cover
Contact Name
Hasan Syahrizal
Contact Email
hasansyahrizal311@gmail.com
Phone
+6282352818690
Journal Mail Official
hasansyahrizal311@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sederhana Lorong Lambang Sari No.959, RT 001 RW. 006, Kelurahan Tembilahan Hulu Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau, Indonesia
Location
Kab. indragiri hilir,
Riau
INDONESIA
QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
ISSN : 30255163     EISSN : 2987713X     DOI : https://doi.org/10.61104/jq.v1i2
QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora merupakan hasil penelitian orisinal, ide konseptual, dan kajian terkini dalam ruang lingkup Ilmu Sosial & Humaniora, yakni; Pendidikan, Ekonomi, Manajemen, Kebudayaan, Studi Agama, dan penelitian yang relevan. Artikel ilmiah Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dapat ditulis perorangan maupun ditulis secara tim dengan maksimal 5 (lima) orang penulis pada satu artikel ilmiah yang akan dipublikasikan pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, baik berafiliasi pada lembaga di lingkungan yang sama, maupun kolaborasi dari beberapa lembaga. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humainora adalah jurnal akses terbuka dan akses gratis (dan pendaftaran gratis). Penulis dapat mendaftar secara online di website dan tidak dipungut biaya apapun dari proses pendaftaran. Para penulis dari universitas atau yang diteliti dapat mengutip referensi dari jurnal ini dan memberikan manfaat bagi organisasi terkait. Jurnal ini memberikan kesempatan untuk berbagi wawasan mendetail dari akademisi dan praktisi terkait dengan masalah Ilmu Sosial & Humaniora. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humainora diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun yakni pada bulan Mei dan bulan November oleh Yayasan Pendidikan Dzurriyatul Quran. setiap artikel yang diterima akan direview oleh editor jurnal dan reviewer yang berkompeten di bidang masing-masing. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora akan menerbitkan artikel terpilih di bawah Creative Commons Attribution ShareAlike 4.0 International License.
Articles 40 Documents
Efektivitas Pembiayaan Bank Pembiayaan Rakyat Syari’ah (BPRS) Syarikat Madani Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Batam Hendri; Bahrul Ma'ani; Habriyanto
Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora Vol 1 No 1 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/jq.v1i1.13

Abstract

Usaha mikro kelompok menengah merupakan suatu sektor usaha yang dapat membantu pembangunan ekonomi nasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembiayaan BPRS syarikat madani yang diberikan kepada usaha mikro kecil menengah (UMKM) di kota batam. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu memberikan gambaran tentang suatu keadaan yang kompleks. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama BPRS syarikat madani berperan penting dalam perkembangan usaha mikro kecil menengah untuk masyarakat di kota batam, kedua pembiayaan yang disalurkan oleh BPRS syarikat madani untuk UMKM di kota batam berlangsung efektif, ketiga bank syariah memiliki berbagai macam kelebihan dan keunggulan dalam mengembangkan UMKM, namun dari berbagai kelebihan yang dimiliki bank syariah, bank syariah juga mempunyai kelemahan dan mempunyai kendala dalam mengembangkan UMKM seperti masalah sulitnya permodalan, SDM yang kurang berkualitas, kebijakan pemerintah yang lamban dan merugikan bank syariah, serta belum maksimalnya peran bank syariah, keempat bank syariah memberikan dampak positif terhadap perkembangan sektor riil, khususnya UMKM yang menjadi indicator kemajuan roda perekonomian Indonesia
Peran Konselor Pada Lingkungan Masayarakat Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Ardiansyah; Naufal Rabbani; Kimas Permadi; Muhammad Alridho Lubis
Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora Vol 1 No 1 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/jq.v1i1.47

Abstract

Konselor memiliki peran penting dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk membahas peran konselor dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba dengan pendekatan pencegahan dan pemulihan. Metode pencegahan meliputi penyuluhan dan advokasi tentang bahaya narkoba bagi masyarakat, terutama bagi remaja yang rentan terhadap pengaruh lingkungan yang negatif. Hasil penelitian ini tentang penanggulangan narkoba masyarakat, maka dalam pelaksanaan program perlu adanya koordinasi lintas disiplin, sekaligus konsisten dengan strategi HIAP yaitu kerjasama lintas disiplin, masyarakat memiliki peran penting dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, masyarakat mulai merespon secara positif dan berperan aktif dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, pelatihan konselor sebaya, pencegahan dan pengendalian narkoba anak, peran orang tua, dan peran konselor sudah mulai memberikan pengaruh yang baik, pemerintah hanya memberikan dukungan yang kuat untuk memastikan bahwa peran ini diambil oleh masyarakat secara keseluruhan
Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Hasan Syahrizal; M. Syahran Jailani
Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora Vol 1 No 1 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/jq.v1i1.49

