cover
Contact Name
Yusmaniarti
Contact Email
yusmaniarti8@gmail.com
Phone
+6281368411554
Journal Mail Official
jurnaljdedte@gmail.com
Editorial Address
Perum Taman Asri 1 Blok C2 RT 31 RW 06 Palembang South Sumatra 30149
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics (JDEDTE)
ISSN : -     EISSN : 30326036     DOI : https://doi.org/10.59407/jdedte.v1i2
ournal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics (JDEDTE) is a national journal for scientific research: Development Economics, Economic and Digitalization, Monetary and Fiscal Policy, Economic and Public Policy, Environment and Natural resource, Industrial Organization, Regional and Urban Economics, Big Data Economy, Tourism and Hospitality Development , Sharia Compliant Tourism, Human Resource Management in Tourism, Sustainability Tourism, Tourist Behaviour, Marketing-Tourism, Economic Development, Technological Change, and Growth Industrial and Energy Policy, Economic Policy, Financial Economics and Banking, International Trade and Monetary Economics, Finance and Financial Markets, Environmental Economics, Public and Business Economics, Public administration of tourism development, safety and security in tourism,
Articles 17 Documents
PERANAN UMKM DALAM UPAYA PENGURANGAN ANGKA PENGANGGURAN SEBAGAI LANGKAH AWAL PEMBANGUNAN PEREKONOMIAN Inayatul Mutmainnah; Jepri Utomo
Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jdedte.v1i1.461

Abstract

ABSTRAK Pembangunan ekonomi adalah peningkatan jangka panjang dalam kemampuan suatu negara untuk  menyediakan banyak barang ekonomi yang dibutuhkan oleh penduduknya. Kemiskinan merupakan ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan dasar untuk hidup lebih bermartabat. Oleh karena itu kemisikinan dapat menjadi penghambat bagi pertumbuhan ekonomi. Potensi UMKM dalam menciptakan lapangan kerja dan membantu masyarakat  miskin keluar dari kerentanan ekonomi menjadi dasar bagi pemerintah Indonesia untuk  menetapkan pemberdayaan UMKM sebagai salah satu strategi utama untuk mengatasi permasalahan kemiskinan yang timbul di Indonesia. Pada Systematic Literature Review (SLR) ini menyimpulkan bahwa banyaknya tenaga kerja yang terlibat dalam kegiatan UMKM mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui upah yang mereka peroleh, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap pengentasan kemiskinan dan sosial lainnya yang dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan menimbulkan permasalahan. Dengan adanya kemajuan industri financial technology berpotensi menjadi salah satu dari alternatif sumber permodalan bagi UMKM, sehingga generasi milenial saat ini juga dapat berkonrtibusi dalam pembangunan ekonomi dengan memberdayakan UMKM. Kata Kunci : UMKM, Kemiskinan Pertumbuhan Ekonomi, Generasi Milenial
ANALISIS KINERJA KEUANGAN KOPERASI PEGAWAI NEGERI (KPN) SEPTA JAYA DESA PADANG HANGAT KABUPATEN KAUR TAHUN 2017-2020 Nanda Muhammad Rasid
Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jdedte.v1i1.462

Abstract

Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Septa Jaya merupakan entitas ekonomi yang berperan penting dalam memajukan perekonomian di Desa Padang Hangat, Kabupaten Kaur. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kinerja keuangan KPN Septa Jaya selama periode tahun 2017-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan mengumpulkan data keuangan dari laporan keuangan KPN Septa Jaya selama empat tahun terakhir. Beberapa rasio keuangan utama seperti rasio likuiditas, rasio profitabilitas, rasio solvabilitas, dan rasio aktivitas digunakan untuk mengevaluasi kinerja keuangan koperasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa KPN Septa Jaya mengalami perkembangan positif pada beberapa aspek kinerja keuangan selama periode penelitian. Rasio likuiditas menunjukkan tingkat kemampuan koperasi untuk memenuhi kewajiban keuangan jangka pendek. Sementara itu, rasio profitabilitas mencerminkan tingkat efisiensi operasional dan kemampuan menghasilkan laba. Rasio solvabilitas dan rasio aktivitas digunakan untuk mengukur tingkat kemandirian dan efisiensi penggunaan aset. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kinerja keuangan KPN Septa Jaya dan memberikan pandangan bagi pengurus koperasi, anggota, serta pihak terkait untuk mengambil keputusan yang lebih baik terkait pengelolaan keuangan koperasi. Dengan demikian, diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi landasan strategis untuk perbaikan dan pengembangan lebih lanjut dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi dan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi lokal. Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Koperasi Pegawai Negeri (KPN)  
ANALISIS MANFAAT PENERPAN PRINSIP DAN KODE ETIK DALAM BISNIS Esti Maryani; Nansi Rianindita
Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jdedte.v1i1.463

