LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan Algoritma Terdistribusi Pemrosesan Informasi Manusia, 9. Komputasi Berkinerja Tinggi, 10. Penyimpanan informasi, 11. Keamanan, integritas, privasi, dan kepercayaan, 12. Pemrosesan Sinyal Gambar dan Ucapan, 13. Sistem Berbasis Pengetahuan, 14. Jaringan Pengetahuan, 15. Multimedia dan Aplikasi, 16. Sistem Kontrol Jaringan, 17. Klasifikasi Pola Pemrosesan Bahasa Alami, 18. Pengenalan dan sintesis ucapan, 19. Kecerdasan Robot, 20. Analisis Kekokohan, 21. Kecerdasan Sosial, 22. Statistic 23. Komputasi grid dan kinerja tinggi, 24. Realitas Virtual dalam Aplikasi Rekayasa, 25. Intelijen Web dan Seluler, 26. Data Besar, 27. Manajemen Informatika, 28. Sistem Informasi, 29. Desain Permainan, 30. Sistem Multimedia, 31. Pemrosesan Gambar, 32. IOT 33. Pemrograman Seluler, 34. Desain Basis Data, 35. Pemrograman Jaringan, 36. Sistem Terdistribusi, 37. Sistem Pendukung Keputusan, 38. Sistem Pakar, 39. Kriptografi, 40. Model dan Simulasi, 41. Jaringan 42. PENDIDIKAN TERAPAN 43. Semua jenis ilmu pendidikan
Articles
229 Documents
Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Inventori Barang Berbasis Web di PT. AINO Indonesia
Ahmad Fahrezi;
Fahry Noer Salam;
Gilang Mahardhika Ibrahim;
Rifki Rahman Syaiful;
Aries Saifudin
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Inventori application belonging to PT. Aino Indonesia is an application used by the warehouse department to record all incoming and outgoing goods. If an error occurs in this application, it will cause big problems for the warehouse because the recording must be done manually by means of stock taking. In solving this problem, the author conducted testing using the black box testing method of the Equivalence Partitions technique. This test is a test carried out by performing random input with certain benchmarks for success. By using a test case design, the author conducts a test to determine whether there is an error in the process of logging into this Inventori application. The expected result of this test is that the system can run well and no errors are found, so that the warehouse department can directly use this application for the process of recording incoming and outgoing goods.
IMPLEMENTASI METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC) PADA APLIKASI EDUKASI INTERAKTIF PENGENALAN MENTAL HEALTH KEPADA MASYARAKAT BERBASIS MOBILE
Fikri Alfiansyah;
Sartika Lina Mulani Sitio
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Perkembangan teknologi yang sangat cepat dan pesat seperti sekarang ini dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang, ditambah dengan kondisi saat ini yang sedang melanda yaitu adanya covid-19 dapat menjadi pemicu tambahan seseorang mengalami gangguan kesehatan mental. Terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi seseorang mengalami gangguan kesehatan mental, yakni faktor internal contohnya seperti genetika, dan juga faktor eksternal contohnya seperti pola asuh dan juga lingkungan. Gangguan kesehatan mental (Mental Health Disorder) merupakan sebuah syndrome atau pola perilaku psikologi seseorang yang dapat menyebabkan ketidakmampuan saat melakukan pekerjaan. Masih banyak ditemui penanganan yang salah untuk orang-orang yang terkena gangguan kesehatan mental, orang-orang yang terkena gangguan kesehatan mental justru cenderung dihakimi dan dibanding-bandingkan dengan kehidupannya pada saat orang-orang yang terkena gangguan kesehatan mental tersebut ingin menceritakan mengenai kesehatan mentalnya kepada orang terdekatnya, akibatnya orang-orang yang terkena gangguan kesehatan mental tersebut menjadi lebih tertekan dan akan menambah parah kesehatan mental yang dideritanya. Dengan permasalahan tersebut maka dibuat sebuah media edukasi mengenai pengenalan mental health (kesehatan mental) bagi masyarakat dengan berbasis mobile. Dalam pembuatan media edukasi ini peneliti menggunakan sebuah metode yaitu metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki enam tahapan yakni tahap pertama pengkonsepan, tahap kedua adalah perancangan, tahap ketiga adalah pengumpulan materi, tahap keempat adalah pembuatan, tahap kelima adalah pengujian, dan tahap keenam adalah pendistribusian. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi edukasi mental health yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk mempelajari berbagai macam jenis gangguan kesehatan mental.
ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SYMILARITY TO IDEAL SOLUTION.DALAM PENENTUAN SISWA TERBAIK (STUDI KASUS: SD NEGERI PARIGI 04)
Alifitar Afif Alyasri;
Hendri Ardiansyah
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Sistem pendukung keputusan ialah perangkat pendukung keputusan yang berbasiskan komputer untuk membantu pengambilan keputusan dengan menyajikan informasi untuk berbagai alternatif keputusan. Sekolah Dasar Negeri Parigi 04 merupakan salah satu Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kota Tangerang Selatan yang berdiri pada tanggal 05 Juni 1985 dan sampai saat ini memiliki siswa siswi yang berjumlah 123 dan siswi yang berjumlah 116 siswi.Dalam penentuan siswa terbaik pastinya bukan proses yang mudah, yang dalam proses penentuan nya terdapat kriteria yang harus dipertimbangkan. Ketetapan terhadap kriteria tersebut ditentukan oleh pihak sekolah, dan cara itupun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengetahui hasilnya karena jumlah siswa yang sangat banyak dan harus menyeleksi satu persatu untuk mengetahui siapa siswa yang terbaik.di sekolah. Untuk mengatasi hal ini ,maka diperlukan adanya sistem pendukung keputusan yang mampu mengolah data siswa serta kriteria yang dibandingkan dengan lebih baik.Pada penelitian kali ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process dan metode Technique For Order Preference By Symilarity To Ideal Solution. Metode AHP digunakan untuk proses pengambilan keputusan dengan perbandingan yang sesuai untuk menangani sistem yang berhubungan dengan penentuan keputusan dari beberapa alternatif dan kriteria-kriteria pilihan untuk dievaluasi dan metode TOPSIS akan digunakan untuk memproses sejumlah alternatif dengan cara membandingkan setiap alternatif dengan alternatif terbaik dan alternatif terburuk yang ada diantara alternatif-alternatif masalah.Sistem pendukung keputusan berbasis website ini dapat membantu mengatasi permasalahan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process dan metode Technique For Order Preference By Symilarity To Ideal Solution.
IMPLEMENTASI SISTEM APLIKASI PSIKOTES ONLINE UNTUK PEMBUATAN SIM BERBASIS WEB (STUDI KASUS : PT PATIH SAMUDRA PERKASA)
M Thian Andriansyah;
Budi Apriyanto
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
PT. Patih Samudra Perkasa merupakan perusahan yang bekerja sama dengan Biro Psikologi Pesona yang merupakan biro jasa yang bergerak dalam bidang jasa konseling, training, rekrutmen dan layanan psikolog. Berdasarkan pengamatan dan observasi saat ini, pelaksanaan tes psikotes yang diselenggarakan oleh Biro Psikologi Pesona untuk pembuatan SIM di Polresta Kota Tangerang. Dalam pembuatan SIM, tes psikotes masih menggunakan google form sebagai media tes. Adanya kekurangan dalam prosedur berjalanya psikotes, yaitu media psikotes, seperti link google form dapat dengan bebas diakses oleh siapapun yang memiliki link google form, membutuhkan lebih dari satu link google form yang digunakan sebagai media tes. Dalam mengatasi masalah tersebut, Penulis melakukan penelitian untuk membuat aplikasi psikotes online berbasis web untuk membantu pegawai PT Patih Samudra Perkasa dalam melakukan tes psikotes dengan lebih cepat dan mudah. Dalam penulisan ini, penulis menggunakan bahasa pemrograman yaitu php dan Visual Studio sebagai text editor, serta database MySQL sebagai penyimpanan data dan Model Waterfall sebagai alur perancangannya. Diharapkan aplikasi psikotes berbasis website yang dapat memudahkan dalam pelaksaan psikotes, mempercepat waktu pembagian hasil psikotes, menghindari adanya kecurangan dan menghasilkan pengendara yang baik dari segi psikologi.
