cover
Contact Name
Yola Eka Putri
Contact Email
yola@konselor.org
Phone
+627518970975
Journal Mail Official
info@iicet.org
Editorial Address
Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET) Address: Jl. Bunda I No. 19 Padang - West Sumatera - Indonesia 25131 Telp. +62751 8970975| Email: jurnal@iicet.org
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling
ISSN : 25483234     EISSN : 25483226     DOI : https://doi.org/10.23916/083344011
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling (ISSN-elektronict: 2548-3226 and ISSN-print: 2548-3234) first published in December 2016 is a peer-reviewed scientific International open access journal. The journal previously published by Indonesian Counselor Association and from Volume 2 issue 2 2017 published by Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET) in colaboration with Indonesian Counselor Association. The journal is dedicated to publishing articles concerned with research, theory, or program applications pertinent to school counseling and people who have interests in all areas of counseling and school development. The aim of this journal is to give design and support for school counselor efforts to help students focus on academic, career and social/emotional development so they achieve success in school and are prepared to lead fulfilling lives as responsible members of society.
Articles 96 Documents
Konseling Kelompok Analisis Transaksional dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 5, No 1 (2020): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling
Publisher : Indonesian Counselor Association (IKI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23916/08445011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok analisis transaksional dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal pada mahasiswa bimbingan dan konseling (calon konselor). Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen one-group pretest-postest dengan subjek 9 mahasiswa calon konselor yang teridentifikasi sebagai mahasiswa yang memiliki keterampilan komunikasi interpersonal rendah. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala keterampilan komunikasi interpersonal. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan tingkat keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa sebelum dan sesudah mendapatkan intervensi konseling kelompok analisis transaksional. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji statistic Wilcoxon. Intervensi konseling kelompok analisis transaksional dapat meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa calon konselor
Penerapan Teknik Art Therapy untuk Mengurangi Kecemasan Sosial terhadap Korban Cyberbullying
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 5, No 2 (2020): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling
Publisher : Indonesian Counselor Association (IKI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23916/08774011

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik art therapy untuk mengurangi kecemasan sosial terhadap korban cyberbullying. Teknik art therapy adalah sebuah teknik terapi dengan menggunakan media seni, proses kreatif, dan hasil dari seni untuk mengeksplorasi perasaan, konflik emosi, meningkatkan kesadaran diri, mengontrol perilaku, mengembangkan kemampuan sosial, meningkatkan orientasi realitas, mengurangi kecemasan dan meningkatkan penghargaan diri. Art therapy adalah sebuah proses penyembuhan yang dilakukan dengan membuat sebuah karya seni yang kreatif. Proses penyembuhan ini berguna dalam meningkatkan kualitas kehidupan. Art therapy sangat membantu dalam mengatasi gangguan emosi, menyelesaikan konflik, menambah wawasan, mengurangi perilaku bermasalah, serta meningkatkan kebahagiaan hidup.
Penggunaan Kromoterapi Dalam Konseling Untuk Penanganan Kejenuhan Belajar Siswa Pada Era Revolusi Industri 4.0
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 4, No 2 (2019): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling
Publisher : Indonesian Counselor Association (IKI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23916/08407011

Abstract

Perkembangan revolusi industri pada dasarnya membawa permasalahan tertentu yang dapat mengganggu kehidupan siswa terutama di sekolah. Salah satu permasalahan yang dimaksud adalah kejenuhan belajar. Dalam menghadapi hal tersebut maka diperlukan jalan keluar serta alternatif penyelesaian masalah yang tepat dan efisien dalam menghadapi kondisi tersebut. Salah satu bentuk penyelesaian permasalahan tersebut adalah kromoterapi atau terapi warna yang dapat dimanfaatkan dalam pelaksanaan konseling di sekolah
Menumbuh kembangkan Kreativitas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 3, No 2 (2018): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling
Publisher : Indonesian Counselor Association (IKI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23916/08433011

