cover
Contact Name
Yusmaniarti
Contact Email
yusmaniarti8@gmail.com
Phone
+6281368411554
Journal Mail Official
jurnaljolale@gmail.com
Editorial Address
Perum Taman Asri 1 Blok C2 RT 31 RW 06 Palembang South Sumatra 30149
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Journal of Language and Literature Education (JoLaLE)
ISSN : -     EISSN : 30467373     DOI : https://doi.org/10.59407/jolale.v1i2
Core Subject : Education,
Journal of Language and Literature Education (JoLaLE) is a national journal for scientific research: Linguistics: phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics,Indonesian language,Indonesian literature studies,Language in multicultural societies, and critical discourse analysis. Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other literary studies, Other scientific fields related to learning language and literature.
Articles 14 Documents
KEMAMPUAN MENULIS TEKS TANGGAPAN BERDASARKAN FILM PENDEK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU Annim Hasibuan; Mahdijaya Mahdijaya; Balogi Balogi; Dwita Mala; Nining Susanti Alpionita
Journal of Language and Literature Education Vol. 1 No. 1 (2024): Maret
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jolale.v1i1.534

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks tanggapan berdasarkan film pendek siswa kelas IX SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 8 Kota Bengkulu pada tanggal 9 November 2022. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas IX SMP Negeri 8 Kota Bengkulu yang berjumlah 160 siswa dan sampel diambil sebanyak 40 siswa secara acak. Kemampuan menulis teks tanggapan ini dinilai dari tiga aspek, yaitu isi, struktur teks, dan kebahasaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa penugasan kepada siswa untuk menulis teks tanggapan berdasarkan film pendek. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks tanggapan berdasarkan film pendek siswa kelas IX SMP Negeri 8 Kota Bengkulu adalah katagori cukup
KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU Reni Kusmiarti; Intan Puspita Sari; Tienezia Friska Hamidah; Boyke Nugroho
Journal of Language and Literature Education Vol. 1 No. 1 (2024): Maret
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jolale.v1i1.535

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi dengan tema lingkungan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi dengan tema lingkungan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu tergolong pada kategori baik dengan nilai rata-rata skor 73. Artinya siswa telah mampu menulis puisi dengan tema lingkungan namun, harus lebih ditingkatkan lagi agar tercapainya hasil yang maksimal. Pada aspek penilaian isi puisi ditemukan bahwa siswa telah mampu mengembangkan tema lingkungan. Skor rata-rata yang diperoleh siswa untuk aspek isi adalah 21,17 dari skor maksimal 30. Pada aspek diksi siswa menggunakan kata-kata yang berhubungan dan bermakna lingkungan dengan perolehan skor rata-rata 15,76 dari skor maksimal 20. Pada aspek imaji siswa telah mampu mengungkapkan lebih dari satu imaji dalam penulisan puisi. Skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 14,5 dari skor maksimal 20. Pada aspek gaya bahasa ditemukannya gaya bahasa metafora, perbandingan dan perumpamaan yang dominan digunakan oleh siswa. Siswa memperoleh skor rata-rata 14,82 dari skor maksimal 20. Pada aspek rima dan ritma siswa masih perlu latihan untuk pengaturan rima/ritma. Skor rata-rata aspek rima/ritma adalah 6,6 dari skor maksimal 10. Kata Kunci: Kemampuan menulis, Puisi, Lingkungan
KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KELAS VII C SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU Fera Zasrianita; Jelita Zakaria; Tea Aprilinola; Iis Avitha Sari; Reza Meltavia; Hariyanto Supriadi
Journal of Language and Literature Education Vol. 1 No. 1 (2024): Maret
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jolale.v1i1.536

