cover
Contact Name
Dirman
Contact Email
dirman@iainkendari.ac.id
Phone
+628114058715
Journal Mail Official
dirasah2019@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Qaimuddin No.17, Baruga, Kec. Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93870
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : -     EISSN : 30251931     DOI : DOI : 10.31332/jpi.v4i1.6310
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal DIRASAH adalah jurnal ilmiah kajian Kependidikan Islam dibawah pengelolaan Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Manajamen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari, kehadirannya ditujukan sebagai wadah aktualisasi karya para akademisi maupun praktisi dengan fokus kajian terkait ilmu Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal ini terbit dua kali selama satu tahun yaitu bulan Mei dan November
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2023)" : 6 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR PAI PADA SISWA SMP NEGERI 1 MOTUI KABUPATEN KONAWE UTARA
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v4i1.5300

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon siswa SMP Negeri 1 Motui di Kabupaten Konawe Utara terhadap lingkungan belajar, penggunaan gadget, dan antusiasme dalam belajar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa, dan 55 siswa di antaranya dijadikan sampel, yang dipilih dengan menggunakan pendekatan proportionate random sampling. (1) Pengaruh penggunaan gadget dan lingkungan belajar memiliki pengaruh langsung terhadap siswa di SMP Negeri 1 Motui Kab. Konawe Utara terhadap minat belajar PAI sebesar 39,7, yang ditunjukkan dengan hasil penelitian yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 17,117 > 3,17 dan nilai signifikansi 0,000<0,05, (2) Motivasi siswa SMP Negeri 1 Motui Kab. Konawe Utara motivasi siswa dalam belajar PAI secara langsung dipengaruhi oleh penggunaan gadget sebesar 12,3, yang ditunjukkan dengan hasil perhitungan nilai sig. thitung > ttabel, yaitu 3,788 > 2,006 dan memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (3) Hasil perhitungan sig. thitung> ttabel, yaitu 3,030 > 2,006 dan memiliki nilai signifikansi 0,004<0,05, menunjukkan bahwa lingkungan belajar berpengaruh langsung terhadap minat belajar PAI pada peserta didik SMP Negeri 1 Motui Kab. Konawe Utara dengan faktor sebesar 14,8.
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMA NEGERI 20 KONAWE SELATAN
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v4i1.4357