Abstract

Penelitian ini membahasas pentingnya penerapan prinsip dan kode etik dalam bisnis. Etika bisnis, sebagai sepersngkat aturan moral, memainkan peran penting dalam mengatur dan menjalankam bisnis. Dan menerapakan etika, tujuan bisnis. Dengan menerapkan etika, tujuan bisnis dapat berjalan dengan dan diterima oleh semua pihak yang terlibat. Selainitu, perusahan yang menjunjung tinggi etika dalam bisnis mereka akan mendapatkan kepercayan dan citra yang baik dari konsumen. Artikel ini juga mengulas beberapa prinsip etika bisnis, seperti integritas, kejujuran, loyalitas, keadilan, taat hukum, akuntanbilita, berkomitmen terhadap kesempurnaan, menjaga kehormatan orang lain, dan saling menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat. Dengan demikian, penerapan prinsip dan kode etik dalam bisnis memiliki manfaat yang sangat besar. Kata Kunci :Prinsip, Kode Etik, Bisnis
PENTINGNYA ETIKA PROFESI DAN BISNIS DALAM UPAYA KEMAJUAN PERUSAHAAN Chindi Vionita; Diva Sintia
Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jdedte.v1i1.470

Abstract

Etika profesi dalam bisnis diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis yang sudah ditentukan. Kegiatan bisnis yang diterapkan dengan etika akan menghindarkan perusahaan dari berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku bisnis yang berakibat kelangsungan bisnis tergangggu. Namun, pada prakteknya dilapangan persaingan dalam kegiatan bisnis menjadi suatu polemik sehingga hal ini dapat memicu pelanggaran terhadap etika menjadi suatu hal yang tidak mustahil untuk terjadi. Salah satu bentuk pelanggaran yang sering terjadi adalah kecurangan dalam pengungkapan laporan keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana etika profesi seorang akuntan mampu mencegah kecurangan seorang akuntan perusahaan dalam pengungkapan laporan keuangan dalam perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dimana data dari penelitian diperoleh dari penelusuran media online dan media sosial yang menyangkut perkembangan bisnis berbagai usaha. Selain itu penelitian ini juga, menggunakan Metode kajian perpustakaan (library research) yang merupakan teknik penelitian yang mana kajian berlandaskan pada pendapat ahli mengenai penerapan etika profesi terhadap kelangsungan usaha. Penelitian Kepustakaan (Library research) ini memiliki aktivitas utama mengumpulkan laporan maupun hasil penelitian terkait yang sudah ada. Etika profesi merupakan aturan yang mengikat seorang akuntan sebagai pembuat laporan keuangan perusahaan untuk menaati peraturan dan tidak berlaku seenaknya dengan seluruh pihak yang ada didalamnya. Dalam Pengungkapan laporan keuangan perusahaan, seorang Akuntan Di Indonesia memiliki kode etik akuntan telah dirumuskan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Berdasarkan kode etik akuntan ini, akuntan profesional harus mematuhi prinsip dasar etika profesi sebagai berikut yaitu: Integritas, Objektivitas, Kompetensi, Kerahasiaan, dan Perilaku profesional.
TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN (TJSL) KEWAJIBAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP OPERASI DAN KEBERLANJUTAN BISNIS PERUSAHAAN Dodi Irawan
Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jdedte.v1i1.471

