Jurnal Amal Pendidikan
Jurnal Amal Pendidikan has an ISSN that is P-ISSN: 2746-4725 (printed version) and E-ISSN: 2721-3668 (electronic version). Jurnal Amal Pendidikan is published by the Faculty of Teacher Training, and education Universitas Halu Oleo with a period of three times a year in April, August and December. Articles that can be considered for publication in the Jurnal Amal Pendidikan are the results of the implementation of research activities that are in accordance with the focus and scope of the journal including: Learning models/methods/strategies, Education Management, Learning Media, Curriculum Development, Learning ICT, Learning Materials/Sources, Ethnopedagogics, Learning Assessment and Evaluation, Learning Psychology, Thinking Skills in Learning.
Articles
59 Documents
Inovasi Pembelajaran Biologi melalui Pengembangan Modul Elektronik untuk Peserta Didik SMA/MA
Nurhayati Bedduside;
Rifka Almunawarah;
Rosdiana Ngitung
Jurnal Amal Pendidikan Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Agustus 2022
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36709/japend.v3i2.1
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan validitas modul elektronik menggunakan flipbook. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) serta model pengembangan EDDIE yang hanya sampai pada tahap pengembangan (development). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA/MA di Kabupaten Gowa. Data hasil penelitian ini diperoleh dari penilaian validator ahli dengan berbagai komponen penilaian terhadap modul elektronik yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa modul elektronik pada materi sel sebagai sumber belajar peserta didik SMA/MA yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid. Peneliti mengharapkan melanjutkan hingga tahap praktis dan efektif.
Mengembangkan Kecerdasan Natural Anak Usia Dini Melalui Jurnal Alamku
Kia Monika;
Yosi Melda Sari
Jurnal Amal Pendidikan Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Agustus 2022
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36709/japend.v3i2.3
Mengembangkan kecerdasan natural pada anak usia dini tentu harus dilakukan sedini mungkin agar kecerdasan tersebut berkembang secara optimal, untuk itu perlu adanya tekhnik dan cara baru untuk menstimulasi kecerdasan natural anak yaitu dengan menggunakan jurnal alamku. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memberi pemahaman kepada guru dan orang tua mengenai cara untuk mengembangkan kecerdasan natural anak melalui jurnal alamku. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis kajian pustaka dimana dalam pembahasan penelitian banyak mengutip teori-teori yang relevan dengan penelitian yang bersumber dari jurnal dan buku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengembangkan kecerdasan natural anak dapat distimulasi dan dikembangkankan dengan menggunakan jurnal alamku, dimana jurnal alamku merupakan jurnal buatan orang tua maupun guru itu sendiri yang dirancang sedemikian rupa agar dapat difahami dan digunakan oleh anak. Kegiatan yang dilakukan antara lain adalah dengan mengajak anak mengamati dan mencermati berbagai bentuk hewan dan tumbuhan serta benda-benda lain yang dapat di temukan anak di alam bebas atau alam terbuka, kemudian mencocokkan dengan pola atau gambar yang telah disediakan. Dengan melakukan kegiatan tersebut menggunakan beberapa media yang dibuat pada jurnal alamku dapat menjadikan proses pembelajarannya menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat mengembangkan kecerdasan naturalistik pada anak usia dini.
Penanaman Nilai Kesederhanaan Sejak Dini dalam Perspektif Hadits
Nur Amini;
Yosi Melda Sari
Jurnal Amal Pendidikan Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Agustus 2022
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36709/japend.v3i2.4
Penanaman nilai kesederhanaan diwujudkan dengan penguatan Pendidikan karakter sejak dini, penerapan pola hidup berlebihan dan bermewah-mewahan bagi anak usia dini, sehingga berdampak buruk terhadap pembentukan karakter anak yang jauh dari prilaku sederhana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat serta proses pembelajaran penanaman nilai kesederhanaan sejak dini dalam persepktif hadis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Dalam penelitian kualitatif yang menjadi subjek yaitu kepala sekolah, dua orang guru, dan anak-anak dari TK Islam Terpadu An-Najah. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa proses penanaman nilai kesederhanaan dilakukan dengan membacakan hadits secara bersama-sama, menyanyikan hadits yang berkenaan dengan nilai kesederhanaan dan juga menjelaskan hadits mengenai pola hidup sederhana dengan menceritakan maksud dari hadits yang dimaksud agar anak mudah memahami dan merasa tertarik atas materi yang diajarkan. Kegiatan tersebut memberikan banyak manfaat. Diantaranya anak-anak dibiasakan untuk melakukan pola hidup yang sederhana dan tidak berlebihan. Merasa cukup atas apapun yang dimiliki saat ini. Serta memanfaatkan secara kreatif barang-barang yang dimiliki, dan selalu merasa bersyukur.
