cover
Contact Name
Kerisman Halawa
Contact Email
ojs.usmindonesia19@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ojs.usmindonesia19@gmail.com
Editorial Address
Universitas Sari Mutiara Indonesia Jln. Kapten Muslim No.79 Medan-20123, Medan, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 2963850X     EISSN : 2963850X     DOI : https://doi.org/10.51544/sentra.v3i1.4716
FOCUS DAN SCOPE JURNAL SENTRA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Aspek Perkembangan Anak (Nilai Agama dan Moral, Kognitif, Bahasa, Fisik Motorik, Sosial Emosional, dan Seni) Anak Berkebutuhan Khusus / PAUD Inklusi Parenting Manajemen PAUD Kesehatan dan Gizi PAUD Kurikulum, Media, dan Pembelajaran PAUD Assesment PAUD Psikologi Anak Usia Dini Inovasi dan isu terkini yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini" : 5 Documents clear
MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME DI ERA GLOBALISASI PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PAPAN JODOH PANCASILA Vivi Aulia Azahra Vivi; Jihan Aqilah; Firanti Tri Nur Adana; Muftila Alsiana Putri; Sri Hariyanti Manurung; Jamaludin Jamaludin
Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/sentra.v2i1.3854

Abstract

Dengan berkembangnya zaman dan meningkatnya derajat globalisasi, salah satu dampak negatif yang ditimbulkan adalah merosotnya budaya dan sikap nasionalis. Hal ini sebagai jawaban atas permasalahan tingkah laku yang menjadikan anak kurang memiliki rasa nasionalisme, maka dalam konteks globalisasi saat ini diperlukan solusi untuk meningkatkan rasa nasionalisme anak yaitu pengabdian masyarakat untuk meningkatkan rasa nasionalisme anak melalui permainan papan jodoh pancasila. Tujuan penelitian ini adalah menanamkan nilai-nilai kebangsaan pada anak usia 5-6 tahun dengan menerapkan papan jodoh pancasila. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang digunakan untuk pengumpulan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai kebangsaan menggunakan media papan jodoh pancasila, agar anak menjadi penyayang terhadap sesama manusia, saling bertoleransi, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, bangga terhadap bangsa Indonesia, dan bangga terhadap bangsa Indonesia. ibu pertiwi Indonesia tidak kalah dengan yang lain, Mampu mengakui hak dan kewajiban yang sama dan sederajat antara sesama manusia dan sesama bangsa.
KESENJANGAN HAK DAN KEWAJIBAN GURU PAUD DENGAN GURU NON PAUD Rahmi Wardah Ningsih; Niken Farida; Shalihat Shalihat
Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/sentra.v2i1.3857

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesenjangan hak dan kewajiban guru PAUD dengan Guru non PAUD. Metode penelitian dengan pendekatan studi kasus (case study) dengan sampel kelompok guru PAUD dan guru non PAUD di Desa Sidodadi berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket terbuka dan tertutup serta wawancara terhadap beberapa narasumber. Berdasarkan hasil penelitian terdapat adanya kesenjangan hak dan kewajiban dari sisi materi dan tuntutan guru PAUD dan guru non PAUD. Hak-hak Guru dalam menjalankan tugasnya yaitu dengan mendapatkan gaji, promosi karir, rasa nyaman dan aman, bebas dalam berasosiasi, andil dalam penentuan kebijakan pendidikan, pengembangan kualitas, dan pengembangan profesi keguruan.
ANALISIS PERKEMBANGAN NILAI PANCASILA ANAK DI TK NEGERI 1 PEMBINA MEDAN Jihan Aqilah; Firanti Tri Nur Adana; Vivi Aulia Azahra; Zhal Zha Novianti; Eka Santi Sinamo; Artha Mahindra Diputra
Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/sentra.v2i1.3931

