cover
Contact Name
Tiara Carina
Contact Email
tiaracarina@unmas.ac.id
Phone
+6281999656255
Journal Mail Official
jurnalvalue@unmas.ac.id
Editorial Address
Jalan Kamboja no 11 A Denpasar Timur
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Values
ISSN : 27216810     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Values is a scientific journal for the development of management science published by the Management Study Program of the Faculty of Economics and Business, Mahasaraswati University, Denpasar. This journal is a means of publication of research results of lecturers and undergraduate students in improving the quality of higher education research. This journal contains articles related to Management Science. The publication of this journal was carried out three times in April, August and December.
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 4 (2020): Values" : 24 Documents clear
PENGARUH TINGKAT PROFITABILITAS, STRUKTUR ASET DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP STRUKTUR MODAL : (studi pada sektor industri logam dan sejenisnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017) Yuli Mburu Mbanyik; I Gusti Ngurah Bagus Gunadi; I Wayan Suarjana
VALUES Vol. 1 No. 4 (2020): Values
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNMAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Struktur modal perusahaan merupakan proporsi antara hutang jangka panjang dan modal sendiri. Struktur modal perusahaan akan semakin efisien ketika modal kerja memberikan keuntungan operasi yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh variabel profitabilitas, struktur aset dan growth opportunity pada variabel struktur modal perusahaan. Sampel yang digunakan adalah data sekunder dari Bursa Efek Indonesia yaitu Annual Report perusahaan manufaktur sektor industri logam dan sejenisnya. Sampel dalam penelitian ini adalah 11 perusahaan manufaktur sektor industri logam dan sejenisnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2015-2017. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji F, koefisien determinasi, dan uji statistik T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel profitabilitas berpengaruh negatif terhadap struktur modal yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,027. Variabel growth opportunity berpengaruh positif pada struktur modal yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,009. Meskipun demikian, Variabel struktur aset tidak memiliki pengaruh terhadap struktur modal yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,141.
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOTEL PURI SEBALI UBUD GIANYAR I Kadek Tisna Muliantika; Agus Wahyudi Salasa Gama; Ni Putu Yeni Astiti
VALUES Vol. 1 No. 4 (2020): Values
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNMAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tingkat Pendidikan dan kompetensi sangat berkaitan langsung dengan kinerja karyawan. Tingkat Pendidikan yang dimiliki oleh karyawan dapat menurunkan ataupun meningkatkan kinerja karyawan, begitupula halnya dengan kompetensi karyawan. Karyawan yang memiliki tingkat Pendidikan dan kompetensi yang tinggi akan termotivasi untuk memiliki semangat kerja sehingga akan berdampak pada meningkatnya kinerja perusahaan secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini adalah : untuk menguji tingkat Pendidikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Puri Sebali Ubud Gianyar dan untuk menguji kompetensi terhadap kinerja karyawan pada Hotel Puri Sebali Ubud Gianyar. Penelitian ini menggunakan metode sensus yaitu dengan memberikan kuesioner seluruh populasi yang berjumlah 47 orang. Dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Hotel Puri Sebali Ubud Gianyar. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas uji reliabilitas, analisis statistik deskritif, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji kelayakan model, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukan Tingkat Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Puri Sebali Ubud Gianyar. Hal ini memiliki arti jika tingkat Pendidikan meningkat maka kinerja karyawan Hotel Puri Sebali Ubud Gianyar mengalami peningkatan. Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Puri Sebali Ubud Gianyar. Hal ini memiliki arti jika kompetensi meningkat maka kinerja karyawan Hotel Puri Sebali Ubud Gianyar mengalami peningkatan.
PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BPR MAMBAL KABUPATEN BADUNG I Kadek Dwi Nugraha; I Ketut Setia Sapta; I Nengah Sudja
VALUES Vol. 1 No. 4 (2020): Values
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNMAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT BPR Mambal Kabupaten Badung merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa keuangan. Dalam pengelolaannya perusahan tersebut selama ini telah menerapkan karakteristik individu melalui kemampuan individu karyawan dimana manajemen perusahaan mengambil inisiatif dan bertindak sesuai ketentuan yang telah disepakati. Disisi lain lingkungan kerja melalui penataan ruangan dan kondisi lingkungan kerja yang mendukung, akan mempengaruhi kinerja pegawai dan masih perlu adanya pembenahan sistem yang tidak sesuai lagi pada masa sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk dapat memberikan gambaran tentang karakteristik individu, lingkungan kerja dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan PT BPR Mambal Kabupaten Badung. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan hasilnya dideskripsikan secara naratif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 40 orang. Seluruh data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner layak untuk di gunakan dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infrensial, Hasil analisis t-test diperoleh karakteristik individu dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT BPR Mambal Kabupaten Badung.
PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR AKTIVA, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Ni Kadek Dwi Pebriyanti; I Wayan Sukadana; I Wayan Widnyana
VALUES Vol. 1 No. 4 (2020): Values
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNMAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Struktur modal merupakan perimbangan atau perbandingan antara hutang jangka panjang dengan modal sendiri, dimana struktur modal merupakan bagian dari struktur keuangan. Adanya faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal menjadi hal yang penting sebagai dasar dalam penentuan komposisi struktur modal optimal perusahaan. Struktur modal dapat dipengaruhi beberapa faktor diantaranya yaitu stabilitas penjualan, struktur aktiva, operating leverage, tingkat pertumbuhan, profitabilitas, pajak, pengendalian, sikap manajemen, sikap pemberi pinjaman dan penilai kredibilitas, kondisi pasar, kondisi internal perusahaan dan fleksibilitas keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, struktur aktiva dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 67 perusahaan, dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel profitabilitas, struktur aktiva dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Secara parsial variabel profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal dengan nilai signifikansi 0,016. Variabel struktur aktiva tidak berpengaruh terhadap struktur modal yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,250. Sedangkan variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal dengan nilai signifikansi 0,007.
PENGARUH SUASANA TOKO, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKIO BARBERSHOP Ni Kadek Dian Winda Sari; Ni Wayan Eka Mitariani; I Gusti Ayu Imbayani
VALUES Vol. 1 No. 4 (2020): Values
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNMAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keputusan Pembelian adalah perilaku pengambilan keputusan oleh konsumen untuk melakukan pembelian produk atau jasa diawali dengan adanya kesadaran atas pemenuhan kebutuhan atau keinginan dan menyadari adanya masalah selanjutnya, maka konsumen akan melakukan beberapa tahap yang pada akhirnya sampai pada tahap evaluasi pasca pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suasana toko, promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan pelanggan Tokio Barbershop. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Suasana Toko berpengaruh positif terhadap variabel Keputusan Pembelian dengan nilai signifikan sebesar (0,030<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Promosi berpengaruh positif terhadap variabel Keputusan Pembelian dengan nilai signifikan (0,001<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Lokasi berpengaruh positif terhadap variabel Keputusan Pembelian dengan nilai signifikan sebesar (0,005<0,05. Saran peneliti bagi perusahaan yaitu agar memberikan promosi dengan waktu yang lebih panjang sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Saran bagi peneliti selanjutnya agar dapat menambahkan faktor lain yang mempengaruhi keputusan pembelian seperti : persepsi harga, kepuasan pengunjung dan kualitas pelayanan.
PENGARUH EISIENSI OPERASIONAL DAN LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS Ni Wayan Leoni; I Wayan Sukadana; I Wayan Mendra
VALUES Vol. 1 No. 4 (2020): Values
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNMAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Pakraman dan menjunjung serta meningkatkan perekonomian Desa Pakraman. Pemerintah Provinsi Bali membentuk suatu lembaga ekenomi yaitu Lembaga Perkreditan Desa (LPD), Kecamatan Payangan memiliki 9 Desa Adat dengan 48 LPD yang masing-masing berada di setiap Desa Adat di Kecamatan Payangan yang memiliki peranan penting dalam pembangunan dan pertumbuhan perekonomian. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Efisiensi Operasional (BOPO) dan Likuiditas berpengaruh terhadap Profitbilitas Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kecamatan Payangan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling Nonprobability sampling, dimana dalam Nonprobability sampling memberikan peluang yang sama bagi setiap populasi yang akan digunakan sebagai sampel. Dalam teknik ini menggunakan cara purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu, kriteria yang digunakan adalah LPD yang ada di Kecamatan Payangan dan memiliki semua data berkaitan dengan variabel yang diteliti, sehingga didapat 29 LPD yang dijadikan sebagai sampel. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Selain itu, dalam penelitian ini juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, autokorelasi, heteroskedastisitas dan multikolinieritas. kemudian data diolah dengan Software Statistic For Social Science (SPSS Program). Hasil pengujian menunjukkan bahwa rasio Efisiensi Operasional (BOPO) mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat BOPO pada LPD, maka nilai Profitabilitas akan menurun. Rasio Likuiditas mempunyai berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas. Ini berarti besar kecilnya aktiva lancar atau utang lancar suatu LPD akan mempengaruhi dalam meningkatkan Profitabilitas. Efisiensi Operasional dan Likuiditas berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Profitabilitas. Hal ini menunjukkan bahwa Efisiensi Operasional dan Likuiditas secara bersama-sama berpengaruh terhadap Profitabilitas.
PENGARUH JOB DESCRIPTION DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA ANULEKHA RESORT & VILLA DI UBUD I Wayan Ekastana Senadwipa Perteka; Ni Wayan Eka Mitariani; I Gusti Ayu Imbayani
VALUES Vol. 1 No. 4 (2020): Values
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNMAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap perusahaan selalu berusaha agar karyawan bisa berprestasi dalam bentuk memberikan produktivitas kerja yang maksimal. Produktivitas kerja karyawan bagi suatu perusahaan sangatlah penting sebagai alat pengukur keberhasilan dalam menjalankan usaha, karena semakin tinggi produktivitas kerja karyawan dalam perusahaan, berarti laba perusahaan dan produktivitas akan meningkat. Produktivitas kerja karyawan dapat dipengaruhi oleh job description dan pengembangan karir. Kurangnya perhatian perusahaan terhadap job description dan pengembangan karir karyawan tentu akan menurunkan kinerja karyawan dan berimbas kepada rendahnya produktivitas kerja karyawan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti emperis pengaruh job description dan pengembangan karir secara parsial maupun simultan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada Anulekha Resort & Villa di Ubud. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 orang karyawan Anulekha Resort & Villa di Ubud. Penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Alat analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa job description berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan pada Anulekha Resort & Villa di Ubud. Pengembangan karir berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan pada Anulekha Resort & Villa di Ubud. Job description dan pengembangan karir secara simultan berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan pada Anulekha Resort & Villa di Ubud.
PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PERDANA INTERNET DI GALLERY SMARTFREN DENPASAR Bayu rifa’I; Ni Wayan Eka Mitariani; I Gusti Ayu Imbayani
VALUES Vol. 1 No. 4 (2020): Values
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNMAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian pada pelanggan di Gallery Smartfren jalan pulau kawe no.03 denpasar. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya peningkatan penjualan yang terjadi selama 1 tahun terakhir pada tahun 2017-2018. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Teknik analisis data kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F serta uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi harga berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian dengan nilai signifikan sebesar (0,010<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian dengan nilai signifikan (0,003<0,05). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel promosi berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pemebelian dengan nilai signifikan (0,000<0,05). Saran peneliti bagi perusahaan yaitu perusahaan harus meningkatkan promosi dan terus mengawasi persaingan harga yang ada dan tetap memberikan harga spesial bagi konsumen. Saran bagi peneliti selanjutnya agar dapat memperbaiki keterbatasan yang ada dalam penelitian ini, memperbanyak jumlah sampel dan mengembangkan penelitian dengan meneliti variabel lain diluar variabel pada penelitian ini
PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Ni Made Krisna Arum Listyaningsih; I Wayan Widnyana; I Wayan Sukadana
VALUES Vol. 1 No. 4 (2020): Values
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNMAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan utama perusahaan adalah untuk memaksimalkan kemakmuran stakeholder, hal ini dapat dicapai dengan memaksimalkan nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel ukuran profitabilitas, leverage, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan yang di proksikan dengan PBV (Price Book Value). Sampel penelitian ini adalah perusahaan BUMN yang sahamnya terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017 dengan jumlah 10 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis serta analisis berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) profitabilitas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (2) leverage mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dan (3) kebijakan dividen mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan seluruh variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kemudian hasil estimasi regresi menunjukkan kemampuan prediksi dari 3 variabel independen tersebut terhadap nilai perusahaan sebesar 73,8%, sedangkan sisanya 26,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model yang tidak dimasukan dalam analisis ini
PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE DALAM MEMPREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Ni Komang Evi Endayani; I Wayan Widnyana; I Wayan Sukadana
VALUES Vol. 1 No. 4 (2020): Values
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNMAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan apakah Profitabilitas yang diukur dengan Return On Asset, Likuiditas yang diukur dengan Current Ratio, dan Leverage yang diukur dengan Debt Ratio berpegaruh dalam memprediksi Financial Distress pada perusahaan aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan aneka industri yang terdaftar di BEI tahun 2015 sampai 2017. Sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 25 perusahaan sampel. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Indonesian capital market directory dan www.idx.co.id. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Financial Distress, Likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Financial Distress, dan Leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap Financial Distress.

Page 1 of 3 | Total Record : 24