cover
Contact Name
Leonardo Davidsi Sipayung
Contact Email
leonardo.sipayung@uhn.ac.id
Phone
+6282163095688
Journal Mail Official
jbm071054@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sutomo No.4A Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Journal Business and Management
ISSN : -     EISSN : 30259363     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM) yang diterbitkan oleh Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Nommmensen merupakan jurnal dengan akses terbuka yang tujuannya adalah untuk mempublikasikan makalah penelitian asli terkait dengan masalah bisnis dan manajemen. Jurnal ini juga didedikasikan untuk menyebarkan artikel yang diterbitkan secara bebas untuk akademisi, peneliti, praktisi, regulator, dan masyarakat. Jurnal ini menyambut penulis dari berbagai latar belakang institusi dan menerima makalah penelitian empiris atau teoritis dengan metode atau pendekatan apa pun yang relevan dengan Manajemendan konten bisnis, selama penelitian tersebut sesuai dengan disiplin ilmu yang menonjol: Ilmu manajemen
Articles 21 Documents
PENGARUH PERSEPSI JAMINAN PRODUK DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN KEPADA PERUSAHAAN TOKO ONLINE (STUDI PENGGUNA SHOPEE DI KOTA MEDAN) Delima Simatupang
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Journal Business and Management (April 2023)
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/jbm.v1i1.613

Abstract

Perkembangan bisnis e-commerce dari tahun 2014-2017 di Indonesia mengalami kenaikan dari sisi pendapatannya, konsumen sudah mulai melakukan transaksi lewat bisnis online, dampak dari e-commerce terbukanya begitu banyak toko online seperti; lazada, tokopedia, bukalapak, blibli, shopee dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisi pengaruh persepsi jaminan produk terhadap kepercayaan konsumen, kualitas informasi terhadap kepercayaan konsumen kepada perusahaan toko online shopee di  Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantatif dengan pendekatan survei. Lokasi penelitian di Kota Medan dengan 100 orang responden. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear berganda dengan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi jaminan produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepercayaan konsumen kepada perusahaan toko online, kualitas Informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen kepada perusahaan toko online, dan persepsi jaminan produk dan kualitas Informasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen kepada perusahaan toko online (studi pada pengguna shopee di Kota Medan).
ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT SHOPEE INDONESIA Bela Kristy Manihuruk
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Journal Business and Management (April 2023)
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/jbm.v1i1.614

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, promosi, dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan baik secara langsung dan tidak langsung pada PT. Shopee Indonesia. Objek penelitian ini adalah PT Shoppe Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 230 responden. Teknik analisis data menggunakan SEM-AMOS Structural Equation Modeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,516, ada pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap loyalitas sebesar 0,558 dan ada pengaruh positif dan signifikan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,415.
PENGARUH PERILAKU KERJA INOVATIF TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DI PROVINSI SUMATERA UTARA Anggun Tiur Ida Sinaga
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Journal Business and Management (April 2023)
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/jbm.v1i1.619

Abstract

Tantangan dalam meningkatkan kinerja sumber daya ASN semakin kompleks terlebih saat ini merupakan era disrupsi teknologi hingga munculnya revolusi industri 4.0. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja sumber daya ASN melalui anteseden perilaku kerja inovatif. Anteseden dari perilaku kerja inovatif dalam penelitian ini terdiri dari  gaya kepemimpinan transformasional, pemberdayaan psikologis, dan komitmen afektif. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data utama dari beberapa daerah terpilih. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 397 orang. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data adalah statistika deskriptif dan Structural Equation Modeling (SEM)-PLS. Adapun hasil penelitian yaitu perilaku kerja inovatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja  ASN pemerintah  daerah di Provinsi Sumatera Utara.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP PROVINSI SUMATERA UTARA Toman Sony Tambunan
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Journal Business and Management (April 2023)
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/jbm.v1i1.696

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah, yaitu: Pertama, Kinerja pegawai berfluktuasi. Kedua, Kompetensi pegawai masih relatif rendah. Ketiga, Budaya kerja pegawai belum sepenuhnya menerapkan peraturan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Keempat, Pegawai belum seluruhnya merasakan kepuasan dalam bekerja. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 Orang pegawai. Berdasarkan latar belakang permasalahan, maka dirumuskan 4 hipotesis. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, variabel Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja pegawai. Kedua, variabel Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja pegawai. Ketiga, variabel Budaya Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja pegawai. Keempat, variabel Kompetensi, Kepuasan kerja, dan Budaya kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja pegawai.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, KESESUAIAN HARGA DAN INTENSITAS PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TEH PUCUK HARUM DI KOTA MEDAN SUNDAY ADE SITORUS
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Journal Business and Management (April 2023)
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/jbm.v1i1.719

