cover
Contact Name
Satria Yudha Prayogi
Contact Email
satria.yp@ft.uisu.ac.id
Phone
+6281360936699
Journal Mail Official
satria.yp@ft.uisu.ac.id
Editorial Address
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Buletin Utama Teknik
ISSN : 14104520     EISSN : 25983814     DOI : -
Jurnal Buletin Utama Teknik memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual rumpun ilmu bidang teknik. Secara garis besar topik utama yang diterbitkan adalah: Teknik Sipil Teknik Mesin Teknik Elektro Teknik Informatika Teknik Arsitektur Teknik Industri.
Articles 265 Documents
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESELAMATAN KONSTRUKSI DALAM PANDEMI COVID 19 Luthfi Parinduri; Taufik Parinduri
Buletin Utama Teknik Vol 15, No 3 (2020): Edisi Mei
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembangunan infrastruktur menjadi fokus pemerintahan saat ini. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan daya saing nasional di tingkat regional dan global, Untuk itu harus didukung dengan ketersediaan rantai pasok sumber daya konstruksi yang kuat yang meliputi material, peralatan konstruksi, teknologi konstruksi, dan tenaga kerja konstruksi. Namun selain ketersediaan rantai pasok, diperlukan juga peningkatan kualitas manajemen keselamatan konstruksi. Sehubungan dengan pandemik Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dan adanya penetapan wabah Corona sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) perlu dilakukan upaya pencegahan penyebaran dan dampak COVID- 19 dalam penyelenggaraan Jasa Konstruksi.Untuk itu  Pemerintah telah menetapkan  protokol Pencegahan Penyebaran COVID-19 dalam penyelenggaraan  Jasa Konstruksi. Kesiapsiagaan dalam penerapan  Protokol Pencegahan Penyebaran COVID-19  dalam Penyelenggaraan Manajemen Keselamatan Konstruksi  ini, diharapkan bahwa penyelenggaraan Jasa Konstruksi tetap berjalan secara efektif dan efisien.
PENELUSURAN KAWASAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) ASAHAN Anisah Lukman
Buletin Utama Teknik Vol 13, No 1 (2017): Edisi September
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kawasan danau toba merupakan salah satu kawasan pariwisata andalan Indonesia yang terletak diprovinsi Sumatra Utara. Luas keseluruhan Danau Toba sendiri sekitar 372.681 hektar meliputi 259.721 hektar daratan dan 112.960 hektar perairan (tubuh air). Selain fungsi pariwisata kawasan danau toba berperan penting bagi kehidupan Propinsi Suamatera Utara, terdapat 19 sungai yang mengalirkan airnya dari daerah tangkapan air sekitar danau ke dalam badan air danau toba dengan hanya satu sungai yang merupakan pelepasan air dari danau ini yaitu sungai Asahan yang bermuara di pantai timur sumatera utara, Air sungai asahan ini dimanfaatkan untuk PLTA ASAHAN yang merupakan salah satu penyuplai listrik diprofinsi sumatera utara di samping itu Danau Toba berperan sebagai penyedia air berbagai aktifitas masyarakat Sumatera Utara. Sungai Asahan dengan bendungan Sigura-gura membuat aliran airnya teratur dan karenanya memiliki waterflow konstan yang tidak biasa. Sungai ini terletak di salah satu lembah paling liar dari Indonesia dengan air terjun yang tercurah ratusan meter ke bawah dari dinding ngarai curam vertikal. Sumatera Utara menderita kekurangan listrik terus menerus  karena selain menghidupi propinsinya, Sumatera Utara juga harus membaginya dengan Aceh atau Riau  sehingga ada desakan untuk proyek tersebut.  Kunci keberhasilan Proyek Asahan adalah terjaganya daya dukung ekosistem yang menjamin tersedianya debit air yang cukup dari Sungai Asahan/Danau Toba untuk dapat menggerakkan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan dan mengoperasikan Pabrik Peleburan Aluminium (PPA) di Kuala Tanjung/Batubara.
