cover
Contact Name
Rachmad Chartady
Contact Email
Chartady@stie-pembangunan.ac.id
Phone
+628117015559
Journal Mail Official
jurnalmanajerialdanbisnis@stie-pembangunan.ac.id
Editorial Address
Jl. R. H. Fisabilillah No.34, Kelurahan Seijang, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang
Location
Kota tanjung pinang,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Manajerial dan Bisnis Tanjungpinang
ISSN : 26555921     EISSN : 26555921     DOI : https://doi.org/10.52624/manajerial.v6i1
Sejalan dengan peningkatan indeks situasi, penerbitan berkala jurnal ilmiah akan dihadapkan pada tantangan kualitas, konsistensi, dan kontinuitas. jurnal terbit 2 kali setahun pada bulan juni dan desember Oleh karena itu, kami, dewan penyunting pelaksana pada Jurnal Manajerial, tidak pernah bosan untuk mengimbau kepada civitas akademika: dosen, mahasiswa, praktisi, dan penggiat manajemen untuk mendaftarkan diri dengan cara mengirimkan abstrak artikel penelitian ke redaksi kami: Sekretariat P3M STIE Pembangunan Jl. R.H. Fisabilillah Nomor 34, Tanjungpinang, Kepulauan Riau e-mail: p3m@stie-pembangunan.ac.id.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Manajerial dan Bisnis Tanjungpinang vol 6 no 1 2023" : 8 Documents clear
ANALISIS PERBANDINGAN RASIO PROFITABILITAS ANTARA PT. XL AXIATA, TBK DENGAN PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK Anggi Angriani; Alwi Alwi
MANAJERIAL DAN BISNIS TANJUNGPINANG Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Manajerial dan Bisnis Tanjungpinang vol 6 no 1 2023
Publisher : STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbandingan rasio profitabilitas antara PT. Xl Axiata, Tbk Dengan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Jenis penelitian ini adalah koparatif dengan menggunakan data kuantitatif dari sumebr data sekunder. Instrument penelitian berupa daftar tabel dengan populasi sepenlitian sebanyak 16 tahun dan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk sejak terdaftar di BEI dari tahun 1995 sampai dengan tahun 2021 yaitu selama 26 tahun dan sampel selama 10 tahun yaitu dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2021. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji independent sample test. Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) antara PT. XL Axiata, Tbk dan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Kata Kunci: Return On Asset, Return On Equity , Net Profit Margin
ANALISIS PENGARUH KONFLIK DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT KEMPO Febi Raodatul Zanah; Wulandari Wulandari
MANAJERIAL DAN BISNIS TANJUNGPINANG Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Manajerial dan Bisnis Tanjungpinang vol 6 no 1 2023
Publisher : STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh konflik dan stres kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Camat Kempo. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dengan menggunakan data kuantitatif dari sumber data primer. Instrument penelitian berupa kuesioner skala likert dengan populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh pegawai pada Kantor Camat Kempo sebanyak 54 orang responden yang terdiri dari orang pegawai yang berstatus 27 PNS dan 27 orang yang bersatus tenaga sukarela. Sampel dalam penelitian ini adalah 54 orang pegawai Kantor Camat Kempo. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan metode sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisa data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi, uji determinasi, ujit dan uji f. Hasil penelitian menujukan bahwa konflik dan stres kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Camat Kempo.
PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN, PERSEPSI HARGA, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDIHOME Rimayang Anggun L. P. Ramli
MANAJERIAL DAN BISNIS TANJUNGPINANG Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Manajerial dan Bisnis Tanjungpinang vol 6 no 1 2023
Publisher : STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan, persepsi harga, citra merek, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, baik secara terpisah (parsial) maupun secara bersama-sama (simultan). Dalam penelitian ini penulis menggunakan sampel sebanyak 56 responden, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner. Untuk skala pengukuran yang digunakan yaitu skala Likert dan untuk pengujian-nya menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS). Dari hasil penelitian ini penulis mengambil kesimpulan bahwa secara parsial hitung kepuasan pelanggan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan nilai t hitung 2.177 dengan signifikan 0,034. Persepsi Harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan nilai t 2.292 dengan tingkat signifikan 0,026. Citra merek (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan t hitung 2.059 dengan tingkat signifikan 0,045. Kualitas Pelayanan (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan t hitung 3.644 dengan tingkat signifikan 0.01. Dilihat dari uji simultan atau secara bersama-sama bahwa mengetahui pengaruh Kepuasan Pelanggan (X1), Persepsi Harga (X2), Citra Merek (X3), dan Kualitas pelayanan (X4) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan (Y) dengan nilai f hitung sebesar 9.796 dengan tingkat signifikan 0,000.
Upaya Membangun Keunggulan Bersaing UMKM Batik Viktor Prasetya; Hartoyo Hartoyo; Selamet Selamet
MANAJERIAL DAN BISNIS TANJUNGPINANG Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Manajerial dan Bisnis Tanjungpinang vol 6 no 1 2023
Publisher : STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52624/manajerial.v6i1.2369

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, inovasi produk, desain produk dan kualitas pelayanan terhadap keunggulan bersaing UMKM Batik Arum Cempaka Pemalang. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian kuantitatif. Besar sampel penelitian ini adalah 100 responden yang pernah membeli produk Batik Arum Cempaka dan menjadi pelanggan. Metode pengujian dan analisis data menggunakan SPSS: Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel orientasi pasar, inovasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing, dan variabel orientasi kewirausahaan, desain produk, kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. variabel orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, inovasi produk, desain produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang sama terhadap keunggulan bersaing Batik Arum Cempaka Pemalang
PENGARUH DISIPLIN, LINGKUNGAN KERJA DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. SANPAK UNGGUL Nurul Azizah; Yuridistya Primadhita; Susilowati Budiningsih
MANAJERIAL DAN BISNIS TANJUNGPINANG Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Manajerial dan Bisnis Tanjungpinang vol 6 no 1 2023
Publisher : STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52624/manajerial.v6i1.2371