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan? 2) Bagaimana peran guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan? 3) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan moral siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan? Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 20 Konawe Selatan selama 4 (empat) bulan dari bulan Mei sampai dengan Agustus 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara langsung, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan. Analisis data menggunakan model analisis yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yang terdiri dari tiga tahapan penting, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 20 Konawe Selatan telah berperan aktif dalam melakukan pembinaan akhlak pada siswa. Hal ini terlihat dari metode yang digunakan guru yaitu dengan melakukan: keteladanan, nasehat, pelatihan, pembiasaan, tindakan sosial dan disiplin serta memberikan arahan kepada siswa untuk melaksanakan kewajibannya sebagai manusia. Perilaku siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan dikategorikan cukup baik.A., Doni Koesoema, Pendidikan Karakter, (Strategi Mendidik Siswa di Zaman Global), Jakarta: Grasindo, 2010Abdullah, Mas Udik. Meledakkan IESQ dengan Langkah Takwa dan Tawakal, Jakarta: Zikrul Hakim, 2005Al Munawar, Said Agil Husin. Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press: 2005Al Qusyairi, Abu Husein Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim. Shahih Muslim, Beirut: Dar al-Fikr, 2005Al Syaibani, Ahmad Ibn Hanbal Abu Abdillah. Musnad Imam Ahmad Ibn Hanbal, Juz 2, Kairo: Muassasah Qurtubah, ttAllen, Jane Elizabeth dan Marilyn Cheryl, Disiplin Positif, terj. Imam Machfud, Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2005Aly, Hery Noer dan Munzier Suparta, Watak Pendidikan Islam, Jakarta: Friska Agung Insani, 2008Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif, Yogyakarta: Diva Press, 2010Basire, Jumri Hi. Tahang Urgensi Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Siswa, Jurnal Hunafa, Vol. 7, No.2, Desember 2010Daradjat, Zakiah. Kesehatan Mental, Jakarta: CV. Gunung Agung, 2011Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT. Remaja Rosadakarya, 2014Djamarah, Syaiful Bahri, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008Fatmawati, Peran Keluarga terhadap Pembentukan Kepribadian Islam Bagi Remaja, Jurnal RISALAH, Vol. 27, No. 1, Juni 2016Gunawan, Ary H. Sosiologi Pendidikan-Suatu Analisis Sosial tentang Berbagai Problem Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2000Kahmat, Dadang. Sosiologi Agama, Bandung: Rosda, 2011Kementerian Agama RI, Al-Quran dan Terjemahnya, Bandung: CV. Diponegoro, 2017Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta PT. Rineka Cipta, 2006Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006Munardji, Diklat Ilmu Pendidikan Islam, Tulungagung: STAIN Tulungagung, 2000Nashori, Fuad dan Rachmy Diana Mucharam, Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam, Jogyakarta: Menara Kudus, 2014Purwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2003Purwanto, Orang Muda Mencari Jati Diri di Zaman Modern, Yogyakarta: Penerbit Kanasius, 2010Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Logos, 2014.Rakhmat, Jalaluddin. Psikologi Agama, Jakarta: Rajawali Pers, 2010Sarwono, Sarlito W. Psikologi Remaja, Jakarta: Rajawali Pers, 2013Semiawan, Conny. Pendidikan Keluarga dalam Era Global, Jakarta: PT Prenhallindo, 2002.Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, 2002Soemantri Patmonodewo, Pendidikan Siswa Pra Sekolah,Jakarta: Rhieneka Cipta, 2002.Sugiono, Memahami Penelitian Kulaitatif, Bandung: Alfabeta, 2009Suroso dan Mucharam, Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam, Yogyakarta: Menara Kudus, 2005Sururin, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007Unaradjan, Dolet. Manajemen Disiplin, Jakarta: PT Grasindo, 2008Widiyanta, Ari. Sikap Terhadap Lingkungan dan Keagamaan. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi. Vol. 1 No. 2. 2015Yonas, Luthfi Kholida.  Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Budaya Religius Sekolah terhadap Kedisiplinan Beragama Peserta Didik MAN I Baureno Bojonegoro (tesis) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 2016Zubaedi, Islam dan Benturan Antarperadaban: Dialog Filsafat Barat dengan Islam, Dialog Peradaban, dan Dialog Agama, Jogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007
PENERAPAN ICE BREAKING PADA PEMBALAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v4i1.6310

Abstract

Metode pembelajaran dengan cara ceramah dirasa sangat mebosankan bagu para peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan ice breaking pada pembelajaran tematik bagi peserta didik di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunalan yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Simpulan penelitian menunjukkan teknik ice breaking dapat digunakan dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Implikasi penelitian ini guru dapat menerapkan teknik ice breaking dalam kegiatan pembelajaran, agar pembelajaran menjadi menyenangkan.
Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Di SMA Negeri 1 Kendari
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v4i1.6498

Abstract

This study aims: 1) To determine the simultaneous effect of emotional intelligence and spiritual intelligence on student learning outcomes of PAI. 2) To determine the effect of emotional intelligence on student learning outcomes PAI. 3) To determine the effect of spiritual intelligence on student learning outcomes of PAI. This type of research uses a causality survey quantitative method. The research location was SMA Negeri 1 Kendari with a total population of 293 students and a sample of 72 students. Data collection techniques used were documentation and questionnaires, while data analysis techniques used descriptive analysis and inferential analysis. The results of research on students of SMA Negeri 1 Kendari show that: 1) Emotional intelligence and spiritual intelligence simultaneously have a direct and significant effect on student Islamic education learning outcomes, with a significance value of 0.037 <0.05, with a contribution of emotional intelligence and spiritual intelligence of 9.4 % of students' PAI learning outcomes. 2) Emotional intelligence has a positive and significant effect on student Islamic education learning outcomes, with a significant value of 0.023 <0.05, with the contribution of emotional intelligence to student learning outcomes of 7.4%. 3) Spiritual intelligence has a positive and significant effect on student Islamic education learning outcomes, with a significant value of 0.012 <0.05, with a contribution of spiritual intelligence to student learning outcomes of 8.9%.
Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal dan Perhatian Orang tua terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v4i1.4402

