cover
Contact Name
Adi Ekopriyono
Contact Email
garuda@apji.org
Phone
_6283108502368
Journal Mail Official
danang@stekom.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UNTAG Semarang Jl. Pawiyatan Luhur No. 1 Bendan Dhuwur Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Serat Acitya
ISSN : 08534748     EISSN : 29617030     DOI : 10.56444
Core Subject : Economy, Science,
bidang ilmu manajemen dan akuntansi antara lain manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia,termasuk perilaku organisasi, dan manajemen informasi, sistem pengendalian manajemen, audit manajemen, akuntansi keperilakuan, sistem informasi akuntansi, penganggaran, perpajakan, akuntansi manajemen, akuntansi keuangan dan biaya.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 1 (2023): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya" : 18 Documents clear
Pengungkit Trend Fraud Akuntansi Pada Perusahaan Penerbit Di Kota Semarang Karsiati Karsiati; Maskudi Maskudi
Serat Acitya Vol. 12 No. 1 (2023): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v12i1.550

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sistem informasi akuntansi, kecerdasan emosional, etika kerja, dan dukungan atasan terhadap Pengungkit Trend Fraud Akuntansi pada Perusahaan Penerbit Buku di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Perusahaan Penerbit Buku di Kota Semarang yang memproduksi buku teks yakni PT. Aneka Ilmu, PT. Bengawan Ilmu berjumlah 41 orang. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh dari populasi tersebut dengan menggunakan metode sensus dikarenakan jumlah populasi sangat kecil. Penelitian dilakukan pada Februari 2021, data dikumpulkan menggunakan kuesioner sedangkan teknik analisis data penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem informasi akuntansi, kecerdasan emosional, etika kerja, dan dukungan atasan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Pengungkit Trend Fraud Akuntansi.
Pengaruh Literasi dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada UMKM di Tembalang, Kota Semarang Siti Aminah; Ziyad Ali Haqi
Serat Acitya Vol. 12 No. 1 (2023): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v12i1.551

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh antara Literasi Keuangan Dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku Usaha UMKM Di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pelaku Usaha UMKM Di Kecamatan Tembalang Kota Semarang yang berjumlah 1702. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 90 orang yang diambil dari populasi Pelaku Usaha UMKM Di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah Literasi keuangan dan Sikap keuangan sebagai variabel bebas serta perilaku manajemen keuangan sebagai variabel terikat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan asumsi klasik. Hasil Penelitian secara parsial variabel Literasi Keuangan berpengaruh positif terhadap Perilaku Manajemen Keuangan dengan signifikansi 0.000 nilai signifikansi lebih kecil daripada 0,05 artinya semakin baik Literasi Keuangan, maka Perilaku Manajemen Keuangan bagi Pelaku Usaha UMKM Di Kecamatan Tembalang Kota Semarang akan semakin baik. secara parsial variabel Sikap Keuangan berpengaruh positif terhadap Perilaku Manajemen Keuangan dengan signifikansi 0.000 nilai signifikansi lebih kecil daripada 0,05 artinya semakin baik Sikap Keuangan, maka Perilaku Manajemen Keuangan bagi Pelaku Usaha UMKM Di Kecamatan Tembalang Kota Semarang akan semakin baik.
Peran Kompetensi Guru, Literasi Digital, Dan Ketersediaan Sarana Teknologi Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran (Study Pada Guru Sekolah Dasar Se Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang) Sukardi Sukardi; Siti Aminah; Ika Oktiviana Dewi
Serat Acitya Vol. 12 No. 1 (2023): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v12i1.552

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kompetensi guru, literasi digital dan ketersediaan fasilitas teknologi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di Koordinator Bidang Pendidikan Kabupaten Kandeman. Populasi yang diambil adalah Guru SD di Koordinator Bidang Pendidikan Kabupaten Kandeman sebanyak 217 orang, dengan purposive sampling diperoleh sampel penelitian sebanyak 69 orang. Sumber data yang digunakan adalah data primer, dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier menyatakan bahwa kompetensi guru, literasi digital, dan sarana teknologi berpengaruh positif terhadap peningkatan pembelajaran. Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,819 yang berarti 81,9% kualitas pembelajaran dapat dijelaskan oleh kompetensi pendidik, literasi digital dan sarana teknologi. Sedangkan sisanya 100% - 81,9% = 18,1% dijelaskan oleh alasan lain di luar variabel kompetensi pendidik, literasi digital dan sarana teknologi. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji statistik t menunjukkan (1) Kompetensi pendidik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran, (2) literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran, (3) sarana teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran. pengaruh positif dan signifikan kualitas pembelajaran di sekolah dasar bagi guru sekolah dasar di Koordinator Bidang Pendidikan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang.
Analisa Kinerja Rumah Sakit Daerah K.R.M.T Wongsonegoro Kota Semarang dengan Balance Scorecard Nadia Dwi Irmadiani; Mochamad Hangga Novian; Erna Silviana
Serat Acitya Vol. 12 No. 1 (2023): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v12i1.553