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur kelas VII C SMPN 9 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu 32 siswa kelas VII C di SMPN 9 Kota Bengkulu yang sedang belajar tentang teks prosedur. hasil penelitian ini yaitu terdapat 8 (25%) siswa yang sangat mampu dalam menulis teks prosedur, 8 (38%) siswa mampu menulis teks prosedur, 8 (25%) siswa cukup mampu menulis teks prosedur, dan 4 (12%) siswa kurang mampu menulis teks prosedur. Dapat disimpulkan bahwa mayoritas siswa (38%) sangat mampu menulis teks prosedur di kelas VII C SMPN 9 kota Bengkulu dengan nilai rata-rata (M=81,41). Berdasarkan kesimpulan ini, disarankan bagi guru untuk membantu siswa yang belum mampu mencapai standar kelulusan menulis teks prosedur, penggunaan media dan metode pelajaran yang tepat diharapkan mampu membantu siswa untuk mengembangkan ide dan gagasan ketika menulis teks prosedur.    Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Teks Prosedur
KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX G SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU Reni Kusmiarti; Cindy Kartika; Intan Oktapioni; Agung Hardi Pranata; Wulandari Wulandari
Journal of Language and Literature Education Vol. 1 No. 1 (2024): Maret
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jolale.v1i1.537

Abstract

Menulis sangat penting bagi siswa karena memudahkan siswa untuk berfikir, keterampilan menulis juga merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang menjadi tujuan setiap pembelajaran bahasa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX G SMP Negeri 2 kota bengkulu tahun ajaran 2022, adapun aspek yang dinilai yaitu unsur intrinsik yang ada dalam cerpen yaitu tema, tokoh dan penokohan, latar, gaya bahasa, alur, sudut pandang dan amanat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX G yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes atau penugasan dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan menunjukan siswa kelas IX G kemampuan menulis berdasarkan unsur intrinsik dan hasil penilaian yang didapatkan berada pada bobot 80-100. Di dalam cerpen yang telah ditulis terdapat unsur intrinsik cerpen yaitu tema, tokoh dan penokohan, latar, gaya bahasa, alur, sudut pandang dan amanat.  Dari data tersebut pemerolehan nilai paling tinggi dengan nilai perolehan 90, 87, 85, 80 yaitu 13 (52%) siswa dengan kategori sangat mampu. Siswa memperoleh nilai 79, 78, 76, 75 berjumlah 12 siswa (48%) dengan kategori mampu. Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Cerpen Siswa, SMP Negeri 2 Kota Bengkulu
KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS VII D SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU Yanti Paulina; Hasmi Suyuthie; Abiyon Balogi; Dwita Mala; Nining Susanti Alpionita
Journal of Language and Literature Education Vol. 1 No. 1 (2024): Maret
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jolale.v1i1.538

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menentukan struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi peserta didik kelas VII D SMP Negeri 11 Kota Bengkulu, Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif yaitu mendeskripsikan data penelitian apa adanya. Penelitian ini difokuskan pada penggunaan struktur yaitu deskripsi umum, deskripsi bagian, manfaat, dan kesimpulan. Ciri kebahasaannya yaitu frasa nomina, verba relasional, verba aktif, konjungsi, repetisi, dan kata keilmuan yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi peserta didik kelas VII D SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes atau penugasan. Sumber data penelitian ini adalah tulisan struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas VII D SMP Negeri 11 Kota Bengkulu memperoleh skor rata-rata 7,2 dengan kategori nilai cukup yang artinya peserta didik belum mampu menganalisis struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi. Kata Kunci: Struktur, Ciri Kebahasaan, Teks Laporan Hasil Observasi
UPAYA PENANGANAN KETERLAMBATAN ( DELAY MANAGEMENT) DENGAN MEMBERIKAN KOMPENSASI KEPADA PENUMPANG DEMI MENINGKATKAN PELAYANAN SERTA MEMBERIKAN KEPUASAN KEPADA PENGGUNA JASA BANDAR UDARA Ida Bagus Rai Mahendra
Journal of Language and Literature Education Vol. 1 No. 2 (2024): Juni
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jolale.v1i2.740

