cover
Contact Name
Inggit Dyaning Wijayanti
Contact Email
albidayah@uin-suka.ac.id
Phone
+62274-558186
Journal Mail Official
albidayah@uin-suka.ac.id
Editorial Address
Marsda Adisucipto Street, Yogyakarta; Postal Code 55281 Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
ISSN : 20850034     EISSN : 25493388     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Focus and Scope Focus Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam emphasizes the study of primary education and islamic primary education in islamic countries in general and specifically in Indonesia by emphasizing the theories of islamic primary education and its practices in the Islamic worlds that developed in attendance through publications of articles. Scope the journal studies the theories and practices of primary education and islamic primary education in islamic country intends to express original research searches and current issues. This journal welcomes the contributions of scholars from related fields warmly that consider the following topics; - E-learning - Management of technology and innovation - Child development - Inclusive education - Literation and numeration - Islamic religious curriculum - Educational innovation - Islamic religious education - Education for primary school teachers
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 2 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam" : 8 Documents clear
Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Metode Pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta Anna Khoirunisa; Nur Hidayat
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 9 No. 2 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Zaman modern ini, anak-anak sejak dini harus mendapatkan perhatian lebih serius. Terutama dalam pendidikan akhlak, agar mereka tidak menjadi anak-anak yang lemah iman sehingga dapat tumbuh dewasa menjadi generasi yang sholih dan sholihah. Permasalahan yang diangkat dalam artikel ini adalah bagaimana proses perencanaan pembinaan akhlak siswa dan bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses pembinaan akhlak terpuji siswa melalui metode pembiasaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses perencanaan pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta, (2) bagaimana implementasi pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta, (3) apa faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dapat ditarik kesimpulan.Kata Kunci: Akhlak, Metode Pembiasaan
Kontribusi Pengembangan Media Komik IPA Bermuatan Karakter Pada Materi Sumber Daya Alam untuk Siswa MI/SD Mukhlas Azizi; Sigit Prasetyo
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 9 No. 2 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik IPA bermuatan pendidikan karakter pada materi SDA kelas III MI/SD, mengetahui kelayakan media komik sebagai alternatif dalam pembelajaran IPA bermuatan pendidikan karakter materi SDA kelas III MI/SD, dan mengetahui respon siswa terhadap media komik IPA bermuatan pendidikan karakter pada materi SDA. Penelitian pengembangan dilakukan melalui prosedur pengembangan yang terdiri dari enam langkah, yaitu identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk. Instrumen penelitian yang digunakan untuk melihat kelayakan media komik IPA ini dengan menggunakan lembar angket. Media komik dinilai dan diberimasukan oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dua peer reviewer, dua guru kelas III MI, dan diberi respon 10 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan komik IPA bermuatan pendidikan karakter dengan tahap: identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk. Kelayakan dibuktikan dengan kualitas media Komik IPA berdasarkan penilaian para ahli, peer reviewer, dan guru diperoleh jumlah nilai 279,5 dengan kategori Sangat Baik (SB). Respon siswa kelas III MI diperoleh skor ratarata 17,5 serta persentase keidealannya 96,6% mendapat respon positif.Kata Kunci: Media Komik IPA, Pendidikan Karakter, Sumber Daya Alam
Analisis Kemampuan Literasi Sains di Kelas VC SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta Nunung Paryati; Fitri Yuliawati
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 9 No. 2 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan literasi sains peserta didik di kelas VC SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2016-2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakaninstrumen Tes berbentuk soal pilihan ganda yang telah divalidasi isi dan konstruk oleh ahli dan validasi empiris meggunakan program IBM SPSS Statistic 22 dengan analisis korelasi bivariat dan menggunakanrumus Product Moment Correlation. Populasinya yakni peserta didik kelas V dan sampelnya peserta didik kelas VC dengan pengambilan sampel teknik Simple Random Sampling di SD MuhammadiyahCondongcatur Sleman Yogyakarta. Analisis data yang dilakukan yakni dengan statistik deskriptif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik di kelas VC SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2016-2017 terbagi menjadi 5 kriteria. Kriteria sangat tinggi terdapat 7 peserta didik atau sebanyak 19,44%, kriteria tinggi terdapat 5 peserta didik atau sebanyak 13,88%, kriteria sedang terdapat 16 peserta didik atau sebanyak 44,44%, kriteria rendah terdapat 3 peserta didik atau sebanyak 8,33% dan kriteria sangat rendah terdapat 5 peserta didik atau sebanyak 13,88%.Kata kunci: PISA, Kemampuan Literasi Sains, SD MuhammadiyahCondongcatur
Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Drop Everything and Read (DEAR) pada Siswa Sekolah Dasar (MI) Septia Sugiarsih
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 9 No. 2 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan membaca di sekolah dasar menjadi fondasi atau dasar penentu keberhasilan belajar siswa. Namun sayangnya, keterampilan membaca siswa sekolah dasar di Indonesia memiliki kecenderungan yang rendah. Hasil penelitian PIRLS menunjukkan bahwa keterampilan membaca siswa kelas IV SD di Indonesiamenempati urutan ke 41 dari 45 negara. Hasil penelitian EGRA menunjukkan bahwa 50% dari 4323 siswa kelas III SD di Indonesia dapat membaca (melek huruf), tetapi dari jumlah tersebut hanya setengahnya yang benar-benar memahami apa yang dibaca. Berdasarkan kenyataan tersebut diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar (MI) di Indonesia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar (MI) adalah melalui DEAR (Drop Everything and Read) yang berarti tinggalkan semua aktivitas dan bacalah. DEAR dapat dijadikan suatu program penggalakan kebiasaan membaca pada siswa melalui program rutin. Pelaksanaan DEAR di sekolah dasar dapat dilakukan dengan meluangkan waktu sejenak di pagi hari sekitar 15-30 menit meninggalakan semua aktivitas untuk membaca. DEAR dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah baik siswa, guru, maupun karyawan. Bahan bacaan dalam DEAR dipilih sendiri oleh siswa yang sesuai dengan minat dan tingkat kemampuannya. DEAR membuat siswa senang membaca, gemar membaca, terbiasa membaca, dan menjadikan membaca sebagai kebutuhan sehingga tercipta budaya membaca pada masing-masing siswa baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Melalui DEAR keterampilan membaca siswa akan meningkat.Kata kunci: membaca, DEAR
Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak (Studi Multi Kasus di MIN Sekuduk dan MIN Pemangkat Kabupaten Sambas) Purniadi Putra
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 9 No. 2 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kegelisahan peneliti terhadap karakter bangsa yang sedang mengalami dekadensi moral, di antaranya adalah meningkatnya pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obatan, dan lain sebagainya. Dalam hal ini sekolah khususnya dalam pembelajaran Aqidah Akhlak memiliki peran besar dalampenyadaran nilai-nilai agama Islam kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di MIN Sekuduk dan MIN Pemangkat Kabuaten Sambas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran guru Aqidah Akhlak sebagai upaya pembentukan karakter adalah dengan mendesain perencanaan pembelajaran dengan melibatkan media, (2) penerapan pembelajaran guru Aqidah Akhlak dalam upaya pembentukan karakter siswa yang dilakukan telah mengacu pada tata tertib maupun aturan yang telah direncanakan dan ditetapkan dalam setiap kegiatan atau proses pembelajaran dalam lembaga pendidikan dasar/MI, (3) evaluasi pembelajaran guru Aqidah Akhlak biasanya berupa ujian tugas dari guru, ulangan harian, nilai UTS dan ulangan UAS siawa. Penyampaian pembelajaran Aqidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa yang diterapkan oleh guru mata pelajaran dari masing lokasi penelitian tersebut membuahkan hasil yang sangat memuaskan.Kata kunci: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI
Pendidikan Keluarga Sebagai Manifestasi Basic Nilai-Nilai Pluralisme di Dukuh Kalipuru Kendal Dudung Hamdun
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 9 No. 2 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) dalam surveinya tentang persepsi dan sikap generasi muda terhadap radikalisme dan ekstrimisme kekerasan, menyatakan bahwa peran orang tua sangat penting dalam Pendidikan agama. Orang tua atau keluarga mempunyai peranan yang amat penting dalam mempengaruhi pendidikan anaknya. Di keluarga orang tua tidak hanya memberikan pengetahuan dalam aspek kognitif, melainkan juga aspek psikomotorik dan afektif. Pendidikan keluarga ranah yang paling efektif untuk mendidik anak dan menyalurkan ide dan gagasan terlebih soal keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara pendidikan keluarga dengan penanaman nilai-nilai pluralism serta menjelaskan potret pendidikan keluarga di Kalipuru.Kata Kunci: Pendidikan Keluarga, Nilai-nilai Pluralisme, Dukuh Kaliparu
Penerapan Model Kooperatif Tipe Simultaneous Roundtable untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Agus Sriwulan