Abstract

Kreativitas, siswa, dunia pendidikan, prestasi belajar memiliki hubungan yang sangat erat, dalam hal ini objek yang paling utama yaitu siswa tersebut, dimana siswa dapat mencapai hasil prestasi yang membanggakan dengan berbagai unsur atau factor salah satunya dapat berupa pengungkapan diri kreativitas pada siswa tersebut. Jika di kaji maka kreativitas itu dapat dikatakan sebagai pemecahan masalah bagi siswa dalam hal pembelajaran sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh siswa. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh siswa dalam mewujudkan kreativitas dalam mencapai hasil prestasi belajar siswa, dalam hal-hal kecil pun bisa dilakukan oleh siswa, seperti penggunaan catatan pelajaran, penghafalan rumus dengan cara yang disesuaikan dengan tipe belajar siswa, penggunaan waktu belajar dan aktivitas yang bisa membuat efektif antara waktu belajar dan aktivitas lainnya. Kreativitas yang dapat dilakukan oleh siswa dapat berdampak dengan hasil belajar siswa yang membanggakan, sehingga dapat dikatakan bahwa siswa itu memiliki prestasi dalam belajar, dengan bukti siswa mendapatkan nilai yang memuaskan yang sesuai dengan proses pembelajaran selama dilakukan oleh siswa. Peroleha nilai atau tindakan dan sikap siswa yang baik memang merupakan bukti bahwa prestasi tersebut telah dicapai oleh siswa, maka dari itu kreativitas memiliki peranan dalam hal prestasi belajar.  Sedangkan dalam segi belajar, siswa dapat dikatakan memiliki prestasi apabila sikap dan tingkah lakunya itu terjadi perubahan yang maju atau baik dari sebelumnya, maka dari itu apa yang dinamakan belajar dapat dikatakan berhasil.
Strategies to Improve Career Planning for Middle School Students
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 6, No 2 (2021): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling
Publisher : Indonesian Counselor Association (IKI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23916/08934011

Abstract

This article discusses strategies to improve career planning for middle high school students. Currently, some of the IX middle high school students are having problems in planning their careers. There are still students who don't know where they will go after graduation. There are students who after graduation choose schools at random, based on the choice of their parents or with friends. Here it can be seen that there is no contribution from the student's interests, talents, and desires. Therefore, it is very necessary to have career planning as a process of choosing a career direction, taking into account the opportunities, constraints, and options to achieve the desired career goals according to the potential of students such as talents, interests, intelligence with consultations between counseling teachers, students, and parents or in the form of an instrument. So, it is hoped that counseling teachers at schools have strategies in improving, developing, and directing junior high school students in career planning, and there is nothing wrong in choosing a career for their future.
Upaya menigkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui pemberdayaan kegiatan kelompok kerja
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 4, No 1 (2019): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling
Publisher : Indonesian Counselor Association (IKI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23916/08396011

Abstract

The phenomenon in the field illustrates that the existence of the working group or forum has not yet provided a significant contribution to the improvement of teacher competency. Various obstacles faced by teachers, principals, and supervisors currently in an effort to create active and effective activity groups. The purpose of this study is to describe efforts to improve teacher competency in developing learning implementation plans through empowering teacher working group activities. This type of research is the principal's action research. The data analysis technique was analyzed descriptively using the percentage formula. Based on the results of the study it was found that: 1) To improve competence in the learning process carried out through empowering competency activities in the learning process carried out through empowering teacher working group activities on a regular basis as much as 2 cycles, each cycle of 2 meetings, each meeting to make four stages of the planning activities, the implementation of actions, observations and reflections. 2) Observation is carried out by the principal as a collaborator supervisor, ending with reflection to see the positive and negative aspects as a basis for planning the next action in cycle 2. With clinical supervision, there is an increase in teacher competence at the beginning of activities 71.43% to 93.73% an increase of 22.30%.
Kondisi Kehidupan Wanita Single Parent
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 3, No 1 (2018): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling
Publisher : Indonesian Counselor Association (IKI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23916/08425011

