cover
Contact Name
Dirman
Contact Email
dirman@iainkendari.ac.id
Phone
+628114058715
Journal Mail Official
dirasah2019@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Qaimuddin No.17, Baruga, Kec. Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93870
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : -     EISSN : 30251931     DOI : DOI : 10.31332/jpi.v4i1.6310
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal DIRASAH adalah jurnal ilmiah kajian Kependidikan Islam dibawah pengelolaan Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Manajamen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari, kehadirannya ditujukan sebagai wadah aktualisasi karya para akademisi maupun praktisi dengan fokus kajian terkait ilmu Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal ini terbit dua kali selama satu tahun yaitu bulan Mei dan November
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2020)" : 10 Documents clear
Strategi Kepala Sekolah dalam Menjalin Kemitraan Kerja di SMK Negeri 2 Konawe Selatan
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i1.2073

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja yang meliputi: perencanaan strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja; pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja; dan pengendalian strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi data primer dan sekunder, metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja di SMK Negeri 2 Konawe Selatan terdiri dari beberapa kegiatan. (1) Perencanaan strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja dilakukan dari tahap menetapkan tujuan, menentukan sasaran, membuat kesepakatan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU), Menyiapkan kompetensi, Penanaman attitude dan koordinasi pengurusan. (2) Pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja meliputi proses sinkronisasi kurikulum, komunikasi sekolah, dan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin). (3) Pengendalia n strategi kepala sekolah dalam menjalin kemitraan kerja dialksanakan dengan dua cara yang pertama pengendalian pelaksanaan dan yang kedua pengendalian pelaksanaan.Kata kunci: Strategi, Kepala Sekolah dan Kemitraan Kerja 
Analisis Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah di Kecamatan Amonggedo Kabupaten Konawe
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i1.2070

Abstract

Artikel ini bertujuan mengurai faktor penyebab anak putus sekolah di Kecamatan Amonggedo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan interview (wawancara), observasi (pengamatan). Adapun analisis data yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif analisis yang dituangkan dalam bentuk reduksi data yakni proses pemilahan dan verifikasi data yaitu menentukan makna terhadap data yang dikumpulkan, serta menggunakan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan: (1) Motivasi anak putus sekolah tersebut merasa bahwa semangat untuk bersekolah sudah tidak ada; (2) Pengaruh orang lain sangatlah mempengaruhi sehingga menjadi penyebab terjadinya anak sampai harus putus sekolah; (3) Pergaulan meliputi interaksi sosial dari dalam maupun dari luar sekolah; (4) Kondisi keluarga; (5) Sifat malas yang didasarkan pada sifat malas untuk belajar dan menjalani pendidikan dengan baik; (6) Kurangnya dukungan orangtua. Penanggulangan anak putus sekolah yaitu: sistem paket, kursus dan pelatihan, SMP terbuka, dan bantuan pendidikan.Kata kunci:  Penyebab Putus Sekolah, Pendidikan, Kecamatan Amonggedo
Kepedulian Orang Tua Mengimplementasikan Nilai Pendidikan Agama Islam pada Anak di Desa Anggondara Kabupaten Konawe
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i1.2072

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kepedulian orang tua terhadap anak dalam hal implementasi nilai pendidikan agama islam di Desa Anggondara, Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe. Penelitian deskriptif kualitatif ini, data dikumpulkan melalui observasi, interviu, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk kepedulian yang dilakukan orang tua kepada anaknya yakni membimbing anaknya dengan melakukan tindakkan secara langsung dan ikut mempratikkan tidak hanya menyuruh, memberikan perhatian terhadap belajar anak, mengajarkan berakhlak baik kepada orang tua dan orang lain, memotivasi dengan membantu dan mengembangkan cara belajar anaknya, menasehatianak tentang hak dan kewajibannya sebagai seorang anak yang wajib berbakti kepada orang tua, serta memberikan anak reward dan punishment. Faktor pendukung berupa kesadaran orang tua tentang pentingnya pendidikan agama bagi anak dan dukungan Taman Pendidikan Alquran yang berperan secara aktif mengajar anak-anak mengaji dan lingkungan masyarakat agamis dan punya toleransi yang tinggi Adapun faktor penghambat yang dihadapi orang tua yaitu masih terdapat pula masyarakat yang kondisi ekonominya kurang, serta faktor media yang ikut mempengaruhi pola pikir anak-anak.Kata kunci: Kepedulian Orang Tua, Implementasi Nilai Pendidikan Islam
Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Ritual Mo Basa-Basa di Desa Labokeo Kabupaten Konawe Selatan
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i1.2074

