cover
Contact Name
Dirman
Contact Email
dirman@iainkendari.ac.id
Phone
+628114058715
Journal Mail Official
dirasah2019@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Qaimuddin No.17, Baruga, Kec. Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93870
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : -     EISSN : 30251931     DOI : DOI : 10.31332/jpi.v4i1.6310
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal DIRASAH adalah jurnal ilmiah kajian Kependidikan Islam dibawah pengelolaan Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Manajamen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari, kehadirannya ditujukan sebagai wadah aktualisasi karya para akademisi maupun praktisi dengan fokus kajian terkait ilmu Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal ini terbit dua kali selama satu tahun yaitu bulan Mei dan November
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2021)" : 10 Documents clear
Persepsi Orang Tua Terhadap Game Online Di Kalangan Pelajar Kelurahan Tondonggeu Kota Kendari
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v2i1.2405

Abstract

Penelitian ini bertujuan untu mengetahui persepsi orangtua terhadap game online dikalangan pelajar kelurahan Tondonggeu Kecamatan Nambo Kota Kendari serta dampak tehadap sikap pelajar baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan analisis deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang diperoleh daridata internal dan data eksternal. Dalam penelitian ini digunakan dua sumber data yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan empat tekhnik yaitu observasi, wawancara, Focus Group Discussion, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi(verification).Berdasarkan analisis hasil penelitian, disimpulkan bahwa dampak game online terhadap sikap pelajar terbagi menjadi dua yaitu dampak positif dan negatif. Dampak positif: (1) memperkuat ikatan pertemanan, (2) mengenalkan teknologi bagi pelajar, (3) melatih kemampuan bahasa inggris.Dampak negatifnya yaitu (1) membuat kecanduan, (2) menghambat aktivitas sholat lima waktu, (3) kurang tidur, (4) menghambat aktivitas belajar, (5) Merokok, (6) Boros dalam hal keuangan, (7) Berbohong kepada orang tua. Selain itu ditemukan dilokasi penelitian, para orangtua masih lebih cenderung memberikan persepsi yang negatif terhadap game online yang dimainkan para pelajar.
Manajemen Boarding School Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kendari
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v2i1.2585

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tentang manajemen boarding school di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Kendari dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Objek penelitian ini adalah kepala madrasah, pembina asrama dan guru MAN IC. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta teknik keabsahan data melalui triangulasi data (teknik, sumber dan waktu), perpanjangan pengamatan dan mengadakan membercheck. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa: 1) Perencanaan dilakukan pada rapat kerja awal tahun terkait dengan program kegiatan. 2) Pengorganisasian oleh kepala madrasah membawahi lima wakil kepala madasah dan empat pembina asrama. 3) Pelaksanaan kegiatan mulai dari pembagian tugas maupun kegiatan keasramaan dan kegiatan keagamaan. 4) Pengawasan dilakukan langsung oleh kepala madrasah, wakil kepala bidang keasramaan dan pembina asrama, guru piket dan guru asuh. 5) Pada tahap evaluasi dilakukan setiap bulan,  penilaian dan evaluasi setiap tahun. Dengan demikian, penelitian ini memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan terutama dalam hal pengelolaan berbasis boarding school, sehingga penelitian ini dapat menjadi rujukan untuk sekolah maupun lembaga lainnya dalam meningkatkan pengelolaan boarding school di  maadrasah.Kata kunci: Manajemen, boarding school dan MAN IC Kendari
Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Tunagrahita di SLB Negeri Baruga Kendari
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v2i1.2366