Abstract

Penelitian sebelumnya dan penelitian terkait sangat penting dalam makalah penelitian dan makalah akademis. Penelitian sebelumnya atau yang terkait berfungsi untuk memperkuat teori dan fenomena mengenai hubungan dan pengaruh antar variabel. Tulisan ini mengkaji ketepatan waktu penerbangan, kualitas pelayanan, dan pemberian kompensasi kepada penumpang yang mengalami delay, melalui tinjauan literartur tentang Delay Management. Tujuan artikel ini adalah untuk mengajukan hipotesis mengenai pengaruh antara variabel yang akan digunakan dalam penelitian selanjutnya. Hasil artikel tinjauan pustaka ini adalah dengan pemberian kompensasi terhadap penumpang jika terjadi penundaan penerbangan baik berupa barang ataupun uang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara pemberian kompensasi delay terhadap kepuasan penumpang, dan untuk mengetahui apakah penumpang merasa puas terhadap pemberian kompensasi sesuai PM Nomor 89 Tahun 2015. Kata Kunci : kompensasi delay, kepuasan penumpang, dan peningkatan pelayanan.
GLENGGENGAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0: DILEMA PETANI DALAM PEMERTAHANAN TRADISI LISAN DI TUBAN Suantoko Suantoko
Journal of Language and Literature Education Vol. 1 No. 2 (2024): Juni
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jolale.v1i2.749

Abstract

Tradisi lisan Glenggengan yang terdapat di Tuban, menarik untuk dipahami lebih lanjut. Glenggengan sebagai pandangan hidup lokal yang dijaga secara turun-temurun. Selain itu, dalam penciptaannya tidak ada perekaman. Tradisi lisan tersebut teramati masih tradisional dan orisinal. Glenggengan keberadaannya hanya terdapat pada masyarakat minor. Keadaan tersebut dikarenakan, para pencipta Glenggengan hanya para petani yang membajak lahan pertanian dan para penderas nira. Dikarenakan masih tradisional, peluang besar tradisi tersebut ter-disrupsi dengan adanya revolusi industry 4.0. oleh karena itu, perlu dilakukan pemertahanan eksistensi Glenggengan agar dapat dikenal oleh generasi berikutnya. Cara yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, dilakukan pengklasifikasian, dan dilakukan analisis hingga penarikan simpulan berdasarkan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Glenggengan dapat ditransformasikan sebagai pertunjukan rakyat dan diintegrasikan ke dalam pembelajaran di sekolah. Dengan kata lain, Glenggengan harus tetap dipertahankan sebagai wujud pelestarian budaya lokal di Tuban.
LITERATURE REVIEW: KETERKAITAN PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SMK JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DENGAN KEBUTUHAN DUNIA KERJA Henny Prasetyani; Kurniawati Kurniawati; Dewi Purnamasari
Journal of Language and Literature Education Vol. 1 No. 2 (2024): Juni
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jolale.v1i2.784

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat keterkaitan pelaksanaan kurikulum merdeka pada SMK terutama pada jurusan Desain Komunikasi Visual dengan kebutuhan di dunia kerja. Penelitian ini merupakan literatur review dengan menggunakan studi litaratur yang akan mendeskripsikan tentang keterkaitan pelaksanaan kurikulum merdeka di SMK dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Studi literatur menggunakan berbagai sumber seperti artikel, jurnal, dan dokumen lain yang relevan dengan pembahasan dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa ada keterkaitan antara pelaksanaan kurikulum merdeka dengan kebutuhan dunia kerja terutama untuk jurusan Desain Komunikasi Visual. Hal ini karena SMK merupakan sekolah untuk mencetak lulusan yang siap untuk bekerja, sehingga pelaksanaan kurikulum di sekolah harus sesuai dengan kebutuhan dunia kerja agar lulusan SMK dapat terus bekerja di dunia industri. Perlu ada penelitian lebih lanjut lagi untuk melihat relevansi kurikulum merdeka yang telah di terapkan oleh SMK jurusan Desan Komunikasi Visual dengan kebutuhan dunia kerja dengan keterlibatan antara pihak sekolah sebagai tempat pendidikan untuk memperoleh kompetensi dengan industi sebagai pihak yang akan menggunakan kompetensi tersebut.
THE SPEECH ACCOMMODATION STRATEGIES OPTED BY MIGRANT STUDENTS IN SURABAYA Farah Anjanillah
Journal of Language and Literature Education Vol. 1 No. 2 (2024): Juni
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jolale.v1i2.806

