cover
Contact Name
Esa Nur Wahyuni
Contact Email
jie@uin-malang.ac.id
Phone
+6285850730400
Journal Mail Official
jie@uin-malang.ac.id
Editorial Address
https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jie
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Islamic Education
ISSN : 20865902     EISSN : 25482998     DOI : https://dx.doi.org/10.18860
JOURNAL OF ISLAMIC EDUCATION is a Journal of Islamic Education Research published twice a year by Postgraduate UIN Maulana Malik Ibrahim Malang As a medium of socialization, discussion and information about issues around the world of Islamic Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 40 Documents
STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA BERBKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI METODE PEMBIASAAN DI SDLB TUNARUNGU NEGERI TULUNGAGUNG faidl mabrurotul hasanah
Journal of Islamic Education Vol 8, No 1 (2020): edisi Januari-Juni
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jie.v8i1.6879

Abstract

Abstrak:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penerapan karakter kemandirian belajara siswa berkebutuhan khusus bagian tuna rungu, dimana siswa berkebutuhan khusus membutuhkan penanganan khusus dalam berbagai hal, pada Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu Negeri Tulungagung ini masih belum semua siswanya mempunyai karakter kemandirian belajar. Dalam hal ini peran kepala sekolah dan guru sangat penting dalam menumbuhkan karakter kemandirian belajar siswa. Dari hasil pengamatan peneliti strategi guru yang dilakukan dalam pembentukan karakter di sekolah dasar melalui metode pembiasaan antara lain setiap bulannya mengadakan lomba mewarnai untuk kelas 1 sampai 3 dan mengadakan lomba memasak dan menyulam untuk kelas 4 sampai 5. Strategi guru dalam pelaksanaan pembentukan karakter siswa melalui metode pembiasaan diantaranya setiap masuk kelas harus bersalaman dengan semua guru, siswa diajarkan untuk menyiapkan peralatan sekolah sendiri, siswa diajarkan untuk membersihkan kelasnya sendiri. Dampak pembentukan karakter kemandirian belajar siswa melalui metode pembiasaan diantaranya siswa jadi bisa mengurus kebutuhan sekolahnya sendiri, siswa jadi berani menampilkan bakat yang dimiliki, siswa lebih berani melakukan aktifitasnya sendiri dan terampil dalam berbagai bidang.
DISCOVERING THE SCHOLARSHIP DIMENSION OF AHMADIYYA: Ahmadiyya’s School on Indonesian Islam’s Views Titis Thoriquttyas
Journal of Islamic Education Vol 8, No 2 (2020): edisi Juli-Desember
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jie.v8i2.4142

Abstract

AbstractIndonesian Islam’s ideas were clearly elaborate about the teachings of Islam which promoting the tolerant, creating Muslim society who has harmonious and respecting the minority rights, such as on Ahmadiyya’s issues. This article shows how Ahmadiyya communities are able to survive in Yogyakarta through educational institution and how the others society receive their existence peacefully. Limiting its scope on Ahmadiyya’s school namely, Yayasan PIRI (Perguruan Islam Republik Indonesia) Yogyakarta which established on 1942 and it labeled as Ahmadiyya’s school based on its history especially refers to Gerakan Ahmadiyya Indonesia. This paper drawn on the acceptability of Ahmadiyya's school around the society and its effort to negotiate their position used the Indonesian Islam ideas as the approach and the perspective. Furthermore, researcher will point out its uniqueness from the curriculum (learning materials), the educators and its learning methods in order to find the basic characteristics which it appropriate with what Indonesian Islam ideas could be contributed Keywords: Indonesian Islam, Ahmadiyya’s School, Yayasan PIRI Yogyakarta
Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter dan Moral Anak di Masa Pandemi Zalsabella P, Difa; Ulfatul C, Eka; Kamal, Moh
Journal of Islamic Education Vol 9, No 1 (2023): Edisi Januari-Juni
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jie.v9i1.22808