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kesulitan-kesulitan dalam pembelajaran PAI pada siswa tunagrahita di SLB Negeri Baruga Kendari, yaitu lemahnya daya pikir atau masalah pada fungsi kognitif siswa tunagrahita, dengan tujuan untuk mengkaji metode-metode pembelajaran PAI pada siswa tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode yang digunakan guru saat pembelajaran PAI pada siswa tunagrahita yaitu, metode ceramah, metode demonstrasi, metode latihan (training), metode pengulangan (repetition), metode tanya jawab dan metode apersepsi. (2) Penerapan-penerapan metode yang dipilih oleh Guru PAI saat pembelajaran sesuai dengan bahan ajar yang disampaikan, kompetensi yang akan dicapai siswa, kemampuan siswa, alokasi waktu serta ketersediaan sarana dan prasarana. Implementasinya juga sangat bergantung pada perhatian guru ke masing-masing individu anak tunagrahita. (3) Kendala yang dihadapi guru disebabkan kurang pengertiannya orangtua siswa tunagrahita, sehingga terkadang anak berangkat ke sekolah dalam keadaan marah dan sulit mengendalikan perasaan dan konsentrasi mereka serta penyerapan materi yang lambat. Solusi dalam menghadapi kendala-kendala tersebut diantaranya: pertama, guru memperlakukan siswa tunagrahita dengan penuh kasih sayang. Kedua, menyambangi siswa tunagrahita saat di kelas. Ketiga, guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Keempat, guru mengulang-ulang materi yang disampaikan.
Implementasi Pembelajaran Kontruktivisme Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Buton Tengah
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v2i1.2617

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran kontruktivisme mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Buton Tengah. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian kualitatif.Metode pengumupaln data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini yakni menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum memulai kegiatan pelaksanaan pembelajaran kontruktivisme, guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Buton Tengah, terlebih dahulu menyusun/menyiapkan administrasi pembelajaran berupa kalender pendidikan, program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar dan alat evaluasi. Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajaran kontruktivisme, guru mengawali kegiatan pembelajaran dengan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada kegiatan pendahuluan, dimulai dengan mengucapkan salam, berdo’a, presensi, menyiapkan psikis dan fisik peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberi motivasi kepada peserta didik. Pada kegiatan ini mencakup kegiatan mengamati, menanya, mencari informasi, menalar/mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Sedangkan pada kegiatan penutup peserta didik dan guru menyimpulkan materi pembelajaran, mengadakan evaluasi untuk mengukur hasil belajar serta melakukan refleksi.
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Siswa Pesisir Di SDN 1 Lombokitta Kecamatan Menui Kepulauan Kabupaten Morowali
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v2i1.2414

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlak siswa pesisir di Sekolah Dasar Negeri 1 Lombokitta. Metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Lombokitta. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah dengan cara observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, tampilan data dan pengungkit data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Siswa Pesisir di Sekolah Dasar Negeri 1 Lombokitta Kecamatan Menui Kepulauan Kabupaten Morowali ditemukan dengan cara mencontohkan kebiasaan-kebiasaan yang positif seperti mengaji, shalat berjamaah, berpakaian yang rapi dan bersih,
Peran Organisasi Rohani Islam (Rohis) Dalam Meningkatkan Kedisplinan Beribadah Siswa Di SMA Negeri 11 Kendari
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v2i1.3133

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran organisasi ektrakurikuler rohis dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah siswa di SMA Negeri 11 Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data, Observasi lapangan, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) peran organisasi ektrakurikuler rohis dapat meningkatkan kedisiplinan beribadah siswa, (2) faktor pendorong dan penghambat organisasi ektrakurikuler rohis dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah siswa Faktor pendorong meliputi, sarana dan prsarana, dukungan pihak sekolah. Faktor penghambat pengelolan kegiatan kurang terkoordinir, respon siswa kurang responsive dalam mengikuti kegiatan, waktu yang bersamaan dengan ektrakurikuler lain.
Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Talking Stick Melalui Media Strip Story Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas VII SMP Ilmiah Kendari
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v2i1.2053

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe talking stick melalui media strip story dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Ilmiah Kendari. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan  dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Ilmiah Kendari.  Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu menghitung peningkatan hasil belajar siswa. Hasil persentase ketuntasan belajar yang diperoleh siswa pada pra siklus sebesar 21,43% dengan nilai rata-rata 65,71. Setelah dilaksanakan tindakan siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 60,71% dengan nilai rata-rata adalah 82,96.  Pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 85,71% dengan nilai rata-rata 90,89. Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII dari pra siklus ke siklus I sebesar 26,26%, peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 41,17% dan peningkatan kemampuan siswa dari pra siklus sampai dengan siklus II sebesar 30%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan  model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick melalui media strip story dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Ilmiah Kendari.
Hubungan antara minat baca dengan motivasi belajar al-Qur'an anak pedagang kaki lima di SMP Negeri 5 Kendari
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v2i1.2937