PENENTUAN INTERVAL WAKTU PREVENTIF MAINTENANCE PADA MESIN OPEN TOP ROLLER MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE DI UNIT PABRIK TEH KEBUN TOBASARI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV Sahrial Purba; Luthfi Parinduri; Bonar Harahap
Buletin Utama Teknik Vol 16, No 2 (2021): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan di pabrik Pengolahan Teh di Kebun Tobasari PTPN IV ini  untuk menentukan jadwal interval waktu perawatan dan mengetahui tindakan atau kegiatan perawatan yang harus dilakukan. Untuk mengatasi masalah tersebut dalam penelitian ini menggunakan metode Reliability Centered Maintenance, dengan perhitungan Failure Modes and Effect Analyze (FMEA). RCM didefinisikan sebuah proses yang digunakan untuk menentukkan apa yang harus dilakukan untuk perawatan mesin, sedangkan untuk FMEA diartikan sebagai metode untuk mengidentifikasikan bentuk kegagalan tertinggi pada setiap kerusakan mesin yang terjadi. Dari hasil perhitungan menggunakan FMEA dan RCM diperoleh hasil interval perawatan pada mesin Open Top Roller yang paling tinggi adalah TEHA sebesar 43,5%. Probabilitas kinerja dari sistem/alat untuk memenuhi fungsi yang diharapkan, eliability komponen untuk Electro motor dengan t = 159.577.646 adalah 3,27 atau sebesar 32,7 % dengan Interval waktu perawatan pada komponen Electro motor adalah 288 jam.
PENGARUH TEMPERATUR PEMADATAN TERHADAP MARSHALL PROPERTIES Gunawan Tarigan
Buletin Utama Teknik Vol 14, No 1 (2018): Edisi September
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Temperatur campuran hot mix merupakan faktor penting pada pelaksanaan pemadatan lapisan perkerasan lentur terutama Laston AC-WC yang merupakan salah satu jenis lapis permukaan yang umum digunakan, yang terdiri dari campuran aspal keras, filler dan agregat bergradasi menerus, yang dicampur, dihampar dan dipadatkan pada suhu yang telah ditentukan. Temperatur hot mix di AMP diproduksi dengan temperature lebih kurang 155 0C untuk selanjutnya dibawa ke lapangan dengan menggunakan dump truck yang ditutup terpal untuk menjaga kehilangan temperature atau kehujanan. Pemadatan pertama dilakukan pada temperature (125-145) 0C, pemadatan kedua pada temperature (100-125) 0C dan pemadatan akhir dengan temperature 95 0C. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium dengan tahapan sebagai berikut. Bagian pertama adalah pemeriksaan bahan-bahan campuran berupa agregat dan aspal serta mempersiapkan Job Mix Formula sesuai dengan yang disyaratkan pada pembuatan campuran AC-WC. Pada bagian pertama ini diperoleh bahwa kadar aspal optimum (KAO) yang diperoleh adalah 5,7 %. Selanjutnya percobaan dilanjutkan ke tahap berikutnya yaitu mempersiapkan bahan campuran secukupnya dengan kadar aspal 5,7% dengan variasi temperature pemadatan benda uji Marshall sebesar 50, 70, 90, 110, 130 0C dengan tujuan untuk melihat pengaruhnya terhadap Marshall Properties. Dari hasil penelitian diperoleh nilai Density semakin besar yang berarti semakin tinggi suhu pemadatan campuran semakin rapat;VMA (Void in Mineral Agreggate) semakin rendah yang berarti rongga udara diantara mineral agregat, VFA (Void Filled with Asphalt)  semakin besar yang berarti prosentase besarnya rongga yang dapat terisi oleh aspal semakin besar , VIM (Void In the Mix) semakin kecil yang berarti prosentase rongga dalam campuran total semakin kecil , Stabilitas semakin tinggi  yang berarti kekuatan lapis perkerasan dalam memikul beban lalu lintas, flow semakin besar yang berarti campuran lebih lentur dalam menerima beban, Marshall Quotient merupakan indikator kekakuan dan fleksibilitas tidak terpengaruh.
EVALUASI KINERJA STRUKTUR PADA GEDUNG JAMALIAH YAYASAN SYAFIATULAMALIYAH MEDAN BERDASARKAN SNI 1726:2019 Ridho Syahputra; Irwan Irwan; Ahmad Sumantri
Buletin Utama Teknik Vol 17, No 1 (2021): Edisi September
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan gedung vertikal menjadi suatu kebutuhan. Hal ini terbatasnya lahan salah satu faktor permasalahan khusus di daerah perkotaan, Rentannya struktur gedung vertikal mampu menahan gaya lateral pada gempa yang terjadi, Dalam penelitian ini menggunakan sistem rangka pemikul momen biasa tanpa sistem dinding geser. Tujuan penelitian mengetahui bagaimana cara mengevaluasi struktur menggunakan analisis dinamik metode respon spektrum pada SNI 1726:2019 digunakan untuk menganalisa gedung Jamaliah. Hasil analisa menunjukkan partisipasi massa ragam yaitu 91%-93%, gaya geser dasar nominal Vx yaitu 17103,46 kNdan Vy yaitu 17103,46 kN , waktu getar alami fundamental Tcxyaitu 1,793 s dan Tcyyaitu 1,832 s, gaya geser dasar terbesar arah x yaitu 3,46 mm dan y yaitu 15,92 mm, Simpangan antar lantai terjadi rata-rata arah x yaitu197,76 mm dan arah y adalah 209,85 mm. Sehingga kerusakan struktur bangunan dianggap lebih besarketika terjadi goncangan atau pergerakkan struktur bangunan akibat beban lateral pada beban gempa yangterjadi. Sehingga sistem rangka pemikul momen biasa tanpa dinding geser yang terletak di inti bangunan pada permodelan ETAB S2016v2.1 dianggap tidak efektif menahan gaya lateral pembebanan gempa SNI1726:2019.