Abstract

The social conditions of Indonesia as multilingual and multicultural might lead to the emergence of language variations such as dialects. Nevertheless, those dialects could affect the mutual intelligibility between the speaker and the interlocutor (Wardhaugh & Fuller, 2015). From this case, the researcher is attracted to undertake a study exploring the strategies applied by migrant students from many regions in East Java to accommodate Surabayan dialect along their undergraduate degree journey in Surabaya. This study aims to sketch out the forms, strategies and motives underlying speech accommodation by employing the theoretical framework of Giles & Powesland (1975), Giles et al’s (1979) and Coupland et al (1988). The data were obtained through a questionnaire. The results of the study showcase that the migrant students employed convergence and divergence strategy to accommodate Surabayan dialect indicated in numerous word classes. The forms of speech accommodation include upward and long-term adjustment (Dragojevic et al, 2016). Meanwhile, in terms of motive, it involves affective and cognitive motive (Dragojevic et al, 2016). Besides, the respondents also applied interpretability and approximation strategy (Coupland et al, 1988). To wrap those all up, it could be grasped that the application of speech accommodation strategies are affected by external factors of language such as social distance, prestige, with whom and where the interaction occurs (Wijana & Rohmadi, 2013; Gnisci et al, 2016; Palomares et al, 2016).
PROSES MOFOFENEMIK PREFIKS {MENG-} DALAM PEMBERITAAN SEPUTAR KENAIKAN UKT DI JAWAPOS.COM Nanik Setyawati
Journal of Language and Literature Education Vol. 1 No. 2 (2024): Juni
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jolale.v1i2.820

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses morfofonemik prefiks {meng-} dalam pemberitaan seputar kenaikan UKT di Jawapos.com. Sumber data penelitian kualitatif ini dari pemberitaan seputar kenaikan UKT di JawaPos.com; sedangkan data berupa kalimat yang memperlihatkan pemanfaatan kata kompleks berprefiks {meng-}. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber. Metode dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode simak; dilanjutkan dengan teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap, dan teknik catat. Satu per satu data dianalisis dengan pemanfaatan metode metode agih. Hasil analisis data disajikan melalui metode informal dan formal. Hasil penelitian proses morfofonemik prefiks {meng-} adalah: (a) prefiks {meng-} tidak mengalami perubahan atau tetap {meng-} saat bergabung dengan pangkal yang diawali vokal /i/, /a/, /e/, dan pangkal berkonsonan awal /k/; (b) prefiks {meng-} berubah menjadi {me-} ketika bergabung dengan fonem awal pada pangkal berupa konsonan /l/ dan /r/; (c) prefiks {meng-} berubah menjadi {mem-} ketika bertemu dengan pangkal yang dimulai dengan konsonan /b/ dan /p/; (d) prefiks {meng-} berubah menjadi {men-} dapat diidentifikasi bila bertemu dengan pangkal yang berfonem awal konsonan /d/, /t/, dan /c/; (e) prefiks {meng-} berubah menjadi {meny-} manakala bersanding dengan pangkal yang berfonem awal konsonan /s/; (f); prefiks {meng-} berubah menjadi {menge-} ketika dilekatkan pada pangkal yang eka suku kata; dan (g) prefiks {meng-} tidak berasimilasi dengan pangkal bergugus konsonan /pr/.

Page 1 of 2 | Total Record : 14