cover
Contact Name
Muhammad Irwansyah
Contact Email
batasjurnal@gmail.com
Phone
+628116238200
Journal Mail Official
batasjurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jend. Ahmad Yani Kisaran Naga Kec. Kota Kisaran Timur, Asahan, Sumut
Location
Kab. asahan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal BATAS
Published by Universitas Asahan
ISSN : 28092473     EISSN : 28092562     DOI : -
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS) dipublikasikan oleh Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Asahan. Artikel/karya ilmiah yang akan dimuat pada jurnal ini adalah Artikel/karya ilmiah yang berkaitan di bidang Teknik Sipil meliputi bidang Perancangan Transportasi, Teknologi Sumberdaya Air, Struktur, Geoteknik, Lingkungan serta Ilmu Pengetahuan Bidang Sains dalam bentuk pengembangan serta aplikasinya. Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun yaitu bulan November dan bulan Mei.
Articles 22 Documents
PENGARUH PARKING BADAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN ( STUDI KASUS: DEPAN PUSAT PERBELANJAAN SWALAYAN ATLANTA) Nurul Hayati; Alexander Tuahta Sihombing; Intan Zahar
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS) Vol 2, No 2 (2023): MEI 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurnal batas.v2i2.3422

Abstract

Parkir merupakan salah satu fenomena di Indonesia yang dapat mempengaruh pergerakan kendaraan dimana saat intensitas kendaraan sangat tinggi. Intensitas kendaraan tinggi akan menghambat pergerakan kendaraan terutama area parkir. Masalah kemacetan juga dapat terjadi akibat aktifitas kendaraan yang melakukan parkir pada badan jalan (On street parking) . Masalah kemacetan ini dapat kita jumpai di Swalayan atau pusat perbelanjaan, Sekolah, Perkantoran, dll. Berdasarkan penelitian diatas saya melalukan penelitian mengenai Pengaruh Parking Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Pusat Perbelanjaan Swalayan Atlanta. Pusat perbelanjaan Swalayan Atlanta memiliki fasilitas parkir yang hanya mengandalkan teras depan pusat perbelanjaan untuk parkir, masalah yang sering terjadi di depan pusat perbelanjaan Swalayan Atlanta adalah banyaknya konsumen yang berbelanja sehingga kendaraan yang cukup banyak untuk parkir tidak cukup untuk di parkirkan di depan teras pusat perbelanjaan sehingga badan jalan juga digunakan untuk parkir yang membuat ruas jalan tersebut menjadi sempit dan menimbulkan kemacetan di jalan, Pada penelitian ini penulis akan melakukan penelitian tentang Pengaruh Parkir Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Di Depan Pusat Perbelanjaan Swalayan Atlanta dengan melihat kapasitas jalan, volume, dan arus jalan. Penelitian ini dilakukan selama 7 hari dengan 3 waktu tertentu (07.30- 08.00 wib, 16.00-17.00 wib, 17.00-18.00 wib
PEMETAAN UNTUK MENGEVALUASI KONDISI JALAN DI KECAMATAN TANJUNGBALAI UTARA MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS vicky - Akbari; Muhammad - Irwansyah; Intan - Zahar
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS) Vol 2, No 1 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurnal batas.v2i1.3084

