cover
Contact Name
Thoha Firdaus
Contact Email
thoha@unuha.ac.id
Phone
+6285769152601
Journal Mail Official
opsiorg@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pintu Tol Jagorawi No 1 Ciawi, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, Kode Pos 16720
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia
ISSN : -     EISSN : 29855853     DOI : -
Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (OPPSI) adalah sebuah wadah publikasi seminar Nasional yang diadakan oleh Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia. Seminar dan publikasi prosiding dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Informasi lengkap dapat dilihat di halaman oppsi.or.id.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 45 Documents
EFEKTIFITAS METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI LISTRIK STATIS KELAS IV SDN 101927 SEKIP KECAMATAN LUBUK PAKAM Aulia Rahman
Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (OPPSI) 20
Publisher : Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

IPA merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang wajib disetiap jenjang pendidikan dasar dan menengah. Namun kenyataannya sampai saat ini terdapat siswa yang kurang berminat terhadap mata pelajaran IPA, sehingga hasil belajar pun belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode belajar eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi listrik statis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaboratif yang melibatkan peneliti, dan teman sejawat (guru). Penelitian ini dilaksanakan dikelas IV SDN 101927 Sekip, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan dari nilai tes pemahaman konsep siswa pada siklus I rata – ratanya 56,0 menjadi 76,66 pada siklus II. Akhirnya peneliti menyarankan kepada seluruh guru untuk kreatif dalam menyajikan pembelajaran terutama dalam menggunakan alat peraga dan media yang menarik serta bervariasi sehingga dapat membawa siswa dalam proses pembelajaran yang menyenangkan dan hasil belajar siswa dapat optimal.
EFEKTIFITAS METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA DAN GERAK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 056587 PANTAI SAMPAH Muhammad Ishaq
Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (OPPSI) 20
Publisher : Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan umum untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN 056587 Pantai Sampah Desa Lenggang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Secara khusus bertujuan untuk melihat bagaimanakah pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap minat belajar siswa dan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode demonstrasi siswa memahami materi gaya dan gerak melalui hasil post test yang dilakukan guru pada mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dimana pada siklus I masih ditemukan beberapa kekurangan yang harus diperbaiki di siklus II. Hasil akhir dari pelaksanaan siklus dapat dilihat dari kenaikan hasil post test siswa 50% menjadi 90% dalam hal ini guru memegang peranan penting dalam merancang dan menciptakan serta memanfaatkan media yang dapat merangsang, menarik dan menyenangkan.
PENTINGNYA MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SENYAWA TURUNAN ALKANA DAN GUGUS FUNGSI Adistya Maranatha Ummah; Raudatul Jannah; Rifna Yasmin Al Khazami; Sri Mulyanti; Zain El Paradise
Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (OPPSI) 20
Publisher : Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pembelajaran SMA, materi senyawa turunan alkana dan gugus fungsi merupakan kelanjutan dari materi hidrokarbon dan minyak bumi yang telah dipelajari saat siswa berada di kelas XI. Berdasarkan hasil observasi artikel pembelajaran, Sebagian guru menunjukkan bahwa masih banyak siswa masih merasa kesulitan dalam memahami konsep senyawa turunan alkana dan gugus fungsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran terhadap pemahaman siswa pada materi senyawa turunan alkana dan gugus fungsi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian review literatur. Berdasarkan hasli penelitian yang diperoleh, terdapat beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan untuk membangangun pemahaman konsep siswa terhadap materi senyawa turunan alkana dan gugus fungsi. Model pembelajaran tersebut antara lain yaitu : PBL, Learning Cycle 5E, ED3U, STAD dan KURABA. Model pembelajaran tersebut telah di terapkan dalam penyampaian materi senyawa turunan alkana dan gugus fungsi di sekolah. Terbukti dari model pembelajaran tersebut telah memenuhi uji kelayakan dan validasi untuk digunakan dalam pembelajaran yang dapat membangun pemahaman siswa terhadap konsep materi senyawa turunan alkana dan gugus fungsi.
ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR DALAM MATERI ASAM BASA Eva Maulida Rahmah; Silviana Aulia Dewi; Zakia Hafizhah; Sri Mulyanti
Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (OPPSI) 20
Publisher : Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mata pelajaran kimia seringkali dianggap sulit oleh siswa, karena menyangkut reaksi-reaksi kimia dan perhitungan serta menyangkut konsep-konsep yang bersifat abstrak sehingga banyak diantara mereka yang kesulitan dalam mempelajarinya. Materi asam basa merupakan salah satu materi dalam kurikulum kimia SMA yang harus dipelajari dan dipahami oleh siswa. Pedoman atau langkah pembelajaran yang direncanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan memudahkan siswa memahami materi di dalam kelas disebut sebagai model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa model pembelajaran terhadap pemahaman siswa dan hasil belajar siswa kelas XI SMA pada materi asam basa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur dan deskriptif kualitatif. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah menggumpulkan berbagai jurnal model pembelajaran asam-basa berskala nasional yang telah dipublikasikan dengan rentang waktu antara tahun 2018-2022. Model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu Problem Based Learning (PBL), Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT), Student Teams Achievenment Divisions (STAD), Science, Technology, Engineering, and Mathematic (STEM), dan Project Based Learning (PjBL)
ANALISIS MEDIA PADA PEMBELAJARAN ASAM-BASA : RIVIEW LITERATUR BERBASIS TEORI Ika Meilawati; Jauharatun Nafisah; Mariah Al Qibtiyah; M. Rizal Fahmi; Sri Mulyanti
Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (OPPSI) 20
Publisher : Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media pembelajaran memiliki pengaruh penting dalam peningkatan pembelajaran. Penggunaan media yang tidak didukung dengan metode pembelajaran yang kurang tepat dapat membuat kualitas pembelajaran kurang efektif. Dalam penggunaan metode dengan media pembelajaran tak harus berpacu pada buku dan LKS. Karena, telah banyak media yang telah dikembangkan dalam dunia pendidikan khususnya pada media pembelajaran asam-basa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membantu guru dan pelajar dalam pemilihan metode dan media yang cocok untuk diterapkan dalam pembelaran asam-basa. Penelitian ini menggunakan metode riview literatur berbasis teori dan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan data sekunder dari berbagai sumber artikel jurnal 5-6 tahun terakhir. Hasil penelitian diperoleh banyak media yang dapat digunakan diantaranya adalah google from, E-Modul, LKS, buku, tes diaknostik tier dan lain sebagainya. Penggunaan media ini dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi pembelajaran, sehingga pembelajaran kimia khususnya materi asam-basa dapat berjalan dengan efektif.
REVIEW LITERATUR: ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA Ahmad Husain; Ai Siti Nurjanah; Azimaturaviah; Danang Priyadi; Muhammad Abdul Ghofur; Sri Mulyanti
Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (OPPSI) 20
Publisher : Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Materi ikatan kimia bersifat abstrak sehingga para peserta didik banyak yang kesulitan dalam memahami materi ikatan kimia. Media pembelajaran menjadi salah satu alat bantu yang tepat untuk memahami materi ikatan kimia. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pentingnya media pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa pada materi ikatan kimia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian review literatur. Berdasarkan hasil dari penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah, terdapat beberapa media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membangun pemahaman konsep siswa terhadap materi ikatan kimia. Media tersebut peneliti kategorikan menjadi dua yaitu: media pembelajaran dengan Teknologi dan media pembelajaran tanpa teknologi. Media pembelajaran yang dapat digunakan pada materi ikatan kimia diantaranya E-modul interaktif, animasi submikroskopis, aplikasi penyusunan ikatan kimia, short message guided, mind mapping, website, permainan chemistry adventure, LKS berorientasi blended learning, chamlife-comic, permainan ludo dan bonding board. Media media tersebut sudah memenuhi uji kelayakan dan validasi untuk digunakan dalam pembelajaran dan dalam menunjang pemahaman konsep siswa terhadap materi ikatan kimia. Setelah di lakukan telaah terhadap berbagai penelitian terhadap pemahaman konsep materi ikatan kimia. Dapat disimpulkan bahwa dalam menumbuhkan pemahaman konsep siswa pada materi ikatan kimia dapat menggunakan berbagai macam jenis media pembelajaran baik berbasis teknologi maupun non teknologi.