Abstract

Sesuai Undang – Undang Dasar 1945 pasal 28 H ayat (1) setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, ketersediaan pelayanan kesehatan yang merata, bermutu dan berorientasi kepada kepuasan pasien merupakan tuntutan yang harus dipenuhi rumah sakit. Hal ini berarti bahwa rumah sakit dituntut untuk memiliki kinerja yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menguji, dan mengukur kinerja Rumah Sakit Daerah K.R.M.T Wongsonegoro Kota Semarang dengan menggunakan Balance Scorecard. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan adalah data sekunder dan data primer. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi laporan keuangan, laporan rekam medik dan laporan SDM tahun 2019 – 2021. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada pasien dan pegawai rumah sakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja rumah sakit dari perspektif keuangan pada tahun 2019 – 2021 secara umum baik, namun untuk total assets turnover ratio dan CRR masih dibawah standar. Kinerja rumah sakit dari perspektif pelanggan pada tahun 2019 – 2021 sudah baik. Kinerja dari perspektif proses bisnis internal tahun 2019 – 2021 kurang baik, dimana persentase nilai BTO, GDR, dan NDR sesuai dengan standar Permenkes Nomor 1171 Tahun 2011. Kinerja dari perspektif pertumbuhan dan pembelajaran pada tahun 2019 – 2021 menunjukkan kinerja yang baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kinerja RSD K.R.M.T Wongsonegoro Kota Semarang dilihat dari 4 perspektif Balance Scorecard adalah cukup baik. Manajemen perlu memberikan perhatian khusus terhadap pengukuran indikator yang kurang baik maupun cukup baik agar dapat ditingkatkan, dan mempertahankan penilaian terhadap indikator yang baik guna meningkatkan kinerja rumah sakit di masa yang akan datang.
Sistem Penghargaan (Rewards) Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Perusahaan Swasta M.Trihudiyatmanto; Sukardi Sukardi
Serat Acitya Vol. 12 No. 1 (2023): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v12i1.554

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan menguji pengaruh dimensi Sistem Penghargaan (Rewards) yang terdiri dari Financial Rewards, Inherent Rewards dan Non-Financial Rewards terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan studi pada perusahaan PT. Shung Shim International Kabupaten Tegal. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 85 orang dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil ini menunjukkan bahwa Financial Rewards, Inherent Rewards dan Non-Financial Rewards diterima, artinya Sistem Penghargaan (Rewards) berpengaruh pada kinerja karyawan. Dengan demikian, bahwa apabila sistem penghargaan diterapkan dengan baik, maka akan dapat meningkatkan kinerja karyawan dengan baik. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah variabel bebas, atau menambah variabel tidak langsung (Intervening). Penelitian selanjutnya juga dapat memperluas area survey untuk menambah jumlah responden.
Analisis Pembentukan Portofolio Optimal Menggunakan Model Indeks Tunggal Berdasarkan Rekomendasi Saham PT Sucor Sekuritas Periode Januari-Desember 2022 Monica Budi Rahayu; CH. Asta Nugraha
Serat Acitya Vol. 12 No. 1 (2023): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v12i1.555

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membentuk portofolio saham yang optimal menggunakan Model Indeks Tunggal berdasarkan saham-saham rekomendasi PT Sucor Sekuritas, mengetahui besarnya proporsi dana yang harus diinvestasikan pada masing-masing saham, serta mengetahui besarnya return realisasi dan risiko dari portofolio optimal saham yang terbentuk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan sampel 11 (sebelas) saham rekomendasi PT Sucor Sekuritas periode Januari – Desember 2022. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 2 (dua) saham penyusun portofolio optimal yaitu saham INDF dan ICBP. Proporsi dana masing-masing saham pembentuk portofolio optimal yaitu saham INDF sebesar 82% dan saham ICBP sebesar 18%. Kedua saham tersebut memiliki return sebesar 0,0638 atau 6,38% dengan risiko portofolio yang akan ditanggung investor atas investasi sebesar 0,00002 atau 0,02%.
Peran Organizational Citizenship Behavior sebagai Pemediasi Hubungan Lingkungan Kerja Non Fisik dan Kepemimpinan yang Melayani dengan Kinerja Suparjo Suparjo; Arum Purwaningtyas; Endang Sri Sunarsih
Serat Acitya Vol. 12 No. 1 (2023): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v12i1.556