MINIMALISASI BIAYA TRANSPORTASI DISTRIBUSI PRODUK SUSU ULTRA MILK MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIX DAN METODE NEAREST INSERT DI PT. SUMATRA UTAMA INDAH Siti Rahmah Sibuea; Tri Hernawati; Ariri Alfandi
Buletin Utama Teknik Vol 18, No 2 (2023): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT Sumatra Utama Indah adalah gudang distributor di kota Medan yang khusus menyimpan produk susu ultra milk. Langka-langkah pengolahan saving matrix yaitu identifikasi matrix jarak, identifikasi matrix penghemat jarak, alokasi tiap konsumen ke rute yang berbeda dapat digabungkan sampai batas kapasitas truk yang ada dan menghitung total jarak, waktu dan biaya distribusi. Sedangkan metode nearest insert hasil output dari metode saving matrix yang diolah kembali dengan ketentuan memilih toko yang kalau dimasukan ke rute yang sudah ada akan menghasilkan jarak yang lebih minimum. Hasil dari penelitian ini mendapatkan total jarak rute awal sebesar 238,6 km sedangkan untuk jarak rute baru sebesar 115,4 km. Kemudian perbandingan waktu pendistribusian rute awal dan rute baru yaitu 21,21 dan 14,71 dan yang terakhir perbandingan biaya bahan bakar rute awal dan rute baru yaitu Rp. 245.758 dan Rp. 118.862. Rute distribusi yang digunakan oleh perusahaan belum optimal dikarenakan saat pendistribusian produk yang dipilih jarak nya jauh dari gudang dan lokasi tujuan selanjutnya jauh dari lokasi sebelumnya yang akan menambah biaya pendistribusian dan waktu pendistribusian sehinggah metode yang digunakan dapat meminimalisasikan jarak dan biaya yang ditempuh oleh perusahaan.
ANALISIS SISTEM DRAINASE UNTUK MENANGGULANGI BANJIR KAWASAN JALAN MERANTI BELAKANG PLAZA MEDAN FAIR Tri Rahayu
Buletin Utama Teknik Vol 15, No 1 (2019): Edisi September
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Drainase pada kawasan Jalan Meranti terletak di Kecamatan Medan Petisah, Provinsi Sumatera Utara. Kecamatan Medan Petisah ini berbatasan dengan Kecamatan Medan Helvetia di sebelah barat, Kecamatan Medan Barat di sebelah timur, Kecamatan Medan Baru di sebelah selatan dan Kecamatan Medan Barat di sebelah utara. Banyaknya air yang mengalir pada drainase di Kawasan Jalan Meranti di pengaruhi oleh curah hujan, suhu udara, tinggi rendahnya permukaan tanah, dan kepadatan tanah. Oleh sebab itu yang akan dievaluasi adalah kapasitas dan kondisi saluran drainase Jalan Meranti sepanjang 1500 m apakah masih mencukupi untuk mengalirkan serta membuang air yang berasal dari daerah tangkapan air disepanjang Jalan Meranti pada saat banjir (curah hujan tinggi). Berdasarkan hasil analisa hidrologi dan uji sebaran distribusi, digunakan distribusi Log Person type III sehingga di dapat intensitas curah hujan maksimum (I maks)= 57.121 mm/jam, debit banjir rencana maksimum (Q)= 1.465 m³/det dan waktu konsentrasi (tc)= 0.364 jam. Debit banjir rencana lebih kecil dari kapasitas saluran ekisting, sehingga banjir terjadi karena banyak sampah dan sedimentasi dan saluran yang tidak beraturan.Kata-Kata Kunci: Saluran Drainase, Curah Hujan Dan Debit Banjir.
