cover
Contact Name
Rahmat Syah
Contact Email
jurnal.vijjacariya@stabn-sriwijaya.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.vijjacariya@stabn-sriwijaya.ac.id
Editorial Address
Jalan Edutown BSD City Serpong, Pagedangan, Kec. Pagedangan, Tangerang, Banten 15339
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
VIJJACARIYA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis
ISSN : 24426016     EISSN : 29855284     DOI : -
Vijjacariya Journal is a journal that contains Buddhist religious and religious education. The theme raised relates to the Development of Buddhist Education and Education. Vijjacariya journal is published regularly 2 times a year. 1. Development of Buddhist Education and Education 2. Learn and teach Buddhism 3. Development of Buddhist curriculum 4. Buddhist religious education technology 5. Evaluation of Buddhist religious education
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2020): June 2020" : 1 Documents clear
Perundungan Verbal Siswa SD Punna Karya Tengerang Medha Sucarita
Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis Vol 7, No 1 (2020): June 2020
Publisher : STABN Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali fenomena perundungan verbal di SD Punna Karya Tangerang yang dipicu oleh keragaman karakteristik individu dan dinamika sosial di antara siswa. Variabilitas dalam sifat dan perilaku siswa, termasuk kecemburuan akibat perbedaan perhatian dari guru, teman, serta disparitas prestasi akademik, menciptakan kondisi yang memungkinkan perundungan terjadi. Studi ini juga memperhatikan faktor-faktor lain seperti kebutuhan akan perhatian, kurangnya pemahaman, kesulitan dalam mengendalikan emosi, masalah keluarga, dan perbedaan fisik yang berkontribusi pada perilaku perundungan. Pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kasus digunakan untuk mengkaji permasalahan ini, dengan kepala sekolah, wali kelas, dan siswa sebagai informan. Data dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, dengan keabsahan yang diamankan melalui teknik seperti triangulasi dan pemeriksaan silang. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perundungan verbal di SD Punna Karya Tangerang manifes dalam bentuk ucapan kasar, kebohongan, ejekan, dan lainnya. Penyebab perundungan mencakup imitasi, kebutuhan akan perhatian, kesalahpahaman, pengaruh lingkungan, serta faktor pribadi seperti kecemburuan. Dampak perundungan ini terasa oleh pelaku, korban, guru, dan sekolah secara keseluruhan. Untuk mengatasi masalah ini, telah dilakukan intervensi oleh pihak sekolah dan guru dengan dukungan konsep-konsep buddhisme

Page 1 of 1 | Total Record : 1