cover
Contact Name
Fiona Fictoria Y. Tuarissa
Contact Email
oscosijabat@uhn.ac.id
Phone
+6285270212826
Journal Mail Official
migascentralsijabat@gmail.com
Editorial Address
Jl. Medan KM 4,5 Pematang Siantar
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
Pande Nami Jurnal (PNJ)
ISSN : -     EISSN : 3025051X     DOI : -
Core Subject : Education,
Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), serta terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan adalah hasil-hasil penelitian yang bersifat original dan belum pernah diterbitkan atau diajukan ke jurnal lain. Pande Nami Jurnal (PNJ) menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang riset terapan dan hilirisasi hasil-hasil penelitian secara kuantitatif maupun kualitatif berbasis komunitas. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun yaitu di bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 63 Documents
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SD NEGERI 122365 PEMATANG SIANTAR Paulina Manik
Pande Nami Jurnal (PNJ) Vol. 1 No. 1 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 1 - JULI 2023
Publisher : PT. Migas Centre Sidjabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan peenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik kelas V SD Negeri 122365 Pematangsiantar. Peneliti memilih model pembelajaran Think Pair Share karena siswa diberikan kesempatan untuk membentuk pengetahuannya sendiri sehingga siswa tidak hanya menerima pengetahuan dari guru, melainkan dari teman sebaya atau buku sumber yang terkait..Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Hasil yang diperoleh dari uji-t diperoleh nilai yaitu 20,979. Dengan frekuensi (db) sebesar 30 – 2 = 28, pada taraf signifikan 5% diperoleh yaitu 0,169. Maka diperoleh > atau 20,979 > 0,169 maka ditolak dan diterima, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yakni ada hubungan positif antara model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tematik kelas V di SD Negeri 122365 Pematangsiantar.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA 1 JENIS-JENIS PEKERJAAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 091299 SIPOLDAS Tika Plorentina Simanjuntak
Pande Nami Jurnal (PNJ) Vol. 1 No. 1 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 1 - JULI 2023
Publisher : PT. Migas Centre Sidjabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 091299 Sipoldas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimental bentuk one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 091299 Sipoldas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes (pre-test post-test). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, normalitas dan homogenitas. Data ini di analisis dengan bantuan windows SPSS 21. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan perhitungan uji independent sampel T-Test. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung 8,930 ≥ ttabel 2,052, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan Hipotesis penelitian ini diterima yaitu terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa subtema 1 jenis-jenis pekerjaan di kelas IV SD Negeri 091299 Sipoldas.
HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA SUB TEMA 2 KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 122365 PEMATANG SIANTAR Rosa Dina Sidabutar
Pande Nami Jurnal (PNJ) Vol. 1 No. 1 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 1 - JULI 2023
Publisher : PT. Migas Centre Sidjabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara fasilitas belajar siswa dengan hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 122365 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/ 2023. Adapun jenis Metode penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Sampel yang di ambil pada penelitian ini yaitu 24 orang dari siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket (kuisioner) dan Nilai ulangan harian yang bersumber dari daftar kumpulan nilai (DKN). Hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 25 (Statistical Product and Service Solution). Berdasarkan hasil uji f diketahui nilai singnifikan untuk pengaruh variabel (x) secara simultan terhadap (y) adalah sebesar 0,00<0,05 dan nilai f hitung 12,346 >4,30 sehingga dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis di terima yang berarti terdapat hubungan variabel (x) secara simultan terhadap variabel (y). Serta pada analisis korelasi nilai r hitung yang diperoleh yaitu 0,60 sedangkan r tabel pada taraf signifikan 5% 0,40. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa r hitung lebih besar dari pada r tabel. Maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat terbukti kebenarannya. Dengan demikian dapat disimpukan bahwa terdapat Hubungan sebesar 0,60 antara fasilitas belajar dengan hasil belajar tematik siswa pada kelas IV SD Negeri 122365 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023.