Abstract

Kerusakan jalan akan menimbulkan banyak kerugian yang dapat dirasakan oleh pengguna secara langsung, karena pasti akan menghambat kecepatan dan kenyamanan pengguna jalan. Untuk menjaga agar kondisi jalan tetap pada performa yang layak dalam melayani berbagai moda transportasi, perlu adanya evaluasi terhadap kondisi jalan untuk mengetahui jalan tersebut apakah masih dalam kondisi yang baik atau perlu adanya program peningkatan, pemeliharaan rutin atau pemeliharaan berkala. Di sisi lain, langkah yang dapat dilakukan dalam upaya pemeliharaan jalan adalah dengan menggunakan teknologi informasi spasial. Salah satunya yaitu Sistem Informasi Geografis (SIG). SIG menjadi salah satu metode dalam menyelesaikan permasalahan suatu fenomena di ruang lingkup geografi (geospatial) yang meliputi lapisan-lapisan di sekitar atau permukaan bumi. Dalam penelitian ini diperlukan data sebagai pedoman sebelum melakukan survei awal ke lapangan. Data yang dimaksud yaitu data yang berisikan nama-nama ruas jalan yang berada di Kecamatan Tanjungbalai Utara dan data spasial berupa file berformat KMZ. Survei lapangan adalah cara dan teknik pengumpulan data dengan melakukan monitoring ataupun terjun langsung ke lapangan. Dimana, dalam survei lapangan ini data mengenai kondisi jalan serta titik koordinat jalan dapat diketahui sebagai data pendukung pembuatan peta kondisi jalan. Hasil dari penelitian ini yaitu kondisi jalan yang berada di Kecamatan Tanjungbalai Utara Kota Tanjungbalai. Dari 52 ruas jalan terdapat 46 ruas jalan dengan kondisi baik. Adapun ruas jalan dengan kondisi rusak berat adalah Jalan D.I Panjaitan dengan panjang kondisi rusak yaitu 723 meter, Jalan Sehat 100 meter dan Jalan Sepakat 250 meter. Untuk ruas jalan dengan kondisi rusak ringan adalah Jalan Makmur dengan panjang kondisi rusak yaitu 80 meter
ANALISA KUAT TEKAN BETON MENGGUNAKAN AGREGAT HALUS PASIR PANTAI BUNGA DAN PASIR SUNGAI Saktia Hanggari Atmaja; Muhammad Irwansyah
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS) Vol 1, No 1 (2021): November 2021
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurnal batas.v1i1.2386

Abstract

Beton adalah konstruksi yang tersusus oleh beberapa material semen, air, agregat halus dan agregat kasar, untuk mengetahui dan mempelajari prilaku bahan-bahan penyusun beton itu sendiri. Hal ini diperlukannya pengetahuan mengenai karakteristik masing-masing komponen. Kualitas yang dihasilkan agregat halus yang digunakan memegang peranan penting dalam menentukan kualitas beton itu sendiri, karena agregat halus mengisi sebagian besar volume beton. Penelitian ini menggunakan acuan control beton normal sebesar 24 Mpa dan agregat halus yang digunakan pada penelitian ini berasal dari Pasir Sungai Desa Sei Balai dan Pasir Pantai Desa Indrayaman. Benda uji yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk silinder, dengan uji kuat tekan beton dilakukan pada umur 7, 14 dan 28 hari dengan masing-masing umur diambil 3buah sampel benda uji. Hasil pengujian kuat tekan beton menunjukan bahwa pasir sungai Desa sei Balai dan Pasir Pantai Desa Indrayaman memiliki nilai kuat tekan rata-rata yang tinggi melebihi kuat tekan acuan control yang direncanakan yaitu sebesar 24 Mpa pada umur 28 hari. Pada Pasir Pantai Desa Indrayaman nilai kuat tekan rat-rata umur 7 hari sebesar 18,34 Mpa dan Pasir Sungai Desa Sei Balai dengan nilai kuat tekan rata-rata sebesar 17,92 Mpa. Pasir Pantai Pada umur 14 hari dengan nilai kuat tekan rata-rata sebesar 22,66 Mpa dan pasir SungaiDesa Sei Balai dengan nilai kuat tekan rata-rata sebesar 22,24 dan Pasir pantai DesaIndrayaman nilai kuat tekan rata-rata pada umur 28 hari sebesar 25,23 Mpa sedangkan pasir sungai Desa Sei Balai nilai kuat tekan sebesar 25,06 Mpa, dalam hal ini nilai kuat tekan yang dominan tinggi dalam 2 jenis agregat halus ini yaitu nilai kuat tekan yang terjadi pada pasir pantai Desa Indrayaman yaitu sebesar 25,53 Mpa dengan acuan control beton normal 24 Mpa pada umur 28 hari.
KONFLIK ARUS LALU LINTAS DI PERSIMPANGAN TIDAK SEBIDANG PADA FLY OVER JAMIN GINTING DAN RUAS JALAN A.H. NASUTION Shofa - Sofyan
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS) Vol 2, No 1 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurnal batas.v2i1.3090

