cover
Contact Name
Amrullah
Contact Email
arriaujurnal@gmail.com
Phone
+6281366230232
Journal Mail Official
arriaujurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. T Bey, Gg Reformasi II, Pekanbaru – Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Tuah Riau Journal
ISSN : 29634393     EISSN : 29634172     DOI : -
Core Subject : Education,
Tuah Riau : Jurnal Pengembangan Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Fokus menyajikan naskah ilmiah tentang Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMK dan Madrasah). Lingkup materi berasal dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), Gagasan/Tinjauan Ilmiah, dan Best Practice Pendidikan Agama Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2023): September" : 10 Documents clear
Konsep Masyarakat Dalam Al Qur’an Nunuk Sisharwati; Kadar M. Yusuf; Alwizar
Tuah Riau Vol. 2 No. 2 (2023): September
Publisher : MGMP SMP PAI Provinsi Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manusia, sebagai makhluk sosial, saling membutuhkan satu sama lain dan tergantung pada interaksi antarindividu dalam kehidupan sehari-hari. Sekumpulan manusia yang hidup dan saling berinteraksi satu dengan yang lain serta membentuk suatu sistem tatanan hidup dalam suatu tempat tinggal atau wilayah disebut dengan masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk bersikap ramah, santun, peduli, dan penuh kasih sayang, serta saling membantu dan menghargai hak asasi manusia, dah hal ini akan diperoleh dengan belajar baik secara mandiri maupun dalam lembaga pendidikan. Peran masyarakat untuk berkontribusi dalam mencapai tujuan pendidikan menjadi penentu tercapainya tujuan tersebut. Dengan menerapkan aturan-aturan agama yang tercantum dalam Al-Qur'an dan Hadits, masyarakat dapat menciptakan suasana yang tenang, damai, dan aman, baik dalam urusan dunia maupun urusan akhirat. Dengan demikian, terbentuklah masyarakat madani yang beriman, bertaqwa, dan taat pada aturan-aturan agama. Pada penulisan ini , ayat-ayat yang berkaitan dengan pengembangan masyarakat akan ditelaah dengan mengungkapkan istilahistilah dalam Al-Qur’an yang berkaitan dengan konsep masyarakat dalam Islam
Analisis Metode Pembelajaran: Taushiyah, Da’wah, Mujadalah, Bayan/Mubaiyyin, Nazhr, Irā’, Qissah, Su’al Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Rabbani Indragiri Hilir Deddy Yusuf Yudhyarta; Alwizar; Kadar M. Yusuf
Tuah Riau Vol. 2 No. 2 (2023): September
Publisher : MGMP SMP PAI Provinsi Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam salah satu pepatah arab dikatakan at-tariqah ahammu minal maddah (metode lebih baik dari materi). Sebaik apapun materi pelajaran yang akan disampaikan jika cara penyampaiannya tidak tepat maka ilmu yang diberikan tersebut tidak memberikan kontribusi berharga bagi para siswa. Tujuan dalam penilitian ini adalah untuk memperoleh informasi yang objektif mengenai analisis metode (taushiyah, da’wah, mujadalah, bayan/mubaiyyin, nazhr, irā’, qissah, su’al di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Insan Rabbani Indragiri Hilir. Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu, Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum dengan cara mengamati guru menyampaikan materi pembelajaran untuk mencapai kompetensi dan indikator pembelajaran yang telah ditetapkan agar peserta didik dapat memiliki pemahaman dan menerapkannya dalam kehidupan sesuai dengan ajaran Islam. Berdasarkan pengolahan data yang telah disajikan, maka secara umum dapat ditarik kesimpulan Analisis penggunaan metode (taushiyah, da’wah, mujadalah, bayan/mubaiyyin, nazhr, irā’, qissah, su’al di SD IT Insan Rabbani Indragiri Hilir sudah terlaksana walaupun masih terjadi kekurangan dalam penyampaian metode tersebut
Pengaruh Belajar Peraktik Lapangan Terhadap Keterampilan Sosial Siswa MI Muhammadiyah 02 Pekanbaru Ahmad Palihin; Risnawati; Miftahir Rizqa
Tuah Riau Vol. 2 No. 2 (2023): September
Publisher : MGMP SMP PAI Provinsi Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan sosial merupakan kemampuan mengatasi permasalahan yang timbul akibat interaksi dengan lingkungan dan mampu beradaptasi dengan aturan dan norma yang ada. Keterampilan sosial siswa perlu diketahui dan dipraktikkan dalam kegiatan mengajar agar hasil belajar dapat optimal. Untuk mengasah keterampilan sosial mahasiswa maka diadakan kuliah kerja lapangan sebagai solusi yang tepat dalam melatih kompetensi setiap diri mahasiswa seperti interpretasi, menilai hubungan kausal, pelajaran lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar peraktik lapangan terhadap keterampilan sosial siswa MIM 02 Pekanbaru. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif, teknik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Structual Equalition Modeling (SEM) yang berbasis varians SmartPLS 3.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh belajar peraktik lapangan terhadap keterampilan sosial siswa MIM Pekanbaru
HUBUNGAN PEMBIASAAN SHALAT DZUHUR DAN ASHAR BERJAMA’AH TERHADAP SIKAP DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SDIT FITRIYAH KAMPAR
Jurnal Tuah Riau Vol. 2 No. 2 (2023): September
