cover
Contact Name
Dirman
Contact Email
dirman@iainkendari.ac.id
Phone
+628114058715
Journal Mail Official
dirasah2019@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Qaimuddin No.17, Baruga, Kec. Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93870
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : -     EISSN : 30251931     DOI : DOI : 10.31332/jpi.v4i1.6310
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal DIRASAH adalah jurnal ilmiah kajian Kependidikan Islam dibawah pengelolaan Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Manajamen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari, kehadirannya ditujukan sebagai wadah aktualisasi karya para akademisi maupun praktisi dengan fokus kajian terkait ilmu Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal ini terbit dua kali selama satu tahun yaitu bulan Mei dan November
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020)" : 10 Documents clear
Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Posipo di Kota Baubau
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i2.2058

Abstract

AbstrakArtikel ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi posipo di kota Baubau. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang sifatnya deskriptif analisis. Objek penelitian ini adalah tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di kota Baubau Sulawesi Tenggara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan display data, yaitu mengumpulkan data-data, memilih data yang diperlukandan menarik kesimpulan yang bertujuan agar data terorganisasikan, tersusun dalam nilai-nilai dakwah sehingga akan semakin mudah untuk dipahami. Berdasarkan analisis hasil penelitian,disimpulkan bahwa di kota Baubau masyarakatnya masih kental dalam hal kebudayaan, salah satunya tradisi posipo. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil wawancara dengan masyarakat, bahwa sebagian besar masyarakat masih melaksanakan tradisi posipo walau hanya memenuhi syaratnya. Kemudian, tanggapan masyarakat ritual ini sangat positif karena ritual di dalamnya tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam dan tidak membebani dalam hal ekonomi. Adapuan nilai-nilai pendidikan islam dalam tradisi posipo sangat banyak yang di tanamkan oleh ibu sejak anak masih dalam kandungan. Sedangkan tradisi dengan Islam sangat berhubungan erat karena tradisi dijadikan sebagai pintu masuk ajaran Islam, sebagaimana tradisi posipo di jadikan sebagai syiar ajaran Islam.Kata Kunci: Tradisi Posipo, nilai-nilai pendidikan Islam
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Media Strip Story pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri Satap 18 Konawe Selatan
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i2.2165

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengidentifikasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Kooperatif dengan media Strip Story pada mata pelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri Satap 18 Konsel. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Kooperatif dengan Media Strip Story pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri Satap 18 Konsel. Adapun prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, dengan setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang  dicapai pada faktor yang diteliti yang berdasarkan hasil awal yang berupa observasi dan wawancara langsung dengan guru Pendidikan Agama Islam, ditetapkan bahwa tindakan yang  digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif dengan Media Strip Story. Dalam penelitian ini, pada setiap siklus tindakan yang telah dilakukan bahwa melalui pembelajaran Kooperatif dengan Media Strip Story. pokok bahasan Kehadiran Islam Mendamaikan Bumi Nusantara dan Meraih Kesuksesan Dengan Optimis,Ikhtiar, Dan Tawakal. Bahwa hasil belajar siswa kelas IX di SMP SATAP 18 Konsel dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari nilai pra siklus sampai siklus II yakni nilai rata-rata pra siklus mencapai 7,3 dengan ketuntasan belajar mencapai 50% dan setelah tindakan siklus I ketuntasan belajar mencapai 70% dengan nilai rata-rata 77,1. Ketuntasan belajar setelah siklus II menjadi 90% dengan nilai rata-rata 85,7. Adapun peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 40%. Kemudian peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus II sebesar 80%. dan siklus I ke siklus II sebesar 28,75%.dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa telah mendapat nilai minimal 73.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Gallery Walk Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 4 Kendari
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i2.2272

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengidentifikasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Gallery Walk siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 4 Kendari. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun prosedur penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang dicapai pada faktor yang diteliti. Ditetapkan bahwa tindakan yang digunakan dalam peningkatan hasil belajar siswa adalah metode Gallery Walk. Adapun dalam menerapkan metode Gallery Walk ini adalah Guru membagi kelas kedalam beberapa kelompok, Menentukan topic/tema, Menyiapkan alat dan bahan seperti (kertas manila, gunting, lem, double tip, penggaris, dan spidol), Mendesain Gallery sesuai tema yang dipelajari. Dalam penelitian ini, setiap siklus tindakan yang telah dilakukan melalui metode Gallery Walk hasil belajar siswa dengan pokok bahasan shalat Jum’at, dan shalat Jamak Qasar  dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari nilai pra siklus hingga siklus II yakni nilai rata-rata pra siklus sebesar 67,06 dengan ketuntasan belajar 36,36% dan setelah tindakan siklus I  hasil belajar yang diperoleh siswa  meningkat sebesar 57,57% dengan nilai rata-rata 73,69 namun belum mencapai indikator yang ditetapkan. Selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 72,72% dengan nilai rata-rata 83dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah peneliti tetapkan yaitu 80% siswa telah mendapat nilai minimal 73. Kata Kunci: Gallery Walk, Hasil Belajar
Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Aagama Islam melalui Penerapan Strategi Take and Give Siswa di SMP Negeri 4 Kendari
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i2.2274

