cover
Contact Name
Meirani
Contact Email
meirani@umb.ac.id
Phone
+6285609430819
Journal Mail Official
meirani@umb.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.umb.ac.id/index.php/ecoedu/about/editorialTeam
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Economic Edu
ISSN : 27974987     EISSN : 27465004     DOI : https://doi.org/10.36085/jee.v3i1.3527
Focus and Scope The Edu Economic Education Journal offers original articles on economic education. This journal aims to publish and disseminate the results of economic education research and studies conducted by researchers, teachers and practitioners of economic education. Edu Economics Journal provides a variety of informative papers directed at theory and practice in the following areas: Problems and ideas, as well as contemporary research findings in the field of economic education Innovation in the fields of pedagogy, curriculum, hardware, teaching materials, as well as methods & models in economic learning Evaluation of teaching methods, attitudes and interests in learning, materials, or processes. Reports on events that influence economic education at all educational age levels (from early childhood to adulthood) and the three main channels of education, namely formal, non-formal and informal.
Articles 68 Documents
PERILAKU KELUARGA MISKIN DALAM MELANGSUNGKAN KEHIDUPANNYA (KASUS PETANI MISKIN DI DESA TALANG KABU KECAMATAN ILIR TALO KABPATEN SELUMA) Bahrin bahrin; Duharman Duharman
Jurnal Economic Edu Vol. 1 No. 1 (2020): Terbitan Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah soaial yang krusial dan berdampak luas. Penelitian ini mencoba menelusuri persoalan kemiskinan tersebut secara mendasar dari berbagai aspek sosial, budaya dan ekonomi serta keterkaitannya dengan tata nilai, norma dan adat istiadat yang hidup dan berkembang dalam masyarakat local. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah terumuskannya pola-pola perilaku dan perubahan sosial serta faktor-faktor dominan yang dapat mendorong perubahan keluarga miskin untuk mampu secara dinamis menghidupkan kondisi kehidupannya. Penelitian ini didesain sebagai penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Talang Kabu Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma. Pemilihan desa dilakukan secara Purposive, sedangkan pemilihan sampel keluarga miskin dilakukan secarak acak. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan secara deskriptif-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: (1)Pola perilaku keluarga miskin dalam bekerja, mengelola hasil usaha dan berinteraksi sosial bersifat tradisi sejalan dengan tatanan budaya yang bersifat turun-temurun. Penyesuaian terhadap perubahan lingkungan strategis berjalan lambat; (2)Pola perilaku keluarga miskin dalam bekerja, mengelola hasil usaha dan berinteraksi sosial terbentuk melalui pewarisan peninggalan fisik dan ideal melalui pengalaman empiris dalam keluarga dan masyarakat serta mempunyai keterikatan yang kuat terhadap tata nilai, norma dan adat istiadat yang hidup dan berkembamg dalam masyararakat yang bersangkutan; (3)Proses belajar keluarga miskin dalam bekerja, mengelola hasil usaha dan berinteraksi sosial terjadi melalui pengalaman (empiris) yang diwariskan secara turun-temurun. Kata kunci: Kemiskinan, perilaku, sosiokultural.
EFFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PETA KONSEP DALAM PROSES PEMBELAJARAN BIDANG STUDI EKONOMI PADA JENJANG SEKOLA MENENGAH ATAS Helmarini Helmarini; Erwani Erwani
Jurnal Economic Edu Vol. 1 No. 1 (2020): Terbitan Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pendidik pada lembaga pendidikan formal mulai jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi pada umumnya sering ditemukan lebih suka menggunakan metode Cermah dalam pembelajaran di kelas karena metode ini sangat simple dan lebih praktis serta mudah diterapkan meski disadari bahwa metode ini sering kurang effektifi dan tidak memuaskan dalam pencapaian tujuan belajar mengajar. Untuk itu sebagai solusi penulis menawarkan salah satu pendekatan mengajar yang telah terbukti sangat effektif yaitu Metode Pendekatan Pembelajaran Peta Konsep yang merupakan cara dinamik untuk memahami butir-butir pokok informasi secara komprehensif sehingga membantu daya serap siswa dalam bentuk proposisi-proposisi melalui proses belajar alamiah dan berpikir. Metode Peta konsep diharapkan dapat membantu guru melakukan pembelajaran yang relatif mudah dipahami oleh siswa, dan menumbuhkan motivasi belajar siswa. Tujuan penulisan makalah ini dipaparkan secara lebih utuh dan jelas tentang Pembelajaran Peta Konsep yaitu: 1) Pengertian effektifitas pembelajaran; 2) Pemahaman/Definisi Peta Konsep; 3) Manfaat Peta Konsep dalam Pembelajaran 4) Cara menyusun Peta Konsep; 5) Ciri-ciri Peta Konsep 6) Jenis- jenis Peta Konsep (a) Model Pohon Jaringan (b) Model Rantai Jaringan (c) Model laba-laba (d) Model Siklus. 7) Seperti apa bentuk ragam dari Pendekatan Peta Konsep 8) Bagaimana cara mengajarkan Pendekatan Peta Konsep dalam proses pembelajaran Kata Kunci : Effektifitas Pembelajaran, Pendekatan Peta Konsep
STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING USAHA KECIL BERBASIS OLAHAN IKAN DI DESA SUMBER JAYA KECAMATAN KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU Suharmi Suharmi; Rossa Ayuni; Sucita Ocpi
Jurnal Economic Edu Vol. 1 No. 1 (2020): Terbitan Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The study aimed atfinding out the strategy of increasing competitiveness of small business based on fish processing in Sumber Jaya Village Kampung Melayu Subdistrict Bengkulu City. The study employed a qualitative descriptive method. Further, the study utilized data and sources of data, primary data and secondary Data. Primary data includes data obtained directly by researchers without any intermediaries. Data was gained through carrying out interviews and direct observation of traditional fish managers in Sumber Jaya Village, Kampung Melayu subdistrict, Bengkulu City. Secondary data taken are written sources such as the problems studied, namely the strategy of increasing the competitiveness of processed fish. Data collection was conducted through observation, interviews, documentation. Data analysis consisted of data collection, data reduction, data presentation, conclusion drawing. Based on the results of the study in Sumber Jaya Market, Kampung Melayu subdistrict, Bengkulu City, the results of the study were achieved namely: Based on fish processing competitiveness strategies, both dried fish and smoked fish, several problems can be grouped into three, namely (1) in terms of product, retrieval of raw materials like fresh fish; (2) in terms of processing, including: cleanliness and hygiene of the products produced; (3) in terms of marketing, including: price differences, product hygiene, controlling the market and coordinating with market traders. Keywords: Strategy, Competitiveness, Small Business in Sumber Jaya Village
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN Riyanto Efendi
Jurnal Economic Edu Vol. 1 No. 1 (2020): Terbitan Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kinerja karyawan merupakan hal yang penting dalam suatu perusahaan,karena memiliki pengaruh yang besar untuk peningkatan kinerja suatu perusahaan. Kinerja karyawan dalam suatu perusahaan dipengaruhi oleh berbagai hal seperti gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Metodologi penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini sebesar 100 karyawan koperasi PP Almunawwir Yogyakarta yang diambildengantekniktotal sampling.Metodeanalisis data dalam penelitian menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian sebagai berikut: 1).Gaya kepemimpinan berpengaruh secara positif dan signnifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 69,4%, Sedangkan sisanya 30,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diprediksi atau di luar model penelitian ini. Kata kunci: kinerja karyawan, gaya kepemimpinan
ENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU. Melli Yulastri
Jurnal Economic Edu Vol. 1 No. 1 (2020): Terbitan Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peneliti meneliti kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 21 kota bengkulu yang dilakukan penelitian pada tanggal 25 juni-25 juli di SMP Negeri 21 kota bengkulu. Tujuan penelitian ini nadalah : Untuk mengetahui seberapa besar kompetensi pedagogik guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian dilakukan dapat disimpulkan bahwa : (1) kompetensi pedagogik gurumata pelajaran IPS di SMP Negeri 21Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 73,86. (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 21Kota Bengkulu termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 83,81 (3) ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS di SMP Negeri 21 kota bengkulu berdasarkan hasil perhitungan F hitung > Fb tabel yaitu sebesar 23,93 dan F tabel db ᾶ 0,05 = 4,11 hal ini berarti F hitung lebih besar dari F tabel (23,93 > 4,11). Maka hipotesis diterima ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS di SMP Negeri 21 kota bengkulu sebesar 52,38% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti. Kata Kunci : Kompetensi pedagogik guru, hasil belajar
ANALISIS HAMBATAN PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN YANG DIHADAPI GURU MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PLUS NEGERI 7 KOTA BENGKULU Niki Roseta
Jurnal Economic Edu Vol. 1 No. 1 (2020): Terbitan Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 yang dilakukan guru mata pelajaran Ekonomi di SMA Plus Negeri 7 kota Bengkulu, (2) Mengetahui hambatan pelaksanaan evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 yang dihadapi guru mata pelajaran Ekonomi di SMA Plus Negeri 7 kota Bengkulu. Sumber data dalam penelitian ini 5 orang guru mata pelajaran ekonomi yang mengajar kelas X yang telah menerapkan kurikulum 2013 di SMA Plus Negeri 7 kota Bengkulu. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian, yaitu: (1) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran berdasakan kurikulum 2013 yang dilakukan guru mata pelajaran ekonomi di SMA Plus Negeri 7 kota Bengkulu dilakukan pada awal pembelajaran, proses pembelajaran dan akhir pembelajaran dengan aspek yang dinilai terdiri dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor dan menggunakan teknik tes, non tes serta autentik, (2) Hambatan yang dihadapi guru ekonomi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran meliputi kesulitan melakukan penilaian aspek afektif yang berkaitan dengan KI 1 & KI 2 100 %, ketidaksiapan siswa dalam menghadapi pre test pada awal pembelajaran dan kesulitan mengatur alokasi waktu pre test yang terbatas pada awal pembelajaran masing-masing 80 %, kurangnya daya serap siswa terhadap materi pembelajaran yang diberikan 60 %, kesulitan mengatur alokasi waktu post test yang terbatas pada akhir pembelajaran 20 %. Kata Kunci : Hambatan dihadapi Guru, Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran
ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI TERHADAP FASILITAS BELAJAR DI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU Andrias Ferdinan
Jurnal Economic Edu Vol. 1 No. 1 (2020): Terbitan Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fasilitas belajar dan kepuasan mahasiswa pendidikan ekonomi di FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Subjek penelitian nya yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi tahun masuk 2013-2016 dan Objek penelitian tersebut adalah Fasilitas Belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Dari hasil data kepuasan mahasiswa terhadap fasilitas belajar yaitu untuk ruang kelas menyatakan puas 90% dan kurang puas 10%, ruang laboratorium 60% puas dan 40% kurang puas, ruang auditorium 100% puas dan 0% kurang puas, WC / kamar kecil 70% puas dan 30% kurang puas, masjid 100% puas dan 0% kurang puas, kipas angin 80% puas dan 20% kurang puas, AC 50% puas dan 50% kurang puas, meja 100% puas dan 0% kurang puas, kursi 70% puas dan 30% kurang puas, kotak sampah 100% puas dan 0% kurang puas, infokus 40% puas dan 60% kurang puas, papan tulis 100% puas dan 0% kurang puas, buku 80% puas dan 20% kurang puas, skripsi/jurnal 100% puas dan 0% kurang puas serta wifi 0% puas dan 100% kurang puas. Pernyataan dari hasil wawancara dari lima indikator yaitu keandalan 100% cukup puas, Daya tangkap 100% cukup puas, kepastian 100% cukup puas, empati 60% merasa puas tetapi 40% kurang puas dan berwujud 100% sudah cukup puas. Maka dapat disimpulkan bahwa untuk tingkat kepuasan mahasiswa lebih dominan pada pernyataan cukup puas.
PENINGKATAN JIWA SOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR Caterina Lo
Jurnal Economic Edu Vol. 1 No. 2 (2021): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah dasar pada saat ini terkait dengan pendidikan tentang moral dan social lebih cendrung menggunakan model pembelajaran konvensional, dalam hal ini metoda ceramah, sehingga siswa tidak termotivasi ,apalagi untuk memunculkan potensi yang dimiliki oleh siswa. Pendidikan Sosial dengan menggunakan metode bermain peran di kelas V SD perlu untuk diterapkan,dengan tujuan agar siswa mampu memerankan sesuatu sesuai dengan yang diharapkan, selanjutnya siswa diharapkan dapat bersikap menghargai orang lain sungguhpun mereka berbeda pendapat,berjiwa kreatif sesuai dengan tuntutan zaman, dapat belajar memecahkan masalah yang dihadapi sekaligus dapat menerapkan nilai-nilai budaya bangsa dan dapat menyesuaikan diri dalam lingkungan yang berbeda kondisinya. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa kemampuan bermain peran siswa kelas V SD Angkasa 1 Kecamatan Koto Tangah Padang masih rendah, penyebabnya karena metode ini jarang digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pendidikan Sosial . Atas dasar tersebut peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas untuk melihat peningkatan hasil belajar sehubungan diterapkan metode bermain peran ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil berupa nilai yang didapat siswa, yaitu nilai pada siklus I berdasarkan dari hasil penilaian dengan rata-rata adalah 67,45. Sedangkan nilai pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 86,32. Kata Kunci: metode bermain peran, Pendidikan IPS , hasil belajar.
MENINGKATKAN SISTEM KEARSIPAN ELEKTRONIK SEKOLAH DENGAN BUDAYA MANUNGGU DURIAN Muzwarto Muzwarto
Jurnal Economic Edu Vol. 1 No. 2 (2021): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The background of this paper is an important document records management schools that are not organized and are not secured properly so that when the data is needed is hard to find . The cause is still conventional storage system making it less effective and less safe . Tupoksi, appropriate school superintendent, the author of innovating is to build an electronic records management system of schools using IT. The approach used is culture manunggu durian. In this approach , there are several steps that must be implemented . In addition , there are also the values that are beneficial in fostering a school management that the value of tenacity / kegihan, patience and discipline. Keywords: Managerial, mananjemen, manunggu durian culture and manunggu durian values
NILAI-NILAI AJARAN ISLAM DAN ETIKA WIRAUSAHA DALAM PENDIDIKAN KEWIRSUSAHAAN M Ilham Abdullah; Helmarini Helmarini
Jurnal Economic Edu Vol. 1 No. 2 (2021): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Islamic values as universal truth of teachings and moral ethics are absolutely essential good deeds to be applied in daily life including in running an entrepreneurial business venture so that the multi-benefits of the success of business ventures and various positive impacts of business that benefit evenly for all parties can be achieved satisfactorily For ths reason enterpreunership education which contains islamic religion teaching and ethilues are considered very important and needs to be increased its quality so that the percentage of reliable entrepreneurs number in Indonesia who are still very few can be increased so that the prosperity of Indonesian people's lives can be realized evenly There are so lot of companies found that produce wares product or services both large and small are forced to close due to neglect ethical aspects in running their entrepreneurial business so that the number of workers who have to be laid off has made unemployment increasingly then number of criminal cases increases sharply as a result which could ultimately exacerbate the national security in our country Indonesia The purpose of writing this paper are to explain for answering the following questions 1) What is entrepreneurial ethics? 2) What are the principles of entrepreneurial ethics? 3) What are the factors that influence entrepreneurial ethics? 4) What are the goals and of applying Islamic religion teaching and ethics in entrepreneurship? 5) How do we implementate the entrepreneurial activities according to Islamic teachings? Keywords: Islamic Religion Teaching- Ethical values and Entrepreneurship Education