Abstract

Abstrak: Disiplin, lingkungan kerja dan komunikasi merupakan tiga dari beberapa faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi kinerja karyawan PT. Sanpak Unggul. Untuk membuktikan pengaruh ketiganya maka dilakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di PT. Sanpak Unggul dengan mengambil 58 karyawan sebagai sampel penelitian. Metode penelitian menggunakan analisis regresi berganda dan menemukan bahwa disiplin dan komunikasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan sedangkan lingkungan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja Karyawan. Komunikasi menjadi variabel yang paling besar pengaruhnya. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan kinerja karyawan disarankan agar menjaga komunikasi dengan karyawan dan memberi ruang karyawan untuk dapat menyalurkan aspirasinya serta meningkatkan disiplin karyawan. Abstract: Discipline, work environment and communication are three of several factors that are thought to be relatively large in influencing the performance of PT. Sanpak Unggul. To prove the effect of the three, this research was conducted. This research was conducted at PT. Sanpak Unggul by taking 58 employees as research samples. The research method uses multiple regression analysis and finds that discipline and communication have a positive and significant effect on employee performance while the work environment has no effect on employee performance. Communication variable has the greatest influence. Based on these findings, to improve employee performance it is recommended to maintain communication with employees and provide space for employees to be able to channel their aspirations and improve employee discipline.
DAMPAK COVID-19 PADA PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK 8) Zerry Sufanda; Zurman Zurman; Desti Monika Uli; Daniel Jaya Jagad
MANAJERIAL DAN BISNIS TANJUNGPINANG Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Manajerial dan Bisnis Tanjungpinang vol 6 no 1 2023
Publisher : STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada PSAK 8 peristiwa setelah periode pelaporan, dalam hal ini pihak perusahaan bisa melakukan penyesuaian atau dikenal dengan, adjusting events yaitu kejadian sebagai adanya keadaan pada periode akhir terhadap pelaporan, non-adjusting events atau dikenal dengar peristiwa. non penyesuaian yaitu menelaan kejadiaan setelah periode pelaporan. Kasus pertama COVID-19 di Indonesia pertama kali dijumpai pada 2 Maret 2020, Sehingga pada kasus ini tidak bisa digunakan untuk laporan keuangan perusahaan periode 31 Desember 2019, namun hal ini memungkinkan pada pelaporan Q1. Maka dari itu, laporan keuangan pada 31 Desember 2019 , pihak perusahaan tidak dapat melakukan laporan penyesuaian terhadap Pandemi. Tetapi Pihak perusahaan dapat menimbang kembali data yang relevan seta reliable dari keadaan yang ada diperusahaan. Jadi ketika force major terjadi dan berlangsung disuatu negara atau wilayah maka memiliki dampak terhadap kegiatan keuangan entitas. Para penggerak bisnis sebaiknya dapat menggambar strategi atau cara agar perusahaan tetap mengudara. Kalangan pengusaha tentu saja harus tahu tentang bagaimana kondisi kuangan perusahaan dan bagaimana pelaporan keuangan tersebut. Tentu saja hal ini diperlukan kebijakan dalam menyesuaikan standar pelaporan akuntansi keuangan yang berlaku.
PENGARUH MOTIVASI, KOMUNIKASI, KOMITMEN ORGANISASI, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. DHARMA PACIFIC ENGINEERING Rona Tanjung; Hutri Agus Romi; Faqar Firmansyah
MANAJERIAL DAN BISNIS TANJUNGPINANG Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Manajerial dan Bisnis Tanjungpinang vol 6 no 1 2023
Publisher : STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52624/manajerial.v6i1.2385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, komunikasi, komitmen organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Dharma Pacific Engineering. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Dharma Pacific Engineering. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 33 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitan ini adalah uji asumsi klasik dan regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Motivasi tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, Komitmen Organisasi tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan, lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Secara simultan keempat variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN CV. AJP Anggia Sekar Putri
MANAJERIAL DAN BISNIS TANJUNGPINANG Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Manajerial dan Bisnis Tanjungpinang vol 6 no 1 2023
Publisher : STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52624/manajerial.v6i1.2395

Abstract

Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana kepemimpinan transaksional berhubungan dengan kinerja karyawan. Penelitian difokuskan pada karyawan CV. AJP, dengan jumlah peserta 30 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah pendekatan sensus. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transaksional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Secara spesifik 66,4% dampaknya terhadap kinerja karyawan di CV. AJP disebabkan oleh kepemimpinan transaksional, sedangkan sisanya sebesar 33,6% disebabkan oleh faktor lain yang tidak dipertimbangkan dalam penelitian. Kata Kunci: Kepemimpinan Traksaksional, Kinerja Karyawan Abstract: The purpose of this research is to examine how transactional leadership is related to employee performance. The research focused on CV employees. AJP, with 30 participants. The sampling method used was a census approach. Data analysis uses Simple Linear Regression Analysis. Research findings show that transactional leadership has a significant effect on employee performance. Specifically, 66.4% of the impact on employee performance at CV. AJP is caused by transactional leadership, while the remaining 33.6% is caused by other factors not considered in the research. Keywords: Transactional Leadership, Employee Performance

Page 1 of 1 | Total Record : 8