawarah. Merumuskan kebijakan berjalan sesuai dengan prosedur dan ada banyak kebijakan yang ingin diterapkan Pemerintah Desa namun ada begitu banyak kendala yang membuat kebijakan belum dilaksanakan, hal tersebut menunjukkan bahwa Pemerintah Desa berupaya menerapkan Kebijakan dalam Pemberdayakan Masyarakat Desa namun tidak semua berjalan sesuai keinginan mereka karena memerlukan proses dan juga waktu, melihat dari Pemberdayaan Masyarakat yang sudah di terapkan dapat membantu perekonomian masyarakat desa, maka dari itu Pemberdayaan harus dilakukan secara bertahap supaya hasil dari Kebijakan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Baru Sungai Medang dapat terlihat.
Efektivitas Sistem Penggunaan Komputer terhadap Kinerja Pegawai pada Puskesmas Kemantan Dian Mala Fithriani Aira; Efvy Zamidra Zam
Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal) Vol. 2 No. 1 (2022): Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal)
Publisher : Ebisma Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61083/ebisma.v2i1.10

Abstract

Salah satu teknologi yang dapat membantu dalam bekerja di organisasi adalah dengan menggunakan sistem komputerisasi. Dengan menggunakan sistem komputerisasi maka setiap unit kerja kantor dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas sistem komputerisasi dalam kinerja pegawai di Puskesmas Kemantan sebelum dan sesudah penggunaan sistem komputerisasi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam untuk mendapatkan informasi dari responden. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa penggunaan sistem komputerisasi merupakan salah satu fasilitas agar kelancaran tugas kerja, terbukti memberikan kemudahan. Dengan pemanfaatan komputer akan mempengaruhi kinerja karyawan dan dapat meningkatkan kualitas kerja dan efisiensi waktu.

Page 1 of 3 | Total Record : 25