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam Ritual Mo Basa-Basa pada masyarakat Labokeo Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Dalam perspektif kajian budaya dan tradisi lisan, penelitian ini mengangkat realitas lapangan yang empirik yang berkaitan dengan permasalahan nilai-nilai Islam. Ritual Mo Basa-Basa yang merupakan sebuah ritual keagamaan dalam bentuk kesyukuran kepada sang pencipta. Dalam perkembangannya Ritual Mo Basa-Basa dapat dijadikan sebagai media dalam mentransfer nilai-nilai Islam pada masyarakat. Sumber data dalam penelitian yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data lapangan diperoleh dari informan yang dipilih secara purposif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama, dibantu pedoman wawancara, kamera-foto, dan alat tulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam dalam ritual Mo Basa-Basa sebagai berikut: (1) Nilai religius, (2) Nilai Gotong Royong (3) Nilai Sosial (4) Nilai Saling Berbagi (Bersadaqoh), (5) Nilai Silaturahim, (6) Nilai Pembentukan Karakter Islam Pada Anak, (7) Nilai Pendidikan Islam. Penanaman nilai pendidikan karakter tidak hanya dapat dilakukan melalui lembaga pendidikan formal saja, tetapi juga dapat melalui ritual sebagai media penanaman nilai pendidikan Islam.Kata Kunci: ritual mo basa-basa, pendidikan islam, Desa Labokeo
Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi The Power Of Two Menggunakan Media Gambar pada Siswa SMPN 12 Konawe Selatan
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i1.2077

Abstract

Artikel ini bertujuan memberikan informasi kepada pihak sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan bentuk-bentuk metode pembelajaran, perhatian guru terhadap setrategi, dan media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan siswa di SMP Negeri 12 Konawe Selatan. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar PAI melalui Strategi The Power Of Two pada siswa kelas VIII E di SMP N 12 Konawe Selatan mengalami peningkatan yang signifikan. Adapun peningkatan hasil belajar PAI dapat ditunjukan dari nilai sebelum tindakan sampai siklus II, nilai hasil ulangan ketuntasan belajar siswa mencapai 45,45% dengan nilai rata-rata adalah 66,63. Setelah melaksanakan tindakan siklus I persentasi ketuntasan belajar siswa mencapai 68,18% dengan nilai rata-rata adalah 71,45. Kemudian dilanjutkan pada siklus II persentasi ketuntasan belajar siswa mencapai 81,81% dengan nilai rata-rata 84. Peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan kesiklus I mencapai 37,51, kemudian peningkatan hasil belajar dari sebelum tindakan kesiklus II mencapai 87,51,dan siklus I kesiklus II sebesar 36,36. Dengan demikian, hasil belajar siswa telah mencapai nilai minimal yaitu 76 dengan persentasi ketuntasan belajar adalah 80%.Kata Kunci: Hasil Belajar, Setrategi The Power Of Two, Media Gambar 
Problematika Rendahnya Minat Baca di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i1.2067

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Faktor Internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi rendahnya minat baca di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra. 2) Upaya-upaya yang telah di lakukan dalam meningkatkan minat baca di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif  dengan pendekatan deskritif. Metode pengumpulan data penelitian ini terdiri dari observasi, wawacara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian meggunakan analisis data Miles dan Huberman dengan beberapa tahapan, yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan subjek penelitian ini adalah pegawai di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi rendahnya minat baca di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara ialah berupa fasilitas sarana yang kurang memadai, perkembangan teknologi, koleksi bahan pustaka, kebutuhan anggaran, kurangnya sosialisasi dan kurang sumber daya manusia. 2) Upaya-upaya yang telah di lakukan dalam meningkatkan minat baca di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara ialah berupa membuat kegiatan, kerjasama dengan stake holder, membentuk organisasi, peningkatan sarana dan prasarana, dan perpustakaan keliling.Kata kunci: Analisis, Rendahnya, Minat Baca
Hubungan Disiplin Kerja dengan Peningkatan Kinerja Guru di Smp Negeri 1 Konawe Selatan
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i1.2075

Abstract

Artikel ini bertujuan mengetahui hubungan disiplin kerja dengan peningktan kinerja guru. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data. Lokasi penelitian dilakukan di SMPN 1 Konsel, adapun sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh guru tetap yang ada di SMPN 1 Konsel dari jumlah populasi yaitu sebanyak 42 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa disiplin kerja dengan peningkatan kerja memiliki hubungan dari hasil uji koefisien korelasi produk momen yang dilakukan mendapatkan nilai Pearson Correlation sebesar 0,903 yaitu memiliki hubungan yang sangat kuat, uji koefisien determinasi Dimana nilai kontribusinya variabel x ke variabel y cukup besar yaitu sebesar 81.54 jadi variabel disiplin kerja memiliki kontribusi terhadap peningkatan kinerja guru, Dan uji signifikan atau uji t variabel X dengan variabel Y memiliki hubungan bahwa Variabel X (disiplin kerja) dan variabel Y (peningkatan kinerja guru) t hitungnya sebesar 13.28, dengan demikian t hitung > t tabel  2. 021 (13.28>2.021) yang secara statistik, variabel X memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel Y. Tingkat disiplin kerja yang ada di SMPN 1 Konsel yaitu 97,23% masuk  dalam kategori disiplin kerja tinggi dan kinerja guru yaitu 99,47% masuk dalam kategori tinggi.Kata kunci:Disiplin Kerja, Peningkatan Kinerja Guru 
Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMKN 1 Kendari
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i1.2065