INSTRUMEN PEMBELAJARAN FISIKA DI MAN 11 JAKARTA MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA ERA SMART SOCIETY Utut Muhammad; Muhamad Syahril Sidiq; Rizki Choiri Fadli; Miftahul Huda; Ocha Mardhina Luthfie; Osa Ario Bimo
Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (OPPSI) 20
Publisher : Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan strategi pembelajaran pada era smart society yang ditemukannya terkait instrumen pembelajaran fisika dan pengembangan instrumen pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan instrumen pembelajaran fisika dan keefektifan instrumen pembelajaran berbasis aplikasi Quizizz pada masa COVID-19. Penelitian dilakukan di MAN 11 Jakarta November 2021, dengan sampel 72 peserta didik yang dipilih dengan metode slovin yang di mana kelas XI IPA 1 sebagai kontrol dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode sampling purposive. Instrumen penelitian menggunakan instrumen keterampilan generik sains. Hasil penelitian: (1) Instrumen pembelajaran fisika berbasis media berbantuan Quizizz membantu peserta didik meningkatkan kinerjanya dan sebagai alat untuk membuat kelas yang aktif dan interaktif. (2) Pengembangan instrumen pembelajaran fisika pada masa pandemi COVID-19 berbasis aplikasi Quizizz di MAN 11 Jakarta menunjukkan persentase kelas eksperimen sebesar 84% kategori baik sekali, kelas kontrol 78% kategori baik, dan rata-rata kelas eksperimen dan kontrol 81% kategori baik sekali.
STIMULASI KECERDASAN NATURALIS (NATURE-SMART) ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN ALAM Rosa Imani Khan
Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (OPPSI) 20
Publisher : Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecerdasan naturalis (nature-smart) berhubungan erat dengan lingkungan, flora dan fauna. Individu yang memiliki kecerdasan naturalis yang tinggi tidak hanya menyenangi alam untuk dinikmati keindahannya, tapi juga mempunyai tingkat kepedulian yang tinggi untuk menjaga dan melestarikan alam. Kecerdasan naturalis (nature-smart) memiliki peran yang sangat penting di zaman modern seperti saat ini. Kecerdasan ini begitu diperlukan agar di samping terus memproduksi teknologi canggih dan membangun gedung-gedung modern, manusia juga tetap dan terus menjaga alam tempat seluruh makhluk bernaung supaya tetap lestari sehingga dapat terus dimanfaatkan oleh setiap makhluk hidup. Mengingat masa usia dini merupakan pondasi bagi tahap perkembangan yang berikutnya, maka masa usia dini adalah masa yang paling tepat untuk mulai melakukan stimulasi kecerdasan naturalis (nature-smart). Stimulasi kecerdasan ini dapat dilakukan dengan pendekatan eksplorasi lingkungan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang stimulasi kecerdasan naturalis (nature-smart) anak usia dini dengan pendekatan eksplorasi lingkungan alam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Data-data yang diperlukan dikumpulkan melalui studi pustaka kemudian dilakukan interpretasi untuk mendeskripsikan tentang pendekatan eksplorasi lingkungan alam dan mengungkap perannya dalam proses stimulasi kecerdasan naturalis (nature-smart) pada anak usia dini. Melalui kegiatan eksplorasi lingkungan alam sekitar, anak dapat terlibat aktif di setiap kegiatan mengenal lingkungan alam. Kegiatan eksplorasi lingkungan alam ini dapat menjadi sarana bagi anak untuk melakukan percobaan langsung di lapangan dan mendekatkan anak pada lingkungan alam. Anak akan lebih mudah dalam mengenal, memahami dan mampu membedakan flora, fauna, benda-benda alam, gejala-gejala alam dan hal-hal yang bersifat alamiah lainnya. Anak juga akan belajar untuk berinteraksi dan memahami apa saja yang ia temui di lingkungan alam sekitarnya secara langsung, sehingga ia jadi lebih percaya diri terhadap perilakunya kepada hewan, tanaman, lingkungan sekitar dan menjadi terbiasa dengan makhluk hidup di sekitarnya, hingga tumbuh rasa syukur kepada Sang Pencipta alam semesta. Hal ini kemudian akan membuat anak memiliki rasa cinta dan tanggung jawab serta muncul keinginan untuk menjaga lingkungan alamnya dengan baik, termasuk mengembangkan sikap sosial yang baik kepada sesama makhluk ciptaan Tuhan.