Abstract

Persimpangan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari semua sistem pergerakan dengan angkutan umum maupun angkutan pribadi. Ketika berkendaran orang dapat melihat bahwa jalan  di daerah perkotaan biasanya memiliki persimpangan, dimana pengemudi dapat memutuskan untuk jalan terus atau membelok dan pindah jalur jalan. Penelitian ini berlokasi di Fly Over Jamin Ginting ruas jalan A.H. Nasution dengan jalan Pintu Air IV merupakan tipe persimpangan berlengan 3 dan tidak sebidang, sehingga berpotensi terjadi konflik simpang di antaranya   Diverging  (Memisah), Merging (Menggabung), Crossing (Memotong ), dan Weaving  (Menyilang ). Penelitian ini meneruskan penelitian  (skripsi) dari  Syafrizal Tinambunan  tahun 2017 berjudul Studi  Jumlah Penyebaran Kenderaan Setelah Pengoperasian Fly Over Pada Persimpangan Jl.AH. Nasution Dan Jl. Jamin Ginting, yang mengasilkan distribusi kenderaan sebelum dan sesudah dioperasikan nya flyover. Hasil penelitian ini adalah  arus merging paling banyak terjadi. namun berpotensi terjadi Crossing dan rawan kecelakaan. Maka harus direncanakan manajemen arus dengan meletakkan Sign/ rambu-rambu pada jarak 100 m, 50 m, dan 10 m menuju persimpangan flyover.
PERBANDINGAN KUAT TEKAN BETON MENGGUNAKAN AGREGAT HALUS (PASIR) ANTARA SUNGAI TANJUNG BALAI DAN SUNGAI KISARAN Mahliza Nasution
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS) Vol 1, No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurnal batas.v1i2.2559

Abstract

Dewasa ini kita memerlukan pengetahuan mengenai karakteristik masing- masing komponen penyusun beton. Salah satu yang diamati oleh peneliti yaitu karakteristik agregat halus yang berbeda jenis butiran dan daerah pengahasil agregat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan SNI-03-2834-2000 untuk rancangan campuran beton normal, dengan acuan control beton normal sebesar 20 Mpa. Agregat halus yang digunakan berasal dari kota Tanjung Balai dan Kota Kisaran, benda uji yang digunakan dalam penelitian berbentuk silinder dengan ukuran 150 mm x 300 mm, dengan variasi umur kuat tekan beton 28 hari dengan masing-masing sampel Agregat halus diambil 3 buah sampel beton. Hasil pengujian kuat tekan beton menunjukan bahwa pasir sungai Kota Kisaran lebih unggul dari pasir sungai Kota Tanjung Balai. Dengan kuat tekan umur umur 28 hari Agregat halus pasir sungai Kota kisaran menahan gaya kuat tekan dengan rata-rata sebesar 21,46 Mpa sedangkan pasir sungai Kota Tanjung Balai dengan kuat tekan rata-rata sebesar 17,56 Mpa. Kata Kunci : Agregat halus, Kuat tekan beton, SNI-03-2834-2000
ANALISA PERBANDINGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA PEMBANGUNAN RUMAH DINAS POLRES KOTA TANJUNGBALAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNI 2010 DAN AHSP 2022 Indri Pratiwi; Muhammad Irwansyah; Fynnisa Zebua
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS) Vol 2, No 2 (2023): MEI 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurnal batas.v2i2.3428

Abstract

Dalam pelaksanaan suatu proyek konstruksi, perkiraan biaya memegang peranan penting dalam penyelenggaraan proyek. Pada tahap pertama dipergunakan untuk mengetahui berapa besar biaya yang diperlukan untuk membangun proyek atau investasi. Pada pelaksanaannya terdapat beberapa metode yang digunakan pada proses perencanaan anggaran biaya diantaranya seperti metode BOW, yang kemudian untuk menunjang pembangunan yang semakin berkembang dan pendayagunaan sumber daya alam dan sumber daya manusia, Badan Standarisasi Nasional membuat suatu analisis perhitungan biaya konstruksi yaitu Analisa Standar Nasional Indonesia (SNI 2008 dan 2010). Dan pada tahun 2013 Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengeluarkan suatu Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Pekerjaan Umum sebagai dasar perhitungan Harga Satuan Pekerjaan dalam suatu kontruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode apa yang paling ekonomis dan untuk menjadi acuan para estimator merencenakan biaya konstruksi dengan metode yang berlaku di Indonesia. Dalam perhitungan rencana anggaran biaya pembangunan Rumah Dinas Kota Tanjungbalai dengan menggunakan 2 metode maka diperoleh metode SNI 2010 merupakan yang paling ekonomis yaitu sebesar Rp. 650.156.000,00, sedangkan dengan menggunakan metode AHSP 2022 estimasi yang diperoleh sebesar Rp. 658.637.000,00. Dari hasil perhitungan, perbandingan estimasi anggaran biaya antara metode SNI 2010 dan AHSP 2022 yakni metode SNI 2010 lebih murah 1,29 % dari metode AHSP 2022.
EVALUASI PERENCANAAN LAPISAN TEBAL PERKERASAAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA JALAN TOL BINJAI – PANGKALAN BRANDAN Rio Stefanus Ginting; Mahliza - Nasution; Kamaluddin - Lubis
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS) Vol 2, No 1 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurnal batas.v2i1.3088

