cover
Contact Name
Muhammad Imron Rosadi
Contact Email
imron.rosadi@yudharta.ac.id
Phone
+6285707421941
Journal Mail Official
editor.njca@gmail.com
Editorial Address
https://journal.csnu.or.id/index.php/njca/pages/view/editorialBoard
Location
,
INDONESIA
Nusantara Journal of Computers and its Applications
ISSN : 25280511     EISSN : 25279815     DOI : http://dx.doi.org/10.36564/njca
NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications) is a peer-reviewed bi-annual journal concerning on computer science and its applications. The article shall address any research on theoretical and empirical on computer science and its applications. The Topics addressed within the journal include, but not limited to: Bioinformatics Biomedicine Biotechnology Broadband and intelligent networks Broadband wireless technologies Cloud Computing and Applications Communication architectures for pervasive computing Communication systems Computational intelligence Computer and microprocessor-based control Computer Architecture and Embedded Systems Computer Business Computer Vision Computer-based information systems in health care Cryptography Data Base Management Data Mining Data Retrieval Decision making Digital Economy and Digital Divide Digital signal processing theory Distributed Sensor Networks E-Business E-Commerce E-Government Emerging signal processing areas Encryption Event-based, publish/subscribe, and message-oriented middleware Evolutionary computing and intelligent systems Green Computing Grid Networking Human Computer Interaction (HCI) Image processing Information and data security Information Management Information systems and applications Internet Technologies, Infrastructure, Services & Applications Mobile and Wireless Networks Mobile Computing and Applications Mobile networks and services Multimedia Communications Multimodal sensing and context for pervasive applications Natural Language Processing Network management and services Network Modeling and Simulation Networking theory and technologies Neural Networks Neuro-Fuzzy and applications Pervasive Computing Programming paradigms for pervasive systems Real-time computer control Real-time information systems Real-time multimedia signal processing Remote Sensing Security and risk management Software Engineering System security and security technologies Technology in Education Theoretical Computer Science Ubiquitous and pervasive applications Virtual reality Vision-based applications Web Technologies Wireless technology.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2022): Desember 2022" : 5 Documents clear
PENILAIAN KAPABILITAS SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNU LAMPUNG MENGGUNAKAN COBIT 5 DAN ITIL V3 Matsna Nurul Kholidah; Mardiana Mardiana; Misfa Susanto
NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications) Vol 7, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Computer Society of Nahdlatul Ulama (CSNU) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36564/njca.v7i2.288

Abstract

Layanan sistem informasi akademik Universitas Nahdlatul Ulama Lampung (UNU Lampung) banyak mengalami perubahan. Hal ini menjadi alasan bahwa UNU Lampung harus rutin melakukan evaluasi kemampuan layanan sistem informasi. Evaluasi kemampuan layanan harus berdasarkan pada manajemen tata kelola sistem informasi yang baik. Berkaitan dengan hal tersebut, tujuan dari artikel ini yaitu untuk melakukan penilaian level kapabilitas layanan sistem akademik UNU Lampung dengan menggunakan COBIT 5 dan ITIL V3 sebagai kerangka acuan. Hasil dari integrasi COBIT 5 dan ITIL V3 diperoleh dua proses yaitu EDM04 dan APO01. Kemudian hasil penilaian kapabilitas memperoleh nilai 1,69 yang menunjukan berada pada level 2. Rekomendasi yang diusulkan agar dapat mencapai level selanjutnya adalah membuat dokumen panduan sistem pengelolaan sumberdaya dan panduan monitoring evaluasi layanan sistem informasi. Selain itu, manajemen juga harus melakukan evaluasi terhadap kinerja layanan secara rutin
ANALISA PROTOTYPE SISTEM MANAJEMEN PRAKTIKUM DAN TUGAS AKHIR (SIAMTEK) PADA PERANGKAT ANDROID Siti Aisyah; Moh. Furqan; Sudriyanto Sudriyanto
NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications) Vol 7, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Computer Society of Nahdlatul Ulama (CSNU) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36564/njca.v7i2.226

Abstract

Sistem Manajemen Praktikum dan Tugas Akhir Mahasiswa (SIAMTEK) merupakan sebuah aplikasi pengajuan untuk mempermudah mahasiswa melakukan pendaftaran pengajuan PKL dan Tugas Akhir serta membantu para dosen memonitoring kegiatan tersebut. Sistem yang berjalan saat ini sudah membantu namun, terdapat beberapa permasalahan antara lain tampilan (user interface) desain dari SIAMTEK yang kurang menarik dan ada fitur yang kurang dipahami oleh mahasiswa yang mengakses aplikasi SIAMTEK versi android. Sehingga penulis memberi usulan pembaharuan desain dan prototype dengan user interface dan user experience yang lebih menarik dan userfriendly. Metode yang digunakan menggunakan metode prototype karena developer dan user dapat berinteraksi langsung selama proses pembaharuan pengembangan desain. Sehingga dapat menggambarkan sistem dengan gambaran yang jelas mempermudah pegguna sistem
ANALISIS DAN PERANCANGAN UI/UX E-KONVEKSI MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE (STUDI KASUS: BRAND LOKAL PROBOLINGGO GHAZLAN.CO) Moh. Furqan; Sudriyanto Sudriyanto; Muhammad Riyan Ulil Albab
NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications) Vol 7, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Computer Society of Nahdlatul Ulama (CSNU) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36564/njca.v7i2.271

