cover
Contact Name
Nurhayati
Contact Email
smartpaud@uho.ac.id
Phone
+6285341517009
Journal Mail Official
smartpaud@uho.ac.id
Editorial Address
Department Teacher Education - Early Childhood Education Universitas Halu Oleo, Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Smart Paud
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 25990144     EISSN : 26141248     DOI : https://doi.org/10.36709/jspaud
Core Subject : Education,
Jurnal Smart PAUD contains research articles in the field of early childhood education with focus and coverage including curriculum, early childhood development, education management, teaching materials, learning Media, learning assessments, strategies/models/methods/approaches/learning techniques, education policy.
Articles 48 Documents
Pengembangan Media Pembelajaran Bahan Bekas Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Hikrawati
Jurnal Smart Paud Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi Juli 2022
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jspaud.v5i2.3

Abstract

Pengembangan media pembelajaran bahan bekas merupakan salah satu media yang dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan media  bahan bekas yang digunakan untuk meningkatkan kreativitas  anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian adalah 15 anak usia 5-6 tahun dan satu  guru. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis penelitian adalah sebagai berikut: (i) perlunya pengembangan media  bekas untuk meningkatkan kreativitas pada anak usia dini agar menghasilkan pembelajaran dan karya yang bermakna, (iii) tingkat keefektifan dan kebermanfaatan pengembangan media pembelajaran media bahan bekas untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini menunjukkan kriteria kepraktisan dengan persentase 97,5 %, sedangkan uji kepraktisan menunjukkan kriteria kepraktisan dengan kategori tinggi.
Pengembangan Busy Book Learning Media Dalam Pembelajaran Bahasa Keaksaraan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Ita, Efrida; Dhiu, Konstantinus Dua
Jurnal Smart Paud Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi Juli 2022
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jspaud.v5i2.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media busy book dan mengetahui kelayakan dari produk tersebut pada pembelajaran bahasa keaksaraan pada anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TKK Caritas Maukeli. Analisis data digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan menunjukan bahwa media pembelajaran busy book yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak dikategorikan layak berdasarkan semua aspek yang sudah divalidasi dan diuji coba. Pada validasi ahli materi dengan hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli materi dengan total skor 93% berada pada kategori sangat valid, pada penilaian oleh  ahli media dengan total skor 80% berada pada kategori valid, pada penilaian oleh ahli desain pembelajaran dengan total skor 83% berada pada kategori valid, pada penilaian uji coba perorangan yang melibatkan dua orang anak memperoleh skor 90% dan dikategorikan sangat valid dan pada uji coba kelompok kecil melibatkan 5 orang anak dengan total skor 82,8% dan dikategorikan valid. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran busy book untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak kelompok B layak digunakan di TKK Caritas Maukeli.
Penggunaan Simbol Tangan/Hand Signuntuk Mengenalkan Sistem Solmisasi Angklung pada Anak Usia 5-6 Tahun Ramdani, Cepi; Muqodas , Idat
Jurnal Smart Paud Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi Juli 2022
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jspaud.v5i2.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas dari penggunaan simbol tangan/hand sign dalam pengenalan solmisasi angklung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Pre-eksperimen dengan desain penelitian group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan yaitu lembar obervasi dan panduan wawancara.  Sampel dalam penelitian ini yaitu 12 anak dari kelompok usia 5-6 Tahun. Hasil dari penelitian ini diantaranya yaitu, 1) hasil pretest menunukan anak belum bisa bermain angklung dengan benar atau tidak memahami simbol tangan/hand sign. 2) hasil postest memiliki sebuah peningkatan yang cukup signifikan dimana hasil perolehan N-Gain score yaitu sebesar 0,9833 dan masuk kedalam kriteria tafsiran tinggi yang berarti pembelajaran pengenalan solmisasi angklung dengan menggunakan simbol tangan terbukti efektif. 3) hasil wawancara dengan guru kelas di RA X menggungkapkan bahwa pembelajaran angklung dengan menggunakan simbol tangan terbukti efektif akan tetapi sulitnya guru dalam menghafal setiap simbol tangan dari setiap not pada angklung.
Kompetensi Manajerial Pada Kepala Taman Kanak-Kanak Abubakar, Sitti Rahmaniar; Sahriana, Nanang
Jurnal Smart Paud Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi Juli 2022
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jspaud.v5i2.7