Abstract

Kelancaran lalu lintas sangat tergantung dari kondisi jalan yang ada , semakin baik kondisi jalan maka akan semakin lancar arus lalu lintas, baik arus pergerakan barang maupun manusia. Jalan tol merupakan bagian dari sistem jaringan jalan nasional yang penggunaannya diwajibkan membayar tol dan memiliki peran yang sangat signifikan bagi perkembangan suatu daerah. Perencanaan ruas jalan tol Binjai - Pangkalan Brandan merupakan jaringan jalan nasional yang akan direncanakan mampu menampung volume lalu lintas yang tinggi. Kendaraan – kendaraan tersebut mempunyai beban yang berlebih dari beban standart, hal ini memberikan dampak terhadap kondisi struktur perkerasan jalan. Dalam pelaksanaan pembangunan ruas jalan tol Binjai – Pangkalan Brandan, jenis konstruksi yang digunakan adalah struktur perkerasan kaku (rigid pavement). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perhitungan tebal perkerasan kaku (rigid pavement) serta membandingan hasil dari metode AASHTO 1993 dan Metode Bina Marga, pada Jalan Tol Binjai – Pangkalan Brandan. Hasil dari perhitungan tebal perkerasan kaku menggunakan metode Bina Marga di dapat sebesar 25 cm, sedangkan metode AASHTO 1993 diperoleh tebal sebesar 25,4 cm. Dari hasil tersebut didapat perbedan tebal perkerasan sebesar 0,4 cm dari segi biaya metode Bina Marga lebih ekonomis. Pada perencanaan menggunakan metode bina marga terdapat perbedaan lalu lintas rencana yaitu sebesar 6220 ton sedangan pada AAHTO didapat sebesar 301 ton.
ANALISA DAYA DUKUNG PONDASI BORED PILE BERDASARKAN DATA SONDIR PADA PROYEK PEMBANGUNAN PASAR BARU PANYABUNGAN KABUPATEN MADINA Jeprin Kharismei Waruwu; Amir Hamzah
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS) Vol 1, No 1 (2021): November 2021
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurnal batas.v1i1.2387

Abstract

Penelitian ini dipusatkan pada daya dukung tiang pondasi bored pile, dimana daya dukung pondasi bored pile terletak pada kuat dukung ujung tiang (end bearing capacity) dan kuat gesekan atau selimut (friction bearing capacity). Tujuan dari  penelitian ini yaitu untuk mengetahui kuat dukung pondasi bored pile berdasarkan data sondir dan membandingkan hasil daya dukung tiang bored pile. Metode perhitungan yang digunakan adalah metode Aoki dan De Alencer dengan metode Phillipponat. Data yang digunakan adalah data sondir dengan jumlah tiga titik data sondir. Pada titik sondir (S-1) mempunyai kedalaman 1,60 meter, titik sondir (S-2) dengan kedalaman 2,00 meter dan pada titik sondir (S-3) mempunyai kedalaman 3,60 meter. Hasil perhitungan daya dukung tiang pondasi bored pile dengan menggunakan metode Aoki dan De Alencer berdasarkan data sondir pada titik sondir (S-1) diperoleh Qu = 12,776 ton, pada titik sondir (S-2) diperoleh Qu = 24,824 ton dan pada titik sondir (S-3) diperoleh Qu = 29,740 ton. Hasil perhitungan daya dukung tiang pondasi bored pile dengan menggunakan metode Phillipponat berdasarkan data sondir pada titik sondir (S-1) diperoleh Qu = 10,047 ton, pada titik sondir (S-2)diperoleh Qu = 18,104 ton dan pada titik sondir (S-3) diperoleh Qu = 25,265 ton. Dari hasil perhitungan daya dukung pondasi tiang bored pile dengan menggunakan metode Aoki dan De Alencer dan metode Phillipponant diketahui bahwa daya dukung tiang pondasi bored pile dengan menggunakan metode Aoki dan De Alencer lebih besar dibandingkan dengan metode Phillipponant. Kata kunci : pondasi bored pile, kapasitas daya dukung, sondir
ANALISIS PERENCANAAN PERBAIKAN TANAH PADA PEMBANGUNAN JALAN TOL RUAS KUALA TANJUNG - INDERAPURA SEKSI 2 ZONA 1 (STA.0+600 – STA.1+000), SUMATERA UTARA DENGAN METODE KOMBINASI PREFABRICATED VERTICAL DRAIN (PVD), PREFABRICATED HORIZONTAL DRAIN (PHD), DAN PRELOADING Richard Syatria Adjie; Muhammad Irwansyah; Amir Hamzah
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS) Vol 2, No 2 (2023): MEI 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurnal batas.v2i2.3417