PENGARUH MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 122345 PEMATANG SIANTAR Tiurma Indah Sitorus
Pande Nami Jurnal (PNJ) Vol. 1 No. 1 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 1 - JULI 2023
Publisher : PT. Migas Centre Sidjabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas IV SD Negeri 122345 Pematang Siantar. Penelitian ini mengambil seluruh populasi yang ada menjadi sampel dalam penelitian, yang dimana sebanyak 38 siswa seluruh kelas IV. Jumlah instrumen yang digunakan adalah angket untuk variabel X (Pengaruh Motivasi Belajar) dengan pernyataan angket 20 butir dan untuk variabel Y (Hasil Belajar Siswa) dengan pertanyaan soal 20 butir. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini ialah sampling purprosive sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa validitas, reliabilitas, statistik deskriptif. Uji validitas untuk analisis butir angket dengan menggunakan program microsoft office exel, sedangkan uji reliabilitas angket dengan menggunakan rumus koefisien alpha. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pengaruh motivasi dengan hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi dan terdapat pengaruh yang positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Hasil analisis data penelitian, terbukti harga rhitung = 0,768 yang artinya lebih besar dari 0,26 dan dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang positif antara pengaruh motivasi dengan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 122345 Pematang Siantar.
PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP SWASTA SURYA KOMPUTER PEMATANG SIANTAR Rida Tati Aritonang
Pande Nami Jurnal (PNJ) Vol. 1 No. 1 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 1 - JULI 2023
Publisher : PT. Migas Centre Sidjabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran siklus akuntansi di kelas VII SMP Swasta Surya Komputer Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Surya Komputer Pematangsiantar dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VII yakni sebanyak 72 orang. Sampel yang diambil adalah sampel total sebanyak 72 orang yaitu Kelas VII-1 berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol dan Kelas VII-2 berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen.Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data tentang prestasi belajar siklus akuntansi diperoleh dalam tes prestasi belajar yang disusun oleh peneliti. Dimana sebelum tes, peneliti telah melaksanakan pengajaran langsung ke kelas selama satu bulan. Diantara dua kelas yang dilakukan pengajaran langsung oleh peneliti, satu kelas diberikan penguatan pada setiap tingkah laku dan satu kelas lagi tidak diberikan penguatan. Kualitas penelitian ini dinilai melalui uji validitas, reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan daya beda. Data yang dikumpulkan diuji apakah berdistribusi normal atau tidak, dengan menggunakan uji normalitas data chi kuadrat kemudian dilukiskan pada kertas peluang normal. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar siklus akuntansi yang diakibatkan dari pemberian penguatan pada setiap tingkah laku, diuji dengan uji t untuk dua sampel yang berhubungan. Dari hasil perhitungan diperoleh t = 3,37. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menolak Ho dan menerima H1 sehingga dapat dinyatakan ada perbedaan yang siginifikan hasil belajar siswa yang diberikan penguatan pada setiap tingkah laku dengan yang tidak diberikan penguatan.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN SIANTAR MARTOBA KOTA PEMATANG SIANTAR Osco Parmonangan Sijabat
Pande Nami Jurnal (PNJ) Vol. 1 No. 1 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 1 - JULI 2023
Publisher : PT. Migas Centre Sidjabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penghambat penulisan karya ilmiah bagi guru SD Negeri se-kecamatan Siantar Martoba Kota Pematang Siantar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian ini yakni seluruh guru sekolah dasar yang berstatus pegawai negeri yang ada di kecamatan siantar martoba kota Pematang Siantar. Metode pengumpulkan data dengan wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penghambat penulisan karya ilmiah antara lain: terbatasnya waktu yang disebabkan oleh tuntutan administratif guru, beban tugas mengajar yang terlalu banyak, dan kesibukan pribadi/mengurus keluarga. Disamping itu penulisan karya ilmiah tidak berkembang karena tidak adanya pembimbing dan terbatasnya referensi serta wawasan tentang manfaat penulisan karya ilmiah dalam peningkatan jenjang karir. Hasil data analisis faktor faktor penghambat penulisan karya ilmiah bagi guru- guru berupa keterbatasan waktu sebesar 53%. analisis faktor faktor penghambat penulisan karya ilmiah bagi guru- guru berupa kurang berkembangnya ide/gagasan memiliki persentase sebesar 35%, serta analisis faktor faktor penghambat penulisan karya ilmiah bagi guru- guru berupa terbatasnya wawasan, dan rendahnya motivasi guru memiliki persentase sebesar 12%.
