cover
Contact Name
Inggit Dyaning Wijayanti
Contact Email
albidayah@uin-suka.ac.id
Phone
+62274-558186
Journal Mail Official
albidayah@uin-suka.ac.id
Editorial Address
Marsda Adisucipto Street, Yogyakarta; Postal Code 55281 Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
ISSN : 20850034     EISSN : 25493388     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Focus and Scope Focus Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam emphasizes the study of primary education and islamic primary education in islamic countries in general and specifically in Indonesia by emphasizing the theories of islamic primary education and its practices in the Islamic worlds that developed in attendance through publications of articles. Scope the journal studies the theories and practices of primary education and islamic primary education in islamic country intends to express original research searches and current issues. This journal welcomes the contributions of scholars from related fields warmly that consider the following topics; - E-learning - Management of technology and innovation - Child development - Inclusive education - Literation and numeration - Islamic religious curriculum - Educational innovation - Islamic religious education - Education for primary school teachers
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam" : 8 Documents clear
Pengembangan Program Profesionalisme Dosen Pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di ASEAN Aninditya Sri Nugraheni
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 7 No. 1 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat ini, Indonesia masuk ke dalam sepuluh besar kekuatan ekonomi dunia dan bukan tidak mungkin kelak Indonesia akan menjadi salah satu prioritas investasi internasional yang cukup berpengaruh. Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) merupakan bentuk integrasi ekonomi yang sangat potensial di dunia. Peraturan yang mengatur agar pekerja asing harus berbahasa Indonesia saat MEA sudah diberlakukan. Untuk itu, setiap orang asing yang akan bekerja di Indonesia harus mengikuti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Untuk memperjelas paparan tersebut, berikut skema alur permasalahan dalam penelitian ini. UKBI penting dilakukan untuk pengembangan bahasa Indonesia ke depannya,. apalagi guna memasuki MEA. Permasalahan-permasalahan tentang pembalajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing menggambarkan betapa penting upaya peningkatan kualitas tenaga pengajar BIPA. Volume dan kwalitas pembelajaran bahasa Indonesia untuk bangsa-bangsa lain yang akan mempelajari bahasa Indonesia sangatlah penting
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Kegunaan Melalui Penerapan Metode Make A Match Suratiyem Suratiyem
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 7 No. 1 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini digunakan untuk peningkatan motivasi dan kemampuan belajar siswa sehingga prestasi be/ajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mengalami kenaikan. Penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan motivasi dan nilai hasil be/ajar IPA bidang energi listrik. Penelitian dilakukan selama empat bulan dan tempat penelitian di Sekolah Dasar Negeri Pungsari 2 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Obyek penelitian adalah siswa kelas 1 dengan populasi 16 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode makeĀ· a match bidang pembelajaran IPA. Pengumpulan data melalui tes tertulis, observasi,praktek langsung dan interview. Penelitian ini dlakukan melalui dua siklus, dan make a match sebagai metode pendekatannya. Hasil penelitian dimulai dari kondisi awal (siklus I) dan kondisi akhir (siklus II). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan, baik pada motivasi maupun rata-rata nilai IPA. Nilai motivasi 65,5 menjadi 81,3 dan nilai rata-rata IPA pada kondisi siklus I sebesar 60,3 dan siklus II sebesar 73,4, proses pembelajaran diorentasikan pada trend peningkatan proses pelajaran IPA.
Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka di SDIT Salsabila 2 Klaseman Sinduharjo Ngaglik Sleman Afroh Nailil Hikmah
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 7 No. 1 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gerakan pramuka hadir sebagai alat untuk pembentukan karekter yang berbentukkegiatan pendidikan non formal di sekolah. Pendidikan kepramukaan di SDITSalsabila 2 Klaseman merupakan sebuah organisasi yang dikemas dalam kegiatanyang menarik dan menyenangkan tetapi juga mengandung nilai-nilai pendidikan.Pendidikan kepramukaan dilaksanakan di luar ruangan sehingga memberikan unsurrekreatif untuk peserta didik setelah seharian penuh melalui proses pembelajaran.Pembina pramuka memberikan permainan-permainan yang mengandung unsurpendidikan yang dipadukan dengan materi kepramukaan.
Pendidikan Karakter Pada Materi PAI Dalam Pembentukan Manusia Berkualitas Masturin Masturin
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 7 No. 1 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Visi Pendidikan nasional diorientasikan pada terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa guna memberdayakan semua warga negara Indonesia. Diharapkan manusia Indonesia berkembang dan berkualitas sehingga mampu menjawab tantang zaman yang telah semakin maju. Di era globalisasi ini telah menempatkan generasi muda Indonesia pada posisi yang berada di tengah-tengah derasnya arus informasi yang sedemikian bebas. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi, peran guru dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan untuk mengantarkan generasi muda yang berkarakter kebangsaan. Agenda terpenting dalam konteks pembinaan karakter bangsa adalah adanya reformasi kolektifterhadap komponen-komponen bangsa untuk sanggup melakukan pergantian atau changes setelah menjalani setiap proses pembelajaran.
Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah/Sekolah Maemonah Maemonah
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 7 No. 1 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Implementasi pendidikan karakter di madrasah atau sekolah "include" denganmata pelajaran lain perlu diimplementasikan dengan materi-materi pembelajaranyang relevan, baik evaluasi atupun metode pendekatan pembelajarannya. Selainpendidikan formal, pendidikan karakter dibangun secara terus menerus sepanjanghayat masih ada (long live education). Sebab, karakter sesungguhnya menjadibagian dari ruh kehidupan itu sendiri. Jadi, hidup tanpa karakter bagaikan hiduptanpa ruh. Implementasi pendidikan karakter di sekolah selama ini baru terbataspada tingkatan pengenalan norma atau nilai-nilai, belum sampai pada tingkataninternalisasi dan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakterdibangun oleh tiga pihak secara sinergis, yaitu pertama, orang tua, kedua satuanlembaga pendidikan dan ketiga, masyarakat. Pendekatan yang digunakan hendaknya komprehenshif.
Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Serdadu Kumbang Karya Ari Sihasale dan Relevansinya Bagi Anak Usia MI Nur Hidayat
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 7 No. 1 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fungsi film selain digunakan sebagai media hiburan. Film juga dapat dijadikansebagai media pembelajaran dan sarana untuk mengajarkan nilai-nilai pendidikan,terutama pendidikan akhlak peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitianstudi pustaka (library research), adapun yang dijadikan objek kajiannya adalahfilmSerdadu Kumbang. Pendekatan yang digunakan adalah semiotik. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa: I) Ada pesan pendidikan akhlak dalamfilm Serdadu Kumbangpada tingkat pendidikan dasar, 2) Terdapat relevansi antara nilai-nilai pendidikanakhlak dalamfilm Serdadu Kumbang bagi anak usia MI.
Peningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Melalui Media Gambar Tema Kegemaranku di Kelas II SD Negeri Margoagung Sleman Laelatul Badriah
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 7 No. 1 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui hasil be/ajar siswa dan kendala-kendala yang dihadapi dalam menggunakan media gambar pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, model Hopkins dengan dua siklus. Penelitian ini dikatakan berhasil jika 60% hasil be/ajar siswa mengalami ketuntasan yaitu dengan KKM 65 pada kompentensi yang terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tematik dengan media gambar dapat meningkatkan hasil be/ajar siswa. Terbukti, saat penerapan media gambar pada pembelajaran tematik siswa sangat antusias sehingga dapat meningkatkan hasil be/ajar siswa. Pada siklus I prosentase ketuntasan pada pretetst ialah 56,67% (17 siswa) dan posttest sebesar 80% (24 siswa), lalu pada siklus II prosentase ketuntasan siswa mencapai 90% dengan 27 siswa yang tuntas KKM Berdasarkan hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil be/ajar siswa pada pembelajaran tematik. Artinya pembelajaran tematik dapat lebih menarik jika dalam pembelajaran digunakannya media gambar.
Analisis Swot Kurikulum Prodi PGMI Menyongsong Pembangunan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2038 Yang Bervisi Integrasi-Interkonektif Mohamad Agung Rokhimawan
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 7 No. 1 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menemukan data lulusan prodi PGMI yang terserap di dunia kerja dan industri at au tempat lulusan bekerja, baik di level S-1 dan S-2. Selain itu, untuk membuat Ana/isis SWOT pengembangan Kurikulum Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; dan menemukan kelebihan serta kekurangan kurikulum sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah Mixmetode Sequensial Explanatory, dengan dua tahap (kualitatif, dan kuantitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lulusan prodi PGMI S-1 dan S-2 terserap pada dunia kerja sebesar 92 %, dan sisanya 8% sebagai IRT (ibu rumah tangga) ataupun pada mas a panggilan kerja. Perkembangan prodi PGMI terbagi atas 5 tahap, yaitu tahap peletakan manajemen kelembagaan modern, mas a penguatan & ekspansi kelembagaan, masa maturasi, masa eksistensi, oleh basis keilmuan PGMI; bahan ajar standar PGMI; buku wajib untuk MI; kurikulum Sl, S2, dan S3; seminar nasional dan internasional; Iomba karya ilmiah; pelatihan penelitian; penulisan di media massa; data-based tentang MI.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 2 (2023): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 15 No. 1 (2023): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 14 No. 2 (2022): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 14 No. 1 (2022): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 13 No. 2 (2021): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 13 No. 1 (2021): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 12 No. 2 (2020): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 12 No. 1 (2020): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 11 No. 01 (2019): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 11 No. 2 (2019): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 10 No. 2 (2018): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 10 No. 1 (2018): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 9 No. 2 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 9 No. 1 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 8 No. 2 (2016): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 8 No. 1 (2016): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 7 No. 2 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 7 No. 1 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 6 No. 2 (2014): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 6 No. 1 (2014): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 5 No. 2 (2013): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 5 No. 1 (2013): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 4 No. 2 (2012): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 4 No. 1 (2012): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 3 No. 2 (2011): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 3 No. 1 (2011): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 2 No. 2 (2010): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 2 No. 1 (2010): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 1 No. 2 (2009): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 1 No. 1 (2009): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam More Issue