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Take and Give dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 4 Kendari dengan jumlah siswa 34 dalam prosedur penelitian ini yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi dengan cara berulang selama dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan mengobservasi proses pembelajaran yang berlangsung dengan menggunakan lembar observasi dan data ketuntasan belajar yang diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan. Dengan indikator keberhasilan individu mencapai KKM yakni 73 adapun ketuntasan klasikal individu mencapai 80% pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan strategi Take and Give dengan nilai Presentasi tuntas siswa setelah tindakan siklus I meningkat dibandingkan dengan nilai pra siklus yaitu 58,82 menjadi 67,64 dengan peningkatan Presentasi peningkat sebesar 14,99%, dengan nilai rata-rata 76,47. Namun belum dapat mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai Presentasi tuntas siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai Presentasi tuntas siklus I yaitu dari 67,64  menjadi 82,35 dengan presentasi peningkatan sebesar 21,74%, dengan nilai rata-rata 80,23.Kata Kunci: Take and Give, Hasil belajar
Pengaruh Training ESQ Terhadap Kecerdasan Spiritual Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Buton
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i2.2201

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh training ESQ terhadap kecerdasan spiritual mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Buton. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa((i) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Buton yang berjumlah 132 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 57 orang dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) training ESQ yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Buton mendapatkan penilaian sangat baik (87,5%). (2) kecerdasan spiritual yang dimiliki Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Buton setelah mengikuti Training ESQ dalam kategori Baik (78.9%). (3)  Hasil pengujian koefisien korelasi nilai r sebesar 0,320 berada pada tingkat hubungan rendah. Adapun hasil pengujian kontribusi variabel X (Training ESQ) terhadap variabel Y (Kecerdasan Spiritual) diperoleh hasil 0,103 atau 10,3%. Selanjutnya, hasil analisis pada pengujian hipotesis yaitu uji t diperoleh hasil uji thitung = 2,507> ttabel 0,2564. Jadi, H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh training ESQ yang positif dan signifikan terhadap kecerdasan spiritual mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Buton.
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa SMA Negeri 2 Kendari
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i2.2326

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa SMA Negeri 2 Kendari serta faktor yang menghambat terbentuknya. Penelitian ini di lakukan di Sekolah SMA Negeri 2 Kendari, Sulawesi tenggara Indonesia. Pengumpulan data di lakukan melalui observasi (pengamatan), interview/wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi, Guru Pendidikan Agama islam, kepala Sekolah dan Sisw. Validasi data menggunakan trianggulasi data, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan dan pembinaan karakter pada siswa SMA Negeri 2 Kendari di lakukan beberapa cara yakni melalui kegiatan belajar mengajar melalui kegiatan ekstrakurikuler. Faktor-faktor yang di hadapi oleh guru dalam membina karakter siswa adalah faktor internal dan ekternal atau yang biasa di sebut faktor dari dalam diri siswa maupun dari lingkungan.
Peranan Majelis Ta’lim dalam Meningkatkan Pengalaman Agama Masyarakat Nelayan di Desa Lakarama Kabupaten Muna
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i2.2054