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyoroti variabel keputusan pembelian konsumen. Hal ini dikarenakan subjek peneliti ingin mengetahui mengapa konsumen memutuskan untuk membeli teh pucuk wangi ini. Metode penelitian adalah cara atau jalan yang ditempuh sehubungan dengan penelitian yang dilakukan, dengan langkah-langkah yang sistematis. Metode penelitian yaitu kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli Teh Pucuk Wangi di Kota Medan. Dikarenakan populasi yang membeli Teh Pucuk Wangi tidak diketahui, makan dengan menggunakan rumus Lemeshow diperoleh sampel sebanya 100 Orang, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yakni accidental sampling. Kualitas produk (X1) berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap Keputusan Konsumen(Y). Kesesuian Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Konsumen(Y).Intensitas Promosi (X3) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Konsumen(Y). Kualitas Produk (X1), Kesesuaian harga (X2) dan Intensitas Promosi (X3)berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Konsumen(Y).
PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PRODUK FASHION DIKALANGAN GENERASI Z DI KOTA MEDAN Ayu A. Siahaan; Romindo M. Pasaribu
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Journal Business and Management (April 2023)
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/jbm.v1i1.1231

Abstract

 Penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh hedonic shopping motivation terhadap impulse buying dan pengaruh shopping lifestyle terhadap impulse buying. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 100 orang responden yang merupakan kalangan Generasi Z di Kota Medan dengan menggunakan purposive sampling. Variabel hedonic shopping motivation berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, demikian juga dengan shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap impulse buying.  Hasil uji F dapat diperoleh kesimpulan bahwa hedonic shopping motivation dan impulse buying berpengatuh signifikan secara simultan terhadap impulse buying, hal ini dilihat dari hasil uji F yaitu 1209,984 dengan signifikan 0,000 lebih besar dari nilai Ftabel 3,09 dengan tingkat kesalahan 0,05.
Menentukan konfigurasi dalam memprediksi minat konsumen melanjutkan menonton live streaming: pendekatan asimetris di tiktok Miranti Sembiring; Pantas H. Silaban; Anne R. Malau
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 2 (2023): Journal Business and Management (Oktober 2023)
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/jbm.v1i2.1921

Abstract

Live streaming merupakan video berisi sebuah konten yang disiarkan secara langsung melalui sebuah platform dengan menggunakan jaringan internet. Dimana, dalam video tersebut penonton dan streamer dapat berinteraksi secara langsung melalui kolom komentar secara realtime. Penelitian ini berusaha menganalisis konfigurasi dari jalur outcome minat melanjutkan menonton secara positif dan negatif pada live streaming dengan memperhatikan enam dimensi uses and gratification dan engagement yaitu; emotional, entertainment, social presence, social interaction, sense of community, dan information seeking. Teknik analisis yang digunakan fuzzy set Qualitative Comparative Analysis (fsQCA) dengan jumlah responden sebanyak 313. Berdasarkan hasil fsQCA terdapat dua konfigurasi yang menciptakan positive continuance watching intention yaitu C1 dan C3. Kemudian berdasarkan hasil fsQCA juga terdapat tiga konfigurasi yang menciptakan negative continuance watching intention yaitu C2, C3, dan C7. Konfigurasi kedua dan ketiga dimana dengan ketidak hadiran konstruk emotional akan menjadikan minat melanjutkan menonton secara negatif. Kemudian konfigurasi ketujuh dengan kondisi tidak hadir social interaction, dan social interaction akan memjadikan niat melanjutkan menonton yang negatif juga. Hasil dari penelitian ini akan memberikan kontribusi teoritis dan praktis bagi peneliti dan penyedia konten live streaming dalam kegiatan strategi pemasaran guna meningkatkan pengalaman menonton sehingga mempengaruhi minat konsumen untuk melanjutkan menonton live streaming di TikTok. Kata Kunci: Emotional, Entertainment, Social Interaction, Social Presence, dan Information Seeking.
Pengaruh brand ambassador dan e-wom terhadap minat beli kembali produk mie siap saji Korean Spicy Sarah Lidyana Hutahean; Agus Nakkok Simanjuntak; Romindo M. Pasaribu
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 2 (2023): Journal Business and Management (Oktober 2023)
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/jbm.v1i2.1922