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan anak mengenal dan mencocokkan symbol, bunyi, dan sikap yang mencerminkan nilai Pancasila. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu jenis penelitian yang menitikberatkan terhadap pengukuran dan penjabaran hubungan sebab akibat dengan bermacam– macam variabel. Subjek penelitiannya adalah anak usia 5 – 6 tahun sebanyak 13 murid di kelas B TK Negeri 1 Pembina Medan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dalam mengenalkan nilai–nilai Pancasila untuk anak tidak hanya menjadi tanggung jawab dan tugas guru, melainkan tanggung jawab serta tugas orangtua dirumah, dan dari hasil observasi peneliti menggunakan instrument checklist dapat disimpulkan capaian perkembangan nilai Pancasila kelas B TK Negeri 1 Pembina Medan sudah berkembang sesuai Harapan.
ANALISIS KOMPETENSI GURU PAUD DALAM MENGAJAR DAN KOMPETENSI PENUNJANG Sophia Nurhaqia; Eva Eriani; Rita Kencana; Seriyanti Siagian
Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/sentra.v2i2.4091

Abstract

Kompetensi guru mengacu pada perpaduan antara pengetahuan, keterampilan, sikap yang harus ada dalam diri guru dalam menjalankan tugas-tugasnya dalam mendidik. Jurnal ini menyajikan tentang kompetensi dalam mengajar serta harus dikuasai oleh seorang guru dan kompetensi penunjang yang dapat mendukung keahlian dan perannya sebagai guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja kompetensi dalam mengajar dan kompetensi penunjang yang mendukung keahlian seorang guru. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) yang menyadur sumber dari buku dan artikel pada jurnal ilmiah yang berkaitan dengan variabel penelitian. Temuan dalam penelitian ini yaitu seorang guru harus memperhatikan kompetensi yang harus dimiliki dan dikembangkan dalam mengajar, yaitu: 1) Mengajar dan mengoptimalkan potensi siswa, 2) Mendesain pembelajaran yang menarik, 3) Memahami gaya belajar siswa. Dalam proses belajar mengajar, guru paling sedikit menguasai empat kemampuan, yakni: 1) Merancang proses kegitan belajar mengajar dikelas, 2) Menerapkan proses belajar sesuai dengan rancangan, 3) Mengevaluasi proses belajar mengajar dikelas, 4) Menguasai materi pembelajaran. Beberapa hal yang terdapat dalam kompetensi penunjang yang harus dimiliki oleh seorang guru, yaitu: 1) Keahlian dalam menulis, 2) Keahlian dalam melakukan penelitian, 3) Keahlian dalam berbahasa asing.
PARENTING ANAK BERKUALITAS DI GENERASI ALPHA Rika Devianti; Sutria Ningrum; Rita Kencana; Iwan Siswanto; Nur Amalia
Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51544/sentra.v2i2.4236

Abstract

Generasi alpha, yang lahir antara tahun 2010-2025, tumbuh seiring dengan kemajuan teknologi dan digital. Mereka dikenal sebagai kelompok yang terampil dalam menggunakan perangkat digital dan dijuluki sebagai generasi instan atau maju. Oleh karena itu, tidak mengherankan melihat anak-anak usia dini mampu memanfaatkan ponsel cerdas tanpa kesulitan. Perkembangan teknologi dan digital yang pesat memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan serta mengakses informasi. Namun demikian, perkembangan ini juga menantang orang tua dalam mengarahkan pembentukan karakter anak. Anak-anak cenderung lebih banyak menghabiskan waktu dengan ponsel cerdas daripada bersama orang tua, yang dapat berdampak negatif pada aspek kognitif, afektif, psikomotorik, dan perkembangan karakter mereka. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana gaya pengasuhan anak dan pola asuh anak berkualitas di generasi alpha. Metode yang digunakan adalah metode library research dengan pendekatan kualitatif yang mendeskripsikan hasil temuan dari berbagai sumber buku/jurnal dari media cetak atau media elektronik. Hasil penelitian ditemukan gaya pengasuhan ada 4, yaitu permissive (too sot)/permisif, authoritarian (too hard)/otoriter, authoritative (just right)/demokratis, uninvolved/tidak terlibat, Dalam konteks generasi alpha, strategi pendidikan yang berkualitas mencakup aspek menjadi teladan positif bagi anak, tidak memberikan perlakuan yang berlebihan, meluangkan waktu berkualitas bersama anak, mendorong pertumbuhan kemandirian, menjalankan pengawasan, mengatur penggunaan teknologi secara ketat, mengimplementasikan disiplin yang konsisten, memberikan penghargaan dan kasih sayang, mengajarkan etika bersosialisasi, serta mengedukasi nilai berbagi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5