Abstract

AbstrackThis study aims to determine: 1) Formal education level, parental attention and learning achievement of Islamic religious education in MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students. 2) The0influence0of0parents0formal0education0level0on learning achievement0of Islamic religious education in MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students. 3) The effect of parental attention on learning achievement of Islamic religious education in MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students. 4) the influence of the level of formal education and parental attention on learning achievement of Islamic religious education in MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students. This type of research is quantitative research using survey methods. The sampling technique used is proportionate stratified random sampling, the number of samples used is 38 of the total 149 population. Data collection technique used are questionnaires and documentation. Data analysis used descriptive analysis and inferential analysis with the help of Program Excel and SPSS 24. From the results of multiple linear regression analysis obtained equation Y= 13,035+(-0,120)X1+0,819X2. Ha X1 against Y is rejected since the partial test (t test) yielded t count the influence of the variable level of parents formal education = 0,326< t tabel= 1,690 with a significance of 0,746 > 0,05. Ha X2 against Y is accepted because the parental attention variable obtained t count = 12,025 > t tabel = 1,690 with a significance of 0,000 < 0,05. Simultaneous Test results (F test) obtained F count = 72,969 > F tabel = 3,267 with`significance 0,000 < 0,05, so that Ha X1 and X2 against Y is rejected Based on the results of the data analysis, it can be concluded that the level of formal education of parents of MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students is generally high school/MA, parental attention to MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students is generally in the medium category, and PAI learning achievement of MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students are in the medium and high categories, then the level of parental formal education partially has no effect on PAI learning achievement in MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students and parental attention partially significantly influences PAI learning achievement in MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students, then the level of formal education and parental attention simultaneously affect PAI learning achievement in MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto students.Keywords: Parents level of formal education, Parents attention, Islamic Religious Education learning achievement. AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat pendidikan formal, perhatian orang tua dan prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto. 2) Pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto. 3) Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto. 4) Pengaruh tingkat pendidikan formal dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportionate stratified random sampling, jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 38 dari total 149 populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan bantuan Program Excel dan SPSS 24. Dari hasil analisis regresi berganda diperoleh rumus Y= 13,035+(-0,120)X1+0,819X2). Ha X1 terhadap Y ditolak karena Uji parsial (uji t) menghasilkan t hitung pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua = 0,326< t tabel= 1,690 dengan signifikasi 0,746 > 0,05. Ha X2 terhadap Y diterima karena variabel perhatian orangtua diperoleh t hitung = 12,025 > t tabel = 1,690 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji simultan (uji F) diperoleh F hitung = 72,969 > F tabel = 3,267 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ha X1 dan X2 terhadap Y diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut menyimpulkan bahwa tingkat pendidikan formal orang tua siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto pada umumnya berpendidikan SMA/MA, Perhatian orang tua pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto pada umumnya berada pada kategori sedang, dan prestasi belajar PAI siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto berada pada kategori sedang dan tinggi, kemudian tingkat pendidikan formal orang tua secara parsial tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto dan perhatian orang tua secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto, kemudian tingkat pendidikan formal dan perhatian orang tua secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI pada siswa MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto. Kata Kunci: Tingkat pendidikan formal orangtua, perhatian orang tua, prestasi belajar Pendidikan Agama Islam.
PENGARUH PEMBELAJARAN MICROTEACHING TERHADAP SIKAP PERCAYA DIRI MAHASISWA PLP II PRODI PAI IAIN KENDARI
Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : IAIN KENDARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31332/jpi.v4i1.6416

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Ingin tahu mengenai pembelajaran microteaching mahasiswa PLP II Prodi PAI IAIN Kendari; 2) Untuk mengetahui sikap percaya diri mahasiswa PLP II Prodi PAI IAIN Kendari ; 3) Ingin tahu perihal pengaruh pembelajaran microteaching terhadap sikap percaya diri mahasiswa PLP II Prodi PAI IAIN Kendari. Jenis penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan survey. Hasil penelitian ini adalah 1)  Pembelajaran microteaching mahasiswa PLP II Prodi PAI memeroleh rata-rata nilai 149.81 dengan prosentase 69,6 % termasuk dalam kategori sedang. 2) Sikap percaya diri mahasiswa Prodi PAI memeroleh rata-rata nilai 119.81 dengan prosentase 73,9 % termasuk dalam kategori sedang. 3) Pembelajaran microteaching punya pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap percaya diri mahasiswa PLP II Prodi PAI IAIN Kendari sebesar 30,6 % dan sisa 69,4 % dipengaruhi hal lain yang bukan skop penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 6