Publisher : MGMP SMP PAI Provinsi Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, untuk mengetahui apakah diantara dua variabel tersebut terdapat hubungan atau tidak. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Fitriyah Kampar yang berlangsung pada bulan Mei s/d Juni 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah terdapat Hubungan Pembiasaan Shalat Dzuhur dan Ashar Berjama’ah Terhadap Sikap Disiplin Peserta Didik di SDIT Fitriyah Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SDIT Fitriyah Kampar. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 28 peserta didik. Instrumen yang digunakan berbentuk angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian tentang Hubungan Pembiasaan Shalat Dzuhur dan Ashar Berjama’ah Terhadap Sikap Disiplin Peserta Didik di SDIT Fitriyah Kampar menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan antara pembiasaan shalat berjama’ah terhadap sikap disiplin peserta didik sebesar 97,7% sedangkan sisanya 2,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar dari penelitian ini
PENGARUH BELAJAR PERAKTIK LAPANGAN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MI MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU
Jurnal Tuah Riau Vol. 2 No. 2 (2023): September
Publisher : MGMP SMP PAI Provinsi Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan sosial merupakan kemampuan mengatasi permasalahan yang timbul akibat interaksi dengan lingkungan dan mampu beradaptasi dengan aturan dan norma yang ada. Keterampilan sosial siswa perlu diketahui dan dipraktikkan dalam kegiatan mengajar agar hasil belajar dapat optimal. Untuk mengasah keterampilan sosial mahasiswa maka diadakan kuliah kerja lapangan sebagai solusi yang tepat dalam melatih kompetensi setiap diri mahasiswa seperti interpretasi, menilai hubungan kausal, pelajaran lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar peraktik lapangan terhadap keterampilan sosial siswa MIM 02 Pekanbaru. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif, teknik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Structual Equalition Modeling (SEM) yang berbasis varians SmartPLS 3.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh belajar peraktik lapangan terhadap keterampilan sosial siswa MIM Pekanbaru
Hubungan Pembiasaan Shalat Dzuhur Dan Ashar Berjama’ah Terhadap Sikap Disiplin Peserta Didik Di Sdit Fitriyah Kampar Rinah; Rizal Effendi Putra; Ilham Saragi
Tuah Riau Vol. 2 No. 2 (2023): September
Publisher : MGMP SMP PAI Provinsi Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, untuk mengetahui apakah diantara dua variabel tersebut terdapat hubungan atau tidak. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Fitriyah Kampar yang berlangsung pada bulan Mei s/d Juni 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah terdapat Hubungan Pembiasaan Shalat Dzuhur dan Ashar Berjama’ah Terhadap Sikap Disiplin Peserta Didik di SDIT Fitriyah Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SDIT Fitriyah Kampar. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 28 peserta didik. Instrumen yang digunakan berbentuk angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian tentang Hubungan Pembiasaan Shalat Dzuhur dan Ashar Berjama’ah Terhadap Sikap Disiplin Peserta Didik di SDIT Fitriyah Kampar menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan antara pembiasaan shalat berjama’ah terhadap sikap disiplin peserta didik sebesar 97,7% sedangkan sisanya 2,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar dari penelitian ini
Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Fiqih Siswa Di MDTA Darul Islam Lubuk Jering Kecamatan Sungai Mandau Risnawati; Miftahir Rizqa; Marhamah
Tuah Riau Vol. 2 No. 2 (2023): September
Publisher : MGMP SMP PAI Provinsi Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Motivasi adalah salah satu hal yang berpengaruh pada kesuksesan aktifitas pembelajaran siswa. Tanpa motivasi, proses pembelajaran akan sulit mencapai kesuksesan yang optimal. Artikel ini ditujukan untuk menyelidiki pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Fiqih siswa. Penelitian korelasi deskriptif ini dilakukan sebagai studi kasus terhadap siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) dan tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pengaruh motivasi siswa terhadap prestasi belajar Fiqih. Terdapat total 28 siswa MDTA darul Islam Kampung Lubuk Jering, Sungai Mandau yang dijadikan sample dalam penelitian ini. Data-data dikumpulkan melalui questionare instrument dari variable motivasi belajar dan juga hasil test siswa sebagai variable rata-rata pencapaian siswa. Hasil dari data-data diproses melalui perhitungan statistic dan korelasi rata-rata, didapat melalui penggunaan SPSS 22. Data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Fiqih siswa MDTA Darul Islam Sungai Mandau
Pengembangan Modul Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VII Berbasis Elektronik Eva Nurzaimi
Tuah Riau Vol. 2 No. 2 (2023): September
