cover
Contact Name
Rahmat Syah
Contact Email
jurnal.vijjacariya@stabn-sriwijaya.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.vijjacariya@stabn-sriwijaya.ac.id
Editorial Address
Jalan Edutown BSD City Serpong, Pagedangan, Kec. Pagedangan, Tangerang, Banten 15339
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
VIJJACARIYA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis
ISSN : 24426016     EISSN : 29855284     DOI : -
Vijjacariya Journal is a journal that contains Buddhist religious and religious education. The theme raised relates to the Development of Buddhist Education and Education. Vijjacariya journal is published regularly 2 times a year. 1. Development of Buddhist Education and Education 2. Learn and teach Buddhism 3. Development of Buddhist curriculum 4. Buddhist religious education technology 5. Evaluation of Buddhist religious education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2022): June 2022" : 5 Documents clear
Pengaruh Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha Di Sma Perguruan Buddhi Devi Meilani
Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis Vol 9, No 1 (2022): June 2022
Publisher : STABN Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemandirian belajar adalah usaha siswa untuk melakukan kegiatan belajar secara sendiri-sendiri atau mandiri berdasarkan niat/inisiatifnya sendiri tanpa bergantung pada orang lain untuk menguasai kompetensi yang diinginkan untuk memecahkan masalah. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan berpikir kreatif siswa dan pola asuh orang tua berpengaruh terhadap kemandirian belajar pada pembelajaran pendidikan agama Buddha di SMA Perguruan Buddhi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterampilan berpikir kreatif siswa dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar pada pembelajaran pendidikan agama Buddha di SMA Perguruan Buddhi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain non eksperimen yaitu ex post facto. Penelitian ini menggunakan metode proportional stratified random sampling. Responden penelitian ini adalah 130 siswa kelas X dan XI SMA Perguruan Buddhi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang valid dan reliabel. Uji prasyarat normalitas menggunakan residual dengan Kolmogorov-Smirnov menunjukkan data berdistribusi normal (nilai 1,080 dan signifikansi 0,194). Uji linieritas menunjukkan bahwa X1 berpengaruh linier terhadap Y (F = 0,730 dan signifikansi = 0,836), X2 berpengaruh linier terhadap Y (F = 1,231 dan signifikansi = 0,241). Dengan demikian, variabel independen dalam penelitian memiliki pengaruh linier terhadap variabel dependen. Uji multikolinearitas menunjukkan tidak ada hubungan antar variabel bebas (nilai VIF X1 dan X2 1,004 lebih kecil dari 10). Hasil uji heteroskedastisitas menunjukkan signifikansi korelasi independen X1 = 0,803 dan X2 = 0,808. Dengan demikian, tidak terjadi heteroskedastisitas pada model regresi. Hasil uji autokorelasi menunjukkan nilai DW sebesar 2,170 (antara dU = 1,7449 dan (4-dU) = 2,2551). Dengan demikian, tidak ada autokorelasi dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji prasyarat, data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis data dengan menggunakan SPSS versi evaluasi 15.0 for windows menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dan pola asuh orang tua berpengaruh terhadap kemandirian belajar pada pembelajaran pendidikan agama Buddha di SMA Perguruan Buddhi (F = 88,858 dan nilai signifikansi = 0,000). Persamaan regresi linier berganda adalah Y = 51,521 + 1,258X1 - 0,408X2. Sumbangan kemampuan berpikir kreatif dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar sebesar 58,3%. Hasil analisis regresi parsial adalah: (1) kemampuan berpikir kreatif berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa jika pola asuh orang tua dikontrol (t = 12,929 dan nilai signifikansi = 0,000); (2) pola asuh orang tua berpengaruh terhadap kemandirian belajar jika keterampilan berpikir kreatif dikontrol (t = 2,423 dan nilai signifikansi = 0,017).
Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran Di Tk Punna Karya Ici Kristina
Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis Vol 9, No 1 (2022): June 2022
Publisher : STABN Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah belum adanya deskripsi yang komprehensif tentang dampak pandemi Covid-19 terhadap pembelajaran di TK Punna Karya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak pandemi Covid-19 terhadap pembelajaran di TK Punna Karya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah orang tua murid TK Punna Karya, guru, dan TK Punna Karya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Mei 2021. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data meliputi credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Dampak pandemi Covid-19 terhadap orang tua, guru, dan anak di TK Punna Karya berasal dari; perlakuan orang tua murid yaitu (a) anak harus menuruti aturan dari orang tua, (b) tidak terlalu memanjakan anak, (c) Ikut belajar bersama anak, (d) Kurang sabar saat mendampingi anak belajar, (e) Kurang mendampingi anak saat belajar, (f) Nada bicara orang tua meninggi dan mengancam anak. (2) Dampak pandemi Covid-19 terhadap pembelajaran di TK Punna Karya yaitu; (a) kemandirian anak ini seperti anak bisa mandiri, (b) kurang mandiri, (c) duduk rapih, (d) disiplin, (e) anak dapat merapikan mainan nya. (3) Upaya Untuk Mengatasi Dampak pandemi Covid-19 terhadap pembelajaran di Punna Karya, upaya dari orang tua yaitu; (a) memberi tahu anak, (b) mendampingi anak, (c) bersabar dalam mendampingi anak belajar, (d) menyediakan makanan kesukaan anak, (e) membatasi anak dalam bermain handphone, (f) belajar sambil bermain, dan (g) dikasih iming-iming. Adapun upaya dari guru untuk orang tua yaitu; (a) memberikan surat resmi dari sekolah kepada orang tua murid mengenai pembelajaran daring, (b) memberikan kelonggaran waktu pengumpulan tugas, (c) membagikan materi sebelum hari pembelajaran kepada orang tua, (d) mengadakan kelas malam untuk orang tua yang sibuk bekerja, (e) memberikan video pembelajaran, danĀ  (f) mengadakan kelas tambahan bagi.
Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Motivasi Siswa ke Sekolah Minggu Buddha Giri Metta Virya Jepara Kurnia Wati
Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis Vol 9, No 1 (2022): June 2022
Publisher : STABN Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran kooperatif adalah penggunaan kelompok kecil dalam pengajaran yang membuat siswa bekerja sama untuk memaksimalkan belajar dalam kelompok. Pembelajaran ini dipadukan dengan tipe jigsaw yang dapat membantu siswa mengembangkan pemahaman dan sikap yang sesuai dengan kehidupan nyata melalui kerjasama dengan tujuan meningkatkan tanggung jawab kelompok dan motivasi siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa SMB PAUD hingga SMP dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah minggu Buddha Giri Metta Virya Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus dan empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik non tes dan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap UKM, berdasarkan hasil perolehan data siklus I motivasi belajar siswa sebesar 33% dan hasil angket observasi guru sebesar 55%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 38% dan observasi guru sebesar 56%. Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah minggu Buddha Giri Metta Virya.
Pengaruh Kemandirian Belajar dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Dan Xi di SMK Ariya Metta Melinia Luky Listiara; Ahsanul Khair Asdar; Muawanah Muawanah
Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis Vol 9, No 1 (2022): June 2022
Publisher : STABN Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan atau kemahiran seseorang untuk menilai, memecahkan masalah, mengambil keputusan, memberikan keyakinan, dan menganalisis asumsi berdasarkan bukti secara ilmiah dan rasional yang dapat dipastikan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah belum ditemukannya dampak kemandirian belajar dan minat baca terhadap kemampuan berpikir kritis siswa X dan XI SMK Ariya Metta tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kemandirian belajar dan minat baca terhadap kemampuan berpikir kritis siswa X dan XI SMK Ariya Metta tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMK Ariya Metta yang berjumlah 116 siswa. Analisis data menunjukkan bahwa kemandirian belajar dan minat baca berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X dan XI SMK Ariya Metta tahun ajaran 2020/2021 (F= 35,488 dan nilai signifikansi = 0,000). Persamaan regresi linier berganda yang dicapai adalah Y= 24,718 + 0,436X1 - 0,261X2. Kontribusi kemandirian belajar dan minat baca terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 38,6%. Hasil analisis regresi parsial yaitu: (1) kemandirian belajar berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis jika variabel minat baca dikontrol (t= 4,247 dan nilai signifikansi= 0,000); (2) Minat membaca berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis jika variabel belajar mandiri dikontrol (t= 3,028 dan nilai signifikansinya = 0,003).
Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Minat Membaca Terhadap Literasi Informasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Ariya Metta Tangerang Regga Juniawan
Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis Vol 9, No 1 (2022): June 2022
Publisher : STABN Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Literasi informasi adalah kemampuan seseorang dalam mendapatkan, mengelola dan menggunakan informasi secara tepat, selektif dan efektif. Kemampuan mengevaluasi informasi dan menggunakannya secara efektif serta pemahaman infrastruktur teknologi dalam transfer informasi kepada orang lain. Literasi informasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti penggunaan media sosial dan minat baca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan minat baca terhadap literasi informasi siswa di SMP Ariya Metta Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Responden penelitian ini adalah 141 siswa dari kelas VII sampai IX yang diambil secara acak. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik sampling simple random sampling. Data penggunaan media sosial, minat baca, dan literasi informasi diperoleh melalui penggunaan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh penggunaan media sosial dan minat baca terhadap literasi informasi siswa di SMP Ariya Metta Tangerang dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan sumbangan pengaruh variabel penggunaan media sosial dan minat baca terhadap variabel literasi informasi siswa adalah 98,4%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5