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca al-Qur’an anak pedagang kaki lima, untuk mengetahui motivasi belajar al-Qur’an anak pedagang, untuk mengetahui hubungan antara minat baca dan motivasi belajar al-Qur’an anak pedagang kaki lima di SMP Negeri 5 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dianalisis menggunakan analisis dekriptif, analisis inferensial, uji normalitas data, penentuan angka indeks korelasi yang dapat dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment person, penentuan koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis dengan pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Sampel penelitian ini sebanyak 72 siswa yang ditentukan dengan menggunakan pedoman rumus Slovin dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 248 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara minat baca dengan motivasi belajar al-Qur’an di SMPN 5 Kendari adalah siswa memiliki, minat baca siswa mencapai 55%, dan motivasi belajar al-Qur’an siswa sebesar 73%. Dari hasil perhitungan uji t, menunjukkan nilai thitung = 2,168. selanjutnya dicari nilai dari ttabel pada taraf signifikan 0.05 dengan df = n – 2 = 72 – 2 = 70, sehingga diperoleh nilai ttabel = 1.993. Dengan demikian, thitung  lebih besar dari ttabel  (2,168> 1.993 ), sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan kedua variabel dikatakan signifikan. Artinya terdapat hubungan antara minat baca dengan motivasil belajar al-Qur’an anak pedagang kaki lima di SMP Negeri 5 Kendari.
Peran Tokoh Agama Dalam Meminimalisasi Minuman Khamar di Desa Baluara Kecamatan Batukara Kabupaten Muna
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v2i1.2751

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran dan bentuk peran tokoh agama dalam meminimalisasi kebiasaan minuman khamar serta untuk megetahui dampak perubahan yang nampak pada masyarakat yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi minuman khamar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tokoh agama, tokoh masyarakat, orang tua peminum khamar dan pelaku khamar. Untuk metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, dalam penelitian ini yaitu reduksi data triangulasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran dan bentuk peran tokoh agama di desa Baluara sangat berpengaruh positif dalam masyarakat setempat khususnya bagi para peminum khamar. Bentuk peran tokoh agama dalam meminimalisasi kebiasaan mengkonsumsi minuman khamar yaitu mengadakan pengajian di masjid, dilingkup RT dan RW, ceramah, membangun komunikasi yang baik antarwarga, mengadakan musyawarah serta pemberdayaan pemuda. Dampak perubahan yang nampak pada masyarakat yang memiliki kebiasaan meminum minuman khamar di desa Baluara, yaitu tokoh agama nampak pada pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai orang yang di hormati dan di tuakan karna kewibawaan dan kompetensinya dalam masyarakat dinilai cukup baik dan berhasil serta membawa perubahan pada masyarakat yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi minuman khamar.
Efektivitas Penggunaan Aplikasi Rapor Digital Di Madrasah Aliyah Nahdatul Wathan Bima Maroa
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v2i1.2584

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang efektivitas penggunaan aplikasi rapor digital di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Bima Maroa yang meliputi aspek: (1) penggunaan aplikasi rapor digital (2) Kinerja guru dalam penggunaan aplikai rapor (3) kendala yang dihadapi dalam penggunaan aplikasi rapor (4)Efektivitas penggunaa aplikasi rapor digital. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepalah sekolah dan guru di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Bima Maroa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan aplikasi rapor digital di Madrasah Aliyah Nahdlatul Wathan Bima Maroa dalam penggunaan aplikasi rapor ini bisa dikatakan sudah berhasi diterapkan. Dengan adanya aplikasi rapor dapat membantu dan memudahkan guru dalam proses penginputan nilai siswa. (2) Kinerja guru dalam penggunaan aplikasi rapor digital kalau dilihat dari awal penggunaan aplikasi rapor digital guru belum bisa menerapkan aplikasi rapor akan tetapi seiring berjalannya waktu guru di sekolah Madrasah aliyah nahdlatul Wathan sudah bisa menerapkan aplikasi rapor. (3). Kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan aplikasi rapor yang pertama pada saat proses input data siswa dan data guru terkadang gagal oleh sistem, pada saat guru mengupdate data siswa dan guru yang terakhir jaringan. (4) Aplikasi rapor digital dapat dikatakan efektif digunakan di sekolah Madrasah Aliyah Nahdlatul Watahan Bima Maroa.

Page 1 of 1 | Total Record : 10