cover
Contact Name
Inggit Dyaning Wijayanti
Contact Email
albidayah@uin-suka.ac.id
Phone
+62274-558186
Journal Mail Official
albidayah@uin-suka.ac.id
Editorial Address
Marsda Adisucipto Street, Yogyakarta; Postal Code 55281 Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
ISSN : 20850034     EISSN : 25493388     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Focus and Scope Focus Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam emphasizes the study of primary education and islamic primary education in islamic countries in general and specifically in Indonesia by emphasizing the theories of islamic primary education and its practices in the Islamic worlds that developed in attendance through publications of articles. Scope the journal studies the theories and practices of primary education and islamic primary education in islamic country intends to express original research searches and current issues. This journal welcomes the contributions of scholars from related fields warmly that consider the following topics; - E-learning - Management of technology and innovation - Child development - Inclusive education - Literation and numeration - Islamic religious curriculum - Educational innovation - Islamic religious education - Education for primary school teachers
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2012): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam" : 8 Documents clear
Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Perangkat Pembelajaran IPA pada Tingkat MI Parmin Parmin
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 4 No. 2 (2012): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Implementasi lesson study di Madrasah Ibtidaiyah Maqqrijul Huda Pati untuk mengembangkan kerjasama antar guru dalam menyusun perangkat pembelajaran IPA yang terdiri dari: silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan lembar kerja siswa. Berdasarkan data penelitian semua perangkat pembelajaran yang dihasilkan melalui lesson study dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran IPA.
Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Gerakan Pramuka di SD Novan Ardy Wiyani
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 4 No. 2 (2012): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekarang ini mudah sekali ditemukan berbagai perilaku amoral, baik yang dilakukan oleh penyelenggara Negara, rakyat jelata, hingga oleh peserta didik SD. Kenyataan tersebut menunjukkan kepada kita bahwa bangsa Indonesia saat ini sedang mengalami krisis karakter. Pemerintah pun berusaha membangun kembali karakter bangsa Indonesia. Upaya pembangunan kembali karakter bangsa tersebut dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan dalam Gerakan Pramuka yang dipimpin oleh guru PAI di SD. Dalam kegiatan tersebut guru PAI melakukan lima langkah dalam pengembangan karakter peserta didik SD yang disebut dengan istilah "Panca Usaha Guru".
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Melalui Pemanfaatan Perangkat Pembelajaran dengan Model Problem Basic Learning Irawaty Andi Pana
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 4 No. 2 (2012): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Biologi di SMP Muhammadiyah 2 Mlati memerlukan perangkat pembelajaran yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran di kelas. Perangkat pembelajaran makanan dan sistem pencernaan makanan berdasarkan model pembelajaran berbasis masalah yang meliputi: (1) bahan ajar, panduan guru dan panduan siswa, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), tes hasil belajar (THB). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas secara lebih professional. Hasil dari penelitian: Nilai rata-rata dari pra tindakan hingga pelaksanaan siklus I dan siklus 2 selalu mengalami peningkatan.
Inklusifisme dalam Buku Ajar Agama sebagai Media Deradikalisasi Siswa Madrasah di Kota Yogyakarta Andi Prastowo
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 4 No. 2 (2012): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fenomena kekerasan di Indonesia atas nama agama dari hari ke hari menjadi semakin meresahkan. Hal yang sama terjadi pula di kalangan pelajar, sebagai generasi yang akan melanjutkan: masa depan bangsa ini. Kekerasan berbau SARA seperti menjadi kebiasaan untuk mereka. Namun, itu tidak terjadi di kalangan siswa madrasah di Yogyakarta, sebuah kota yang sering dijuluki kota toleransi. Dalam hal ini, toleransi dan kerukunan tidak dapat dipisahkan karena nilai-nilai inklusifisme yang telah tertanam dalam diri mereka. Dan, salah satu faktor penting yang mempengaruhi dan berkontribusi besar terhadap sikap inklusif tersebut adalah buku agama yang mereka gunakan, yang mengandung nilai-nilai inklusifisme. Di mana nilai-nilai inklusifisme tersebut selanjutnya diajarkan melalui model pembelajaran substantif dan model pembelajaran reflektif dalam kegiatan pembelajaran di madrasah.
Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power Of Two dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Tingkat MI Siti Johariyah
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 4 No. 2 (2012): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran akan berlangsung dengan menyenangkan ataupun membosankan tergantungdari guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Minimnya pengetahuan guru tentang strategi pembelajaran akan berdampak pada proses pembelajaran yang membosankan dan kurang menarik bagi siswa. Selama ini guru lebih sering menggunakan strategi pembelajaran konvensional sehingga siswa rmengalami kebosanan dalam belajar, kreativitasnya kurang dan dampaknya prestasi belajar rendah. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two (kekuatan berdua) dengan media gambar. Strategi pembelajaran ini diterapkan dengan tujuan untuk lebih menjadikan siswa kreatif dan meningkatkan prestasi belajar.
Permainan dan Alat Peraga Pada Pembelajaran Matematika Tingkat SD/MI Luluk Mauluah
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 4 No. 2 (2012): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prinsip NCTM ketiga dari matematika sekolah adalah pembelajaran. Apakah metode yang digunakan telah didasarkan pada bagaimana anak-anak belajar? Dari ini, penulis mencoba menjelaskan teori belajar mengajar dan mencoba untuk menerapkannya pada proses belajar mengajar matematika pada tingkat pendidikan dasar. Dalam artikel ini ditampilkan beberapa contoh tentang bahan manipulatif dan strategi belajar dengan permainan.
Prinsip-Prinsip Pendidikan Anak Usia Dini dalam Al-Qur'an: Kajian Tafsir Tarbawi pada Surat Luqman Jauhar Hatta
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 4 No. 2 (2012): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Al-Qur 'an merupakan petunjuk bagi umat man usia bagi keselamatan dan kebahagiaan mereka di dunia hingga kelak ke akhirat. Salah satu bagian dari masalah kehidupan manusia adalah pendidikan, terutama pendidikan anak usia dini. Dari pembahasan ini diketahui bahwa dalam Surat Luqman terdapat firman Allah SWT yang menjelaskan tentang pendidikan anak usia dini dalam kisah Luqman al-Hakim bersama anaknya. Dalam kisah tersebut terdapat prinsip-prinsip pendidikan anak usia dini yang bisa diterapkan, seperti prinsip kebutuhan anak dalam hidup, prinsip belajar sambil bermain, prinsip lingkungan yang kondusif, prinsip pembelajaran yang terpadu dan prinsip berulang-ulang dalam pembelajaran. Dari tafsir tarbawi ini, bisa memberikan kontribusi bagi pengembangan kependidikan bagi umat Islam agar senantiasa tidak melepaskan dari kitab suci Al-Qur'an sebagai kitab tarbiyah.
Pengaturan Diri dalam Belajar (Self Regulated Learning) Mahasiswa Ditinjau dari Strategi Experiential Learning dan Jenis Kelamin Eva Latipah
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 4 No. 2 (2012): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji korelasi antara strategi pembelajaran eksperiensial (experiential learning) dengan pengaturan diri dalam belajar (self regulated learning) dan jenis kelamin. Hipotesis yang diuji adalah: (a) ada korelasi antara strategi experiential learning dengan belajar berdasar regulasi diri, (b) ada perbedaan pengaturan diri dalam belajar antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan.Subjek dari penelitian ini adalah 140 mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah lbtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Dua instrumen digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data, yaitu skala pengaturan diri dalam belajar dan modul strategi pembelajaran eksperiensial.Teknik analisis product moment dan uji-t digunakan untuk menganalisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa (a) ada korelasi positif dan sangat signifikan antara strategi pembelajaran eksperiensial dan pengaturan diri dalam belajar (r = 0,282, p = 0, 000) (b) ada perbedaan yang sangat signifikan antara pengaturan diri dalam belajar laki-laki dan perempuan (rerata perempuan 111,33 dan rerata laki-laki = 105,29, r = 0,000).

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 2 (2023): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 15 No. 1 (2023): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 14 No. 2 (2022): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 14 No. 1 (2022): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 13 No. 2 (2021): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 13 No. 1 (2021): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 12 No. 2 (2020): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 12 No. 1 (2020): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 11 No. 01 (2019): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 11 No. 2 (2019): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 10 No. 2 (2018): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 10 No. 1 (2018): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 9 No. 2 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 9 No. 1 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 8 No. 2 (2016): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 8 No. 1 (2016): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 7 No. 2 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 7 No. 1 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 6 No. 2 (2014): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 6 No. 1 (2014): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 5 No. 2 (2013): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 5 No. 1 (2013): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 4 No. 2 (2012): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 4 No. 1 (2012): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 3 No. 2 (2011): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 3 No. 1 (2011): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 2 No. 2 (2010): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 2 No. 1 (2010): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 1 No. 2 (2009): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 1 No. 1 (2009): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam More Issue