cover
Contact Name
Dirman
Contact Email
dirman@iainkendari.ac.id
Phone
+628114058715
Journal Mail Official
dirasah2019@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Qaimuddin No.17, Baruga, Kec. Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93870
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : -     EISSN : 30251931     DOI : DOI : 10.31332/jpi.v4i1.6310
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal DIRASAH adalah jurnal ilmiah kajian Kependidikan Islam dibawah pengelolaan Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Manajamen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari, kehadirannya ditujukan sebagai wadah aktualisasi karya para akademisi maupun praktisi dengan fokus kajian terkait ilmu Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal ini terbit dua kali selama satu tahun yaitu bulan Mei dan November
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2022)" : 6 Documents clear
Pola Asuh Orang Tua Dalam Mendidik Karakter Anak di Desa Ulukalo Kecamatan Iwoimendaa Kabupaten Kolaka
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v3i2.2331

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pola asuh orang tua dalam mendidik karakter anak, dan untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pola asuh orang tua dalam mendidik karakter anak di Desa Ulukalo, Kecamatan Iwoimendaa, Kabupaten Kolaka. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penulis menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi, untuk pengecekan keabsahan datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. serta uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. subjek dalam penelitian ini adalah orang tua, anak usia 6-12 tahun, dan tokoh masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pola asuh orang tua dalam mendidik karakter anak di Desa Ulukalo terdiri dari beberapa pola yaitu pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif. Dari ketiga pola tersebut yang paling dominan diterapkan adalah pola asuh demokratis. Dan situasi tertentu beberapa orang tua menerapkan pola asuh otoriter dan permisif. Adapun faktor yang mempengaruhi penerapan pola asuh orang tua di Desa Ulukalo terbagi menjadi dua macam, pertama faktor pendukung yang meliputi lingkungan tempat tinggal yang religius, dan motivasi orang tua kepada anak. Kedua faktor penghambat meliputi kesibukan orang tua, teman sebaya, dan pengaruh buruk dari pesatnya arus globalisasi seperti handphone, game dan televisi
Peran Pengajian Kitab Tarajumah Dalam Menumbuhkan Pemahaman Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurussibyan Cilamaya Karawang
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v3i2.2236

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pengajian kitab tarajumah dalam menumbuhkan pemahaman pendidikan Agama Islam peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurussibyan Cilamaya Karawang. Dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas V berjumlah 35 Madrasah Ibtidaiyah Nurussibyan Cilamaya Karawang. Sampel yang digunakan adalah 100% dari 35 siswa yang artinya semua siswa kelas V. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan observasi, wawancara dan dokumentsi yaitu untuk peran pengajian kitab tarajumah yang meliputi : Pelaksanaan pengajian kitab tarajumah di MI Nurussibyan diikuti semua siswa dilaksanakan setiap hari sebelum pembelajaran dimulai, pemahaman pendidikan Agama Islam peserta didik kelas V hanya sekedar mengetahui tapi tidak untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari, Peran Pengajian Kitab Tarajumah Dalam menumbuhkan Pemahaman Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas V rajin belajar Agama Islam, lancar membaca Al-Qur’an, rajin menghafal, dan di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, Peran Pengajian Kitab Tarajumah Dalam Meninngkatkan Pemahaman Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Nurussibyan Cilamaya Karawang dikatakan baik memberikan kontribusi 70% dalam menumbuhkann pemahaman Agama Islam.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Kaledupa
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v3i2.3147

Abstract

Tujuan penelitian adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PAI kelas X SMK Negeri I Kaledupa dan mendeskripsikan apakah melalui penerapan pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar SMK Negeri I Kaledupa, yang dilaksanakan dalam dua siklus pada kelas X semester Ganjil tahun 2020/2021. Prosedur penelitian ini meliputi, perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Metodologi penelitianmenggunakan observasi, tes, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif dengan maksud untuk memberikan gambaran peningkatan kualitas siswa dengan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: Model pembelajaran koopertif STAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri I Kaledupa, yang dapat dilihat pada siklus I mencapai 73,52% dengan sangat baik dan persentase peningkatannya sebesar 17,65%. Aktivitas siswa persentasenya mencapai 73,52% dengan persentase sebesar 17,65%. Hasil belajar siswa dapat dibandingkan dengan nilai sebelum pelaksanaan tindakan yaitu rata-rata 70,15% dengan persentase sebanyak 48,48%, setelah dilakukan tindakan siklus satu, nilai rata-rata mencapai 77,87 dengan persentase ketuntasan 75,75%. Pada siklus kedua presentase belajar meningkat secara signifikan mencapai rata-rata 88,48 dengan presentase 96,96%. Pesentase peningkatan belajar dari prasiklus ke siklus pertama sebesar 11,00%. Pesentase peningkatan hasil belajar dari siklus pertama ke siklus kedua sebesar 13,62%. Pesentase peningkatan hasil belajar dari prasiklus ke siklus kedua sebesar 26,12%.
Penerapan Kegiatan Keagamaan dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual siswa di MAN 1 Konsel
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v3i2.3026