Implementasi Metode SDLC Untuk Pembuatan Sistem Penguncian Pintu Menggunakan Fingerprint Dengan Modul NodeMCU Esp8266 Berbasis Internet Of Things
Nanda Risky Maulana;
Roeslan Djutalov
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penilitan ini bertujuan untuk merancang sistem keamanan rumah yaitu dengan sistem penguncian pintu rumah menggunakan Fingerprint. Dalam penelitian ini terdapat 4 penghuni rumah yang tinggal, dan masih menggunakan penguncian pintu konvensional. Dalam hal tersebut penghuni rumah terkadang lupa menaruh kunci rumah dan tidak bisa mengetahui siapa yang masuk rumah, bahkan jika ada barang hilang, penghuni rumah tidak dapat mencari jejaknya. Untuk mengatasi permasalahan diatas yaitu, dengan cara membuat sistem penguncian pintu otomatis menggunakan sensor Fingerprint untuk membaca berbagai pola sidik jari, dan pintu akan terbuka secara otomatis. Kemudian sensor Fingerprint yang dikases, diolah oleh mikrokontroler NodeMCU Esp8266 untuk memberikan data riwayat akses sidik jari pada Web Informasi yang dimana data itu berisikan user id yang terakhir kali mengakses pintu rumah dan data itu akan di tampilan pada Web Informasi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode SDLC (Software Development Life Cycle). Hasil penilitian ini menunjukan sistem penguncian pintu otomatis yang hanya bisa diakses oleh sidik jari yang telah didaftarkan pada database modul Fingerprint. Kemudian Web Informasi akan menampilkan data riwayat akses siapa saja yang telah memasuki rumah berupa nomor user id, keterangan, tanggal dan waktu, sehingga orang lain yang tidak terdaftar sidik jarinya, tidak dapat membuka pintu.
UI UX DEVELOPER: PENGEMBANG UI UX
Sofyan Mufti Prasetiyo;
Hotmaida Simanjuntak;
Dimas Bayu Laksono;
Muhammad Gilang Nanda Gunawan
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
In the current era of globalization, technological developments are a very influential requirement for the development of business and industrial companies. Therefore, it is not surprising that in the current era, many digital products are developing that are spread across various virtual platforms, both in the form of websites and applications. In designing a digital product, collaboration from several teams/professions is required, one of which is the User Interface/User Experience Developer or the UI/UX Developer profession. UI/UX developers are more focused on working in the digital area, namely designing digital products such as websites, applications, interactive television, landing pages, and dashboards. Keywords: User Interface, User Experience, Developer, Digital Product, Design
Analisa dan Perancangan Sistem Aplikasi Ujian Sekolah Berbasis Komputer
ahmad doni;
Haqun Baitika;
Lisda Amalia;
Verolia Yunita Putri;
Aries Saifudin
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Berbicara tentang ujian berbasis komputer, ujian berbasis komputer adalah sistem ujian nasional yang digunakan oleh pelajar dan mahasiswa berbasis teknologi. Ujian berbasis komputer ini sangat berbeda dengan ujian sebelumnya yang hanya menggunakan kertas atau disebut ujian tertulis, karena metode ujian berbasis kertas membutuhkan banyak biaya dan kurang efisien untuk guru atau siswa, sehingga aplikasi ujian berbasis komputer dapat agar lebih mudah dan efisien dalam pelaksanaan ujian sekolah. Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk menganalisis, menelaah dan menemukan permasalahan atau kendala dalam pelaksanaan ujian ini, apalagi ujian ini berbasis komputer. Dalam jurnal ini kami menggunakan metodologi kualitatif dan analisis deskriptif. Untuk hasil belajar dan juga hasil pemantauan ujian berbasis komputer dalam penelitian ini, ujian dapat diselenggarakan di satuan pendidikan atau di seluruh wilayah jika didukung dengan internet dan perangkat komputer. Dengan adanya internet dan perangkat komputer dalam ujian berbasis komputer ini, ujian akan berjalan dengan lancar. Hambatan ujian berbasis komputer adalah jaringan komputer lokal, jaringan internet, jangkauan area yang luas dan perangkat keras. Oleh karena itu sebelum ujian berlangsung, panitia ujian harus melakukan pengecekan dan persiapan terlebih dahulu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada saat ujian, karena jika jaringan internet tidak lancar dapat sangat mempengaruhi nilai siswa.