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas X A6 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) di SMK Negeri 1 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kendari.  Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Berdasarkan analisis hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran  kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal tersebut dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan siklus I adalah 54,29% dengan nilai rata-rata 74,83. Setelah dilaksanakan tindakan siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 77,14% dengan nilai rata-rata adalah 79,60. Kemudian dilanjutkan pada siklus II hasil ketuntasan belajar siswa meningkat yaitu 91,42% dengan nilai rata-rata 81,86. Adapun peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 42,09%, peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 18,51% dan peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus sampai dengan siklus II sebesar 68,39%.Kata kunci: Metode Student Teams Achievement Division, Hasil belajar Pendidikan Agama Islam
Penerapan Strategi Crossword Puzzel dengan Media Video dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Negeri 11 Kendari
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i1.2076

Abstract

Artikel ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan strategi Crossword Puzzle; 2) peningkatan hasil belajar PAI melalui strategi Crossword Puzzle. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Sumber data dalam penelitian ini penulis bedakan menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer adalah sumber data utama yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian atau pihak pertama. Data sekunder, penelitian ini bersumber dari data kepustakaan berkorelasi erat dengan pembahasan mengenai objek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) penerapan strategi Crossword Puzzle pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Kendari, dengan langkah-langkah dan prosedur yang sudah ditetapkan telah berjalan dengan baik. Sikap siswa pada proses pembelajaran tergolong pada kategori baik, siswa juga telah menunjukan peningkatan keaktifan siswa disetiap pertemuan. 2) peningkatan hasil belajar PAI melalui strategi Crossword Puzzle pada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Kendari tahun pelajaran 2018-2019, menunjukan nilai yang signifikan, pada pra siklus (nilai awal) hasil belajar siswa secara keseluruhan yang tuntas hanya mencapai 42%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan menggunakan strategi Crossword Puzzle hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu ketuntasan belajar siswa mencapai 52%, kemudian dilanjutkan pada siklus II, dengan memperoleh hasil belajar siswa yaitu sebanyak 19 orang mencapai ≥ 72 dari 31 orang siswa, dengan ketuntasan belajar mencapai 62%, dan kemudian pada siklus III dengan menggunakan strategi yang sama dan materi ajar yang sama siswa mengalami peningkatan ketuntasan belajar siswa mencapai 80% atau sebanyak 25 orang siswa yang memperoleh nilai ≥ 72. Dengan demikian hasil belajar siswa meningkat secara signifikan.Kata kunci: Hasil Belajar, Crossword Puzzle, Media Video
Sistem Penjaminan Mutu di SDIT Al-Qalam Kendari
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i1.2071

Abstract

Mutu dalam pengelolaan pendidikan sangat penting karena dengan pengelolaan yang bermutu akan menghasilkan pendidikan yang bermut pula. Penelitian ini membahas tentang system enjaminan mutu si SDIT Al-Qalam Kendari. Enelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan system penjaminan mutu guru dari berbagai aspek mulai dari proses rekrutmen guru, proses pembelajaran guru, dan evaluasi pembelajaran guru. Obyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, kesiswaan, wakil ketua yayasan bidag SDM, dan Guru di SDIT Al-Qalam Kendari. Penelitian ini menggunakan metode  penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jeni data dalam penelitian ini diklasifikasikan menajdi data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data terdidri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan selanjutnya teknik pengecekan keabsahab data mengguakan teknik triangulasi waktu, sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa sisren penjaminan mutu di SDIT Al-Qalam Kendari terdiri dari beberapa bagian. (1) Rekrutmen guru dilakukan dari tahap analisis kebutuhan guru, pengajuan kebutuhan guru ke yayasan, penyebaran informasi rekrutmen guru, seleksi berkas, tes microteaching, tes menngaji, dan interview. (2) Proses Pembelajaran Guru dilakukan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan dalam proses pembelajaran terdapat pelatihan dan pengembangan guru. (3) Evaluasi Pembelajaran Guru dilaksanakan dengan dua cara yang pertama supervisi guru dan yang kedua evaluasi melalui rapor guru.Kata kunci: Mutu, Guru, SDIT Al-Qalam Kendari

Page 1 of 1 | Total Record : 10