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan secara online melalui google formulir. Rumusan Masalah : (1) Bagaimanakah pengaruh brand ambassadorsecara parsial terhadap minat beli kembali produk Mie siap sajiKorean Spicy di kota Medan? (2) Bagaimanakah pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli kembali produk Mie siap saji Korean Spicy di Kota Medan? (3) Bagaimanakah pengaruh brand ambassador dan electronic word of mouth terhadap minat beli kembali produk Mie siap saji Korean Spicy di Kota Medan?. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand ambassador mempengaruhi minat beli kembali (2) Untuk mengetahui dan menganalisis electronic word of mouth mempengaruhi minat beli kembali (3) Untuk mengetahui dan menganalisis brand ambassador dan electronic word of mouth secara bersama-sama mempengaruhi minat beli kembali. Metode Penelitian : Analisis data dilakukan dengan metode analisis regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat di Kota Medan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang konsumen Mie Sedaap Korean Spicy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli kembali. Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli kembali. Brand ambassador dan electronic word of mouth secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli kembali.
Pengaruh motivasi dan kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan pada agensi pemasaran produk cabang Surabaya eko Purwanto; Sentot Imam Wahjono; Dahruji
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 2 (2023): Journal Business and Management (Oktober 2023)
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/jbm.v1i2.1997

Abstract

Sumber daya manusia merupakan aset penting bagi organisasi. sumber daya manusia yang berkompeten dapat membantu perusahaan dalam mencapai visi dan misi. Maka dari itu perusahaan perlu memperhatikan tentang kepuasan kerja karyawa. Tujuan penelitian dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan pada agensi pemasaran produk. Terdapat tiga hipotesis yang akan diuji dalam penelitian ini, 1. Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja kerja, 2. Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, 3. Motivasi dan kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan kerja karyawan. Teori motivasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori David McClelland. Teori kepemimpinan yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori Continum (Tanumbaum dan Scimith). Jenis metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif yang menitikberatkan pada pengujian hipotesis dan didasarkan pada data-data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Populasi pada agensi ini sebanyak 30 karyawan. Penelitian ini menggunakan sampling jenuh (semua populasi menjadi obyek penelitian) yaitu sebanyak 30 responden. Dari hasil pengumpulan dan pengukuran akan diolah dengan program SPSS versi 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk hipotesis pertama terjadi pengaruh positif (0,399) dan signifikan (0,021) antara motivasi dengan kepuasan kerja karyawan, maka hipotesis pertama dapat diterima. Hipotesis kedua menjelaskan kepemimpinan berpengaruh positif (0,312) dan tidak signifikan (0,067) terhadap kepuasan kerja karyawan, maka hipotesis kedua ditolak. Hipotesis ketiga menjelaskan motivasi dan kepemimpinan secara simultan berpengaruh positif (0,305) dan signifikan (0,007), maka hipotesis ketiga diterima. Penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dan kepemimpinan itu sangat penting dalam mempengaruhi kepuasan kerja karyawan, diharapkan seroang manajer dapat memberi motivasi kepada karyawannya dan dapat mendelegasikan tugasnya secara efektif .
Pengaruh tunjangan kinerja, kepemimpinan, dan displin kerja terhadap kinerja pegawai kanwil kementrian agama Ropindo Adiva Rajaguguk
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 1 No. 2 (2023): Journal Business and Management (Oktober 2023)
Publisher : Universitas HKBP Nommensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51622/jbm.v1i2.2005

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Tunjangan Kinerja terhadap kinerja, bagaimana pengaruh Kepemimpinan terhadap kinerja pegawai, bagaimana pengaruh Disiplin Kerja terhadap kinerja Pegawai serta untuk mengetahui pengaruhnya secara simultan pengaruh tunjangan kinerja, kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket (Kuesioner) dengan 66 responden, kemudian dilakukan analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa secara parsial, Tunjangan Kinerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, Kepemimpinan tidak berpengaruh dan siginifikan terhadap kinerja pegawai, Disiplin Kerja bepengaruh positif dan siginfikan terhadap kinerja pegawai, serta diperoleh hasil bahwa Tunjangan Kinerja, Kepemimpinan dan Disiplin Kerja berpengaruh positif dan siginifikan kinerja pegawai Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara.

Page 1 of 3 | Total Record : 21