cover
Contact Name
Dirman
Contact Email
dirman@iainkendari.ac.id
Phone
+628114058715
Journal Mail Official
dirasah2019@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Qaimuddin No.17, Baruga, Kec. Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93870
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : -     EISSN : 30251931     DOI : DOI : 10.31332/jpi.v4i1.6310
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal DIRASAH adalah jurnal ilmiah kajian Kependidikan Islam dibawah pengelolaan Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Manajamen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari, kehadirannya ditujukan sebagai wadah aktualisasi karya para akademisi maupun praktisi dengan fokus kajian terkait ilmu Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal ini terbit dua kali selama satu tahun yaitu bulan Mei dan November
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2022)" : 8 Documents clear
Perilaku Keagamaan Remaja Putus Sekolah di Desa Lalowosula Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v3i1.3393

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perilaku keagamaan remaja putus sekolah di desa Lalowosula kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Karena penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, maka data yang diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pengolahan dan analisis data mengikuti teori Miles dan Huberman, proses analisis dilakukan dalam tiga tahapan analisis yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku keagamaan remaja putus sekolah di desa Lalowosula Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur, dalam perilaku kesehariannya bahwasanya mereka ini rajin ikut shalat berjama`ah di mesjid, ikut puasa bersama serta perilaku keseharian dalam lingkungan ataupun dalam keluarga juga tidak kalah baik dengan remaja-remaja yang berpendidikan, selain itu ada kegiatan keagamaan tambahan yang dibentuk oleh tokoh agama dan masyarakat yaitu yasinan keliling dan sholawatan.
Analisis Problematika Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menegah Atas (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Bondoala)
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v3i1.3341

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bondoala. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalu metode observasi (pengamatan), metode intervew (wawancara) dan metode dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa sebagai subyek pembelajaran kurangnya pemahaman awal siswa terhadap materi pendidikan agama islam dilihat dari belum bisa baca tulis AlQur’an sehingga tidak bisa memahami dengan baik sebahagian pelajaran pendidikan agama islam, malas untuk melakukan sholat fardhu secara rutin, mengakibatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih tergolong rendah, dilihat dari minimnya kompetensi guru dalam menguasai kelas dan peserta didik, kurang dalam penguasan materi mengakibatkan siswa kurang paham terhadap materi yang diajarkan oleh guru, Minimnya kompetensi guru dalam menggunakan metode pembelajaran, Kurangnya lokasi waktu yang tersedia pada pembelajaran pendidikan agama Islam, serta Sarana dan prasarana pembelajaran di SMA Negeri 1 Bondoala masih terbilang kurang lengkap terkhusus media pembelajaran PAI mengakibatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal.
Peran Mentor Rumah Qur'an Mahasiswa (RQM) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kendari
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v3i1.3165

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mentor RQM dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa FTIK. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkam menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mentor RQM sudah berperan dengan baik dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Adapun peran yang dilakukan yaitu mentor sebagai pengajar, mentor sebagai pendidik, mentor sebagai pembimbing dan pelatih, mentor sebagai motivator, serta mentor sebagai evaluator. (2) Eksistensi RQM sangat penting dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an, karena RQM sebagai wadah yang dapat membantu mahasiswa yang belum mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, juga meningkatkan tingkat kelulusan mahasiswa menjadi 95% saat ujian di Fakultas. (3) Kendala-kendala yang dialami oleh mentor RQM dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an yaitu pertama penyesuaian jadwal, solusinya dengan musyawarah. Kendala kedua yaitu beberapa peserta kesulitan dalam pelafalan huruf-huruf hijaiyah yang mirip, solusinya yaitu mengarahkan peserta didik untuk membiasakan membaca al-Qur’an dan mendengarkan murotal, serta terus berlatih mengulang-ngulang huruf yang dianggap susah tersebut. Kendala yang ketiga yaitu beberapa peserta RQM tidak aktif mengikuti pembelajaran, solusinya yaitu menghubungi peserta yang bersangkutan.
Implikasi Perceraian Terhadap Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMPN 1 Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v3i1.3348

