cover
Contact Name
Muhammad Hasan Asnawi
Contact Email
maxima@iaida.ac.id
Phone
+6285745058551
Journal Mail Official
maxima@iaida.ac.id
Editorial Address
Pon.Pes. Darussalam Blokagung 002/004 Karangdoro Tegalsari Banyuwangi Jawa Timur-68491 Hp. 081234799076
Location
Kab. banyuwangi,
Jawa timur
INDONESIA
MAXIMA
ISSN : -     EISSN : 30263832     DOI : https://doi.org/10.30739/maxima.v1i1.2495
Core Subject : Education,
About the Journal MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika is a peer-reviewed open-access Nasional journal that aims to the sharing, dissemination, and discussion of current trends research results, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, teaching mathematics, development in mathematics instruction, innovations in mathematics learning, and current trends issue in mathematics education research. MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika welcomes research articles, literature reviews, book reviews from various Countries in the Word that have high-quality on all topics related to current trends issue in mathematics education research to publish in this journal. Submitted papers must be written in English dan Bahasa Indonesia for the initial review stage by editors and further review process by Nasional and international reviewer. This Journal will be published two-issue per year in July and January. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. Each author is solely responsible for the content of published articles. MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika published by Faculty of Teacher Training and Education of Institut Agama Islam Darussalam Blokagung, Karangdoro, Tegalsari, Banyuwangi, East Java, Indonesia with ISSN : 3026-3832 (media online)
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023): MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika" : 5 Documents clear
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Latifah, Umisari
MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2023): MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30739/maxima.v1i1.2369

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan dari model pembelajaran Numbered Head Togetherberbantu media ular tangga terhadap materi tabung . Dengan jenispenelitian deskriptif kuantitatif desain one shot case study. Populasisiswa kelas IX SMP Unggulan AL Madinahdan KelasIX-Bsebagai sampel.Instrumeninimenggunakantes. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu media ular tangga menunjukkan bahwa hasilnya efektif terhadap hasil belajar matematika siswa materi bangun ruang sisi lengkung sub bab tabung dengan rata-rata 75,75
Efektivitas Discovery Learning Berbasis Etnomatematika dengan Eksplorasi Rumah Adat Bangka Belitung Rahmawati, Sri
MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2023): MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30739/maxima.v1i1.2381

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran discovery learning berbasis etnomatematika dengan eksplorasi rumah adat Bangka Belitung pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian pre-experimental design dalam bentuk one-shot case study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes, lembar observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa; 1) rata-rata hasil belajar siswa mencapai 82,1 dengan persentase ketuntasan klasikal di atas KKM sebesar 76,66%, 2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran tergolong baik dengan skor rata-rata 81,25%, 3) aktivitas belajar siswa tergolong aktif dengan persentase skor sebesar 74,99%, dan 4) respon siswa terhadap pembelajaran mencapai 81,08% dengan kriteria sangat positif.
Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Learning Dengan Media Pembelajaran Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas Viii Mts Al Majidi Ahmad Sofiyullah; robisha zarifa ribaah; Felisa Asnawi; Ariyaningsih
MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2023): MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30739/maxima.v1i1.2490

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran probing prompting learning dengan media pembelajaran aplikasi GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan metode yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan metode tes, sedangkan analisis data menggunakan rumus presentase hasil pengamatan dan rumus presentase ketuntasan hasil belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII Mts Al Majidi Selodakon Tanggul pada tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 18 siswa. Terdapat dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu model pembelajaran probing prompting learning dengan bantuan aplikasi GeoGebra sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai siswa pada siklus 1 yaitu 72,2% dan Pada siklus 2 yaitu 100%. Persentase nilai hasil lembar kerja siswa setiap kali pertemuan yaitu 83,3% pada pertemuan 1 dan 100% pada pertemuan kedua. persentase guru dan siswa pada pertemuan pertama yaitu 93,3% Kemudian pada pertemuan selanjutnya meningkat menjadi 100%. sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran probing prompting learning dengan bantuan aplikasi GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada persamaan garis lurus.
Analisis Mendalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pendekatan Tantangan manfaat Qohar, Moh. Abdul Qohar; Muhammad Hasan Asnawi; Siti Maysaroh; ajizatul fitria
MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2023): MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30739/maxima.v1i1.2495

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan matematis siswa di salah satu Madrasah tsanawiyyah di kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Instrumen utama penelitian ini adalah diri sendiri, sedangkan instrumen pendukung berupa tes yang digunakan adalah 5 butir uraian tentang kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subyek dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas VIII. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualifikasi kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,73 dengan kategori baik. Adapun kualifikasi kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu sebanyak 27,27 % siswa kategori sangat baik, sebanyak 18,18 % kategori baik, sebanyak 27,27% siswa mencapai kategori cukup dan sebanyak 27,27% siswa kategori kurang. Berdasarkan pencapaian tiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperoleh sebanyak 90,90 % siswa mampu memahami masalah, sebanyak 86,40 % siswa mampu menyusun rencana penyelesaian, sebanyak 72,72% siswa mampu melaksanakan rencana penyelesaian, serta sebanyak 72,72% siswa mampu memeriksa kembali. Tantangan dari pemecahan masalah yaitu siswa terlatih memahami soal yang belum pernah dijumpainya sebelumnya dan siswa mempunyai ketrampilan menghasilkan informasi yang sesuai dengan permasalahan tersebut. Sedangkan manfaat dari pengalaman memecahkan masalah, antara lain adalah siswa menjadi (1) kreatif dalam berfikir; (2) kritis dalam menganalisa data, fakta dan informasi; (3) mandiri dalam bertindak dan bekerjaā€¯.
Analisis Self Efficacy Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Siswa: Self Efficacy Siswa Purnama Sari, Mega; Nur Azizah, Siti; M. Mahrus Asrori
MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2023): MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30739/maxima.v1i1.2510

Abstract

The background of this research is that there are students who do not like mathematics because students think mathematics is the most difficult subject in school. Many factors cause students to experience difficulties in learning mathematics so that they affect learning outcomes, both from within the student and from outside the student. This study aims to describe self-efficacy with high mathematical abilities, self-efficacy with moderate mathematical abilities, and self-efficacy with low mathematical abilities in solving mathematical problems. This research is a qualitative research. The subjects in this study were class VII students of SMP Nuris Jember, East Java. This study will analyze students' self-efficacy in solving social arithmetic math problems. Observations made are the results of student self-efficacy work and interviews with students. The collected settlement results will be analyzed using self-efficacy indicators. The results showed that the self-efficacy of students with high mathematical abilities could solve math problems well and meet all self-efficacy indicators. Students with moderate mathematical abilities can solve math problems well but only meet two indicators of self-efficacy, namely level and strength indicators. Students with low mathematical abilities have not been able to solve all the questions correctly and have not fulfilled all self-efficacy indicators.

Page 1 of 1 | Total Record : 5