Abstract

Jurnal ini menjelaskan tentang pentingnya pendidikan agama Islam dalam meningkatkan nilai karakter dan moral anak di masa pandemi. Selama masa pandemi, kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah dialihkan menjadi pembelajaran daring, tidak terkecuali dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini menyebabkan kurang efektif nya pengamatan guru terhadap nilai karakter dan moral anak, sehingga nilai karakter dan moral anak menurun. Disisi lain, pentingnya Pendidikan Agama Islam sangat dibutuhkan untuk meningkatkan nilai karakter dan moral anak. Karena Pendidikan Agama Islam menjadi salah satu pilar terpenting pendidikan karakter dan moral. Pendidikan karakter akan berkembang dengan baik jika dilakukan dari jiwa keagamaan yang mendarah daging pada anak. Oleh karena itu, materi Pendidikan Agama Islam di sekolah menjadi salah satu sarana pendidikan karakter. Melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam, siswa belajar aqidah sebagai dasar agama, mengajarkan Al-Qur'an dan hadits sebagai pedoman hidupnya, mengajarkan fiqh sebagai tanda legitimasi dalam beribadah, mengajarkan ajaran sejarah Islam sebagai teladan hidup dan mengajarkan akhlak sebagai pedoman hidup rakyat perilaku yang benar atau salah. Oleh karena itu, tujuan utama pembelajaran PAI adalah membentuk kepribadian siswa yang tercermin dari perilaku dan keadaan mentalnya dalam kehidupan sehari-hari
STRATEGI PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA ( Studi Kasus di MIS Al Hikmah PPPI Jeru - Tumpang) Fahrurrozi Fahrurozi
Journal of Islamic Education Vol 7, No 1 (2019): edisi Januari-Juni
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jie.v7i1.7095

Abstract

Nilai karakter sabar, jujur, dan ikhlas merupakan karakter pokok atau Ummahatul Akhlak yang harus diperhatikan dalam dunia pendidikan saat ini. Munculnya tindakan tidakan negatif dikalangan pelajar dan masyarakat,seperti tawuran antar pelajar, mudah marah, tidak tertib, mencontek saat ujian, melakukan tindak korupsi, kurang bisa menerima kekurangan pada diri sendiri, sering mengeluh dalam mengikuti proses belajar dan kegiatan di sekolah adalah bentuk konkrit dari karakter sabar, jujur, dan ikhlas yang belum berkembang dengan maksimal. Oleh karena itu pengembangan karakter tersebut harus segera dilakukan dengan memakai strategi dan metode yang tepat dalam pelaksanaannya.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi pengembangan karakter sabar, jujur, dan ikhlas pada siswa di MIS Al-Hikmah Jeru-Tumpang yang fokus penelitiannya meliputi: (1) strategi pengembangan karakter sabar, jujur, dan ikhlas pada siswa di MIS Al-Hikmah Jeru-Tumpang, (2) Metode pengembangan karakter sabar, jujur, dan ikhlas pada siswa di MIS Al-Hikmah Jeru-Tumpang, dan (3) dampak strategi pengembangan karakter sabar, jujur, dan ikhlas terhadap perilaku siswa di MIS Al-Hikmah Jeru-Tumpang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan rancangan kasus tunggal. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh informasi tentang strategi pengembangan karakter kesabaran, kejujuran keikhlasan siswa di MIS Al Hikmah PPPI Jeru Tumpang melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam hal ini peneliti akan menggunakan tiga teknik, yaitu teknik ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensi. Sedangakan informan dalam penelitian ini adalah kepala MI, pendidik, tenaga kependidikan , wali murid dan pihak lain yang berhubungan dengan penelitian ini.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi pengembangan karakter sabar, jujur, dan ikhlas pada siswa di MIS Al-Hikmah Jeru-Tumpang dilakukan melalui strategi pengenalan, pemahaman, penerapan, pembiasaan, pembudayaan dan internalisasi.(2) Metode pengembangan karakter sabar, jujur, dan ikhlas pada siswa dengan metode mujahadah dan riyadhah, keteladanan, pembiasaan, pemberian nasehat, dan pemberian  ganjaran.. (3) Dampak strategi pengembangan karakter sabar, jujur, dan ikhlas pada siswa di MIS Al-Hikmah Jeru-Tumpang ada dua, yaitu dampak secara teoritis dan dampak secara praktis. Kata   Kunci:   Strategi, karakter, Sabar, Jujur,Ikhlas, siswa
The Influence of Team Assisted Individualazation Method on Metacognitive Ability and Student Achievement in Science Subject at Madrasah Ibtidaiyah Hidayatut Thowalib Pare. Andi Nurhasanah
Journal of Islamic Education Vol 8, No 1 (2020): edisi Januari-Juni
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jie.v8i1.5568