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini untuk mengetahui apakah Organizational Citizenship Behavior memiliki efek mediasi pada hubungan antara Lingkungan kerja Non Fisik dan Kepeminpinan yang melayani dengan Kinerja. Data dikumpulkan dari 120 Pegawai UPTD Puskesmas Blora berasal dari 20 Puskemas yang berada di Wilayah Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah. Responden dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pemodelan persamaan struktural digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Studi ini mengungkapkan: 1) Lingkungan Kerja Non Fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja, 2) Kepemimpinan yang melayani berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja, 3) Organizational Citizenship Behavior mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja, 4) Lingkungan Kerja Non Fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, 5) Kepemimpinan yang melayani mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, dan 6) Organizational Citizenship Behavior memediasi hubungan Lingkungan kerja Non Fisik, Kepemimpinan yang melayani dengan kinerja. Penelitian ini merekomendasikan kinerja Pegawai UPTD Puskesmas Blora dapat ditingkatkan dengan Lingkungan kerja non fisik, Kepemimpinan yang melayani melalui efek tidak langsung dari Organizational Citizenship Behavior.
Manajemen Pra Bencana Alam Di Kabupaten Bima Dalam Perspektif Collaborative Governance Nurlaila Nurlaila; Mas’ud Mas’ud
Serat Acitya Vol. 12 No. 1 (2023): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v12i1.603

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat collaborative governance terutama pada tahap pra bencana, dan sejauh mana kerjasama serta upaya-upaya yang telah dilakukan berbagai aktor untuk mengantisipasi bencana di Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data terdiri atas observasi observation, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan manajemen prabencana di Kabupaten Bima di lakukan dengan pendekatan collaboraive governance melaui prinsip koordinasi, keterpaduan, kemitraan, dan pemberdayaan. Dengan keterlibatan seluruh element sebagai perwujudan yang demokratis partisipatif dalam upaya penanggulangan bencana. Dalam pendekatan ini Badan Penanggulangan Bencana bertindak sebagai leading sector berupaya untuk mengimplementasikan program-program yang ada dalam Dokumen Rencana Penanggulangan Bencana Daerah dengan kerjasama lintas sektoral. Dalam implementasinya BPBD bertindak sebagai koordinator, fasilitator, motivator, sekaligus pelaksana program-program. Melalui kolaborasi tersebut menghasilkan strategi penanggulangan bencana melaui perkuatan aturan dan kapasitas kelembagaan yang difokuskan untuk mencapai penguatan kerangka Hukum penyelenggaraan Penanggulangan Bencana dan peningkatan kapasitas serta akuntabilitas tata kelola penanggulangan bencana. Proses kerjasama ini juga telah mengintegrasikan Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) kedalam rencana strategis dan rencana kerja tahunan seluruh SKPD. Pemerintah Daerah juga bekerjasama dengan perguruan tinggi dalam mengembangkan hasil-hasil riset yang dapat diterapkan secara langsung oleh Pemerintah, individu dan keluarga seperti pembangunan rumah aman Gempa, sumur resapan dan lainnya. Diharapkan dengan adanya beberapa riset terkait penanggulangan bencana di Kabupaten Bima dapat menurunkan kerentanan daerah terhadap risiko multi bahaya.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE (Studi Pada “Distribution Store Bullshirt Kota Bima”) Tasrif Tasrif
Serat Acitya Vol. 12 No. 1 (2023): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v12i1.604

Abstract

Saat ini perkembangan komunikasi melalui internet semakin pesat. Hal ini yang menyebabkan bisnis online semakin diminati. “Distribution Store Bullshirt Kota Bima” sebagai salah satu online store yang memasarkan produk dan memiliki strategi untuk menarik minat beli konsumen sehingga dapat bertahan ditengah persaingan bisnis online yang sangat ketat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah Pemilik dan 4 orang konsumen "Distribution Store Bullshirt Kota Bima". Hasil Penelitian ini adalah sebagai strategi komunikasi pemasaran yang dimiliki oleh “Distribution Store Bullshirt Kota Bima” akan diuraikan melalui teori marketing mix 4p yang terdiri dari product, price, place, promotion. Melalui elemen promotion “Distribution Store Bullshirt Kota Bima” memanfaatkan media social Instagram dan Facebook untuk menguraikan teori marketing mix 4p tersebut dan dari kegiatan yang dilakukan mampu menarik minat konsumen.
Pengaruh Motivasi Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Trijaya Tirta Dharma (Great Air Minum Dalam Kemasan Cabang Bandar lampung) Reni Wulandari; Kemala Puji; Emi Suwarni
Serat Acitya Vol. 12 No. 1 (2023): April: Jurnal Ilmiah Serat Acitya
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/sa.v12i1.606

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menguji pengaruh motivasi kerja dan pengembangan karir berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Trijaya Tirta Dharma yang berjumlah 132 orang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan data primer yang diperoleh dengan cara menyebarkan sejumlah pernyataan kepada responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa motivasi kerja dan pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja secara simultan maupun parsial.

Page 1 of 2 | Total Record : 18