Abstract

Kepala Taman Kanak-Kanak adalah salah satu faktor yang sangat menentukan kesuksesan lembaga pendidikan anak usia dini karena merupakan pemegang puncak pimpinan dan pembuat keputusan. Oleh karena itu, kepala Taman Kanak-Kanak harus memiliki kompetensi manajerial yang baik agar mampu mengelola manajemen PAUD dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kompetensi manajerial kepala TK Bahari Poleang Bombana. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala TK Bahari Poleang Bombana dan Guru. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan cara kondensasi data, tampilan data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa kepala TK Bahari Poleang Bombana memiliki kemampuan manajerial yang baik sesuai dengan prinsip manajemen kepemimpinan yaitu POAC (planning, organizing, actuating dan controlling). Kepala TK Bahari Poleang Bombana selalu merencanakan kegiatan, melakukan organisir, melaksanakan kegiatan sesuai dengan perencanaan awal dan melakukan pengawasan untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan..
Meningkatkan Etika Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Role Playing Konadi , Husrin; Rambe, Syarifah Ainy
Jurnal Smart Paud Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi Juli 2022
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jspaud.v5i2.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan etika berkomunikasi pada anak usia dini, dengan metode role laying. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada etika berkomunikasi terlihat dari  peningkatan pada siklus 1 dan siklus 2. Penelitian ini menggunakan 3 indikator, pertama anak mampu mengucapkan salam saat masuk kelas, siklus 1 menunjukkan hasil sebesar 65% dari 100% dan pada siklus 2 menunjukkan hasil 80% dari 100%. sehingga terdapat peningkatan antara siklus satu dan siklus 2 sebesar 24%. kedua anak meminjam barang teman dengan izin pemiliknya, pada siklus 1 menunjukkan hasil 45% dari 100% dan pada siklus 2 anak mengalami peningkatan menjadi 78%, sehingga terdapat peningkatan antara siklus 1 dan siklus 2 sebesar 33%. ketiga anak tidak mengganggu teman saat bermain siklus 1 terdapat 53% dan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 72% sehingga antara siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 19%.
Pengaruh Media Belajar Wayang Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun Dharmastuti , Alma Wydia; Sagala , Anita Chandra Dewi; Karmila , Mila
Jurnal Smart Paud Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi Juli 2022
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jspaud.v5i2.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media belajar wayang angka terhadap kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu degnan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian merupakan anak kelompok A semester II TK PGRI Tanggel Winong tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 33 anak. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran wayang angka terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun kelas iman di TK PGRI Tanggel Winong. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji-t, diketahui nilai post-test kelas eksperimen diperoleh nilai t hitung = 8,35291 dengan taraf signifikansi sebesar 5% didapat tabel t pada dt 31 diperoleh nilai t tabel =  1,69552. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t hitung > t tabel  yang berarti signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunakan media belajar wayang angka terhadap kemampuan kognifi anak dalam mengenal lambang angka.
Interaksi Sosial Anak Yang Memiliki Speech Delay Herpiyana , Ika; Hasanah, Nor Izzatil; Rusdiah
Jurnal Smart Paud Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi Juli 2022
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jspaud.v5i2.11