Abstract

Metacognitive ability and student learning achievement are two things that needed in the learning process, especially on science subject. By using Team Assisted Individualization Method it can improve metacognitive ability and student learning achievement. This research aims to know about the process of appliying the influence of Team Assisted Individuality (TAI) method on science subject in Madrasah Ibtidaiyah Hidayatut Thowalib Pare. This research uses quantitative research method of quasi experiment control group design. It uses TAI method in experiment class and conventional in control class. After doing the learning process, metacognitive ability is measured by using questionnaires and learning achievement is measured by using pre'test and postest. The results can be seen from the cumulative average of students’ metacognitive ability of 30 students amount 93.3% in the ekserimental class and 85.1% in the cotrol class. The difference between the experimental and control class is 8.2%. While teh average result of student achievement in the experimental class using TAI Method taken from 30 student is 83.16 and the average result of student achievement in the control class is 77.37. this research uses the validity test and the reliabilty of the questionnaire that amount 20 items and followed by 57 repondents both in the experimental class and the control class. The are 30 student repondents in the experimental class and 27 student repondents in the control class that are valid. This data can be seen with significant level = 0.05 and rtable = 0.36. an item is called to be valid when rcount  ≥ rtable. While for the reliabilty of item in the experimental class and in the control class are reliable, with cronbach’s Alpha = 0.731 ≥ 0.70. in this research, normality test distributed normaly because it has asymp. Sign ≥ 0.05 while the result learning of the experimental class has a significant 704 and 432 for the control class. It means that the data is normally distributed.  The experimental class consisting of 30 student respondents has the average 9.333 Tcount 5.234 while Ttable 2.045 with significant level of 0.05 or 5%. Based on the data, it can be counclude that Tcount  ≥ Ttable. It means Ho is rejected and Ha is accpeted. Based on the explanation above, TAI method has an influence on metacognitive ability and student achievement of grade IV on science subjects in MI Hidayatut Thowalib Tegalsari Pare For Academic year 2017-2018.     
Active Learning Dalam Meningkatkan Multiple Intelegences Di Ma’had Aly Nurul Jadid Probolinggo Dan Ma’had Aly Nurul Qornain Jember Musolli, Nur Silfiatun Hasanah,
Journal of Islamic Education Vol 9, No 2 (2023): Edisi Juli-Desember
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jie.v9i2.23099

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami tentang upaya yang dilakukan oleh Ma’had Aly Nurul Jadid Paiton Probolinggo dan Ma’had Aly Nurul Qornain Sukowono Jember tentang implementasi Active Learning dalam meningkatkan Multiple intelegences. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, di mana peneliti berusaha untuk memahami tentang fenomena yang terjadi dan berkembang. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi partisipan, interview dan dokumentasi. Analisis datanya dilakukan melalui tahapan penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Active Learning yang dilakukan oleh Ma’had Aly Nurul Jadid Paiton Probolinggo dan Ma’had Aly Nurul Qornain Sukowono Jember dalam meningkatkan Multiple Intelegence dilakukan melalui diskusi, bahsul masail, nadom of memorais, scientific reswarch riset ilmiah, point in pleace sistem, material increase test. Adapun factor pendukung adalah pendampingan dalam pembelajaran, motivasi, sarana prasarana yang memadai, minat dari musyrif (guru pendamping) dan mahasantri. Adapun faktor penghambatnya adalah terbatasnya kemampuan mahasantri, menurunnya semangat mahasantri, waktu yang terlalu malam dan banyaknya ke-musykil-an, malu untuk berpendapat, kurangnya pengetahuan, keterampilan musyrif dalam mengimplementasikan pembelajaran aktif, dan masalah keluarga.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH DI PULAU BAWEAN Moh Nasir
Journal of Islamic Education Vol 7, No 1 (2019): edisi Januari-Juni
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jie.v7i1.10953

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja guru Madrasah Aliyah di Pulau Bawean (2) Menjelaskan pengaruh Motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru Madrasah Aliyah di Pulau Bawean (3) Menjelaskan pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah di Pulau Bawean (4) menjelaskan pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah di Pulau Bawean (5) Menjelaskan pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah di Pulau Bawean (6) menjelaskan pengaruh tidak langsung antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja guru (7) Menjelaskan pengaruh tidak langsung antara motivasi kerja terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah sample sebanyak 100 orang guru, sedangkan analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan tekhnik analisis jalur (Path Analisys) dengan bantuan softwere spss. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan kerja dengan kepuasan kerja guru Madrasah Aliyah di Pulau Bawean, (2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara Motivasi kerja dengan kepuasan kerja guru Madrasah Aliyah di Pulau Bawean, (3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan kerja dengan kinerja guru Madrasah Aliyah di Pulau Bawean, (4) Ada pengaruh positif dan signifikan antara Motivasi kerja dengan kinerja guru Madrasah Aliyah di Pulau Bawean. (5) Ada pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan kerja guru dengan kinerja guru Madrasah Aliyah di Pulau Bawean (6) Ada pengaruh tidak langsung antara lingkungan kerja  dengan kinerja guru melalui Kepuasan kerja guru  Madrasah Aliyah di Pulau Bawean.(7) Ada pengaruh tidak langsung antara lingkungan kerja  dengan kinerja guru melalui Kepuasan kerja guru  Madrasah Aliyah di Pulau Bawean.
Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Peduli Sosial Siswa Dengan Pemanfaatan Bank Sampah Malang di SD Islamic Global School Malang Putri Hana Wahyu Rahmatika
Journal of Islamic Education Vol 7, No 2 (2019): edisi Juli-Desember
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jie.v7i2.6944