Abstract

Konsep Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan telah berkembang pesat. terus menjadi sorotan di Indonesia. Teori Stakeholder memberikan kontribusi baru dalam memahami konsep ini dengan mempertimbangkan perspektif dari berbagai pemangku kepentingan. Ada masalah yang terkait. pemahaman CSR di perusahaan Indonesia, yang didasarkan pada kerangka peraturan perundang-undangan, menuntut perlunya pembahasan ulang karena ambiguitas yang muncul sebagai akibat dari penerapan peraturan terkait CSR di Indonesia. Di Indonesia, istilah CSR bersifat mandatori dan telah mengalami evolusi dari konsep awalnya yang bersifat sukarela seperti di negara-negara lain. Metode yuridis normatif dan konsep digunakan dalam penelitian ini. Untuk memahami CSR secara menyeluruh, penting untuk mengingat bahwa tanggung jawab suatu perusahaan dalam menerapkan CSR bergantung pada instrumen perusahaan, kerangka hukum, faktor ekonomi, dan dampak lingkungan.  Kata Kunci : Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan (TJSL), Operasi, Bisnis
SOCIAL CAPITAL IN INDONESIA: LITERATURE REVIEW Irwandi Irwandi
Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics Vol. 1 No. 2 (2024): April
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jdedte.v1i2.626

Abstract

Social capital and human capital are two interconnected and mutually reinforcing concepts. Social capital refers to social networks, interpersonal relationships, social norms, and trust within a community, while human capital emphasizes knowledge, skills, education, experience, and individual attributes that enhance productivity and economic value. Recent research indicates that an increase in human capital, such as higher education, improved skills, and broader experiences, can enhance the development of social capital within communities. This is because individuals with high human capital are more likely to engage in social activities and build relationships with others. Strong social capital can also promote the development of human capital through cooperation, access to information, and extensive social networks. This is because social capital can facilitate the sharing of information, resources, and support. Therefore, social capital and human capital are two crucial concepts that should be considered in economic and social development efforts. By enhancing both of these concepts, we can create more productive, prosperous, and sustainable societies.
PENGARUH STRATEGI AKAD MUDHARABAH DAN AKAD WADI’AH PADA PRODUK TABUNGAN HAJI TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKA Mashudi Mashudi; Efa Fatimah; Erin Fazila
Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics Vol. 1 No. 2 (2024): April
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jdedte.v1i2.652

Abstract

Progres perkembangan terhadap ibadah Haji sangat besar di Indonesia, karena negara Indonesia sendiri merupakan negara yang menduduki mayoritas muslim terbanyak. Hal ini memperlihatkan banyaknya minat masyarakat untuk menabung di BMT demi mempersiapkan biaya untuk melaksanajkan ibadah Haji, salah satunya dengan menggunakan akad Mudharabah dan akad Wadi’ah. Adanya program ini tentunya meringankan masyarakat untuk mempersiapkan dana yang cukup besar, diharapkan nantinya calon jamaah Haji bisa menyiapkan dana dengan cara menabung tiap bulan di BMT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Akad Mudharabah dan Akad Wadi’ah Yad Dhammanah Pada Tabungan Haji Terhadap Minat Masyarakat Menabung di BMT UGT Nusantara Capem Burneh Bangkalan. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kuantitatif regresi linear berganda, dengan jumlah 50 responden, menggunakan skala likert, dengan Teknik pengambilan sampel yaitu probabilitas sampling. Berdasarkan hasil penelitian pembahasan menunjukkan bahwa variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji SPSS lebih besar dari taraf signifikan 0,05.
PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KUKUKUBDL BANDAR LAMPUNG Sekar Anisa Wahyudi; Suradi Suradi; Aprilianto Amir
Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics Vol. 1 No. 2 (2024): April
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jdedte.v1i2.658

Abstract

Dalam era digital, media sosial seperti Instagram telah menjadi platform utama bagi bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan. Selain itu, kualitas pelayanan juga menjadi faktor kunci dalam bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial Instagram dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan paradigma positivisme dan pendalaman deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial instagram dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian di Kukukubdl Bandar Lampung dengan nilai F hitung 100,484; signifikansi 0,000>0,05 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,668 atau 66,8%. Kesimpulan penelitian ini bahwa variabel media sosial instagram dan kualitas pelayanan memengaruhi keputusan pembelian masyarakat secara signifikan. Kata Kunci: Media Sosial Instagram, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian
ANALISIS AFFILIATE MARKETING DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH Nur Anis Machfudloh; Fauzatul Laily Nisa
Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics Vol. 1 No. 2 (2024): April
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jdedte.v1i2.666

