Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan? 2) Bagaimana peran guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan? 3) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan moral siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan? Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 20 Konawe Selatan selama 4 (empat) bulan dari bulan Mei sampai dengan Agustus 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara langsung, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan. Analisis data menggunakan model analisis yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yang terdiri dari tiga tahapan penting, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 20 Konawe Selatan telah berperan aktif dalam melakukan pembinaan akhlak pada siswa. Hal ini terlihat dari metode yang digunakan guru yaitu dengan melakukan: keteladanan, nasehat, pelatihan, pembiasaan, tindakan sosial dan disiplin serta memberikan arahan kepada siswa untuk melaksanakan kewajibannya sebagai manusia. Perilaku siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan dikategorikan cukup baik.A., Doni Koesoema, Pendidikan Karakter, (Strategi Mendidik Siswa di Zaman Global), Jakarta: Grasindo, 2010Abdullah, Mas Udik. Meledakkan IESQ dengan Langkah Takwa dan Tawakal, Jakarta: Zikrul Hakim, 2005Al Munawar, Said Agil Husin. Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press: 2005Al Qusyairi, Abu Husein Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim. Shahih Muslim, Beirut: Dar al-Fikr, 2005Al Syaibani, Ahmad Ibn Hanbal Abu Abdillah. Musnad Imam Ahmad Ibn Hanbal, Juz 2, Kairo: Muassasah Qurtubah, ttAllen, Jane Elizabeth dan Marilyn Cheryl, Disiplin Positif, terj. Imam Machfud, Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2005Aly, Hery Noer dan Munzier Suparta, Watak Pendidikan Islam, Jakarta: Friska Agung Insani, 2008Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif, Yogyakarta: Diva Press, 2010Basire, Jumri Hi. Tahang Urgensi Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Siswa, Jurnal Hunafa, Vol. 7, No.2, Desember 2010Daradjat, Zakiah. Kesehatan Mental, Jakarta: CV. Gunung Agung, 2011Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT. Remaja Rosadakarya, 2014Djamarah, Syaiful Bahri, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008Fatmawati, Peran Keluarga terhadap Pembentukan Kepribadian Islam Bagi Remaja, Jurnal RISALAH, Vol. 27, No. 1, Juni 2016Gunawan, Ary H. Sosiologi Pendidikan-Suatu Analisis Sosial tentang Berbagai Problem Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2000Kahmat, Dadang. Sosiologi Agama, Bandung: Rosda, 2011Kementerian Agama RI, Al-Quran dan Terjemahnya, Bandung: CV. Diponegoro, 2017Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta PT. Rineka Cipta, 2006Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006Munardji, Diklat Ilmu Pendidikan Islam, Tulungagung: STAIN Tulungagung, 2000Nashori, Fuad dan Rachmy Diana Mucharam, Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam, Jogyakarta: Menara Kudus, 2014Purwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2003Purwanto, Orang Muda Mencari Jati Diri di Zaman Modern, Yogyakarta: Penerbit Kanasius, 2010Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Logos, 2014.Rakhmat, Jalaluddin. Psikologi Agama, Jakarta: Rajawali Pers, 2010Sarwono, Sarlito W. Psikologi Remaja, Jakarta: Rajawali Pers, 2013Semiawan, Conny. Pendidikan Keluarga dalam Era Global, Jakarta: PT Prenhallindo, 2002.Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, 2002Soemantri Patmonodewo, Pendidikan Siswa Pra Sekolah,Jakarta: Rhieneka Cipta, 2002.Sugiono, Memahami Penelitian Kulaitatif, Bandung: Alfabeta, 2009Suroso dan Mucharam, Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam, Yogyakarta: Menara Kudus, 2005Sururin, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007Unaradjan, Dolet. Manajemen Disiplin, Jakarta: PT Grasindo, 2008Widiyanta, Ari. Sikap Terhadap Lingkungan dan Keagamaan. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi. Vol. 1 No. 2. 2015Yonas, Luthfi Kholida. Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Budaya Religius Sekolah terhadap Kedisiplinan Beragama Peserta Didik MAN I Baureno Bojonegoro (tesis) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 2016Zubaedi, Islam dan Benturan Antarperadaban: Dialog Filsafat Barat dengan Islam, Dialog Peradaban, dan Dialog Agama, Jogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007