Abstract

Penelitian ilmiah yang terdiri dari dua mazhab besar yang dipakai seluruh dunia adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif, dari dua mazhab ini termuat didalamnya beberapa jenis penelitian yang membantu para peneliti menyelesaikan permasalahan yang ditemukain. Tujuan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis penelitian pada penelitian kuantitatif dan kualitatif. Makalah ini menggunakan pendekatan kajian pustaka, dimana penulis mengumpulkan beberapa sumber buku dan artikel yang yang berkaitan dengan tema makalah ini. Hasil makalah ini dapat deskripsikan Pertama jenis-jenis dalam penelitian kuantitaitf diantaranya; metode deskriptif, metode komperatif, metode korelasi, penelitian survei, penelitian ex post facto, penelitian eksperimen, policy research, action research, penelitian evaluasi, metode kuasi experiment, metode subjek tungkal, Kedua jenis-jenis dalam penelitian kualitatif diantaranya penelitian studi kasus (case study), penelitian deskriptif, penelitian tindak kelas (class room action research), penelitian fenomenologi, penelitian etnograf, penelitian grounded theory, penelitian sejarah (history), penelitian hermeneutika, penelitian lapangan, analisis wacana
Kajian Literatur : Referensi Kunci, State Of Art, Keterbaruan Penelitian (Novelty) Dian Kurniati; M. Syahran Jailani
Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora Vol 1 No 1 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/jq.v1i1.50

Abstract

Kajian literatur adalah satu penelusuran dan penelitian kepustakaan dengan membaca berbagai buku, jurnal, dan terbitan- terbitan lain yang berkaitan dengan topik penelitian, untuk menghasilkan satu tulisan berkenaan dengan satu topik atau isyu tertentu. Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan referensi kunci, state of art, dan keterbaruan penelitian (novelty). Metode pengumpulan sumber pada makalah ini menggunakan literatur review pada buku dan artikel ilmiah yang terpublikasi secara online. Hasil review pada makalah ini dapat dideskripsikan bahwa pertama referensi kunci yakni Cara mengutip sebuah referensi atau sumber bacaan terdiri dari Kutipan Langsung, Kutipan tidak langsung (Parafris), Elipsis pada kutipan langsung ada bagian yang dihilangkan (tidak dikutip), dan Interpolasi cara membetulkan kesalahan yang terdapat dalam kutipan dengan menambah (sic!) setelah kata yang salah dan memperbaikinya langsung. kedua State of The Art penelitian adalah perengkuhan hasil tertinggi dan maksimal dari sebuah pengembangan. Ketiga keterbaruan penelitian (novelty) adalah unsur kebaruan atau temuan dari sebuah penelitian
Memahami Etika Dalam Penelitian Ilmiah Saidin; M. Syahran Jailani
Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora Vol 1 No 1 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/jq.v1i1.51

Abstract

Etika dalam penelitian ilmiah merupakan suatu konsep dasar yang harus ditanamkan oleh para peneliti dalam menyelesaikan penelitian, baik sebagai tugas akhir sarjana dan pascasarjana, sehingga dapat memberikan warna baru dalam karya-karya yang dihasilakn. Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan etika dalam penelitian ilmiah. Pendekatan makalah ini menggunakan pendekatan studi literature, yakni kajian kepustakaan yang mengumpulkan beberapa referensi lalu diambil bagian-bagian yang dianggap relevan dengan tema malah. Hasil makalah ini Pertama etika dalam penelitian yakni kejujuran, objektivitas, integritas, ketepatan, tanggung jawab sosial, publikasi terpercaya, kompetisi, legalitas. Kedua etika peneliti pada responden, asisten dan klien yakni etika peneliti pada responden, etika peneliti pada asisten, etika peneliti pada klien, Ketiga pelanggaran etika dalam penelitian yakni fabrikasi, falsifikasi, plagiarime. Peneliti merekomendasikan kepada para peneliti untuk dapat memperhatikan etika-etika dalam penelitian sebagaimana yang telah penulis uraikan dalam makalah ini, sehingga dapat menjadikan karya yang layak untuk dipublikasikan.
Jenis Jenis Penelitian Ilmiah Kependidikan Getar Rahmi Pertiwi; Risnita; M. Syahran Jailani
Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora Vol 1 No 1 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/jq.v1i1.59

Abstract

Setiap permasalahan pada lembaga pendidikan yang ingin diungkap dan diberikan solusi melalui penelitian ilmiah dapat dilakukan dengan jenis-jenis penelitian yang berbebda-beda yang sejalan dengan masalah yang ditemukan. Tujuan makalah ini untuk mengetahui jensi-jenis penelitian. Pendekatan dalam makalah ini menggunakan studi kepustakaan dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, berupa buku-buku dan artikel ilmiah yang berkaitan dengan tema makalah ini, teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari kajian ini yang berkaitan dengan jenis-jenis penelitian dapat diuraikan bahwa jenis-jenis penelitian terdiri dari penelitian eksperimen, noneksperimen: design kausal komparatif, noneksperimen: design korelasional, studi kasus, etnografi, grounded theory, fenomenology, etnografi, mixed methods, research and development, design based research, dan evaluasi program
Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah Dedi Susanto; Risnita; M. Syahran Jailani
Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora Vol 1 No 1 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/jq.v1i1.60