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan keagamaan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di MAN 1 Konsel. Metode Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Kegiatan keagamaan di MAN 1 Konsel sudah berjalan sesuai dengan apa yang telah diprogramkan atau direncanakan sebelumnya. Adapun kegiatan mingguan yaitu sholat dhuha berjama’ah, sholat zuhur berjama’ah dan membaca al-Qur’an. Kegiatan mingguan yaitu Majelis ta’lim, pidato bahasa Arab, tahfidz, kaligrafi, tilawah dan sholat jum’at. Kegiatan tahunan yaitu peringatan hari besar Islam seperti peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, Isra’ Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW dan pesantren kilat di bulan suci Ramadhan; 2) Kegiatan keagamaan yang dilaksanakan diawasi oleh setiap wali kelas atau guru piket yang bertugas. Sholat dhuha dilaksanakan secara bergantian setiap kelas karena daya tampung masjid yang kurang memadai, begitupun untuk sholat zuhur berjama’ah didahulukan yang perempuan kemudian laki-laki; 3) Kendala yang dihadapi sekolah dalam menerapkan kegiatan keagamaan adalah rasa malas yang dirasakan oleh peserta didik, siswa yang sering terlambat, masjid yang masih dalam tahap renovasi dan adanya pandemi Covid-19
Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Religius Anak Di Madrasah Diniyah Awaliyah Desa Cialam Jaya Konawe Selatan
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v3i2.3809

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter religius anak usia 7-12 tahun di MDA, dan peran guru dalam membentuk karakter religius anak usia 7-12 tahun di MDA, serta mengetahui nilai-nilai karakter religius yang ditanamkan guru pada anak usia 7-12 tahun di MDA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  deskriptif. Data di kumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan study dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Karakter religius anak usia 7-12 tahun di MDA belum sepenuhnya baik, karena masih ditemukan 3 orang anak didik yang prilakunya kurang terpuji seperti mencuri uang dan barang-barang temannya, berkata kasar, bermain dalam sholatnya, sedangkan dari segi karakter yang baik ada 5 orang anak yang memiliki karakter yang baik; 2) Peran guru dalam membentuk karakter religius anak yaitu, peran guru sebagai pendidik dan pengajar, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai contoh tauladan, peran guru sebagai motivator, 3) Nilai-nilai karakter religious yang ditanamkan guru pada anak adalah nilai ibadah dan nilai akhlak.
Implementasi Pendidikan Toleransi Antar Umat Beragama di Desa Ranombayasa Kecamatan Mowila Kabupaten Konawe Selatan.
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v3i2.3775

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan upaya masyarakat desa Ranombayasa dalam mendidik generasi muda agar melestarikan sikap toleransi antar umat beragama beserta implementasinya untuk menjaga harmonisasi sosial karena masyarakat desa Ranombayasa terdiri dari 4 (empat) agama yakni Hindu, Islam, Katolik, dan Protestan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Bentuk implementasi pendidikan toleransi antar umat beragama yang telah berjalan yakni: 1) Hidup Rukun dan damai; 2) Menerima dan menghormati adat istiadat; 3) Menghormati dan mematuhi norma; 4) Menghargai hak spiritual; 5) Bergaul dan berinteraksi bertimbal balik dengan baik. Faktor penghambat implementasi pendidikan toleransi di desa Ranombayasa yaitu kurang pemahaman tentang agama, dan adanya hubungan kurang baik digelintir masyarakat akibat dari kesalahpahaman, dampak negatif dari media, fanatik buta, dan dinamika politik.

Page 1 of 1 | Total Record : 6