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 9 No. 2 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe Simultaneous RoundTable untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa di SDN Tunjungsekar 5 Malang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II B SDN Tunjungsekar 5 Malang tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 orang. Data tentang keterampilan sosial siswa dikumpulkan melalui lembar observasi dan wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Pada siklus I, persentase keterampilan sosial siswa diperoleh hasil sebesar 55% dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II sebesar 87%. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial siswa melalui penerapan model kooperatif tipe Simultaneous RoundTable yang mencakup sub aspek (1) kemampuan berkomunikasi dengan siswa lain, (2) menjalin hubungan pertemanan dengan teman sebaya, (3) mendengarkan pendapat teman, (4) memberi dan menerima kritik dari orang lain, dan (5) memberi atau menerima umpan balik. Kata Kunci: Model kooperatif tipe Simultaneous RoundTable, Keterampilan sosial siswa
Berpikir Profetik dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Azamul Fadhly Noor Muhammad
Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 9 No. 2 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam dunia pendidikan para siswa yang memiliki minat belajar yang tinggi dapat mengalami penurunan minat belajarnya. Salah satu contoh dalam pembelajaran matematika. Jika mereka diajarkan oleh guru dengan cara yang membosankan dan monoton, maka siswa akan cepat bosan dalam menerima pembelajaran tersebutdi kelas. Sebaiknya, siswa yang mempunyai motivasi rendah, dapat mengalami peningkatan minat belajar jika dibimbing oleh seorang guru yang mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dan berpikir secara baik kepada siswanya. Berpikir profetik adalah berpikir sesuai dengan yang Nabi ajarkan atau lakukan. Pendidikan dengan perspektif profetik berarti mengkaji pendidikan sebagai program besar bangsa yang memiliki kekuatan prediktif ke masa depan yang lebih gemilang yang dilakukan oleh seseorang yang disebut nabi, yaitu orang yang berbicara awal atau pioner yang memproklamasikan diri dan berbicara masa depan. Dalam mengajarkanpelajaran matematika yang merupakan pelajaran yang sangat dibutuhkan oleh siswa sebagai bekal dia menjalani kehidupan di masyarakat kelak. Belum lagi paradaban bangsa kita saat ini yang sangat terpuruk, sehingga kita seolah-olah telah hilang jati diri sebagai bangsa yang bermartabat, sehingga dibutuhkan kembali tingkat berpikir sesuai yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW yang sering kita sebut berpikir Profetik, yang sesungguhnya itu sudah diajarkan oleh orang tua masing-masing sebelum masuk SD.Kata Kunci: Berpikir Profetik, Pembelajaran, Matematika SD

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 2 (2023): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 15 No. 1 (2023): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 14 No. 2 (2022): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 14 No. 1 (2022): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 13 No. 2 (2021): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 13 No. 1 (2021): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 12 No. 2 (2020): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 12 No. 1 (2020): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 11 No. 01 (2019): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 11 No. 2 (2019): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 10 No. 2 (2018): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 10 No. 1 (2018): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 9 No. 2 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 9 No. 1 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 8 No. 2 (2016): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 8 No. 1 (2016): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 7 No. 2 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 7 No. 1 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 6 No. 2 (2014): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 6 No. 1 (2014): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 5 No. 2 (2013): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 5 No. 1 (2013): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 4 No. 2 (2012): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 4 No. 1 (2012): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 3 No. 2 (2011): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 3 No. 1 (2011): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 2 No. 2 (2010): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 2 No. 1 (2010): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 1 No. 2 (2009): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 1 No. 1 (2009): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam More Issue