Abstract

Keabsahan suatu data dalam penelitian merupakan faktor penting dalam penelitian ilmiah. Tujuan makalah ini untuk mengetahui teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ilmiah. Pendekatan dalam makalah ini menggunakan studi kepustakaan dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, berupa buku-buku dan artikel ilmiah yang berkaitan dengan tema makalah ini, teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari kajian ini dapat diuraikan bahwa dalam teknik pemeriksaan keabsahan data terdiri dari triangulasi data yang meliputi (1) triangulasi metode, (2) triangulasi antarpeneliti (jika penelitian dilakukan dengan kelompok), (3) triangulasi sumber data, dan (4) triangulasi teori, sedangkan yang dapat digunakan untuk menilai keabsahan data pada suatu penelitian kualitatif yakni (1) credibility (derajat kepercayaan), (2) transferability (keteralihan), (3) dependability (kebergantungan), (4) confirmability (kepastian), (5) authenticity (keaslian)
Peran Kepemimpinan Kyai di Pondok Pesantren : (Studi di Pondok Pesantren Sa’aadatuddaraein Suhada Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau) Zipi; Kafrawi; Mulyadi
Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora Vol 1 No 2 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/jq.v1i2.63

Abstract

Kyai merupakan sosok penting pada lingkungan pondok pesantren, dikarenakan seluruh penyelenggaraan pesantren terpusat kepadanya. Peran kepemimpinan kyai dipondok pesantren sangat penting dalam membina dan memajukan pondok pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran kepemimpinan kyai di pondok pesantren. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan informan kunci adalah kyai selaku pimpinan dipondok pesantren, sedangkan guru dan santri dijadikan sebagai informan tambahan. Objek dalam penelitian ini adalah peran kepemimpinan kyai di pondok pesantren. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Hubermen yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kyai dipondok pesantren sa’aadatuddaraein suhada kecamatan enok adalah; peran kyai sebagai visioner, sebagai komunikator, sebagai motivator, sebagai figur, sebagai pemimpin, dan sebagai penghubung di pondok pesantren sa’aadatuddaraein suhada
Manajemen Konflik Dalam Mengatasi Konflik Pada Lembaga Pendidikan di Luar Negeri Indra Wahyuni Firli Fangestu
Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora Vol 1 No 2 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/jq.v1i2.64

Abstract

Konflik didefinisikan sebagai proses interaktif yang diwujudkan dalam ketidak cocokan, ketidak sepakatan, atau disonansi di dalam atau di antara entitas sosial. Konflik menjadi sebuah hal yang tidak dapat kita hindari dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu maka diperlukan adanya manajemen konflik untuk mempermudah penyelesaian konflik. Penelitian ini mengkaji tentang manajemen konflik di beberapa lembaga pendidikan luar negeri, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen konflik di lembaga pendidikan luar negeri. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut; (1) lembaga pendidikan di luar negeri umumnya memberi wadah kapada generasi muda untuk mempelajari manajemen konflik, (2) diadakannya pusat resolusi konflik dan pelatihan manajemen konflik, (3) ketika menghadapi konflik cenderung suka berkompromi dan berintegrasi, (4) masih ada beberapa lembaga pendidikan yang mendapat intervensi dalam penyelesaian konflik, (5) namun ada beberapa stakeholder non-manajerial, cenderung menghindari strategi penyelesaian konflik
Analisis Lingkungan Eksternal Lembaga Pendidikan Agama Islam Hasan Syahrizal; Maisah; Lukman Hakim
Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora Vol 1 No 2 (2023): 2023
Publisher : Yayasan pendidikan dzurriyatul Quran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61104/jq.v1i2.65

Abstract

Lingkungan eksternal memiliki peranan penting dalam keberlangsungan suatu lembaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan lingkungan eksternal lembaga pendidikan agama islam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, yakni penelitian yang dilakukan dengan tanpa lokasi penelitian, dimana seluruh data diambil melalui kajian terdahulu berupa buku dan artikel ilmiah yang relevan dengan tema penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dengan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa lingkungan eksternal lembaga pendidikan islam adalah lingkungan yang berada diluar yang mempunyai potensi untuk mempengaruhi organisasi. Urgensi analisis lingkungan adalah untuk memantau, memahami dan menelusuri berbagai kecenderungan dalam lingkungan organsiasi. Proses analisis lingkungan eksternal pertama identifikasi kelemahan ancaman, kedua identifikasi kekuatandan peluang, ketiga lakukan analisis lanjutan setelah diketahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, keempat rumuskan strategi-strategi yang direkomendasikan, kelima tentukan prioritas penanganan kelemahan dan ancaman

Page 1 of 4 | Total Record : 40