Abstract

Speech delay memengaruhi aspek perkembangan bahasa anak, hingga berdampak pada kemampuan interaksi sosial anak. Penelitian dengan metode kualitatif ini bertujuan mengetahui interaksi sosial anak kembar, bagaimana guru menangani interaksi sosial mereka, dan faktor yang melatarbelakangi mereka mengalami speech delay. Subjek pada penelitian ini 2 orang anak  speech delay, 2 orang guru kelas kelompok A1, dan orang tua anak. Hasil menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam interaksi sosial anak speech delay meski mereka terlahir kembar. Guru menangani interaksi sosial mereka dengan merespon dan menstimulasi, menggunakan alat permainan sederhana, mengajari mengucap kata kemudian memperbaiki pengucapan tersebut, ketika bermain dipasangkan dengan teman yang sudah pandai berbicara. Faktor penebab speech delay ada enam,  yaitu ibu yang bekerja, pola asuh di penitipan, televisi, jenis kelamin, deprivasi lingkungan (lingkungan yang sepi), dan anak yang terlahir kembar.
Efektivitas Metode Modelling Simbolik Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Winangun, Guntur; Sagala, Anita Chandra Dewi; Karmila , Mila
Jurnal Smart Paud Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi Juli 2022
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jspaud.v5i2.14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran modelling simbolik berbantu boneka terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 anak yang berusia 5-6 tahun di TK PGRI Sarimulyo dan TK PGRI Sarimulyo 02. Data diambil secara purposive sampling pada 30 anak usia 5-6 tahun. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi kemampuan bahasa ekspresif dengan skala likert 1-4. Uji hipotesis dilakukan mengunakan uji wilcoxon dan uji mann whitney. Analisis hipotesis uji wilcoxon dan uji mann whitney menunjukkan bahwa metode modelling simbolik berbantu boneka terbukti efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan metode modelling simbolik berbantu boneka. Hal ini menunjukkan metode modelling simbolik berbantu boneka terbukti efektif terhadap peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini di TK PGRI Sarimulyo.
Peran Lingkungan Keluarga Dalam Perkembangan Bahasa Anak Selama Pandemi Covid-19 Dewi, Ni Wayan Risna; Purandina, I Putu Yoga
Jurnal Smart Paud Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi Juli 2022
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jspaud.v5i2.15

Abstract

Bahasa memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu anak dalam membangun hubungan dengan orang lain. Hal itu tidak terlepas dari kontribusi dan peran lingkungan keluarga dalam mengoptimalkan perkembangan bahasa anak. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran lingkungan keluarga dalam perkembangan bahasa anak di Desa Marga selama pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang dilakukan secara online. Responden dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun (kategori TK B) di Desa Marga Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan-Bali dengan jumlah  responden sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran lingkungan keluarga khususnya orang tua dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak dalam aspek menerima bahasa, mengungkapkan bahasa dan keaksaraan awal sudah tergolong baik. Sebanyak 80% orang tua sudah mengajarkan anaknya untuk menerima bahasa dalam konteks memahami informasi yang didengarkan dan sebanyak 20% yang belum mengajarkan. Selanjutnya dalam aspek mengungkapkan bahasa sebanyak 84% orang tua sudah mengajarkan anaknya dan sebanyak 16%  yang belum mengajarkan. Terakhir, sebanyak 72% orang tua sudah mengajarkan anaknya untuk mengenal keaksaraan awal dan sebanyak 28% yang belum mengajarkan.
Robotics For The Development of Preschool Children’s Creativity Nurjanah, Novita Eka; Choirunnisa
Jurnal Smart Paud Vol. 6 No. 1 (2023): January 2023
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jspaud.v6i1.18

Abstract

The use of technology in 21st century education is not unfamiliar. One form of technological innovation in the field of education is robotics. The use of robots in learning is in line with STEM learning, because children are invited to build their own desired robots, design their own robots, and enter coding according to their wishes so that this activity can stimulate children's creativity. This study aims to determine the application of robotics in the development of early childhood creativity. The research method used is systematic literature review. Literature sources come from international articles relevant to the topic of study from 2011 to 2021. The results show that robotics applied in early childhood learning can develop creativity. Educational robots can be used as a place for children to develop, apply, and channel ideas, thoughts, ideas, and creativity in a work. Robotic activities can introduce children to STEM or STEAM concepts as well as computational thingking so that in addition to creativity, children are trained in logical, creative, and structured thinking skills.