Abstract

Analisis Perencanaan Perbaikan Tanah Pada Pembangunan Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung - Inderapura Seksi 2 Zona 1 (STA.0+600 – STA.1+000), Sumatera Utara dengan Metode Kombinasi Prefabricated Vertical Drain (PVD), Prefabricated Horizontal Drain (PHD), dan Preloading. Keadaan tanah seringkali menjadi permasalahan dalam sebuah pekerjaan konstruksi bangunan khususnya pada pembangunan jalan tol. Untuk memperbaiki sifat tanah lunak dapat dicapai dengan beberapa macam cara perbaikan tanah diantaranya melakukan pemadatan pada tanah, penyesuaian gradasi, dan lain-lain. Beberapa macam metode perbaikan tanah dengan cara melakukan konsolidasi adalah Metode kombinasi Prefabricated Vertical Drain (PVD), Prefabricated Horizontal Drain (PHD), dan Preloading, berfungsi sebagai alat bantu untuk mempercepat waktu konsolidasi tanah dengan cara mempercepat mengeluarkan air didalam tanah lunak.
PERBANDINGAN EFESIENSI KOLOM PERSEGI DAN KOLOM BULAT PADA PEMBANGUNAN PASAR TRADISIONAL PASAR BARU PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL Amir Hamzah; Sabinus Aniranus Giawa; M. Husni malik Hasibuan
Jurnal Bidang Aplikasi Teknik Sipil dan Sains (BATAS) Vol 1, No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurnal batas.v1i2.2561

Abstract

Perbandingan kolom persegi dengan kolom bulat sangatlah mendasar. Jika ditinjau dari tulangan dan sengkang, kolom bulat berpenampang spiral memiliki jarak sengkang yang berdekatan di bandingkan dengan kolom persegi yang mempunyai bentuk sengkang tunggal dan jarak yang relatif besar. Sehingga akan berpengaruh pada hasil perbandingan keduanya. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui perbandingan struktur antara kolom persegi dan kolom bulat struktur pada bangunan tiga lantai pada gedung pasar baru Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal dan untuk mengetahui gaya-gaya dalam kolom. Analisa statika pada perencanaan gedung ini menggunakan program computer dengan ETABS 18.11. Pada analisa ini dimensi kolom dan pembebanan sesuai dengan perencanaan. Berdasarkan hasil perhitungan kolom persegi dengan kolom bulat didapatkan dengan diagram interaksi kolom (SP Collum) dimana Kolom persegi didapat 1,26% sedangkan kolom bulat didapat sebesar 1,61%. Gaya-gaya dalam kolom persegi diperoleh gaya Aksial (P) = 56554,50 kg-m,  geser = 18290 kg-m, momen (M2) = 32678,85 kg-m, momen (M3) =27155,34 kg-m. Sedangkan gaya yang terjadi pada kolom bulat didapat gaya Aksial = 54473,00 kg-m, geser = 17635,07 kg-m, momen (M2) = 31422,98 kg-m dan momen (M3) = 26154,92 kg-m.

Page 1 of 3 | Total Record : 22