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI DALAM MENCIPTAKAN KOMUNIKASI DENGAN SISWA KELAS V SD NEGERI 125138 PEMATANGSIANTAR Reynold Pantas Sinaga; Rosben Sihombing
Pande Nami Jurnal (PNJ) Vol. 1 No. 1 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 1 - JULI 2023
Publisher : PT. Migas Centre Sidjabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menjelaskan upaya guru pendidikan agama kristen dan budi pekertidalam meningkatkan komunikasi pada saat proses belajar mengajar dengan siswa sekolah dasar kelas V di SD Negeri 125138 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yakni dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru agama kristen dan budi pekerti di SD Negeri 125138 Pematangsiantar memiliki peranan yang efektif dalam menciptakan komunikasi dengan siswa pada penyampendidikan agama kristen dan budi pekertian materi, siswa mampu memahaminya dengan baik. Dalam hal strategi pembelajaran yang digunakan dan pemanfaatan sarana dan prasarana sudah cukup baik. Dari hasil penilaian ditemukan bahwa hasil belajar pendidikan agama kristen dan budi pekertimendapat hasil rata-rata yang sangat baik, hal ini dapat dilihat dari nilai raport siswa yang telah memenuhi standar KKM. Dapat disimpulkan bahwa peran guru pendidikan agama kristen dan budi pekertidalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan siswa kelas V SD Negeri 125138 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/2023 adalah baik.
PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 091488 BAHSAMPURAN Willy Luther Silaen; Osco Parmonangan Sijabat; Selamat Triadil Saragih
Pande Nami Jurnal (PNJ) Vol. 1 No. 2 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 2 - OKTOBER 2023
Publisher : PT. Migas Centre Sidjabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ips kelas V SD Negeri 091488 Bahsampuran Tahun Ajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa dan sampel penelitian ini yaitu seluruh populasi penelitian sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket. Adapun analisis data menggunakan rumus korelasional, analisi regresi sederhana dengan memperhatikan nilai koefisien determinasi dan hasil uji-t. Berdasarkan analisis tersebut, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan saintifik terhadap minat belajar siswa kelas V SD Negeri 091488 Bahsampuran Tahun Ajaran 2023/2024 yang dapat dilihat dari thitung > ttabel (5,316 > 1,701) dan nilai signifikansi (0,00 < 0,05) sehingga dapat kita simpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dan membuktikan bahwa pendekatan saintifik berpengaruh terhadap minat belajar.
PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 095551 JL ASAHAN KABUPATEN SIMALUNGUN Veronika Saragih; Osco Parmonangan Sijabat; Desi Sijabat
Pande Nami Jurnal (PNJ) Vol. 1 No. 2 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 2 - OKTOBER 2023
Publisher : PT. Migas Centre Sidjabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas VI SD negeri 095551 Jl. Asahan Kabupaten Simalungun. Jenis enelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI SD Negeri 095551 Jl. Asahan yang berjumlah 35 siswa. Kemudian sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh populasi sebanyak 20 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan sehingga total sampelnya 35 siswa. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan angket. Kemudian tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriiptif, uji normalitas data dengan menggunakan metode One-Sample kolmogorav Smirnov, Uji linear, kemudian pengujian hipotesis dengan menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis data tersebut, diketahui terdapat pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 095551 Jl. Asahan Kabupaten simalungun. Hal ini dibuktikan dari thitung = ttabel (6.21 > 2.03), dengan nilai signifikansi (0.00 < 0.05). sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dan membuktikan bahwa teman sebaya berpengaruh terhadap motivasi belajar.
PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 098166 PERUMNAS BATU VI KABUPATEN SIMALUNGUN Yulisa Hutahaean; Osco Parmonangan Sijabat; Desi Sijabat
Pande Nami Jurnal (PNJ) Vol. 1 No. 2 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 2 - OKTOBER 2023
Publisher : PT. Migas Centre Sidjabat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPS Siswa Kelas V SD Negeri 098166 Perumnas Batu VI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 25 siswa atau seluruh siswa kelas V dan sampel penelitian ini adalah seluruh populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket, teknik analisis data yang digunakan dalam pengolahan data yaitu uji validitas dan reliabilitas untuk uji coba dan uji sebenarnya menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji statistic deskriptif, uji analisis regresi linearitas sederhana dan koefisien determinasi. Dari data yang telah dianalisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan anatara gaya belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa kelas V SD Negeri 098166 Perumnas Batu VI yang dapat dilihat dari thitung > ttabel (5,86>2,07) dan nilai signifikan (0,00<0,05) sehingga dapat kita simpulkan bahw Ha diterima dan Ho ditolak dan membuktikan bahwa gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa.