cover
Contact Name
Melia Eka Daryati
Contact Email
melia_eka@unib.ac.id
Phone
+6285268096889
Journal Mail Official
penapaud@unib.ac.id
Editorial Address
Dekanat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu Jl. WR. Supratman, Kandang Limun Bengkulu 38371 A
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
JURNAL PENA PAUD
Published by Universitas Bengkulu
Core Subject : Education,
The journal PENA PAUD is a scientific journal published by the national early childhood education university Bengkulu containing the results of the study are lifted off the theory and research in early childhood education. The journal pen PAUD rising twice a year, in June and December. The purpose of these journals is to facilitate scientific publication that is the results of research conducted by students, teachers, academics, and researchers. The journal PENA PAUD contains interdisciplinary early childhood education especially in the sphere of child development, early childhood education learning, early childhood education policy, childhood problems early, health in early childhood education, early childhood nutrition for parenting, and education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 76 Documents
Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak di TK Dharma Wanita Bengkulu Febey Harsela; Zahratul Qalbi
JURNAL PENA PAUD Vol. 1 No. 1 (2020): DECEMBER
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/penapaud.v1i1.13851

Abstract

Bermain adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh anak atas dasar keinginannya sendiri bukan paksaan dari orang lain, dilakukan dengan cara menyenangkan dan tidak memperhatikan hasil akhir dengan bermain anak bebas bereksplorasi mengasah kemampuannya melalui bermain. Ketika  bermain anak akan memadukan konsep-konsep yang lama ke konsep yang baru ditemukan, secara otomatis hal itu sudah menstimulasi aspek perkembangan kognitif pada anak. Seiring perkembangan zaman beragam jenis permainan pun mulai bermunculan salah satu permainan yang menggunakan teknologi canggih adalah gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak negatif dan dampak positif bermain gadget terhadap perkembangan kognitif anak di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat mengetahui dampak negatif dan dampak positif bermain gadget terhadap perkembangan kognitif anak di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. Setelah diadakannya penelitian maka hasil penelitiannya adalah gadget memberikan dampak negatif dan positif bagi perkembangan kognitif anak, yang bergantung pada intensitas durasi anak menggunakan gadget, jenis aplikasi yang digunakan oleh anak serta pengawasan saat bermain gadget. Dampak negatifnya berupa penurunan konsentrasi, kehilangan fokus dan penurunan prestasi belajar. Serta dampak positifnya yaitu anak lebih mudah mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru, seperti mendapatkan kosa kata baru dan menirukan gerak dan lagu.
PEMAHAMAN ORANG TUA MENGENAI KONSEP DASAR BERMAIN DI TK WITRI 1 KOTA BENGKULU Pranindah Hanny; Zahratul Qalbi
JURNAL PENA PAUD Vol. 1 No. 1 (2020): DECEMBER
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/penapaud.v1i1.13853

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman orang tua terhadap konsep dasar bermain di TK Witri 1 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, berupa penelitian survei, analisis data menggunakan statistik deskriptif. Data dikumpulkan melalui komunikasi tidak langsung dan alat pengumpulan datanya adalah kuisioner. Sampel yang digunakan sebanyak 40 responden. Hasil penelitian menunjukkan  (1). Pemahaman orang tua terhadap pengertian bermain 67,5%, masuk kategori “paham” (2). Pemahaman orang tua terhadap tujuan bermain 55%, masuk kategori “paham” (3). Pemahaman orang tua terhadap pentingnya bermain 60%, masuk kategori “paham” (4). Pemahaman orang tua terhadap manfaat bermain 60%, masuk kategori “sangat paham” (5). Pemahaman orang tua terhadap prinsip-prinsip bermain 85%, masuk kategori  “paham”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman orang tua tentang konsep dasar bermain di TK Witri 1 Kota Bengkulu adalah dikategorikan  “paham”. Dari hasil penelitian disarankan kepada orang tua untuk meningkatkan pemahaman tentang konsep dasar bermain anak usia dini melalui berbagai media seperti buku, internet, guru dan sesama orang tua serta diharapkan orang tua untuk dapat berperan dengan baik dalam mendampingi kegiatan bermain anak.  
Kendala Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Ririn - Anggeraini; Muhammad Nasirun; Yulisdeni Yulisdeni
JURNAL PENA PAUD Vol. 1 No. 1 (2020): DECEMBER
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/penapaud.v1i1.13968

Abstract

Penggunaan media pembelajaran di PAUD se-gugus cerdas ceria Kecamatan Curup Selatan pada kenyataanya belum diterapakan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kendala guru PAUD dalam penggunaan media pembelajaran se-gugus cerdas ceria Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah survei dengan metode deskripstif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling  dengan jumlah populasi dan sampel penelitian sebanyak 18 orang guru kelas di PAUD se-gugus cerdas ceria. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan teknik analisis data menggunakan uji statistik dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala guru dalam penggunaan media pembelajaran berkategori tinggi, artinya guru di PAUD se-gugus cerdas ceria Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong kerap mengalami kendala dalam penggunaan media pembelajaran.Kata Kunci: Penggunaan Media, Kendala Guru
Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru Yenni Febi Utari; Sumarsih Sumarsih; Yulidesni Yulidesni
JURNAL PENA PAUD Vol. 1 No. 1 (2020): DECEMBER
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/penapaud.v1i1.13969

Abstract

Gaya kepemimpinan kepala sekolah di PAUD Sekecamatan Kelam Tengah bervariasi sehingga menyebabkan motivasi kerja guru sangat rendah dalam menjalankan tugas sebagai pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru di PAUD Se-Kecamatan Kelam Tengah. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif  dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PAUD di Kecamatan Kelam Tengah. sampel yang digunakan adalah sampel total sebanyak 21 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan rumus pearson correlation. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Uji hepotesis gaya kepemimpinan kepala sekolah pada asfek orientasi tugas memiliki hubungan yang signifikan terhadap motivasi kerja guru dengan nilai P = (0,007 < 0,05) dan r hitung 0,574> r tabel (0,396) dan untuk hepotesis gaya kepemimpinan kepala sekolah pada asfek orientasi orang memiliki hubungan yang signifikan terhadap motivasi kerja guru dengan nilai P = (0,020< 0,05) dan r hitung (0,504> r tabel (0,396). Dari hasil penelitian ini disarankan kepada kepala sekolah agar menggunakan gaya kepemimpinan yang dapat membangkitkan motivasi kerja guru.Kata Kunci: gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru.
Studi Deskriptif Kemampuan Membaca Anak Kelompok B ditinjau Dari Status Jender Di PAUD Segugus Kelapa Kecamatan Karang Tinggi Bengkulu Tengah usmi anah; Didik Suryadi; Anni Suprapti
JURNAL PENA PAUD Vol. 1 No. 1 (2020): DECEMBER
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/penapaud.v1i1.13971

Abstract

The  purpose of this research was to describe the differences in reading ability of children in group B in terms of gender status. The population in this study were all children in group B in PAUD Kelapa cluster, Karang Tinggi District, Central Bengkulu. The research sample of 38 children was taken using total sampling. The variables in this study were gender and reading ability. The data collection technique used was a test. The data analysis technique used the Mann-Whitney formula. The results showed that the reading ability of group B children in PAUD Kelapa cluster for boys with an average of 51.30% with sufficient criteria. Whereas for girls with an average of 90.72% with very good criteria. The results of the hypothesis test for reading skills indicate that the acquisition of asymp values. Sig. (2-tailed) or P value of 0.000 <0.05, then H0 is rejected or there is a difference. So, it can be concluded that the gender factor is one of the factors that determines the reading ability of Group B children in terms of gender status in PAUD Kelapa cluster, Karang Tinggi District, Central Bengkulu.Keywords: Reading ability, gender, Children group B
Kreativitas Anak dalam Membuat Karya dengan Barang Bekas Mega Mustika Sari; Muhammad Nasirun; Mona Ardina
JURNAL PENA PAUD Vol. 1 No. 1 (2020): DECEMBER
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/penapaud.v1i1.13975

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kreativitas anak usia 5-6 tahun dalam membuat karya dengan barang bekas di Kelurahan Sukarami Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah anak-anak usia 5-6 tahun yang berada di Kelurahan Sukarami Kota Bengkulu, yaitu sebanyak 36 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak usia 5-6 tahun dalam membuat karya dengan barang bekas di Kelurahan Sukarami Kota Bengkulu  berada pada kategori cukup dengan rata-rata 3,4 atau sebesar 68%. Dari hasil penelitian yang diperoleh, maka disarankan kepada orang tua dan guru untuk  mengasah kreativitas anak melalui berbagai kegiatan kreatif.Kata Kunci: Kreativitas, Barang bekas, Anak usia dini
Kemampuan klasifikasi anak usia 5-6 tahun Aidilla Rani; Muhammad Nasirun; Indrawati Indrawati
JURNAL PENA PAUD Vol. 1 No. 1 (2020): DECEMBER
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/penapaud.v1i1.14005

Abstract

Klasifikasi telah diajarkan anak melalui permainan balok, lego, maupun dari lembar kerja anak, melalui kegiatan tersebut anak sudah mampu mengenal bermcam-macam warna, bentuk, dan ukuran. Namun anak belum tentu dapat mengklasifikasikan objek berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran jika objek yang digunakan memiliki warna, bentuk, dan ukuran yang berbeda-beda setiap objeknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan klasifikasi pada anak usia 5-6 tahun di desa Air Periukan kecamatan Air Periukan kabupaten Seluma. Kemampuan klasifikasi dalam penelitian ini meliputi klasifikasi warna, bentuk, dan ukuran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif dengan populasi yang merupakan anak usia 5-6 tahun di desa Air Periukan kecamatan Air Periukan kabupaten Seluma. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan dengan teknik total sampling jumlah sampel sebanyak 34 anak. Teknik pengumpulan mengunakan tes tindakan dan data hasil penelitian di analisis dengan mengunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukan kemampuan klaifikasi anak dalam kategori sangat baik. Dikatakan sangat baik karena anak usia 5-6 tahun sudah mampu mengklasifikasikan benda sesuai dengan warna, bentuk, dan ukurannya meskipun masih ada beberapa anak yang mengalami kesulitan pada saat mengelompokan objek. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengukur kemampuan klasifikasi dengan aspek klasifikasi yang berbeda seperti klasifikasi berdasarkan dua atau tiga variasi.
Kemampuan membaca huruf hijaiyyah anak usia 5-6 tahun Dera puspita sari; muhammad nasirun; Yulidesni Yulidesni
JURNAL PENA PAUD Vol. 1 No. 1 (2020): DECEMBER
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/penapaud.v1i1.14017

Abstract

kemampuan membaca huruf hijaiyyah anak usia 5-6 tahun di desa aceh kecamtan pajar bylan kabupaten lahat memperoleh skor 79,3 yaitu dengan kategori baik
Permasalahan guru dalam pengelolaan Alat Permainan Edukatif di Kelas Erly Novri Yanti; Nina Kurniah; Yulisdeni Yulisdeni
JURNAL PENA PAUD Vol. 1 No. 1 (2020): DECEMBER
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/penapaud.v1i1.14094

Abstract

Kabupaten Lebong merupakan hal yang harus diperhatikan oleh guru karenan masih kurangannya penggunaal alat permaian edukatif pada proses pembelajaran di elas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan guru dalam pengelolaan alat permainan edukatif di kelas oleh guru se-Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis survei. Populasi pada penelitian ini adalah 43 guru PAUD dengan sampel total. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa permasalahan guru dalam pengelolaan alat permainan edukatif di kelas guru masih mengalami permasalahan pada aspek pengadaan, pemeliharaan, penggunaan, dan evaluasi alat permainan edukatif di kelas, sedangkan pada aspek perencanaan alat permainan edukatif tidak mengalami permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar guru dapat meningkatkan kemampuan secara berkala dalam aspek pengelolaan alat permainan edukatif yang masih mengalami permasalahan di kelas se-Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong.Kata Kunci: Permasalahan Guru, Pengelolaan Alat Permainan Edukatif
Faktor-Faktor Penghambat Pelaksanaan Kegiatan Parenting di PAUD/TK Dharma wanita Persatuan Kota Bengkulu Asnita Lamtiur Gultom; Sri Saparahayuningsih; Anni Suprapti
JURNAL PENA PAUD Vol. 2 No. 1 (2021): JUNE
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/penapaud.v2i1.14140

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penghambat pelaksanaan kegiatan parenting di PAUD/TK Dharmawanita persatuan Kota Bengkulu