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang implikasi perceraian terhadap kesulitan belajar Siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Lalongasumeeto Kabupaten Konawe. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini menunjukkan kehidupan masyarakat, tingkah laku, sejarah, fungsional organisasi, pergerakan sosial, dan hubungan kekerabatan. Jenis data yang penulis gunakan adalah data kualitatif yang diperoleh dari data internal dan data eksternal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian, disimpulkan bahwa: pertama, perceraian yang terjadi kepada orang tua siswa diakibatkan oleh berbagai faktor, dianataranya akibat perselingkuhan, krisis ekonomi, kekerasan dalam rumah tangga, perjudian, mabuk-mabukan, pertengkaran terus menerus yang terjadi dan salah satu pihak meninggalkan pihak lain tanpa izin serta tanpa alasan yang sah; Kedua, terdapat beberapa masalah yang dialami siswa korban perceraian, yaitu masalah psikis, yaitu, rasa cemas, terauma, pendiam, temperamental, serta sulit untuk mengatasinya dan masalah akademisi seperti malas belajar, suli mengerjakan tugas.
Metode Pembelajaran Nahwu Sharaf di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Kendari
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v3i1.3194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan metode yang digunakan guru dalam pembelajran nahwu sharaf, faktor-faktor pendukung dan penghambatdalam proses pembelajaran nahawu sharaf, dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi faktor penghambat siswa dalam pembelajaran nahwu sharaf di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Kendari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif. Alat pengumpul data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang diperoleh kemudian menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode yang digunakan guru dalam pembelajaran nahwu sharaf terbagi menjadi dua yaitu metode Qawaid Wa Tarjamah dan Metode Induktif; (2) faktor – faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran nahwu sharaf terbagi menjadi dua yaitu faktor internal berupa motivasi, minat dan latar belakang pendidikan siswa yang berbeda serta cita-cita. Adapun faktor external berupa dukungan keluarga dan teman, faktor lingkungan, metode guru,adanya kamus bahasa arab, serta waktu dan jam pembelajaran yang begitu singkat; dan (3) upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi faktor penghambat siswa dalam pembelajaran nahwu sharaf di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Kendari dengan cara pemberian motivasi, membenahi sistem pembelajaran, memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperbaiki pemahaman mereka terkait ilmunahwu sharaf, selalu mengadakan evaluasi dalam pembelajaran sertamembenahi proses penyampaian materi yang sedemikian kompleks agar lebih mudah dipahami olehsiswa.
Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan di SDN 01 Lere Jaya
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v3i1.3171

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan di SDN O1 Lere Jaya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) dilihat dari gaya kepemimpinannya demokrati; (2) Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan sarana prasaran yaitu selain berasal dari dana BOS kepala sekolah membangun hubungan yang baik dengan komponen yang kaitan dengan sarana prasaran dan bekerja sama dengan pemerintah setempat, dan orang tua siswa sedangkan sumber daya manusia yaitu dengan workshop; dan (3) Demi kemajuan dan berkembangnya lembaga pendidikan kepala sekolah membuat kebijakan yaitu kedisiplinan dan kebersihan. Guru harus menjadi seorang yang disiplin dan figure yang di kagum, segani, dan di jadikan motivasi oleh seluruh peserta didik untuk terus maju,berkembang dan berpresatsi.sehingga dengan kebiajakan yang telah di terapkan maka terciptalah sekolah yang maju dan berkembang seperti saat ini.
Peran Laznas Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan SULTRA Dalam Pelaksanaan POAC Upaya Pencegahan Penanggulan Covid-19 di Kota Kendari
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v3i1.3227

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran laznas inisiatif zakat indonesia (IZI) cabang sultra dalam pelaksanaan POAC upaya pencegahan dan penanggulangan covid 19 di Kota Kendari. Penelitian ini Membahas tentang proses pelaksanaan POAC upaya pencegahan dan penanggulanagan covid 19 di Kota Kendari mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan penanggulangan covid 19. Objek pada penelitian ini adalah pimpinan lembaga inisiatif zakat indonesia (IZI) cabang Sultra, relawan dan korban covid 19.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelalsanaan POAC upaya pencegahan dan penanggulangan covid 19 di kota Kendari di bagi menjadi beberapa bagian. Perencanaan di lakukan pada Perencanaan yang dilakukan IZI dalam menanggulangi covid 19 di Kota Kendari, setelah pemerintah mengumumkan adanya yang terdampak Covid-19, LAZNAS IZI Kendari segera melakukan rapat terhadap situasi ini yang membahas terkait program kegiatan dan target yang akan di capai. Pengorganisasian telah di bagi sesuai bidang masing masing, kepala Laznas inisiatif zakat indonesia (IZI) dan bidang pendayagunaan bertanggung jawab pada setiap program yang di tentukan. Setelah menetapkan program penanggulangan covid 19. dalam pelaksanaannya, TIM relawan melaksanakan program yang telas di tentukan tersebut. Dimana tim relawan terbagi menjadi tim bagian penyemprotan dan tim khusus survei lokasi di berbagai titik lokasi di Kota Kendari.
Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Di BTN Tawang Alun Kecamatan Baruga Kota Kendari
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v3i1.3297

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar di BTN Tawang Alun Kecamatan Baruga Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomologi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan Model Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet dan menggunakan gadget pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di BTN Tawang Alun kecamatan Baruga kota Kendari dapat terlaksana dengan baik. Adapun aplikasi yang digunakan anak-anak ketika mengikuti pembelajaran daring melalui group whatsapp, video youtube dan google form. (2) Bentuk-bentuk keterlibatan orang tua dalam pembelajaran daringdi BTN Tawang Alun seperti, membimbing anak dalam memahami materi pelajaran, membantu menyelesaikan tugas anak, mengawasi anak dalam pembelajaran daring, menumbuhkan minat belajar anak, membantu mengoperasikan gadget. (3) Kendala yang dihadapi orang tua saat terlibat secara langsung dalam pembelajaran daring seperti, kurang pemahaman materi, kendala terkait jangkauan jaringan internet dan biaya kouta bertambah, kesulitan dalam mengoperasikan gadget, kesulitan dalam menumbuhkan minat belajar anak dan orang tua tidak sabar dalam mendampingi anak dalam belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 8