TREND PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI ELEKTROKIMIA: STUDY LITERATUR TAHUN 2018-2022 Putri Nadhifa Tiara Nita; Anastasia Maharani Fauziah; Aprilia Candra Maharani; Eka Malihatul Hayati; Ririn Nur Fadila Hafid; Sri Mulyanti
Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (OPPSI) 20
Publisher : Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui trend pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran terutama materi elektrokimia. Elektrokimia merupakan salah satu materi ilmu kimia yang bersifat abstrak, dibutuhkan adanya bahan ajar sebagai penunjang proses pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pencarian dengan memanfaatkan situs google scholar, google search dengan kata kunci “electrochemistry learning” atau “pembelajaran elektrokimia”. Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa model pembelajaran yakni model pembelajaran PBL, CTL, Inquiry, PjBL, dan Discovery Learning. Kemudian, media pembelajaran yaitu e-modul berbasis STEM, flipbook, game papan kartu, audiovisual, aplikasi smart book, Game RedOx mobile, animasi, M-learning Dan assessment yang digunakan diantaranya adalah two tier multiple choice, three tier diagnostic test, angket, wawancara, soal tes open ended, dan essay. Dari hasil beberapa literatur jurnal yang telah dianalis dan diketahui bahwa model pembelajaran serta media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, selain itu beberapa assessment yang digunakan dapat digunakan untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman peserta didik, miskonsepsi, maupun identifikasi kemampuan berpikir kritis
ANALISIS POLA PEMBELAJARAN ALKANA DAN SIKLOALKANA PADA JENJANG SMA Fitri Aenulyaqin; Laila Isroatul Azizah; Miftahus Sa'adah; Sri Mulyanti
Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (OPPSI) 20
Publisher : Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hidrokarbon adalah materi kimia dasar yang patut dikuasai oleh peserta didik untuk dapat menguasai materi kimia selanjutnya yang berhubungan dengan senyawa karbon. Kesulitan siswa dalam memahami konsep materi hidrokarbon akan mempengaruhi pemahaman siswa pada materi selanjutnya, dan akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pola pembelajaran yang tepat dalam materi alkana dan sikloalkana pada jenjang SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pola pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pemahaman konsep materi alkana dan sikloalkana, yaitu terletak pada media dan model pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan diantaranya angket, mind map, LKPD, dan Augmented Reality (AR). Model pembelajaran yang digunakan antara lain, SFE (Student Facilitator and Explaining), Permainan kimia estafet. Pola pembelajaran tersebut sudah dilakukan uji validitas untuk digunakan dalam pembelajaran pada jenjang SMA. Model pembelajaran melalui permainan kimia estafet dan media AR serta Mind Maping dinilai lebih tepat digunakan dalam pembelajaran alkana dan sikloalkana pada jenjang SMA karena telah memenuhi kriteria kevalidan, kepratisan dan keefektifan.