Abstract

Perkembangan yang cepat dalam transformasi digital menimbulkan potensi bagi sejumlah individu untuk memperoleh tambahan pendapatan dengan mudah dan cepat melalui penerapan sistem affiliate marketing yang dirancang untuk meningkatkan penjualan barang dan layanan. Adanya sentimen negatif dari konsumen terhadap afiliator dalam konteks pemasaran digital menjadi dasar penelitian ini, yang bertujuan untuk menggali metode pelaksanaan pemasaran afiliasi yang sesuai dengan prinsip – prinsip ekonomi syariah. Penelitian ini dilakukan menggunakan studi pustaka dengan meninjau teori – teori dalam penelitian terdahulu melalui penilaian kritis. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam konteks ekonomi syariah, pelaksanaan sistem pemasaran afiliasi mengikuti prinsip akad ju’ālah, sehingga dapat dianggap sesuai karena mematuhi rukun dan syarat dalam syariah Islam. Sentimen negatif terhadap sistem pemasaran afiliasi muncul karena maraknya praktisi afiliasi yang kurang berintegritas dalam menyampaikan promosi, yang bertentangan dengan prinsip – prinsip kejujuran dan keadilan dalam Islam terkait dengan perdagangan dan bisnis. Oleh karena itu, praktisi afiliasi harus menjamin bahwa barang atau layanan yang dipromosikan sesuai dengan yang dijanjikan dan tidak merugikan konsumen. Apabila prinsip – prinsip ini dipatuhi, dan tidak terjadi penyimpangan dari prinsip – prinsip muamalah Islam, maka transaksi dalam pemasaran afiliasi dapat dianggap memenuhi hukum syariah.
ANALISIS TEORI KONSEP DASAR MASLAHAH KEBUTUHAN MANUSIA PADA PRODUK JAMU RAMUAN MADURA DALAM PERSPEKTIF KONSUMEN Herlinawati Herlinawati; Mashudi Mashudi; Nurul Amin
Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics Vol. 1 No. 2 (2024): April
Publisher : Yayasan Nuraini Ibrahim Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59407/jdedte.v1i2.670

Abstract

Kebutuhan untuk menjaga jasmani agar tetap sehat menjadi kewajiban bagi kaum muslimin dalam Hifzun Nafs. Banyak cara untuk kesehatan jasmani salah satunya dengan mengonsumsi ramuan herbal yang sehat dan halal tentunya. Namun, sebagai kamu muslimim kita harus menjaga kehalalan untuk barang bermanfaat bagi tubuh. Bahan rempah alami tentunya sangat dianjurkan bagi kesehatan maupun kemaslahatan dalam Islam. Oleh karena itu sudah sebaiknya kaum muslimin untuk mengonsumsi barang yang halal dan sesuai dengan dasar maslahah Islam untuk perspektif nya sebagai konsumen yang cerdas. Jenis penelitian ini menggunakan penelitain kualitatif dengan penguatan pada wawancara, observasi, dan dokumentasi pada konsumen secara langsung. Tujuan penelitian tersebut guna menjawab, mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis rumusan masalah; 1) Bagaimana analisis maslahah kebutuhan manusia pada produk Jamu Ramuan Madura di toko Jamu Madura Firdaus ?. 2)Bagaimana perspektif konsumen tentang kemaslahatan pada produk Jamu Ramuan Madura di toko Jamu Madura Firdaus ?. Analisis ini menggunakan pendekatan pada Perspektif Konsumen dengan menggunakan data pada wawancara, observasi, dokumentasi, serta memberikan sampel terhadap beberapa konsumen. Hasil dari penelitian ini memberiian banyak manfaat dan kemaslahatannya bagi konsumen. Selain menyehatkan, jamu ini juga membantu merawat, menjaga, dan menyembuhkan berbagai masalah yang ada pada tubuh manusia. Perspektif konsumen tentang kemaslahatan kebutuhan manusia pada produk Jamu Ramuan Madura di toko Jamu Madura firdaus adalah suatu keputusan pemilihan jamu yang tepat karena jamu firdaus berlabel halal dan telah berizin resmi BPOM. Menurut pandangan konsumen, selain memberikan manfaat yang sehat, produk jamu firdaus ini benar-benar maslahah dan sudah terbukti melalui berbagai pengalaman dan testimoni jujur dari para konsumen.

Page 1 of 2 | Total Record : 17