Strategi Coping Stress Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Masa Pandemi Covid-19
Yuliastri Ambar Pambudhi;
Muhammad Abas;
Citra Marhan;
Linda Fajriah
Jurnal Amal Pendidikan Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Agustus 2022
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36709/japend.v3i2.5
Mahasiswa mempunyai kewajiban untuk menyelesaikan skripsi, dimana ketika memasuki fase menyusun skripsi dengan segala dinamikanya membawa tekanan psikologis tersendiri bagi mahasiswa. Berbagai aturan dan larangan pada masa pandemi Covid-19 memunculkan masalah baru bagi para mahasiswa yang menyelesaikan skripsi. Masalah klasik yang belum terselesaikan seutuhnya dan ditambah masalah baru membuat mahasiswa menjadi rentan stress. Tidak ingin terlarut dengan kondisi stress mereka sehingga muncul coping stress untuk menanggulangi masalah yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali masalah para mahasiswa yang sedang proses menyelesaikan skripsi pada masa pandemic Covid-19 serta menggambarkan strategi coping stress yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan skala perceived stress scale, wawancara individual dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil yang didapat dari penelitian bahwa terdapat 5 responden yang merasakan stres tinggi, 13 responden merasakan tingkat stres sedang dan 1 responden merasakan tingkat stres rendah. Stressor yang dialami baik dari psikologis, sosial, ekonomi dan fisik. Bentuk coping stress yang dilakukan responden antara lain problem focused coping (planful problem solving dan seeking social support), emotional focused coping (distancing, self control, accepting responsibility, escape avoidance dan positive reappraisal). Bentuk strategi coping stres berupa confrontative coping tidak nampak pada semua responden yang diteliti.
Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampun Dasar Matematika Siswa
Sunggiarti;
Jafar;
Latief Sahidin
Jurnal Amal Pendidikan Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Agustus 2022
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36709/japend.v3i2.6
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemampuan dasar matematika (KDM ) siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII3 yang masing-masing subjek mempunyai KDM tinggi, sedang, dan rendah. Penentuan subjek berdasarkan hasil TKDM. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan dasar matematika (TKDM), tes pemecahan masalah matematis (TPMM) serta wawancara, adapun pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, tahapan pemecahan masalah matematis siswa: (1) tahap memahami masalah, SKT dan SKS dapat menuliskan unsur-unsur yang diketahui dan yang ditanyakan dengan lengkap. Sedangkan, SKR hanya menuliskan sebagian. (2) tahap merencanakan pemecahan masalah, SKT dan SKS dapat menuliskan sebagian rumus dari unsur yang diketahui dan unsur-unsur yang ditanyakan untuk menyelesaikan soal. Sementara, SKR sama sekali tidak dapat menuliskan (3) tahap melaksanakan rencana, SKT dengan tepat mensubtitusi informasi ke dalam rumus yang telah ditentukan. Sedangkan SKS kurang tepat mensubtitusi dan SKR tidak mensubtitusi (4) Tahap melihat kembali, SKT menuliskan caranya sendiri dalam memeriksa kembali hasil pekerjaan. Sedangkan, SKS dan SKR tidak menuliskan caranya sendiri.
Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Literasi Matematika Siswa
Wa Sudi;
Jafar;
Kadir;
Salim
Jurnal Amal Pendidikan Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Agustus 2022
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36709/japend.v3i2.7
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap literasi matematika siswa MTs Al-Ikhlas Raha. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Ikhlas Raha tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam 2 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Total Sampling.Sedangkan penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak. Kelas VIII-1 sebagai kelas ekperimen yang diajardengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalahPosttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes literasi matematika berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial melalui uji-t pada α=0,05. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik efektif terhadap literasi matematika siswa di kelas VIII MTs Al-Ikhlas Raha dilihat dari rata-rata literasi matematika siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata literasi matematika siswa kelas kontrol.
Implementasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah Pada SMA Negeri 1 Napabalano
Samusu
Jurnal Amal Pendidikan Vol. 3 No. 3 (2022): Edisi Desember 2022
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36709/japend.v3i3.8
Penelitian ini bertujuan untuk untuk melihat pengimplementasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah di SMA Negeri 1 Napabalano Kabupaten Muna. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif,dimana peneliti mencoba menggambarkan Implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Sekolah pada SMA Negeri 1 Napabalano. Teknik pengumpulan data yang diginakan yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara teknik analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data model interaktif (interactive model of analysis).Hasil penelitian ini menyebutkan Implementasi SIM Sekolah berbasis web pada SMA Negeri 1 Napabalano secara keseluruhan sudah berjalan dan memberikan manfaat kepada user akan tetapi masi banyak yang harus ditambah di menu-menu dibagian data siswa dan guru, sehingga sistem informasi manajemen Sekolah yang dimiliki dapat bermanfaat bagi sekolah. Namun, dalam implementasinya, masih ada kendala-kendala yang dihadapi oleh SMA Negeri 1 Napabalano seperti belum terbangunnya jaringan yang baik dalam penggunaan SIM Sekolah yang menyebabkan belum online-nya SIM Sekolah yang dimiliki, kurangnya jumlah tenaga pengelola SIM Sekolah, masih lemahnya perangkat pendukung, belum adanya sosialisasi dan pelatihan kepada seluruh pegawai.
Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Dalam Menunjang Mutu Pembelajaran Di TK
Tiya Sugi Rahayu;
Siti Khosiah;
Cucu Atikah
Jurnal Amal Pendidikan Vol. 3 No. 3 (2022): Edisi Desember 2022
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36709/japend.v3i3.11
Manajemen sarana dan prasarana merupakan faktor penting untuk menunjang keberhasilan proses berjalannya pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen sarana dan prasarana, faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang mutu pembelajaran di TK Insan Cita 1 Kabupaten Pandeglang-Banten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatam lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan yang meliputi analisis kebutuhan menyeluruh, analisis situasi dan kondisi, dan memusyawarahkan rapat kerja yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru; 2) pelaksanaan meliputi pengadaan, penggunaan, dan pemeliharaan; 3) evaluasi melalui hasil rapa kerja; 4) faktor pendukung dalam implementasi manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang mutu pembelajaran di TK Insan Cita 1, yaitu dengan menggunakan alat peraga untuk bahan ajar, baik itu alat peraga yang ada di dalam kelas maupun diluar kelas dengan memanfaatkan lingkungan yang ada. Faktor penghambat yaitu terbatasnya dana, sehingga bisa dikatakan bahwa manajemen sarana dan prasarana di TK Insan Cita 1 sudah cukup baik dan dapat terciptanya suasana belajar yang nyaman.
Pemahaman Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Media Video Dalam Pembelajaran Jarak Jauh
Dewi Nurjanah;
Pratik Hari Yuwono
Jurnal Amal Pendidikan Vol. 3 No. 3 (2022): Edisi Desember 2022
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini membahas mengenai pemahaman kognitif siswa pada mata pelajaran Matematika melalui media video dalam pembelajaran jarak jauh di kelas IV SD Negeri Ketanggung Kabupaten Cilacap. Pemahaman kognitif merupakan salah satu aspek keberhasilan pembelajaran. Pada pembelajaran jarak jauh diperlukan penggunaan media yang dapat meningkatkan pemahaman kognitif siswa. Salah satu media yang dibutuhkan yaitu media video karena dapat menerapkan konsep materi yang abstrak menjadi lebih konkret. Penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif. Partisipan penelitian ini adalah guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman kognitif siswa baik jika siswa menyimak media video yang guru berikan. Hal tersebut terlihat ketika observasi pertama, siswa menyimak dengan baik media video, siswa aktif dalam belajar dan hasil evaluasi siswa baik. Berbeda pada observasi kedua ketika kebanyakan siswa tidak menyimak media video dengan baik, siswa menjadi kurang aktif dan hasil belajarnya cukup rendah. Pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh menggunakan media video tidak lepas dari beberapa faktor pendorong maupun faktor penghambat pada pelaksanaannya
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi IPA Sekolah Dasar
Fathurozak Mutohar;
Karma Iswasta Eka
Jurnal Amal Pendidikan Vol. 3 No. 3 (2022): Edisi Desember 2022
Publisher : FKIP Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi dalam kegiatan pembelajaran secara daring di SDN Karang Tengah 6, mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi, dan mengetahui sejauh mana siswa memahami materi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembang atau Research and Development model Sugiyono. Partisipan dalam penelitian ini yaitu guru kelas VI dan siswa kelas VI Sekolah Dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, dan observasi. Penelitian ini mendapatkan hasil kelayakan ahli materi dan ahli media, dapat diketahui hasil ahli materi sebesar 80 dan hasil ahli media sebesar 82, 6. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh 94, 4 dan Hasil uji coba kelompok besar memperoleh 93, 4. Nilai tersebut termasuk dalam kriteria “sangat layak” untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dan respon guru serta siswa secara keseluruhan menunjukkan tanggapan yang baik terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi dalam kegiatan pembelajaran.