Publisher : MGMP SMP PAI Provinsi Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat validitas, tingkat praktikalitas, dan tingkat efektivitas pengembangan modul pembelajaran berbasis elektronik dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi pelajaran Pendidikan Agama Islamdi melalui model pengembangan four-D(4D). Instrumen yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket respon validator, angket respon praktisi dan tes pemahaman peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas dinyatakan sangat valid dengan perolehan persentase 90.91%. Hasil pengujian tingkat praktikalitas dinyatakan sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan sebesar 89,71%. Hasil pengujian tingkat efektivitas pada uji coba skala kecil, sebesar 88.0% dengan kategori tingggi dan pada skala besar sebesar 85,29% dengan kategori tingggi. Sehingga diperoleh persentse akhir pada pengujian efektivitas pengembangan modul pembelajaran berbasis elektronik dalam meningkatkan pemahaman peserta didik baik dalam skala kecil dan besar sebesar 86,65%, yang termasuk dalam kategori tinggi. Pengembangan modul pembelajaran berbasis elektronik mendapat hasil pengujian yang sangat valid, sangat praktis dan efektif
Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua Dan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Akhmad Mamba’ul ‘Ulum; Risnawati; Miftahir Rizqa
Tuah Riau Vol. 2 No. 2 (2023): September
Publisher : MGMP SMP PAI Provinsi Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi konsep bahwa ketercapaian prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa seperti tingkat inteligensi, bakat, minat, motivasi serta kemandirian dalam belajar. Sikap kemadirian siswa sangat mendukung terhadap keberhasilan dalam belajar, sehingga baik lingkungan keluarga maupun sekolah harus mampu melatih dan mengembangkan rasa kemandirian siswa. Di samping faktor intern tersebut salah satu faktor yang perlu dierhatikan yakni perhatian orang tua. Seorang peserta didik secara psikologis sangat membutuhkan rasa perhatian baik dari orang tua, guru maupun lingkungannya, sehingga sudah sewajarnya orang tua harus lebih intens untuk memberikan waktu kepada anaknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menhetahui seberapa besar hubungan antara tingkat perhatian orang tua dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan menggunakan jenis kuantitatif korelasional. Variabel bebas pada penelitian ini adalah tingkat perhatian orang tua (X1) dan kemandirian belajar (X2), sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini berjumlah 105. Sampel penelitian adalah diambil 50% dari populasi yaitu 53 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan dokumentasi. Uji instrumen yang dilakukan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis data yang digunakan adalah uji normalitas. Adapun analisis data dilakukan menggunakan rumus product moment dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara tingkat perhatian orang tua dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa dengan indeks korelasi sebesar 0,95 yang berada diantara 0,81 – 1,00. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai F0 = 834,798, F0 > F0,05(2)(50) yaitu 834,798>3,180 sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak sedangkan (Ha) diterima. Dengan demikian maka sebaiknya orang tua senantiasa meningkatkan sikap perhatian kepada anak-anaknya dan seorang pendidik harus berupaya untuk mendesain pembelajaran sehingga peserta didik lebih mandiri dalam proses belajarnya
Peran Kemajuan Pendidikan Islam Dalam Pembinaan Budi Pekerti Ali Wardana
Tuah Riau Vol. 2 No. 2 (2023): September
Publisher : MGMP SMP PAI Provinsi Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyaknya fenomena yang menyimpang menunjukkan karakter generasi muda Indonesia sudah berada pada titik yang mengkhawatirkan. Beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah rendahnya pendidikan karakter yakni budi pekerti yang baik dan luhur pada peserta didik. Oleh sebab itu sangat dibutuhkan sebuah usaha pembinaan pada proses pengembangan budi pekerti dalam bingkai pendidikan islam. Penelitian ini merupakan penelitin kepustakaan, yakni pengumpulan data bermacam-macam material yang terdapat di ruang kepustakaan, seperti koran, buku-buku, majalah, naskah, dokumen dan sebagainya yang relevan dengan penelitian. Adapun hasil penelitian ini, pentingnya pembinaan budi pekerti kepada peserta didik karena banyaknya terjadi krisis moral yang bersumber dari kesalahan lembaga pendidikan yang dianggap belum optimal dalam membentuk kepribadian budi pekerti yang luhur bagi segenap peserta didik. Nilai-nilai budi pekerti dalam pendidikan islam tolakk ukurnya hanyalah al-Qur' an dan Sunnah, bukan yang lainnya. Dan juga bahwa dari jawaban tersebut dapat diketahui bahwa akhlak Rasulullah Saw yang tercermin lewat semua tindakkan, ketentuan, atau perkataannya senantiasa selaras dengan al-Qur'an dan benar-benar merupakan praktek riil dari kandungan al-Qur'andi antara nilai-nilai budi pekerti yang dapat ditiru dari karakter Rasulullah yang diajarkan dalam pendidikan-pendidikan Islam yakni jujur (al-shidq) artinya dapat dipercaya, dipercaya (al- amanah), cerdas (al fathanah). tabligh (menyampaikan) dan lain sebagainya. Peran pendidikan Islam dalam pembinaan budi pekerti lebih condong kepada peran seorang pendidik itu sendiri. Dalam lingkup pendidikan, tenaga pendidik memiliki peran dan fungsi penting dalam pembentukan budi pekerti peserta didik, karena pada hakikatnya peserta didik merupakan kesatuan dari berbagai karakteristik yang terpadu di dalam dirinya.

Page 1 of 1 | Total Record : 10