cover
Contact Name
Rahmat Syah
Contact Email
jurnal.vijjacariya@stabn-sriwijaya.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.vijjacariya@stabn-sriwijaya.ac.id
Editorial Address
Jalan Edutown BSD City Serpong, Pagedangan, Kec. Pagedangan, Tangerang, Banten 15339
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
VIJJACARIYA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis
ISSN : 24426016     EISSN : 29855284     DOI : -
Vijjacariya Journal is a journal that contains Buddhist religious and religious education. The theme raised relates to the Development of Buddhist Education and Education. Vijjacariya journal is published regularly 2 times a year. 1. Development of Buddhist Education and Education 2. Learn and teach Buddhism 3. Development of Buddhist curriculum 4. Buddhist religious education technology 5. Evaluation of Buddhist religious education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2021): December 2021" : 5 Documents clear
Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten Dengan Permainan Seni Peran Lalita Vistari
Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis Vol 8, No 2 (2021): December 2021
Publisher : STABN Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah mahasiswa merasa malu dan takut berbahasa Inggris dikarenakan mereka tidak terbiasa menggunakan bahasa Inggris, takut salah pengucapan, tidak terbiasa atau tidak nyaman berbicara menggunakan bahasa Inggris. Mahasiswa terbiasa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah dalam lingkungan kelas dan ketika berada di komunitasnya. Hal ini dikarenakan kosakata mahasiswa tidak banyak, yang mengakibatkan hanya beberapa mahasiswa yang berbicara menggunakan bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa STABN Sriwijaya melalui metode seni peran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam empat siklus dalam empat pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Semester II Jurusan Dharmaduta dan mahasiswa Semester II Jurusan Dharmacarya sejumlah 23 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas mahasiswa dan butir pertanyaan mengenai keterampilan berbicara mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode seni peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa Semester II Jurusan Dharmaduta dan Semester II Jurusan Dharmacarya. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata skor, di mana rata-rata pre-test sebesar 50,81 (kategori kurang); rata-rata skor pada siklus I adalah 59,39 (kategori cukup); rata-rata skor pada siklus II adalah 61,29 (kategori cukup); rata-rata skor pada siklus III adalah 64,54 (kategori cukup); dan rata-rata skor pada siklus IV adalah 66,84 (kategori baik). Seluruh mahasiswa menuntaskan permainan seni peran dan hasilnya dalam kategori baik di akhir siklus (post-test). Kosakata mahasiswa meningkat dan mulai berbicara mengunakan bahasa Inggris dengan percaya diri di depan teman-teman mereka.
Kepuasan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Buddha Terhadap Pelayanan Teknologi dan Sistem Informasi Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha di Tangerang Heriyanto Heriyanto
Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis Vol 8, No 2 (2021): December 2021
Publisher : STABN Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah kepuasan mahasiswa program studi Pendidikan Agama Buddha (Prodi PAB) terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB) di Tangerang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kepuasan mahasiswa Prodi PAB terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi PTKB di Tangerang. Penelitian juga bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan mahasiswa Prodi PAB terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi ke dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi PAB pada PTKB di Tangerang yang berjumlah 86 orang. Objek penelitian adalah kepuasan mahasiswa Prodi PAB terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang dilakukan dengan teknik nontes menggunakan kuesioner. Lokasi penelitian yaitu pada Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten (STABN Sriwijaya) dan Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Dharma Widya. Kuesioner menggunakan empat klasifikasi berdasarkan skala Likert. Teknik analisis data dengan teknik statistik deskriptif menggunakan nilai rata-rata (mean) dan standar deviasi. Hasil penelitian menyatakan kepuasan mahasiswa Prodi PAB terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi PTKB di Tangerang sebesar 77,28%. Interpretasi yang didapat dengan mencari interval skor persen berdasarkan skala Likert menyatakan 77,28% termasuk dalam kategori sangat puas. Tingkat kepuasan mahasiswa sebesar 14,00% dalam kategori tinggi, 79,00% kategori sedang, dan 7,00% dalam kategori rendah. Tingkat kepuasan mahasiswa Prodi PAB terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi PTKB di Tangerang untuk dimensi tangible sebesar 79,51%, dimensi reliability sebesar 76,82%, dimensi responsiveness sebesar 77,17%, dimensi assurance 77,42%, dan untuk dimensi emphaty sebesar 75,56%.
Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha Materi Candi Buddha Di Indonesia Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Bagi Siswa Kelas Iv Sd Kecil Hampang Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 Budhi Santoso
Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis Vol 8, No 2 (2021): December 2021
Publisher : STABN Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru mengajar, aktivitas siswa, dan hasil belajar materi candi Buddha di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Kecil Hampang Kabupaten Balangan yang berjumlah enam orang terdiri dari 2 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Data yang disajikan dalam penelitian ini adalah data kualitatif deskriptif berupa observasi guru mengajar, aktivitas siswa belajar, dan nilai hasil belajar siswa. Data digali dari hasil tes masing-masing pertemuan dengan format penilaian. Analisis hasil tes menggunakan indikator ketuntasan belajar berupa nilai KKM Pendidikan Agama Buddha (PAB) Kelas IV SD Kecil Hampang Kabupaten Balangan, yaitu 80% siswa memperoleh nilai 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kegiatan guru dalam memfasilitasi proses pembelajaran, aktivitas siswa dalam belajar, dan hasil belajar materi candi Buddha di Indonesia kelas IV SD Kecil Hampang Kabupaten Balangan. Peningkatan tersebut terlihat pada pertemuan ke-2 pada siklus II masing-masing variabel berupa kegiatan guru mengajar mencapai nilai 84 dan hasil rata-rata hasil belajar secara klasikal mencapai nilai 92,5 berada di atas nilai rata-rata ketuntasan pembelajaran PAB di kelas IV SD Kecil Hampang Kabupaten Balangan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru hendaknya menggunakan model pembelajaran picture and picture dalam mengajarkan candi Buddha di Indonesia.
Makna Simbolik Barang Persembahan Pada Altar Dewa-Dewi Di Kelenteng Liong Hok Bio Kota Magelang Agus Subandi
Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis Vol 8, No 2 (2021): December 2021
Publisher : STABN Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The offerings at the gods altar in the Liong Hok Bio temple consisted of various drinks and foods. These offerings will be periodically replaced with new offerings. This study aimed to describe the form of offerings on the gods altar in the Liong Hok Bio temple, Magelang City and analyze the symbolic meaning of the offerings at the gods altar in the Liong Hok Bio temple, Magelang City. This research used a qualitative study approach with case study model. The results showed that the form of offerings at the gods altar in the Liong Hok Bio temple, Magelang City were the objects which placed at the altar. The symbolic meaning which presented at the gods altar in the Liong Hok Bio temple, Magelang City was as a form of worshiping ancestors and gods, but in practice everything goes according to the karma that has been done, and the request will be reached if the good karma has supported.
Validitas Konstruk Instrumen Fraud Diamond Ahsanul Khair Asdar
Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis Vol 8, No 2 (2021): December 2021
Publisher : STABN Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen fraud diamond dengan dimensi tekanan (pressure), peluang (opportunity), rasionalisasi (rationalization), dan kemampuan (capability) berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Wolfe dan Hermanson (2004). Responden yang dilibatkan di dalam penelitian ini adalah 230 orang mahasiswa dari beberapa universitas di Indonesia. Pengembangan instrumen fraud diamond dilakukan dengan memperhatikan validitas isi dan validitas konstruk. Validitas isi diuji oleh dua orang pakar dengan melihat kesesuaian 54 butir pernyataan terhadap indikator yang diwakili menggunakan skala Likert termodifikasi (skala empat) dengan skor 1-4. Pengujian validitas isi dilakukan dengan menggunakan model Gregory. Hasil analisis menghasilkan koefisien validitas isi sebesar 0,778 0,75 yang berarti bahwa instrumen fraud diamond valid secara isi. Sementara validitas konstruk diuji menggunakan analisis faktor dengan pendekatan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil analisis menunjukkan jumlah butir pernyataan yang dinyatakan valid sebanyak 48 butir dengan Construct Reliability sebesar 0,7404 atau Variance Extracted sebesar 0,0636 untuk model pengukuran, sementara untuk model struktural diperoleh Construct Reliability sebesar 0,952 dan Variance Extracted sebesar 0,832. Dimensi dengan kontribusi tertinggi adalah dimensi tekanan (pressure) dan dimensi rasionalisasi (rationalization).

Page 1 of 1 | Total Record : 5