Abstract

Artikel ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui peranan majelis ta’lim dalam meningkatkan pengamalan agama masyarakat nelayan di Desa Lakarama Kecamatan Towea Kabupaten Muna . penelitian ini mengangkat realitas lapangan yang empirik yang berkaitan dengan peranan majelis ta’lm. Peranan majelis ta’lim adalah bagaimana cara-cara atau strategi yang hendak dilakukan majelis ta’lim dalam status dan kedudukannya sebagai wadah atau tempat masyarakat menimba ilmu seputar Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif.  Penelitian ini dilakukan di Desa Lakarama Kecamatan Towea Kabupaten Muna. Sumber data dalam penelitian yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data lapangan diperoleh dari informan yang dipilih secara purposif. Data lapangan dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama, dibantu pedoman wawancara, kamera-foto, dan alat tulis. Keabsahan data penelitian ini yaitu melalui triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan majelis ta’im dalam meningkatkan pengamalan agama masyarakat nelayan ada beberapa cara yang dilakukan yaitu Mendakwahkan Islam, Membina masyarakat, Membimbing masyarakat, Memberikan contoh, Mengundang masyarkat, Faktor-faktor yang menjadi kendala majelis ta’lim dalam meningkatkan pengamalan agama masyarakat nelayan yaitu, kesibukan masyarakat nelayan mencari nafkah, kurangnya kesadaran beragama masyarakat nelayan, rendahnya tingkat pendidikan, masih kentalnya tradisi serta ajaran orang tua terdahulu.Kata Kunci: peranan majelis ta’lim,meningkatkan pengamalan agama,nelayan
Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Kendari
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i2.2324

Abstract

Artikel ini mengetahui Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada SMA Negeri 4 Kendari dengan sasaran permasalahan (1) Bagaimana Implementasi Pendekatan Saintifik dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti SMA Negeri 4 Kendari (2) Kendala apa yang dihadapi oleh guru PAI dalam penerapan Pendekatan Saintifik dan Budi Pekerti. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan dan trianggulasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendekatan Saintifik dalam proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas XI MIA Olimpiade SMA Negeri 4 Kendari terdiri dari tiga bagian utama yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, pendekatan saintifik telah terlaksana dengan baik yang ditandai dengan nampaknya sebagian besar kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik namun dalam pelaksanaannya belum secara maksimal. Kendala Penerapan Pendekatan saintifik yaitu pada saat kegiatan menanya tidak semua siswa berani untuk bertanya dan berpendapat, pada kegiatan menalar siswa masih kurang aktif untuk bekerja sama dengan kelompoknya.
Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i2.2056

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi Islam (studi pada Desa Labaraga Kecamatan Wakorumba Utara Kabupaten Buton Utara). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat masyarakat Desa Labaraga untuk melanjutkan studi di IAIN Kendari, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini diklasifikan menjadi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan cara reduksi data, display data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum minat Masyarakat Desa Labaraga Kecamatan Wakorumba Utara Kabupaten Buton Utara masih sangat kurang, hal ini dipengaruhi oleh kurangnya keinginan atau ketertarikan terhadapa IAIN Kendari, Jurusan yang dibidangi tidak sesuai dengan jurusan yang ada di IAIN Kendari, kurangnya pengetahuan dan informasi mengenai IAIN Kendari, pengaruh lingkungan sosial, dan kurangnya motifasi atau dorongan orang tua, serta mempertimbangkan peluang kerja setelah menyelesaikan studi. Kata kunci: Minat, Melanjutkan Studi, dan Perguruan Tinggi Islam
Strategi Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kebhinekaan di SMAN 4 Kendari
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v1i2.2259

Abstract

jurnal ini merupakan hasil penelitian tentang Strategi Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kebhinekaan Siswa di SMAN 4 Kendari, yang terletak di Kecamatan Kadia Kota Kendari. penelitian ini adalah bagaimana gambaran penerapan Nilai-Nilai kebhinekaan pada siswa di SMAN 4 Kendari, bagaimana strategi guru Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai kebhinekaan siswa di SMAN 4 Kendari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, untuk pengecekan keabsahan datanya menggunakan tekhnik triangulasi, subjek dalam penelitian ini adalah Kepala SMAN 4 Kendari, wakasek bidang humas, guru-guru PAI, Siswa-siswi SMAN 4 Kendari.         Hasil penelitian ini adalah : gambaran penerapan nilai-nilai kebhinekaan yang sudah terpatri dalam diri siswa SMAN 4 Kendari ini adalah 1) nilai toleransi, 2) nilai keadilan, 3) nilai gotong royong, 4) nilai kerukunan. Jadi penerapan Nilai-Nilai kebhinekaan di SMAN 4 Kendari ini sudah berjalan dengan cukup baik melihat berbagai keberagaman yang ada disekolah tersebut tapi mereka tetap saling toleransi, menghargai perbedaan yang ada. Adapun strategi guru PAI dalam menanamkan Nilai-Nilai Kebhinekaan di SMAN 4 Kendari ini meliputi: 1) pengelolaan pembelajaran melalui pengarahan dan pengajaran, 2) melauli pembinaan serta pengarahan dalam penanaman nilai-nilai kebhinekaan

Page 1 of 1 | Total Record : 10