Pengujian PENGUJIAN WEBSITE MOOVIT DENGAN METODE BLACK BOX TESTING DALAM MENENTUKAN RUTE PERJALANAN MENGGUNAKAN METODE EQUIVALENTS PARTITIONS: METODE BLACK BOX TESTING DALAM MENENTUKAN RUTE PERJALANAN
adistyo ariansa;
Aulia Nurhuda Apriyand;
Rafa Ryan;
Aries Saifudin
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Pengujian perangkat lunak yang tidak lengkap dan tidak efektif dapat mengakibatkan berbagai masalah yang menyebabkan kerugian terutama bagi pengguna, pengujian ini dilakukan untuk memastikan bahwa jika tidak sesuai dengan apa yang diharapkan maka sistem gagal. Pengujian perangkat lunak merupakan suatu investigasi yang dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai kualitas dari produk atau layanan yang sedang diuji
Survei PROJEK SURVEY KONDISI JALAN (PCI) DALAM TUGAS PEMGAMBILAN DATA DAN SEWA ALAT: PROJEK SURVEY KONDISI JALAN (PCI)
Agung Wijoyo;
Aulia Nurhuda Apriyandi;
Denis Kurniawan
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Data inventori dan kondisi jalan merupakan data utama jaringan jalan untuk mengukur dan memonitor kondisi jaringan jalan, membuat perkiraan kondisi yang akan datang, dan membantu dalam proses pengambilan keputusan strategis dalam manajemen jaringan jalan. Data tersebut juga menjadi data utama dalam perencanaan umum jaringan jalan, pemrograman dan penganggaran, memonitor kinerja jaringan jalan, pengelolaan pengadaan kontrak pekerjaan pemeliharaan, menganalisis data kecelakaan lalu lintas. Dengan demikian, data kondisi jaringan jalan harus bermutu tinggi.
ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA SHOPEEPAYLATER PADA TWITTER MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
Anton Setiawan;
Sri Mulyati
LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023): LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan
Publisher : Shofanah Media Berkah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Shopee PayLater atau SpayLater merupakan fitur yang memberikan pinjaman atau cicilan bagi pengguna Shopee Indonesia. Penggunaan SpayLater memiliki banyak peminatnya dikarenakan dapat memberikan kemudahan bagi yang tidak memiliki kartu kredit untuk membayar cicilan. Namun tidak bisa dipungkiri, terdapat kontra dengan hadirnya ShopeePayLater karena memiliki resiko kerugian yang tinggi. Pengguna SpayLater memberikan ulasannya dalam bentuk tweet pada Twitter, data tweet tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengetahui ulasan tersebut dengan membuat sistem yang dapat melakukan analisis sentiment pengguna SpayLater menggunakan metode Support Vector Machine (SVM). Sistem dibuat dengan bahasa pemrograman Python dalam bentuk website yang dapat melakukan analisa terhadap sentiment pengguna SpayLater berdasarkan metode SVM. Selanjutnya, sistem dilakukan pengujian blacbox yang menunjukkan bahwa fungsionalitas sistem dapat berjalan dengan baik dan pengujian metode menggunakan confusion matrix mendapatkan nilai accuracy sebesar 97,1%, precsion sebesar 95,83%, recall sebesar 98,5% dan F-score sebesar 97 %.