cover
Contact Name
Surya Guntur
Contact Email
suryaguntur91@gmail.com
Phone
+6282363800909
Journal Mail Official
investasi@soratekno.co.id
Editorial Address
Jl. Flamboyan 6 Desa Tanjung Sawit, Kab. Kampar, Provinsi Riau
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
INVESTASI
Published by Soratekno Publisher
ISSN : 29865913     EISSN : 29869315     DOI : https://doi.org/10.59696/investasi
Inovasi Jurnal Ekonomi dan Akuntansi (INVESTASI) merupakan jurnal diterbitkan oleh SoraTekno Publisher dan menjadi media bagi para peneliti, praktisi dan dosen yang akan mempublikasikan hasil penelitiannya. Tujuan Jurnal ini adalah untuk memfasilitasi publikasi ilmiah hasil-hasil penelitian di Indonesia dan ikut serta meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian bagi para akademisi dan peneliti. Jurnal INVESTASI menerbitkan publikasi artikel ilmiah, metodologi riset yang digunakan, dan signifikansi kontribusi hasil riset terhadap pengembangan keilmuan bidang Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen Bisnis.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2023): Artikel Penelitian" : 2 Documents clear
Analisa Penerapan Psak No 16 Tentang Akuntansi Aset Tetap Pada Dinas Ketenaga Kerjaan Provinsi Sumatera Utara Mustika Maranatha Silaban; Thetty Surienty Rajagukguk; fauziah fauziah
INVESTASI : Inovasi Jurnal Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 3 (2023): Artikel Penelitian
Publisher : Soratekno Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59696/investasi.v1i3.21

Abstract

Aset adalah harta atau kekayaan yang ada di suatu perusahaan maupun Pemerintahan.Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara memiliki banyak asset yang digunakan dalam kegiatan operasional sebagai sarana dan prasarana dalam melayani masyarakat umum.Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aset tetap yang ada di Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera utara sesuai Dengan Psak No 16.Perhitungan penyusutan yang dilakukan Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara menggunakan metode garis lurus.Melakukan penelitian dengan pendekatan deskriptif berdasarkan karakteristik penerapan aset tetap sesuai psak no 16,maka penelitian ini dikelompokkan sebagai penelitian kuantitatif deskriptif.Data yang dipakai untuk penelitian ini yaitu data primer dimana data dikelola langsung dari Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara dalam bentuk observasi, dokumentasi dan wawancara dan data yang telah didapatkan diolah terlebih dahulu untuk menjadi informasi penelitian. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu Aset tetap yang ada di Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara jelas sesuai dengan Psak No 16. Disnaker Provinsi Sumatera Utara telah membuat pencatatan asset tetap,perolehan,pengakuan,pengeluaran,penyusutan,penghentian,dan penyajian asset tetap kedalam laporan CaLk.Maka dari itu dilakukan perbandingan (analisa) antara Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara yang di harapkan sesuai dengan psak no 16.namun, Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara tidak menyajikan secara jelas laporan CaLk dan tidak terjadi pelelangan asset.
Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Yuni Maimuna; Rusmayanti R; Nofal Supriaddin
INVESTASI : Inovasi Jurnal Ekonomi dan Akuntansi Vol. 1 No. 3 (2023): Artikel Penelitian
Publisher : Soratekno Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59696/investasi.v1i3.23

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis perhitungan harga pokok produksi dalam menentukan harga jual. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Perhitungan Harga Pokok Produksi dan Harga Jual. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu Bendahara dan Bagian Kepala Produksi CV Fariz Karya Mandiri. Analisis data yang digunakan adalah deskriprif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing memperoleh hasil yang sama dengan metode perusahaan Sedangkan dengan menggunakan metode variable costing memperoleh nilai yang lebih rendah dibandingkan metode perusahaan dan full costing. Menurut perhitungan metode perusahaan dan metode full costing sebesar Rp1.734.381.200, sedangkan metode variable costing sebesar Rp1.158.967.200. Perbedaan perhitungan harga pokok produksi tentu akan berpengaruh dalam penentuan harga jual produk. Dimana harga jual es balok dengan metode perusahaan sebesar Rp17.000 perbalok dengan melihat yang ada dipasaran dan harga jual metode full costing sebesar Rp15.471 perbalok sedangkan harga jual metode variable costing sebesar Rp10.337 perbalok.

Page 1 of 1 | Total Record : 2