Abstract

AbstrakPenelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) bentuk kegiatan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dengan pemanfaatan Bank Sampah Malang (BSM), (2) bentuk kegiatan implementasi pendidikan karakter peduli sosial dengan pemanfaatan Bank Sampah Malang (BSM), dan yang ke (3) hasil dari kegiatan siswa dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dan peduli sosial dengan pemanfaatan Bank Sampah Malang.Penelitian ini dilakukan di SD Islamic Global School Malang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi lapangan. dan dokumentasi. Kemudian, data yang terkumpul berupa kata-kata, catatan lapangan, dan dokumentasi dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan untuk pengecekan keabsahan data, menggunakan triangulasi, observasi berulang, dan diskusi sejawat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan pendidikan karakter peduli lingkungan bagi siswa meliputi, gerakan cinta bersih dan sehat, satu sampah satu pahala, semakin hijau sekolahku, dan literasi lingkungan. (2) Kegiatan pendidikan karakter peduli sosial bagi siswa meliputi kerja bakti lingkungan sekolah, tiada hari tanpa amal, kunjungan panti asuhan, kurban untuk masyarakat, dan menabung untuk sekolah. (3 Hasil pendidikan karakter peduli lingkungan yaitu, terbentuknya kesadaran anak tentang nilai guna dan nilai ekonomi sampah, terbentuknya budaya bersih siswa, dan sikap cinta lingkungan. Sedangkan hasil pendidikan karakter peduli sosial yaitu rukun dengan teman, terbentuknya sikap dermawan, dan juga peka dengan orang-orang sekitar.Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial.
ROLES OF MONITORING AND EVALUATION, TEACHING PARTICIPATION, AND GOVERNMENT ON TEACHING PRODUCTIVITY RESULT AND INSTITUTIONAL DEVELOPMENT PLANNING Ahmad Qurtubi Sahid
Journal of Islamic Education Vol 8, No 2 (2020): edisi Juli-Desember
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jie.v8i2.4501

Abstract

Lecturers as university educators have been main player and determinant of successful educational effort. Their roles are getting challenged when their role and productivity are highlighted. They face challenges which come from three sources, e.g., university standards; (2) education measurement; (3) issue of balancing government standards with institutional plan. However, there is a gap that lecturer’s efforts are rarely observed especially in college and universities. The purpose of this study is to determine whether programs that have been run by college have achieved the expected goals. This type of research is field research to observe college preparation and evaluation to measure their lecturers role in teaching and classroom interaction. Our study found that M E and lecturers active role can impact on the teaching productivity. We also found that lecturers understanding about government policy can improve college ability to develop their institutional plan. This study bring benefits for management auditors, institutional planner and educators to develop and improve their institutional plans.Keywords: monev, the active role of the lecturers, the lecturers 's interactive role in the class discussion, the productivity of the lecturers
Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Asnawati,, Yuyun; Sutiah, Sutiah
Journal of Islamic Education Vol 9, No 1 (2023): Edisi Januari-Juni
Publisher : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jie.v9i1.22809

Abstract

Penelitian ini ditulis dengan tujuan untuk mengembangkan media video animasi menggunakan aplikasi Canva sebagai sarana pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode RND (Research and Development) yang melibatkan tahap Analisis, desain, Depelopment, Implementasi dan evaluasi. Data mengenai motivasi belajar siswa dikumpulkan menggunakan angket dan observasi. Hasil dari pengumpulan data tersebut kemudian dianalisis untuk melihat dampak penggunaan media video animasi berbasis Canva terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi berbasis Canva efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa menunjukkan minat dan partisipasi yang lebih tinggi dalam pembelajaran ketika menggunakan media ini. Selain itu, siswa juga melaporkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap penggunaan media video animasi berbasis Canva dalam proses pembelajaran. Evaluasi hasil validasi dari ahli media dan ahli materi mengungkapkan tingkat kelayakan video animasi berbasis aplikasi Canva. Nilai persentase 93,33% dengan kriteria sangat baik diperoleh dari penilaian ahli media, dan 74% diperoleh dari hasil penilaian ahli media dengan kriteria baik. Hal ini menunjukkan kelayakan penggunaan konten video animasi yang dibuat menggunakan alat Canva untuk tujuan pendidikan.

Page 1 of 4 | Total Record : 40