Abstract

Ghazlan.co merupakan salah satu brand lokal Probolinggo dan UMKM yang bergerak dibidang konveksi jasa pembuatan pakaian dan menjual barang hasil produksi sendiri. Dalam promosi usahanya masih menggunakan pamflet dan menyampaikan secara lisan. Proses pelayanan pemesanan dilakukan secara konvensional datang ke tempat dan melalui media sosial. Hal tersebut kurang efektif kkarena usaha akan sulit dikenal secara luas dan mengakibatkan terjadinya penumpukan pemesanan barang yang belum direspon, karena banyaknya Customer. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan Prototype UI/UX E-konveksi berbasis website yang dapat membantu usaha konveksi Ghazlan dalam mempromosikan usahanya dan memudahkan konsumen dalam melakukan pemesanan barang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Prototype, dengan desain sistem dibuat menggunakan UML (Unified Modelling Language) dan perancangan Prototype sistem menggunakan software Figma. Kemudian, pada tahap evaluas Prototype inii menggunakan usability testing yang menghasilkan skor 84,72% dengan grade B (Excellent) dimana Prototype ini layak dan dapat diterima.
RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY KAIFATUS SHOLLI BERBASIS ANDROID ahmad taufiqul imam; Abu Tholib; wali ja'far shudiq
NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications) Vol 7, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Computer Society of Nahdlatul Ulama (CSNU) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKSholat merupakan sebuah media perantara komunikasi diantara manusia dengan Allah SWT, proses KBM  mata pelajaran Fiqih khususnya bab yang memuat tentang sholat yang berlangsung serta prakteknya masih  berdasarkan pada buku paket atau modul sehingga murid MI Azzainiyah III merasa cepat bosan dan mengakibatkan murid mudah lupa akan Gerakan dan materi yang disampaikan. Supaya murid ini bisa dengan cepat menangkap materi bab sholat dan tayamum serta dengan mudah mempraktekkannya maka dibutuhkan sebuah media pembelajaran interaktif yang begitu menarik bagi murid setingkatan MI. Penelitian ini bertujuan untuk menarik minat belajar serta praktek sholat dan tayamum murid dengan menggunakan aplikasi android yang menggunakan teknologi Augmented Reality yang bisa dioperasikan pada gadget android di era 4.0 saat ini disamping itu dengan adanya aplikasi ini juga bertujuan agar murid MI Azzainiyah III lebih mudah memahami bacaan dan gerakan sholat dan tayamum tanpa mengalami kebosanan. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yakni MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 tahapan yakni, pengonsepan, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan yang terakhir pendistribusian. Pada aplikasi media pembelajaran Augmented Reality Kaifatus Sholli sholat dan tayammum yaitu terdiri lima menu yakni AR camera, Materi, Cara Penggunaan, Tentang Aplikasi, dan Menu Keluar dari aplikasi. Hasil dari pengujian Alpha Test ini mendapatkan rata rata nilai 75%  sangat setuju bahwa aplikasi ini dapat membantu murid kelas dua MI Azzainiyah III dalam meningkatkan semangat belajar, peningkatkan pemahaman sholat dan tayamum dengan cepat dan tepat tanpa mengalami kejenuhan selama proses belajar..                                                                                                                 Kata Kunci: augmented reality, aplikasi mobile, Marker, Sholat,
PENERAPAN ALGORITMA BRUTE FORCE UNTUK PENCARIAN KAMUS ISTILAH SISTEM MANAJEMEN BASIS DATA Heri Purwanto; Muhamad Fazri Annafi; Rikky Wisnu Nugraha; Rudy Sofian; Fahmi Reza Ferdiansyah
NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications) Vol 7, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Computer Society of Nahdlatul Ulama (CSNU) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36564/njca.v7i2.281

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menerapkan sebuah algoritma pada sebuah aplikasi kamus pencarian informasi mengenai sistem manajemen basis data bagi para programmer yang akan mempelajari mengenai konsep dari Da-ta Base Management System (DBMS). Aplikasi tersebut menggunakan sebuah algoritma brute force, dimana algo-ritma tersebut digunakan untuk melakukan pencarian antara pola dan teks pada sebuah aplikasi pencarian ber-basis web. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi antara metode penelitian kuantitatif dan kuali-tatif, sedangkan pengembangan perangkat lunak menggunakan pendekatan prototype. Hasil penelitian ini adalah sebuah algoritma brute force yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah pencarian kamus istilah DBMS dengan sederhana, mudah dipahami dalam penerapannya, lebih efektif untuk data yang terbatas, source code yang dihasilkan sedikit dan menghasilkan algoritma yang dapat dieksekusi untuk beberapa masalah seperti pen-cocokan dan pencarian.

Page 1 of 1 | Total Record : 5