Abstract

Masalah yang akan dikaji dalam hal ini, yaitu bagaimana kondisi kehidupan wanita single parent sebelum menjadi single parent? Sebelum membahas masalah tersebut maka akan dijelaskan terlebih dahulu apa itu single parent. Single parent adalah seseorang yang mengalami kehilangan pasangan disebabkan karena, perceraian dan ditinggal mati oleh pasangan. Sager, Ada 2 macam bentuk single parent yaitu 1) Single Parent Mother yaitu ibu sebagai seorang orangtua tunggal harus menggantikan peran ayah sebagai kepala keluarga, pengambil keputusan, pencari nafkah disamping perannya sebagai mengurus rumah tangga, membesarkan, membimbing dan memenuhi kebutuhan psikis remaja. 2) Single Parent Father yaitu ayah sebagai orangtua tunggal harus menggantikan peran ibu sebagai pengurus rumah tangga yang mengerjakan pekerjaan rumah tangga, di samping perannya sebagai kepala rumah tangga
Dasar, Aplikasi dan Permasalahan Guru BK di Sekolah
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 6, No 2 (2021): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling
Publisher : Indonesian Counselor Association (IKI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23916/08884011

Abstract

Pada institusi pendidikan banyak guru BK yang memiliki permasalahan hingga hambatan yang menyebabkan tidak efektifnya proses bimbingan dan konseling di sekolah. Keadaan ini disebabkan factor internal dan eksternal yang menjadi pengahalang bagi guru BK dalam menjalankan bimbingan dan konseling di sekolah. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis terhadap dasar, aplikasi dan permasalahan guru BK di sekolah. Metode pengumpulan data yang di gunakan pada artikel ini adalah kajian Pustaka. Metode yang digunakan untuk pengkajian ini studi literatur. Data yang diperoleh dikompulasi, dianalisis dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan mengenai dasar, aplikasi dan permasalahan guru BK di sekolah serta solusi yang mampu menurunkan sebagian masalah yang sama terkait dengan permasalahan guru di sekolah. Aplikasi terhadap permasalahan guru BK di sekolah adalah guru bk dapat mengembangkan potensi dirinya dalam menunjang layanan BK di sekolah sehingga guru BK dapat memberikan afektifitas yang positif dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif serta mampu memberikan kontribusi terhadap pengembangan potensi serta pembentukan karakter peserta didik.
Implementasi Teknik Self Management: Efektifitas dalam Pengembangan Karakter Kemandirian Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 7, No 1 (2022): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling
Publisher : Indonesian Counselor Association (IKI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23916/081998011

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik Self Management dalam mengembangkan karakter kemandirian pada siswa SMK. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan One Group Pretest Posttest Design, dimana subjek dalam penelitian ini diberikan instrumen sebanyak 2 kali yaitu sebelum perlakuan (pretest) dan setelah perlakuan (posttest). Analisis data kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji statistik dengan uji t dengan uji sampel berpasangan. Pengaruh tersebut terlihat dari peningkatan skor Skala Kemandirian (SKD) siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan Teknik Manajemen Diri. Hal ini dikarenakan langkah-langkah Teknik Self Management bertujuan untuk meningkatkan
The Contribution of Self-Control towards Student Smartphone Addiction
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 5, No 1 (2020): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling
Publisher : Indonesian Counselor Association (IKI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23916/08620011

Abstract

The presence of smartphones has caused major changes in human life, including among students. This causes the problem of smartphone addiction in students which causes their daily life to be disrupted. This study aims to reveal the contribution of self-control towards student smartphone addiction. This study was descriptive quantitative, and the data were analyzed by using a simple linear regression. The population in this study was 33480 students of undergraduate program at Universitas Negeri Padang in 2015-2019 academic year. The sample of this study was 400 students taken by using the Proportional Random Sampling technique. The research instrument used was the self-control and smartphone addiction scale with a Likert scale model. The research findings revealed that self-control gives an effective contribution towards the student smartphone addiction at Univeristas Negeri Padang as many as 30.1%.

Page 1 of 10 | Total Record : 96