SISTEM KENDALI PEMBERIAN PAKAN IKAN LELE MENGGUNAKAN APLIKASI TELEGRAM BERBASIS ARDUINO UNO PADA UD. LELE BERKAH Muhammad Mahbub; Liza Fitriana
Buletin Utama Teknik Vol 17, No 3 (2022): Edisi Mei
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan teknologi di bidang elektronikadalam kurun waktu beberapa waktu terakhir ini sangat berkembang sangat pesat sehingga dapat membantu pekerjaan yang dilakukan manusia menjadi lebih efisien. Berkaitan dengan penggunaan teknologi di atas, dibuat suatu sistem kendali untuk pemberian pakan ikan lele di UD. Lele Berkah dengan tujuan agar pemberian pakan dapat dilakukan dengan cepat dan dapat dikendalikan dari jarak jauh.Sistem ini menggunakan aplikasi Telegram yang ditanamkan pada gawai Android dan disambungkan pada perangkat yang berbasis Arduino Uno. Aplikasi Telegram ini memberi perintah kepada mikrokontroler Arduino Uno, lalu mikrokontroller tersebut akan menjalankan perintah tersebut.
ANALISIS EFEKTIFITAS MESIN PRODUKSI AUTO STRIPPER PADA PRODUK SARUNG TANGAN NITRIL DENGAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS PADA PT. MEDISAFE TECHNOLOGIES Suliawati Suliawati; Wirda Novarika AK; Sakinah Eprilia
Buletin Utama Teknik Vol 18, No 3 (2023): Edisi Mei
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja mesin Auto Stripper di PT. Medisafe Technologies menggunakan metode Overall Equipment Effectiveness, mengetahui nilai faktor six big losses yang mempengaruhi rendahnya nilai OEE pada mesin Auto Stripper dan melakukan analisis terhadap faktor yang paling berpengaruh untuk dilakukan perbaikan dengan menggunakan cause and effect diagram. Overall Equipment Effectiveness (OEE) merupakan metode yang dapat digunakan untuk mengukur efektivitas mesin yang didasarkan pada 3 faktor yaitu ketersediaan waktu kerja (availability), performa mesin (performance) dan kualitas produk (quality). Diperoleh nilai OEE mesin Auto Stripper di PT. Medisafe Technologies periode Januari-Oktober 2022 yaitu Januari 2022 (94,86%), Februari 2022 (92,52%), Maret 2022 (91,80%), April 2022 ( 84,20%), Mei 2022 (92,92%), Juni 2022 ( 91,46%), Juli 2022 (83,11%), Agustus 2022 (91,34%), September 2022 (93,25%) dan Oktober 2022 (77,99%). Faktor six big losses yang mempengaruhi rendahnya nilai OEE adalah Idling and Minor Stoppages Losses sebesar 38,44%. Faktor yang paling berpengaruh untuk dilakukan perbaikan dengan menggunakan cause and effect diagram adalah manusia, material, metode, mesin dan lingkungan. Berdasarkan hasil analisis penyebab terjadinya kegagalan yaitu kerusakan mesin, mesin sering breakdown dan teknisi kurang memahami kemampuan mesin, sehingga disarankan untuk lebih memperhatikan kinerja mesin dengan melakukan perawatan mesin secara berkala.
MODELISASI PENYELESAIAN ALIRAN DAYA DENGAN METODA NEWTON RAPHSON DIMODIFIKASI Yusniati Yusniati
Buletin Utama Teknik Vol 13, No 1 (2017): Edisi September
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebuah metoda untuk penyelesaian aliran daya dengan modelisasi eliminasi bus-bus beban sistem tenaga lisrik untuk kondisi beban statis. Mula-mula system beban dimodelkan dengan menambahkan konstanta eksponensial model daya aktif dan daya reaktif, selanjutnya direfleksikan dalam matrik admittansi bus, kemudian mengeliminasi bus-bus beban. Model yang diperoleh merupakan model yang telah direduksi dengan orde matrik sama dengan jumlah bus generator, variable – variable dari model reduksi ini hanya sudut tegangan bus generator dan dihitung dengan metoda Newton-Raphson, sedangkan sudut tegangan dan tegangan bus-bus beban dihitung dengan metoda Eliminasi.Pemodelan dengan eliminasi bus-bus beban ini diterapkan pada system tenaga IEEE 57 bus 80 saluran dengan model konstanta eksponensial yang bervariasi. Hasil penyelesaian penerapan metoda ini lebih cepat 20.18 % dengan metoda Newton Raphson konvensional

Page 1 of 27 | Total Record : 265